Published on

Careers

Catat, ini 8 bahasa tubuh saat interview yang harus dipraktikan

Fajar Rizqy Anugrah Illahi

bahasa-tubuh-saat-interview-EKRUT.jpg

Pada saat interview kerja, HRD tidak hanya memerhatikan jawaban yang kamu berikan, lho. Bahasa tubuhmu juga akan menjadi perhatian mereka. Jadi pastikan kamu memahami bahasa tubuh apa yang sebaiknya kamu tunjukkan saat interview

Bahasa tubuh saat interview kerja yang sebaiknya kamu lakukan

bahasa tubuh saat interview - EKRUT
Cara kamu berjabat tangan juga akan dinilai saat kamu bertemu HRD atau User untuk interview - EKRUT

Ada beberapa bagian tubuh yang harus kamu perhatikan saat interview berlangsung, misalnya saja seperti,

1. Saat berjabat tangan

Berjabatan tangan merupakan hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum atau sesudah interview. Pada bagian ini, ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui.

Melakukan jabat tangan terlebih dulu

Kamu harus memulai jabat tangan terlebih dahulu kepada lawan bicaramu, karena dengan cara ini kamu bisa dinilai percaya diri dan siap untuk memulai interview kerja.

Hindari tangan berkeringat

Pastikan tanganmu tidak berkeringat saat melakukan jabat tangan. Jika tanganmu berkeringat saat melakukan jabat tangan, ini bisa memberikan kesan bahwa kamu tidak tenang.

Sebelum kamu memasuki ruangan interview, kamu bisa menuju toilet terlebih dahulu untuk menyegarkan diri dan mengeringkan bagian tubuh yang terlihat dari keringat.

Pelajari cara berjabat tangan yang baik dan benar

Kegiatan berjabat tangan merupakan hal yang sudah umum. Tetapi jangan salah, berjabat tangan ternyata juga mempunyai aturan sendiri.  

Kamu harus menghindari berjabat tangan dengan halus, karena ini bisa memberikan kesan kalau kamu adalah kandidat yang tidak pasti. Selain itu kamu juga tidak boleh menjabat tangan dengan keras, karena ini bisa memberikan kesan kalau kamu sangat percaya diri.

Pertahankan kontak mata saat berjabatan tangan

Ketika kamu sedang berjabatan tangan, kamu juga harus mempertahankan kontak mata secara baik dan memberikan senyum yang tidak berlebihan. Selain itu, kamu juga harus mengenalkan namamu dengan tegas dan jelas.

Jika tidak, lawan bicaramu akan menilai dirimu sebagai pribadi yang tidak peduli atau sedang merasa gugup.

Baca juga: Ampuh, ini 8 trik agar kamu disukai HRD saat interview

bahasa tubuh saat interview - EKRUT
Pastikan postur tubuhmu tegak dan tenang saat interview - EKRUT

2. Perhatikan postur tubuh saat interview

Ada bagian lain dari tubuhmu yang harus diperhatikan selain kontak mata, misalnya postur tubuh kamu seperti yang di bawah ini.

Duduk dengan tegak dan tenang

Bahasa tubuh saat interview selanjutnya yang perlu kamu perhatikan adalah posisi duduk. Ketika kamu sedang melakukan interview, hindari posisi duduk dengan bersandar ke bagian belakang, ke kanan, atau ke kiri tempat dudukmu.   

Posisi yang baik ketika interview berlangsung adalah duduk dengan posisi badan yang tegak, memberi jarak dari punggung ke sandaran, dan menjaga supaya bahu terlihat rendah. 

Masih ada bagian penting yang harus kamu perhatikan ketika duduk. Misalnya seperti posisi kaki dan tangan untuk tetap tenang, lalu kendalikan dirimu supaya tidak bergerak secara berlebihan.

Jangan menyembunyikan pikiran stres kamu secara terus menerus

Jika kamu ingin terlihat natural dan nyaman ketika diajak berbicara, jangan menyembunyikan stres yang berlebihan.  

Kamu bisa menunjukan stres yang baik kepada lawan bicaramu, karena bisa memberi arti bahwa setiap pekerjaan yang kamu lakukan sangat penting bagi kamu.

Menjaga kontak mata yang baik kepada lawan bicara

Ketika kamu sedang melakukan interview dengan lawan bicaramu, kamu harus tetap menjaga kontak matamu pada saat lawan bicaramu bertanya ataupun pada saat kamu menjawab.

Jika lawan bicaramu lebih dari satu, kamu bisa mengalihkannya ke lawan bicara yang satu saat menjawab pertanyaan. Hindari untuk melihat ke arah bawah, karena bisa dinilai kalau kamu lagi merasa tidak aman.

Menganggukkan kepala hanya pada hal penting

Kamu hanya boleh menganggukkan kepala pada saat ada hal yang penting saja, tidak boleh berlebihan karena bisa dinilai untuk pribadi yang tidak serius. 

Cari tahu juga persiapan sebelum interview 

bahasa tubuh saat interview - EKRUT
Selain bahasa tubuh, pastikan kamu juga melakukan persiapan interview lainnya - EKRUT

Selain memerhatikan beberapa bahasa tubuh di atas, jangan lupa untuk melakukan beberapa persiapan sebelum interview berlangsung. Misalnya saja kamu bisa berlatih untuk mengumpulkan rasa percaya diri.

Pada saat kamu berada di ruang tunggu, hindari untuk bersandar pada bagian sandaran kursi. Kamu harus duduk dengan tegak dan tenang, hal ini berguna untuk melatih posisi duduk kamu ketika interview nanti.

Baca juga: 10 hal yang harus dilakukan 15 menit sebelum interview

Memahami bahasa tubuh pada saat interview adalah hal yang sangat penting. Kamu bisa berlatih terlebih dahulu di rumah atau di depan temanmu sebelum mulai proses interview.

Minta penilaian juga dari temanmu bagaimana bahasa tubuh yang telah kamu pelajari tersebut. Apakah ada kekurangan atau kelebihan yang bisa membuat HRD memberikan penilaian buruk.

Semoga sukses, ya!

Rekomendasi bacaan: 

Sumber: 

  • pauwelsconsulting.com
  • thebalancecareers.com

Tags

Share