Published on

Careers

Jangan putuskan resign pada masa-masa ini

Maria Yuniar

Depositphotos_6240199_s-2015.jpg

Jika telah bekerja di suatu perusahaan dalam waktu yang cukup lama, kamu bisa saja bosan dan berencana mencari pekerjaan baru. Resign pun ternyata tak hanya dipicu oleh rasa bosan semata. Ketidakcocokan dengan atasan dan rekan kerja juga bisa membuat karyawan mengundurkan diri

Resign memang keputusan yang sah-sah saja. Namun, ada baiknya kamu tidak mengajukan pengunduran diri pada masa-masa ini. Sebab, pada masa-masa ini, sebaiknya kamu mempertimbangkan betul rencana untuk resign.

Belum dapat pekerjaan baru

Jangan putuskan resign pada masa-masa ini - EKRUT
Resign sebelum mendapat pekerjaan baru bisa membahayakan keadaaan finansialmu - EKRUT

Sebelum mengundurkan diri dari kantor saat ini, ada baiknya kamu diterima kerja di perusahaan lainnya. Ini tentunya untuk keamanan finansialmu di masa transisi. Untuk mendapatkan berbagai peluang dari ratusan perusahaan dan startup, kamu bisa bergabung dengan talent marketplace di EKRUT.

Di sana, kamu tidak perlu mengirimkan aplikasi satu per satu untuk setiap pekerjaan yang kamu tuju. Cukup dengan satu aplikasi, perusahaan-perusahaan lah yang akan mendekatimu.

Baru naik gaji

Jangan putuskan resign pada masa-masa ini - EKRUT
Nikmati dahulu kenaikan gaji sebelum resign - EKRUT

Luangkan waktu sejenak untuk menikmati kenaikan gajimu. Jangan resign dengan terburu-buru. Apalagi bisa suasana kerja di kantormu menyenangkan. Coba pikirkan lagi, belum tentu kamu mendapatkan suasana kerja seperti ini di kantor baru nanti. 

Baca juga: Catat, ini 5 tips ampuh agar kamu naik gaji!

Menempati posisi baru

Jangan putuskan resign pada masa-masa ini - EKRUT
Mungkin kamu butuh waktu untuk menyesuaikan diri di pekerjaan tersebut - EKRUT

Jangan terburu-buru menilai posisi barumu saat ini. Berikan waktu pada dirimu sendiri untuk beradaptasi dan menghadapi berbagai tantangan di posisi baru.

Bisa jadi, kamu hanya perlu waktu untuk mulai menikmati pekerjaan barumu ini, meski masih bekerja di perusahaan yang sama. Jika pada akhirnya tetap merasa tidak nyaman bekerja di kantor saat ini, kamu bisa mengajukan pengunduran diri.

Belum punya rencana

Jangan putuskan resign pada masa-masa ini - EKRUT
Tanpa rencana yang jelas kamu hanya akan menyulitkan diri sendiri - EKRUT

Berhenti bekerja tanpa memiliki perencanaan yang baik, hanya akan menambah beban pikiranmu. Apalagi, saat ini mencari kerja menjadi hal yang tak mudah.

Jadi, pikirkan baik-baik rencana di masa mendatang, jika kamu berhenti dari kantormu saat ini. Apabila belum ada rencana baru, ada baiknya kamu tetap bekerja di perusahaan saat ini.

Emosi sesaat

Jangan putuskan resign pada masa-masa ini - EKRUT
Pastikan keputusan resign dilakukan dengan pikiran jernih dan matang - EKRUT

Mungkin banyak hal yang telah kamu alami di pekerjaan yang sekarang, termasuk yang tidak menyenangkan. Namun, jangan jadikan hal tersebut sebagai alasanmu untuk mengundurkan diri.

Jangan salah, di pekerjaan yang baru nanti tentu juga akan ada tantangan yang harus kamu hadapi. Jadi, tenangkan diri terlebih dahulu sebelum memutuskan resign.

Tidak cocok dengan atasan

Jangan putuskan resign pada masa-masa ini - EKRUT
Lihat apakah ketidakcocokanmu dengan atasan dari sisi profesionalitas atau kepribadian - EKRUT

Jujur saja, tidak mudah menemukan atasan yang klop dengan kita. Ketidakcocokan dengan atasan memang akan membuat semangat kerja menurun. Namun, coba pikirkan hal ini. Selama atasanmu bersikap profesional, kamu tetap bisa fokus pada pekerjaanmu, bukan? Anggaplah ini saatnya kamu banyak belajar dari atasanmu.

Baca juga: Cara menghadapi atasan yang tidak menyukai kita

Jadi sebelum memutuskan untuk mengundurkan diri, ternyata ada banyak hal yang harus dipertimbangkan ya! Jangan sampai kamu salah langkah dan akhirnya menyesal telah meninggalkan pekerjaanmu saat ini.

jangan putuskan resign pada masa-masa ini
Last update: 5 September 2020

Sumber:

Tags

Share