Media

EKRUTmeets12: Inovasi terbaru Fore Coffee dan Warung Pintar
By Tsalis Annisa - 25 July 2019
5 min read 131 Views

Rabu, 24 Juli 2019 EKRUT kembali mengadakan acara EKRUTmeets di GoWork Pacific Place. Adapun tema yang diangkat pada EKRUTmeets12 ini adalah Innovation Inside Hottest Startup

Menghadirkan pembicara dari beberapa startup yang sedang menjadi perbincangan seperti, Sofian Hadiwijaya yang merupakan Co Founder Warung Pintar dan Sindarigo sebagai VP of Engineering Fore Coffee, berikut ini adalah rangkuman dari acara tersebut. 

Bagaimana cara Warung Pintar dan Fore Coffee untuk mendapatkan serta mengarahkan karyawan?

Menurut Sofian, untuk mendapatkan karyawan yang dibutuhkan pada tahap awal bisa dilakukan dengan memanfaatkan jaringan yang dimiliki. 

Sedangkan hal yang dilakukan oleh Fore Coffee untuk mengarahkan karyawan adalah dengan mengadakan review setiap tiga bulan dan memberikan target pekerjaan agar lebih terarah. 

Bagaimana cara untuk memastikan karyawan dapat berkerja sesuatu target? 

Warung Pintar berusaha untuk menciptakan budaya kerja yang transparan dan menjaga komunikasi berjalan lancar satu sama lain. Selain itu, Warung Pintar juga menciptakan sistem di mana semua pekerjaan dibuat notifikasi. 

Sistem di mana mulai dari request dari divisi lain, masalah yang perlu diatasi, hingga pekerjaan yang sedang berlangsung ada notifikasi dan akan nampak status pengerjaannya. 

Apa saja inovasi yang sedang dilakukan oleh Warung Pintar? 

Saat ini Warung Pintar berusaha untuk developing IoT, speech to text untuk apa saja yang dipesan oleh konsumen, serta sistem untuk mengecek buka atau tidaknya warung.

Tantangan apa dalam membangun startup?

Menurut Fore Coffee, tantangannya adalah dalam mencari sumber daya manusia yang banyak untuk menunjang pertumbuhan yang cepat. 

Sedangkan dari Warung Pintar sendiri kesulitan dan mendapatkan karyawan Product yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, Warung Pintar juga kesulitan dalam mengatur karyawan. Karena hingga saat ini belum ada lead untuk masing-masing tim.

EKRUTmeets - EKRUT
Guna melihat peluang usaha sebaiknya perbanyak interaksi dengan sekeliling agar dapat melihat celah untuk menciptakan inovasi - EKRUT

Apa kunci sukses Sofian Hadiwijaya dalam membangun Warung Pintar, setelah 5 startups sebelumnya?

Menurut Sofian, agar dapat terus berkembang seseorang perlu belajar dari pengalaman serta kesalahan. Tak hanya itu, komunikasi yang baik juga tidak kalah pentingnya. 

Selain itu, agar dapat belajar lebih dalam mengenai bagaimana langkah dalam membangun startup, alangkah baiknya jika seseorang bisa bergabung di startup dan belajar dari sana. 

Apa yang menjadikan seseorang sebagai Product Manager yang baik?

Menurut Sofian Hadiwijaya, untuk dapat menjadi seorang Product Manager harus memahami bisnis, desain produk, mampu menganalisa, mengambil keputusan, dan tahu apa yang perlu dilakukan. 

Sofian Hadiwijaya mengakui bahwa saat ini sulit untuk mendapatkan Product Manager seperti yang dia sebutkan. Di mana kebanyakan dari kandidat yang melakukan wawancara kerja dengannya lebih cenderung ke desain produk dan bukan seperti kriteria yang diperlukan. 

Bagaimana cara melihat peluang untuk membuka usaha?

Menurut Sofian, tidak hanya melihat apa yang sedang tren tapi juga melihat melalui data yang ada. Tak hanya itu, untuk melihat peluang juga perlu perbanyak interaksi dengan sekeliling agar bisa melihat celah dari perilaku orang-orang.

Melalui hal itulah kita bisa melihat apa yang bisa dilakukan untuk mengisi celah tersebut dan menciptakan satu inovasi. 

Sofian juga menambahkan bahwa jika seseorang ingin mengikuti tren, maka penting untuk tahu apa yang bisa dilakukan untuk menjadi beda sehingga dapat mengambil pasar yang ada. 

Bagaimana cara Warung Pintar menentukan lokasi dan memperkenalkan teknologi?

Pasar Warung Pintar adalah kelas menengah ke bawah dan tentunya ini merupakan tantangan tersendiri dalam mengenalkan teknologi. 

Menurut Sofian, untuk mengatasinya Warung Pintar berusaha memperkenalkan Juragan Apps dengan menunjuk satu orang di satu daerah tertentu yang sudah cukup paham dengan teknologi tersebut untuk mengajarkan mitra lain. 

Sedangkan dalam penentuan lahan, Warung Pintar memiliki beberapa kriteria. Mereka juga memiliki surveyor yang melihat area tersebut seperti apa agar bisa dianalisa apa yang perlu dipersiapkan. 

Itulah beberapa poin ringkasan acara EKRUTmeets12 yang diadakan Rabu 24 Juli 2019. EKRUTmeets sendiri adalah acara bulanan yang diadakan EKRUT dengan mengundang para profesional di bidangnya. 

Sampai jumpa di EKRUTmeets bulan Agustus dengan ilmu-ilmu startup yang lainnya, ya!

EKRUTmeets - EKRUT

Rekomendasi bacaan: 

 

Tags:

  • EKRUTmeets
  • EKRUTmeets12
  • EKRUT
  • event
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang