Media

Jangan baper! Ini bisa jadi jawaban kenapa karier kamu mentok
By Nelson Simbolon - 5 December 2018
5 min read 24 Views

Pada titik tertentu dalam karier, akan ada momen kamu merasa jenuh di sini-sini aja. Tidak berkembang. Setiap hari rasanya hidup gitu-gitu aja, hanya mengulang rutinitas semata. Ssssh stop cengengnya, yuk pelajari situasi ini lebih detail agar karier mentok nggak menghantuimu. Ada berbagai faktor yang mendasarinya. Bisa jadi sedari awal kamu motivasi kerjamu belum begitu kuat seperti hanya sekadar untuk cari uang dan bertahan hidup semata.

Meskipun begitu kamu nggak boleh pasrah dengan keadaan yang destruktif ini. Masih ada solusi konkret yang nggak ada salahnya kamu coba. Spesial untuk kamu yang yang merasa kariernya sudah mentok, berikut beberapa solusi menarik yang patut dipertimbangkan.

Apa saja sih faktor yang menimbulkan karier kamu mentok sekaligus menghambat kemajuan karier? Sudahkah kamu mulai mengevaluasinya? Berikut adalah beberapa faktor yang bisa menjadi jawaban atas kegelisahan tersebut.

1. Motivasi kerja hanya karena uang

Pada tahapan usia tertentu, karier bisa menjadi prioritas utama dalam hidup. Tetapi ketika kamu sedang membangun karier, kamu akan mulai mencari ke arah tujuan hidup secara keseluruhan: 'Bagaimana pekerjaan atau karier yang saya pilih cocok dengan semua hal lain yang saya inginkan dalam hidup?'. 
Masih banyak orang yang tersesat dalam hal ini salah satu faktornya bisa jadi karena di awal karier, kamu hanya memprioritaskan untuk memilih pekerjaan berdasarkan uang atau gaji yang diterima. Jika benar hal ini merupakan faktornya, kamu tentu harus mengambil sikap agar kerier nggak di situ-situ aja.

2. Pekerjaan tidak sesuai ekspektasi

Ada yang bilang mencari pekerjaan itu mirip seperti berkencan. Kamu cenderung akan mencari seseorang yang sesuai dengan ‘standar ideal’ hingga nilai-nilai hidup yang sama. Namun tidak jarang yang ditemui berada di luar ‘standar ideal tersebut’.  

Jadi analoginya, apa yang terjadi ketika pekerjaan hebat yang kamu ambil itu bukan yang kamu harapkan? Dalam situasi ini, kamu bisa mengatasinya dengan memperluas skill yang dibutuhkan hingga bergaul dengan kolega yang bekerja di bidang yang sama. Dari sini, cobalah untuk mencari motivasi lainnya yang membuat kamu antusias dalam bekerja.

3. Terlalu nyaman dalam karier yang sekarang

Sudahkah kamu memberikan hasil yang maksimal dalam pekerjaan yang sekarang? Prestasi apa saja yang sudah kamu capai? Zona nyaman memang sering menjebak untuk kita bisa menentukan apakah karier yang sekarang sudah sesuai target atau belum.

Kamu tentu menginginkan karier yang lebih baik untuk masa depan bukan? Jika demikian, keluarlah dari zona nyaman, dan pelajari berbagai hal baru dan skill baru yang membuat semangatmu kembali membara.

4. Melakukan pekerjaan yang keluar dari nilai prinsip awal

Kadang kita sering melupakan hal sederhana namun sayangnya terlalu penting untuk diabaikan untuk perjalanan karier ke depannya. Salah satu contohnya, mungkin saat ini, kamu terjebak untuk bekerja di perusahaan yang bertentangan dengan prinsip ataupun kepribadianmu di awal.

Contoh lainnya, kamu punya impian untuk bekerja di lembaga nirlaba tetapi karena keadaan dan lain hal kamu berkarier di bidang perbankan. Maka, hal yang bisa kamu lakukan adalah mencari tahu rencana tindakan untuk melakukan transisi itu. Itu mungkin tidak terjadi dalam semalam — atau bahkan dalam setahun — tetapi kamu dapat merencanakan sehingga itu menjadi kenyataan di karier masa depan.

Dengan demikian, ketika kamu merasa karier mentok, cobalah melakukan evaluasi dan mencari tahu faktornya. Kemudian, lakukan hal-hal yang bisa membuatmu semangat dan rencana jangka panjang untuk kariermu.

Sumber:

Tags: Karier

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang