Media

Pentingnya integritas bagi perusahaan, dan cara penerapannya
By Tsalis Annisa - 7 February 2019
4 min read 235 Views
Integritas adalah hal yang penting untuk kemajuan individu dan perusahaan - EKRUT
Integritas adalah hal yang penting untuk kemajuan individu dan perusahaan - EKRUT

Integritas adalah suatu konsep yang berkaitan dengan konsitensi dalam tindakan, nilai, metode, dan prinsip. Di dalam dunia kerja, integritas merupakan suatu nilai penting yang dicari rekruter.

Pasalnya, orang yang berintegritas umumnya memiliki pribadi yang jujur, dan memiliki karakter yang kuat.  Lalu, apa pentingnya integritas bagi perusahaan? Dan bagaimana cara mengaplikasikannya?

Alasan pentingnya integritas bagi perusahaan

Sebagai nilai penting, tentunya integritas memegang peran di dalam perusahaan. Berikut ini beberapa alasan pentingnya memiliki integritas bagi perusahaan:

1. Menciptakan reputasi baik

Bagi pemimpin perusahaan, mengoperasikan bisnis dengan integritas akan memberi reputasi positif di industri dan di komunitas bisnis lokal. Hal ini tentu sangat penting jika bisnis tersebut merupakan bisnis jangka panjang atau berulang, atau menyediakan produk B2B (business to business)

Rasa integritas juga sangat penting bagi usaha yang bekerja dengan informasi pelanggan yang rahasia atau sensitif, atau yang bertugas mengawasi urusan keuangan atau pribadi pelanggan mereka.

2. Memiliki pelanggan setia

Ketika pelanggan mempercayai perusahaanmu, maka bisnismu akan berlangsung jangka panjang. Tidak seorang pun ingin secara sadar melakukan bisnis dengan perusahaan yang memiliki reputasi buruk, terjebak dalam kebohongan, atau terlibat dengan skandal atau tindakan korupsi lainnya.

Keuntungan menjalankan bisnis dengan integritas adalah mempertahankan pelanggan yang sudah ada, dan juga memiliki potensi periklanan dari mulut ke mulut yang akan membawa lebih banyak pelanggan.

3. Karyawan dengan etika yang sangat bagus

Karyawan dengan standar tinggi seringkali tertarik pada perusahaan dengan integritas tinggi. Karyawan yang memiliki etika dan nilai bisnis yang sama cenderung menjadi perwakilan perusahaan yang baik, dan berprestasi dengan cara yang dapat dipercaya.

Hal ini tentu akan membantu bisnis kecil dalam menarik dan mempertahankan talenta terbaik. Karyawan yang yakin bahwa perusahaan mereka tidak akan menipu atau menyesatkan pelanggan biasanya yakin mereka akan diperlakukan secara adil oleh manajemen juga. Hal ini dapat menyebabkan berkurangnya pergantian karyawan dan tenaga kerja yang sangat berkualitas.

4. Memiliki potensi penghasilan meningkat

Mungkin salah satu keuntungan terbesar menjalankan bisnis kecil dengan rasa integritas adalah potensi peningkatan pendapatan. Bisnis yang terlibat dalam kontroversi sering kali kehilangan klien besar, dan kesulitan menarik pelanggan maupun karyawan.

Perusahaan yang jujur dan terus terang memiliki kemungkinan lebih besar untuk mendapatkan rasa hormat di industri mereka dan meraih pangsa pasar yang lebih besar dari rata-rata. Perusahaan dengan reputasi bintang juga mungkin lebih mudah mendapatkan pembiayaan bisnis dan menarik investor.

Selain itu, secara emosional, umumnya seseorang yang memiliki integritas juga memiliki motivasi, sadar diri, solidaritas tinggi, empati, simpati, dan emosi yang stabil. Tentu hal ini sangatlah penting bagi perusahaan.

Sedangkan secara sosial, integritas dalam diri seseorang membuatnya lebih mudah dalam menjalin hubungan baik dengan orang lain dan dalam melakukan kerja sama di masyarakat. Tentunya karyawan atau pimpinan yang memiliki integritas akan memiliki hubungan yang baik dengan sesama rekan kerja maupun partner.

Baca juga: 3 alasan psikotes kerja masih relevan hingga sekarang

Cara menunjukkan integritas di perusahaan

Setelah mengetahui pentingnya integritas di perusahaan, lalu bagaimana cara menunjukkan integritas? Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan.

1. Hormati dan ikuti kebijakan perusahaan

Kebijakan di tempat kerja dibuat untuk memandu karyawan tentang praktik terbaik mulai dari perilaku hingga cara berpakaian. Dengan mengikuti kebijakan perusahaan, kamu dapat membuat keputusan berdasarkan informasi, nilai, dan tujuan bisnis.

2. Selalu siap dalam bekerja

Banyak dari kita mengenal orang-orang yang bersedia untuk mendelegasikan tetapi ragu-ragu untuk mengotori tangan mereka. Karyawan dengan integritas, di sisi lain, bersedia untuk mengatur di luar pekerjaan mereka sendiri, dan membantu orang lain jika situasi membutuhkannya.

3. Menghormati pendapat orang lain

Perbedaan pendapat saat bekerja dalam tim tentu merupakan hal yang wajar terjadi. Cobalah untuk mendengarkan, menghormati, dan menerima pendapat orang lain. Jika kamu nampak tidak setuju dengan pendapat tersebut, kamu bisa menyampaikan apa yang menurutmu benar, lalu menghormati keputusannya.

4. Bertanggung jawab atas kesalahan

Cara selanjutnya untuk menunjukkan integritas adalah dengan berani mengakui, dan bertanggung jawab atas kesalahan. Tak perlu takut untuk mengakui kesalahan, karena pada dasarnya, manusia pasti pernah berbuat salah.

Mengakui dan bertanggung jawab atas kesalahan menunjukkan bahwa kamu jujur,dan terbuka terhadap masukan yang membangun. Kedua sifat ini umum dimiliki bagi orang-orang dengan tingkat integritas kerja yang tinggi.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu ketahui mengenai integritas dan bagaimana penerapannya. Cobalah untuk menerapkan hal ini baik pada dirimu, maupun pada perusahaan demi mencapai keberhasilan. Tentu tidak ada salahnya menerapkan hal positif, bukan?

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags:

  • perusahaan
  • kinerja
  • integritas
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang