Media

Jika mau ambil 2 pekerjaan, pertimbangkan hal-hal ini
By Maria Yuniar - 22 August 2018
3 min read 129 Views

Memiliki pekerjaan tetap dan paruh waktu maupun freelance dalam saat yang bersamaan mungkin bisa menyelesaikan masalah keuanganmu. Namun, itu bukanlah solusi terbaik untuk jangka panjang.

Pilihan tersebut dapat menganggu kehidupan sosialmu dan membuat kamu merasa lelah, baik secara psikis maupun fisik. Namun, bila memang sudah memutuskan untuk menjalani dua pekerjaan sekaligus, kamu perlu merencanakan hal tersebut agar waktu kerjamu tetap efisien. Bagi kamu yang ingin mengambil dua pekerjaan sekaligsu, berikut ini beberapa hal yang harus kamu perhatikan.

 

Cari pekerjaan paruh waktu terbaik

Bekerja secara paruh waktu tentu dapat membuatmu memiliki penghasilan tambahan di samping gaji dari pekerjaan tetap. Karena itu, carilah pekerjaan yang mampu menggajimu di atas upah bayaran minimum. Kamu bisa memanfaatkan network pertemanan atau situs pencari kerja daring untuk menemukan pekerjaan-pekerjaan seperti ini.

 

Atur waktu dengan bijak

Ketika menjalani dua pekerjaan sekaligus, kamu harus pintar-pintar membagi waktu untuk mengerjakan pekerjaan tetap, pekerjaan rumah, dan pekerjaan paruh waktu. Maka, penting bagimu untuk membuat jadwal harian untuk hal-hal yang akan kamu lakukan setiap harinya. Dengan begitu, kamu bisa mengatur waktu dengan bijak tanpa perlu khawatir kehilangan kesempatan untuk bersenang-senang dengan teman-temanmu.

 

Menjaga kesehatan

Karena sudah menjalani dua pekerjaan sekaligus, kamu tak boleh lupa untuk beristirahat. Pastikan bahwa kamu tetap memiliki waktu tidur dan menikmati hiburan yang cukup. Hal ini penting, mengingat kamu perlu menjaga keseimbangan kondisi psikis dan fisikmu agar dapat terus produktif.

 

Gunakan penghasilan tambahan dengan bijak

Kini, kamu telah memiliki penghasilan dari pekerjaan sampinganmu, di luar gaji tetap. Namun, bila uang tambahan tersebut tak memiliki dampak untuk tujuan kariermu, kamu perlu melakukan evaluasi. Apakah menjalani dua pekerjaan sekaligus masih relevan dengan kondisimu saat ini?

 

Prioritaskan pekerjaan utama

Kamu tak boleh lupa bahwa bagaimanapun juga, pekerjaan utamamu tak bisa dikesampingkan. Dengan menjalani dua pekerjaan sekaligus, kamu harus memastikan bahwa pekerjaan sampinganmu tak akan menghambat karier di pekerjaan utamamu. Jadi, pastikan kamu tak menjalani pekerjaan sampinganmu ketika sedang berada di kantor tempat kamu bekerja tetap.

Lima hal di atas harus kamu pertimbangkan baik-baik ya, jika ingin mengambil pekerjaan tambahan. Yang penting, kamu tetap mengutamakan pekerjaan tetapmu selama ini.

 

Rekomendasi bacaan:
Tips jitu agar atasan menyukaimu
Hal buruk yang mesti kamu hindari sebagai manager
Sebagai perekrut, ini yang mesti kamu tahu tentang generasi Z

 

Sumber:
thebalancecareers.com
glasdoor.com

Tags:

  • penghasilan
  • gaji
  • part-time
  • freelance
  • full-time
  • pekerjaan
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang