Media

Ketahui kelebihan dan kekurangan cashless agar lebih cermat
By Tsalis Annisa - 6 March 2019
5 min read 185 Views
Teknologi cashless memiliki keuntungan dan kekurangannya tersendiri - EKRUT
Teknologi cashless memiliki keuntungan dan kekurangannya tersendiri - EKRUT

Apa kamu pernah lupa bawa dompet saat bepergian atau uang tunai kurang pas mau bayar? Tak perlu panik, saat ini terdapat beragam metode cashless yang bisa kamu manfaatkan.

Cashless (tanpa uang tunai) merupakan istilah yang mengacu pada metode pembayaran yang dilakukan secara digital. Misalnya, transaksi dengan aplikasi keuangan tertentu, kartu e-money, kartu kredit, maupun kartu ATM.

Di era digital yang makin canggih, pemakaian metode nontunai tersebut semakin marak digunakan. Tapi benarkah cashless hanya memberikan manfaat? Yuk, pelajari lebih jauh mengenai keuntungan dan kekurangan cashless di bawah ini!

Apa saja keuntungan memakai cashless?

Menggunakan cashless dapat memberikan banyak keuntungan bagi pemakainya. Mulai dari praktis dan rasa aman.

Sangat praktis

Bagimu yang terbiasa memakai cashless, dampak positif yang paling terasa adalah kemudahannya. Ketika hendak membeli sesuatu, kamu tidak perlu repot lagi untuk membawa uang tunai atau bimbang karena uang tunaimu tak cukup.

Begitu pula saat saat menghadapi kondisi darurat, misalnya sedang di rumah sakit. Kamu bisa lebih leluasa melakukan transaksi pembayaran tanpa perlu repot untuk mengambil uang dulu di ATM.

Manfaatnya tidak hanya berhenti di situ. Ketika sedang bepergian ke luar negeri, kamu bisa bertransaksi dengan menggunakan kartu kredit sehingga kamu hanya perlu membawa mata uang asing secukupnya.

Memberikan penawaran yang menggiurkan

Dalam menggalakkan penggunaan cashless, beragam instansi atau perusahaan yang bekerja sama dengan penyedia layanan tak ragu untuk memberikan beragam tawaran yang menarik. Baik dalam bentuk potongan harga atau diskon, pemotongan biaya administrasi, maupun pemberian hadiah (seperti beli 1 gratis 1).

Menurunkan potensi tindak kejahatan

Selain praktis, pembayaran tanpa uang tunai bermanfaat pula dalam hal keamanan. Apa alasannya? Cashless dikatakan dapat menurunkan tingkat tindak kejahatan, seperti perampokan, karena tak ada lagi uang tunai yang umumnya menjadi sasaran. Risiko mendapatkan uang palsu pun bisa dihindari dengan metode nontunai ini.

Memberikan catatan pengeluaran yang detail

Ketika kamu menggunakan cashless, transaksi tersebut akan tercatat dalam sistem penyedia layanan. Kamu dapat membuka daftar transaksi yang sudah kamu lakukan melalui histori akunmu. Dengan ini, kamu tidak perlu repot lagi untuk mencatat pengeluaranmu secara manual. Mudah, bukan?

Di samping menguntungkan bagi pengguna, catatan transaksi tersebut juga bermanfaat untuk pemerintah. Pasalnya, semua transaksi akan tercatat dan dapat diteliti dengan mudah sehingga risiko penggelapan pajak akan berkurang.

Baca juga: Tips nabung anti gagal untuk kamu dengan gaji 5 juta

Bagaimana dengan kekurangan memakai cashless?

Mempelajari metode cashless tentu belum lengkap tanpa mengetahui kekurangan di baliknya. Nah, apa sajakah hal-hal negatif dari pembayaran nontunai yang dapat mengintai penggunanya?

Potensi pencurian identitas

Ini merupakan risiko terbesar ketika kamu memakai metode nontunai. Seiring berkembangnya teknologi, tindak kejahatan di bidang digital pun semakin marak.

Data-data pribadi yang kamu masukkan secara digital ketika mendaftar sebagai pengguna cashless memiliki risiko tersendiri. Jika penyedia layanan cashless diretas, identitas pribadi pelanggan yang tercantum dalam sistem mungkin saja akan tersebar dan digunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Oleh sebab itu, pastikan kamu lebih teliti dalam memilih layanan nontunai dengan keamanan yang terjamin. Jangan hanya tergiur oleh kemudahan dan tawaran diskon yang menarik, ya.

Tidak semua orang bisa menggunakannya

Metode cashless belum tentu bisa dipakai oleh semua pihak. Contohnya bagi mereka yang tak memiliki cukup uang untuk membuka rekening bank atau orang yang kurang terpapar teknologi maupun gagap teknologi (gaptek).

Pengeluaran yang tak terkendali

Bagi sebagian orang, pembayaran nontunai dapat membuat mereka kehilangan kendali dalam berbelanja. Tidak jarang pengguna merasa tidak membayar apapun karena ia melakukan transaksi tanpa mengeluarkan uang tunai.

Gangguan pada sistem

Apabila terjadi gangguan pada sistem pembayaran nontunai yang kamu gunakan, kamu akan kesulitan untuk melakukan transaksi dalam jenis apapun. Kekurangan seperti ini tidak akan mengintaimu jika kamu juga memiliki uang tunai, bukan?

Bila dilihat dari kemudahannya, cashless tentu lebih praktis digunakan. Namun kamu juga tak boleh meremehkan kekurangan yang mungkin saja kamu alami saat memakainya.

Setelah mengetahui keuntungan dan kekurangan cashless, kamu niscaya bisa lebih bijak dalam memilih metode pembayaran sesuai dengan kebutuhanmu. Jadi, apa kamu sudah siap menggunakannya?

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags:

  • finansial
  • cashless
  • teknologi
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang