Media

Ini lho, bedanya UI dan UX
By Maria Yuniar - 12 June 2018
335 Views

Dalam pembuatan website, terdapat dua komponen penting yang perlu diperhatikan, yakni user interface (UI) dan user experience (UX). Masih banyak yang menganggap keduanya sama. Padahal, UI dan UX berbeda, baik dari pengertian maupun fungsinya. Apa sih yang membedakan UI dari UX, dan sebaliknya?

 

UI versus UX

User interface (UI) merupakan desain antarmuka yang fokus pada keindahan dari sebuah tampilan, pemilihan warna yang baik dan pas. Tujuannya, untuk membuat tampilan web e-commerce lebih enak dipandang mata dan pengujung pun jadi betah berlama-lama. UI menciptakan ikatan emosional dengan pengguna melalui desain yang menarik dan indah. Biasanya, UI akan diimplementasikan atau dikerjakan setelah UX selesai menentukan desain dari layout, logo, warna, typography untuk mempercantik web ecommerce yang anda miliki.

 

 

Sementara itu, user experience (UX) yang merupakan proses meningkatkan kepuasan pengguna website atau aplikasi tertentu melalui kegunaan dan kesenangan yang diberikan dalam interaksi antara pengguna dan produk. UX design inilah yang memungkinkan suatu website bisa digunakan dengan mudah, sehingga tidak membingungkan pengguna. UX mencakup keseluruhan elemen dari suatu website. Termasuk di dalamnya, memastikan website tersusun dengan baik, dan pengguna mudah berpindah dari satu halaman ke halaman lain.

 

Penerapan

Selain dalam hal definisi dan cakupan, UI dan UX memiliki perbedaan dalam hal penerapan. Tujuan utama dari penerapan UI design adalah menampilkan desain interface dengan keseragaman dan konsistensi yang baik, mulai dari segi font, warna, gambar, dan sebagainya. Dengan ini, diharapkan pengguna dapat lebih tertarik untuk menggunakan suatu website.

 

 

Berbeda halnya dengan UI, UX design berguna untuk membuat suatu website atau aplikasi jadi lebih mudah digunakan oleh user. UX design dituntut untuk menjadi perantara, agar UI design mampu bekerja sama dengan sistem. Tentunya, diperlukan pemahaman yang baik terhadap kebutuhan dan kebiasaan pengguna terhadap website.

 

Benarkah UX design memiliki cakupan lebih luas?

UX design bisa dikatakan, memiliki ranah yang cenderung lebih luas dari UI design dalam hal fungsinya. Idealnya, UX design dimulai dengan riset mengenai preferensi dan kebiasaan audiens. Selanjutnya, hasil riset tersebut diimplementasikan dalam sebuah interface atau UI design. Dengan demikian, UX design melaterbelakangi UI design dalam menghasilkan produk tertentu pada interface. 

Nah, sekarang Anda sudah mengetahui perbedaan mendasar antara UI dan UX design, bukan? Semoga Anda tidak bingung lagi ya.

 

Rekomendasi bacaan:
Cryptocurrency resmi jadi komoditas di Indonesia
Coinrail diduga kena hack, Rp 558 miliar lenyap
Pakai teknologi ini untuk bangun kepercayaan pelanggan

 

Sumber:
herosoftmedia.co.id
medium.com
belajarkoding.net
progresstech.co.id
toffeedev.com
 

Tags:

  • UI
  • user interface
  • UX
  • user experience
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang