Careers

10 Pengalaman Kantor Pertama yang Berharga dan Berkesan

Published on
Min read
6 min read
time-icon
Tsalis Annisa

Content Editor who eager to learn more about Marketing

bonding-1985863__340.jpg

Saat memasuki hari pertama kerja, berbagai macam perasaan seperti senang, antusias, khawatir, takut, bahkan gugup sekalipun, bercampur aduk menjadi satu. Tentunya kamu juga membayangkan bagaimana lingkungan kerjanya, rekan-rekan dan atasan di kantor nantinya. Hal ini wajar terjadi pada fresh graduate di hari pertama bekerja. Namun, alangkah baiknya jika kamu tidak terus menerus cemas dan menebak-nebak. Sebab, ada berbagai pengalaman berharga dari kantor pertama kamu.

Baca juga: 6 Afirmasi Positif untuk Bangkitkan Semangat di Tempat Kerja

1. Kesempatan berkenalan dengan senior

pengalaman kantor pertama - EKRUT
Kamu dapat belajar dari pengalaman senior di kantor. (Sumber: Pexels)

Salah satu pengalaman berharga dari kantor pertama kesempatan untuk berkenalan dengan senior. Bahkan, dengan orang-orang penting di kantor. Misalnya, jika kamu bekerja di sebuah media, kamu memiliki  kesempatan besar untuk mengenal pemimpin redaksi dan dewan direksi. Dari mereka juga lah kelak kamu akan banyak belajar.

2. Mendapatkan ilmu baru

pengalaman kantor pertama - EKRUT
Pengalaman pertama di kantor membuatmu mengerti pentingnya terus belajar dan mengasah skill. (Sumber: Pexels)

Selain kesempatan mendapatkan kenalan, sebagai fresh graduate atau lulusan baru pengalaman berharga yang kamu dapatkan adalah ilmu baru. Dengan ilmu baru, kamu bisa meningkatkan keterampilan, lho! Hal ini tentunya akan membuat CV kamu terlihat lebih baik.

3. Memperbaiki kebiasaan

pengalaman kantor pertama - EKRUT
Gunakan pengalaman pertama kerja memperbaiki kebiasaan buruk. (Sumber: Pexels)

Membiasakan diri untuk menjadi terorganisasi akan sangat bermanfaat di masa depan. Kamu juga pasti dengan mudah dapat mengerjakan banyak tugas. Pekerjaan pertama kamu ini bisa membantu kamu menjadi orang yang lebih teratur. Misalnya, dulu kamu sangat buruk dalam hal manajemen waktu. Karena harus mengikuti ritme kerja di kantor, kehidupan kamu pun pasti akan lebih teratur.

4. Menambah networking

pengalaman kantor pertama - EKRUT
 Gunakan kesempatan untuk membangun jejaring. (Sumber: Pexels)

Kamu bahkan bisa mulai membangun networking di hari pertama kerja. Jangan lupa untuk melakukan update profil di setiap akun media sosial kamu, terutama LinkedIn. Sampaikan informasi mengenai perusahaan tempat Kamu bekerja saat ini. Informasi ini akan menjadi sangat penting untuk jaringan baru di masa depan dan untuk terus menjalin hubungan dengan teman-teman lama kamu. Setiap kali bertemu dan berkenalan dengan orang baru, cobalah untuk terhubung dengan mereka di media sosial juga. Namun ingat, jangan sampai kamu melupakan para sahabat lamamu. Mereka, jika memiliki akun di LinkedIn juga, nantinya berpotensi memberikan rekomendasi di media sosial yang satu ini.

5. Belajar menjadi lebih dewasa 

pengalaman kantor pertama - EKRUT
Pengalaman kerja pertama membantumu membuka sudut pandang lebih dewasa. (Sumber: Pexels)

Mungkin kamu tidak menyadari bahwa ketika masih menempuh jalur pendidikan, kamu mungkin baru menghadapi lingkup orang dengan usia dan latar belakang yang lebih terbatas. Beda halnya ketika kamu benar-benar terjun ke dunia kerja secara langsung. Kamu akan dihadapkan dengan kolega yang berbeda tidak hanya dari usia, pengalaman, pengetahuan dan latar belakang yang jauh beragam. Kondisi ini dapat membantumu mengubah persepsi untuk melihat sesuatu secara berbeda, menjadi lebih matang dan dewasa. Kamu bisa memiliki sudut pandang yang lebih seimbang dan luas.

Baca juga: 10 Contoh Soft Skill untuk Menunjang Karier Profesional Kamu

6. Membentuk sikap disiplin


Saat bekerja di perusahaan kamu akan mulai belajar bentuk sikap disiplin. (Sumber: Pexels)

Saat kamu mulai bekerja di suatu perusahaan, akan ada banyak peraturan yang harus kamu ikuti. Misalnya saja, kamu harus belajar untuk masuk kantor sesuai dengan aturan jam masuk kantor. Lalu, kamu juga harus istirahat sesuai dengan jam dan durasi yang ditetapkan. Tujuannya adalah kamu dapat menyelesaikan pekerjaanmu dengan baik dan dapat bekerja di waktu yang sudah disesuaikan dengan jam operasional kantor.

Hal ini tidak hanya berkaitan dengan pekerjaan di kantor, tetapi juga saat kamu berinteraksi dengan klien. Kamu harus mampu menepati janji temu atau deadline dengan klien. Kenapa penting? Karena saat kamu berinteraksi dengan klien, artinya kamu mewakili perusahaan tempatmu bekerja. Sikap disiplin dan tepat waktu sangat penting sehingga secara tidak langsung sikap disiplin akan terbentuk.

7. Belajar mengatur waktu


Kamu harus belajar mengatur waktu agar pekerjaan teratur. (Sumber: Pexels)

Banyaknya tugas di kantor menuntut kamu untuk bisa mengatur waktu. Terlebih lagi ketika kamu sedang mengerjakan suatu pekerjaan, ada tugas baru yang mungkin lebih urgent sehingga kamu harus mengesampingkan yang lain. Itulah mengapa, penting bagi kamu untuk dapat mengatur waktu dan menentukan prioritas. Selain itu, dengan belajar mengatur waktu dengan baik kamu juga dapat menyelesaikan lebih banyak pekerjaan sehingga kamu tidak perlu mengerjakan pekerjaanmu saat akhir pekan.

8. Mengumpulkan portofolio


Kumpulkan portofolio sebanyaknya untuk membantu jenjang kariermu. (Sumber: Pexels)

Pengalaman kantor pertamamu bisa menjadi ajang kamu mengumpulkan portofolio yang banyak. Kamu bisa mengasah hard skills lebih tajam dengan mempraktikkan ilmu yang kamu dapatkan. Kamu juga akan menemukan tantangan baru yang bahkan mungkin dapat memperluas kemampuanmu. Secara tidak langsung, kondisi ini bisa menjadi bekal untuk kamu mendapatkan kerja di perusahaan lain yang lebih baik. Jadi, jangan takut jika diberikan pekerjaan baru, ya!

9. Belajar komunikasi profesional


Kamu akan belajar berkomunikasi profesional baik komunikasi langsung maupun tidak. (Sumber: Pexels)

Masuk ke dalam dunia profesional, komunikasi merupakan hal yang penting diperhatikan. Komunikasi ini tak hanya dilakukan secara langsung, tetapi juga melalui telepon dan email. Tiap platform ini memiliki gaya komunikasi yang berbeda. Pengalaman kantor pertama inilah yang akan membantu kamu untuk belajar menerapkan komunikasi profesional. Selain itu, kamu juga akan belajar bagaimana cara mengomunikasikan suatu pekerjaan ke rekan kerja, atasan, maupun klienmu. Sehingga dengan kemampuan komunikasi yang makin bagus, ke depannya akan lebih mudah bagi kamu untuk meningkatkan kariermu.

10. Belajar mengatasi masalah


Kamu akan belajar mengambil keputusan dan menyelesaikan masalah. (Sumber: Pexels)

Tak hanya hard skills, soft skills juga akan terus terasah dengan baik. Salah satu soft skills yang akan kamu dapatkan dari pengalaman kantor pertama adalah belajar mengatasi masalah. Misalnya saja, kamu bekerja sebagai seorang social media specialist, lalu ternyata social media perusahaan terus menurun performanya. Di sinilah kemampuanmu untuk dapat mengatasi masalah dan memberikan solusi terhadap situasi ini akan menjadi lahan untuk kamu belajar.

Baca juga: 10 Contoh Integritas dalam Dunia Kerja dan Cara Menunjukkannya

Bagaimana, sekarang kamu sudah mulai memiliki bayangan mengenai pengalaman kantor pertama, bukan? Pengalaman ini akan sangat menyenangkan juga penuh dengan tantangan. Kamu dituntut untuk tidak hanya terpaku pada teori, tetapi juga bergerak sesuai dengan masalah nyata yang ada. Dengan begini, kamu akan banyak belajar baik dalam hal soft skills maupun hard skills.

Jangan takut dengan pekerjaan yang mungkin menurutmu begitu banyak, pasalnya tugas yang kamu dapatkan sangat bisa menjadi bahan untuk kamu belajar serta mempertajam kemampuanmu. Jika kamu sudah makin andal, tentu kamu akan makin menjadi incaran perusahaan-perusahaan impian. Menarik, bukan?

Nah, jika saat ini kamu merupakan fresh graduate atau lulusan baru dan pertama kali bekerja, jangan patah semangat dengan mengerjakan tugas di kantor pertamamu. Manfaatkan waktu sebaik-baiknya, ya!

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • popbela.com
  • careeraddict.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1.jpg

    Careers

    5 Contoh Biografi Diri Sendiri untuk Peluang dan Perkembangan Karier

    Alvina Vivian

    29 November 2022
    6 min read
    business-model-canvas-EKRUT.jpg

    startup

    Segmen Business Model Canvas untuk Merancang Bisnis di Awal

    Nur Lella Junaedi

    29 November 2022
    8 min read
    H1_1._5_Cara_Menjawab_Pertanyaan_“Kenapa_Kami_Harus_Menerima_Anda_”.jpg

    Careers

    Panduan Menjawab “Kenapa Kami Harus Menerima Anda?” Beserta Contohnya

    Anisa Sekarningrum

    29 November 2022
    7 min read

    Video