Register

technology

4 Perbedaan UI dan UX yang perlu diketahui

Maria Yuniar

29 August 2020

bedanya-UI-dan-UX-EKRUT.jpg

Dalam pembuatan website, terdapat dua komponen penting yang perlu diperhatikan, yakni user interface (UI) dan user experience (UX). Masih banyak yang menganggap keduanya sama. Padahal, UI dan UX berbeda, baik dari pengertian maupun fungsinya. Apakah yang membedakan UI dari UX?

Nah, agar kamu paham perbedaan keduanya, di bawah ini adalah penjelasan lebih lengkap mengenai UI dan UX.  

Apa itu UI dan UX ?

bedanya UI dan UX - EKRUT
Baik UI dan UX berusaha untuk meningkatkan kepuasaan pengguna situs atau aplikasi - EKRUT

User interface (UI) merupakan desain antarmuka yang fokus pada keindahan dari sebuah tampilan, dan pemilihan warna yang baik. Tujuannya, untuk membuat tampilan situs lebih enak dipandang mata dan pengujung pun jadi betah berlama-lama.

UI menciptakan ikatan emosional dengan pengguna melalui desain yang menarik dan indah. Biasanya, UI akan diimplementasikan atau dikerjakan setelah UX selesai menentukan desain layout, logo, warna, dan typography untuk mempercantik situs yang kamu miliki.

Sementara itu, user experience (UX) merupakan proses meningkatkan kepuasan pengguna situs atau aplikasi tertentu melalui kegunaan dan kesenangan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna dan produk.

UX design inilah yang memungkinkan suatu situs bisa digunakan dengan mudah, sehingga tidak membingungkan pengguna. UX mencakup keseluruhan elemen dari suatu website. Termasuk di dalamnya, memastikan website tersusun dengan baik, dan pengguna mudah berpindah dari satu halaman ke halaman lain.

Baca juga: Catat, ini 10 tips desain UI/UX yang ‘menjual’

Perbedaan UI dan UX

bedanya UI dan UX -  EKRUT
Dalam hal penerapan, UI dan UX memiliki cara yang berbeda - EKRUT

Secara umum perbedaan  UI dan UX terletak pada beberapa hal, seperti: 

1. Tujuan penerapan

Tujuan utama dari penerapan UI design adalah menampilkan desain interface dengan keseragaman dan konsistensi yang baik, mulai dari segi font, warna, gambar, dan sebagainya. Dengan ini, diharapkan pengguna dapat lebih tertarik untuk menggunakan suatu situs.

Berbeda halnya dengan UI, UX design berguna untuk membuat suatu situs atau aplikasi jadi lebih mudah digunakan oleh user. UX design dituntut untuk menjadi perantara, agar UI design mampu bekerja sama dengan sistem. Tentunya, diperlukan pemahaman yang baik terhadap kebutuhan dan kebiasaan pengguna terhadap situs.

2. Fokus 

UX berfokus pada manajemen dan analisis proyek melalui seluruh fase mulai dari ideation, development dan delivery. Sementara UI lebih banyak fokus pada komponen teknis untuk menghasilkan komponen desain untuk produk jadi. 

3. Cakupan 

UX design bisa dikatakan memiliki ranah yang cenderung lebih luas dari UI design dalam hal fungsinya.

Idealnya, UX design dimulai dengan riset mengenai preferensi dan kebiasaan audiens. Selanjutnya, hasil riset tersebut diimplementasikan dalam sebuah interface atau UI design. Dengan demikian, UX design melatarbelakangi UI design dalam menghasilkan produk tertentu pada interface

4. Praktik kerja

UI design seringkali didasarkan pada pola, praktik, dan preferensi pribadi. Sementara UX design sebagian besar didasarkan pada data seputar bagaimana pengguna sebenarnya menggunakan produk, situs, atau aplikasi. 

Baca juga: Ini skills yang kamu butuhkan untuk menjadi UX designer mahir

Nah, sekarang kamu sudah mengetahui perbedaan mendasar antara UI dan UX design, bukan? Semoga kamu tidak bingung lagi, ya!

perbedaan UI dan UX - EKRUT

Last update: 29 August 2020

Sumber:

Tags

Share