Published on

Expert's Corner

6 Strategi internet marketing yang berguna untuk bisnis Anda

Elisha Nathania

6_Strategi_internet_marketing_yang_berguna_untuk_bisnis_Anda.jpg

Seiring berkembangnya teknologi, kini, kamu dapat memasarkan produk dengan mudah melalui internet. Internet marketing merupakan strategi yang dapat kamu coba yaitu memasarkan produk dan jasa secara online. Dalam internet marketing, banyak strategi yang dapat kamu coba mulai dari website sampai affiliate marketing. Yuk, pelajari tentang internet marketing selengkapnya.

Apa itu internet marketing?

Apa itu internet marketing?
Internet marketing memiliki berbagai kegunaan (sumber: Shutterstock)

Internet marketing adalah berbagai strategi yang digunakan untuk pemasaran secara online dan media digital lainnya. Internet marketing menggunakan aktivitas online konsumen untuk terhubung dengan mereka melalui berbagai media di internet. Tipe dari internet marketing pun beraneka ragam bergantung kepada model bisnis, tipe produk, target konsumen, budget dan lain-lain.

Selain untuk sekadar pemasaran, internet marketing juga dapat digunakan untuk mengkomunikasikan nilai sebuah brand atau melakukan riset pasar. Sehingga, melalui internet marketing kamu dapat mengidentifikasi target market, mengetahui kebutuhan konsumen dan membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen.

Manfaat internet marketing untuk bisnis

Manfaat internet marketing untuk bisnis
Internet marketing dapat memudahkan interaksi dengan konsumen (sumber: Shutterstock)

Internet marketing memiliki peran penting untuk bisnis karena dapat memperluas reach atau jangkauan. Sehingga, produk atau jasa kamu dapat lebih dikenal oleh target pasar. Selain itu ada beberapa manfaat dari internet marketing lainnya seperti;

  • Meningkatkan ROI (Return on Investment)
    Dibandingkan dengan metode pemasaran tradisional, internet marketing dapat langsung membidik target pasar yang kamu inginkan dan cenderung membutuhkan biaya yang sedikit. Sehingga, peluang untuk mereka menjadi pembeli pun meningkat.
  • Berinteraksi dengan konsumen 24 jam
    Tidak ada batasan waktu dalam berkomunikasi melalui internet marketing. Seperti yang kamu ketahui, internet dapat digunakan setiap hari dan setiap saat. Jadi, kamu bisa terus menjaga hubungan dengan konsumen kapanpun.
  • Memberikan kenyamanan untuk konsumen
    Dengan menggunakan internet marketing, kamu akan memberikan consumer journey atau perjalanan yang menyenangkan. Mulai dari saat mengenal brand kamu sampai dengan memutuskan untuk membelinya.

Selain itu, menurut data dari searchenginejournal di akhir tahun 2021, industri konten marketing global diprediksi akan mencapai $412 miliar. Konsumen yang membaca konten dari brand secara online 131% lebih memungkinkan untuk membelinya dibandingkan dengan brand yang tidak menyediakan konten untuk konsumennya. 

Bedanya internet marketing dengan digital marketing 

Bedanya internet marketing dengan digital marketing
SEO digunakan baik untuk internet maupun digital marketing (sumber: Shutterstock)

Tentunya, kegiatan pemasaran di era teknologi juga lekat dengan istilah digital marketing. Lalu, apa perbedaan digital marketing dan internet marketing? Kamu bisa memahaminya lebih lanjut pada tabel berikut ini.

Internet Marketing Digital Marketing
Merupakan bagian dari digital marketing yang memuat strategi untuk memasarkan produk atau jasa secara online. Berbagai strategi marketing yang menggunakan kanal digital untuk pemasaran. 
Membutuhkan internet untuk melaksanakan strategi. Tidak terbatas pada penggunaan internet saja saat memasarkan.
SEO, Pay Per Click ads, email marketing, social media marketing, web design. SEO, Pay Per Click ads, email marketing, social media marketing, web design, iklan TV, billboard digital, iklan radio dan SMS.

Dapat disimpulkan, internet marketing merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari digital marketing. Hanya saja, internet marketing membutuhkan jaringan internet untuk menjalankan strateginya. Sementara, digital marketing menjangkau lebih luas dan tidak hanya bergantung pada koneksi internet.

6 Strategi internet marketing untuk kebutuhan bisnis

6 Strategi internet marketing untuk kebutuhan bisnis
Media sosial merupakan salah satu strategi internet marketing (sumber: Shutterstock)

Nah, sekarang saatnya kamu mulai mencoba berbagai strategi internet marketing yang ada. Kamu dapat memilih dan menyesuaikan berbagai strategi ini sesuai kebutuhanmu jika baru memulainya lalu perlahan menjalankannya secara keseluruhan.

1. Membuat sebuah website

Website merupakan aset penting ketika kamu ingin melakukan internet marketing. Pasalnya, melalui website kamu dapat memudahkan konsumen untuk menemukan, mempelajari dan mengetahui apa produk dan jasa yang kamu buat selain itu konsumen dapat memberikan data mereka. Nah, data inilah yang akan memudahkan kamu untuk menjaga relasi seperti melalui email marketing. Jangan lupa mendesain website-mu dengan baik, ya. Supaya target konsumen kamu nyaman saat mengunjunginya dan akhirnya memutuskan untuk membeli.

2. Menerapkan SEO

Ketika kamu sudah memiliki website, kini saatnya kamu berstrategi agar website dapat ditemukan oleh target pasar. Caranya adalah dengan menerapkan SEO. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penerapan SEO yaitu;

  • Mengatur keyword yang sesuai. Pastikan kamu memilih keyword spesifik yang kira-kira akan diketik oleh target konsumen ketika mencari produk dan jasa yang ditawarkan.
  • Mempercepat waktu tunggu website. Kamu dapat mengecek durasi tunggu website kamu menggunakan platform Google PageSpeed Insight. Setelah mengetahuinya, maka kamu dapat mempertimbangkan untuk memperbaikinya jika waktunya cenderung lama.
  • Membuat website yang mobile friendly. Agar website kamu dapat dibuka kapan saja, maka sebaiknya kamu meluangkan waktu dan sumber daya untuk membuat website dapat dibuka secara mobile.

3. Menerapkan email marketing

Saat konsumen membeli produk kamu secara online, mereka akan memberikan data berupa email. Pergunakanlah email ini untuk terhubung dengan mereka seperti mengirimkan promosi, update jenis produk atau jasa terbaru dan lain-lain.

Baca juga: 7 Tips membuat email marketing yang efektif

4. Menerapkan social media marketing

Perhatikan penggunaan media sosial dari target pasar kamu. Misalnya, kamu menyasar target anak muda, maka media sosial yang bisa kamu gunakan adalah Instagram dan TikTok. Jika target pasar kamu lebih kepada orang yang lebih tua, maka Facebook dapat menjadi pilihan. Lakukan riset lebih lanjut terkait penggunaan media sosial ini, ya.

5. Memanfaatkan Google Bisnisku

Google Bisnisku adalah platform gratis yang disediakan oleh Google untuk mengelola kemunculan bisnis kamu seperti dengan muncul di Google Maps dan penelusuran. Sehingga, bisnis kamu akan lebih mudah ditemukan misalnya jika konsumen sedang berada di lokasi sekitar restoran yang kamu kelola.

6. Menerapkan affiliate marketing

Affiliate marketing adalah saat kamu bekerjasama dengan orang lain untuk mempromosikan produk di berbagai kanal digital mereka entah itu Facebook, blog, Instagram atau Youtube. Ketika kamu berhasil mendapatkan pembelian yang berasal dari kanal digital pihak ke-3 ini, kamu harus memberikan komisi yang sudah disepakati. 

Internet marketing akan memberikan berbagai keuntungan untuk bisnismu. Ada berbagai strategi yang bisa kamu terapkan untuk memulainya. Selamat mencoba!

https://www.ekrut.com/signup?utm_source=blog&utm_medium=media&utm_campaign=artikel

Sumber:

  • www.thebalancesmb.com
  • www.webfx.com

Tags

Share