Technology

Mengenal Jira, Aplikasi Manajemen Proyek untuk Memudahkan Proses Pekerjaan

Published on
Min read
6 min read
time-icon
jira_white_on_blue_logo.png

Ketika tergabung dalam sebuah tim untuk membuat atau mengembangkan proyek aplikasi, dibutuhkan sebuah alat untuk mengatur manajemen proyek tersebut. Tujuannya, agar proyek terencana dengan baik dan tim terorganisir dengan baik. Salah satu alat untuk manajemen proyek itu adalah aplikasi bernama Jira.

Jira adalah aplikasi manajemen tim yang cukup populer untuk digunakan dalam sebuah projek. Hal itu dikarenakan fitur-fiturnya yang cukup lengkap untuk sebuah aplikasi manajemen proyek. Lalu, apa saja fitur yang dimiliki Jira? Artikel ini akan membahas tentang Jira, mulai dari pengenalan Jira, fitur-fiturnya, manfaatnya, hingga kelebihan dan kekurangannya. Jadi, simak penjelasannya berikut ini.

Apa itu Jira?


Jira adalah software manajemen proyek yang populer digunakan (sumber: pexels)

Jira adalah sebuah software yang dapat membantu pengelolaan dan pengagendaan pekerjaan di dalam tim. Dengan menggunakan Jira, kamu dapat mengatur, merencanakan, hingga menelusuri seluruh proyek yang diinginkan dengan menggunakan software manajemen ini. Jira menawarkan solusi manajemen proyek yang agile dan dapat memperkuat kolaborasi di dalam tim. Jira dapat membantu tim merencanakan, menetapkan, melacak, melaporkan, dan mengelola pekerjaan, serta menyatukan tim untuk segala hal, mulai dari pengembangan perangkat lunak, hingga customer support bagi perusahaan startup ataupun enterprises.

Selain itu, produk Jira juga bisa dibilang cukup lengkap untuk berbagai divisi. Seperti Jira Software untuk tim developer membangun perangkat lunak, Jira Work Management untuk tim bisnis berkolaborasi dengan gesit dan praktis, serta Jira Align untuk perencanaan proyek dalam skala yang besar. Maka dari itu, tidak heran jika Jira menjadi salah satu pilihan populer sebagai aplikasi management proyek.

Baca juga: Tahapan dalam manajemen proyek yang harus diketahui

Apa itu manajemen proyek?


Manajemen proyek berguna untuk mengelola proyek dengan efektif dan efisien (sumber: unsplash)

Manajemen proyek sendiri merupakan metode untuk mengelola suatu proyek dengan efektif dan efisien. Metode tersebut digunakan untuk membantu mengelola kegiatan-kegiatan berbentuk proyek, seperti pembuatan atau pengembangan aplikasi. Suatu proyek dapat terhambat dalam pengeksekusian jika tidak ada manajemen proyek, baik dari segi biaya, waktu, bahkan kualitasnya. Manajemen proyek dibuat dengan tujuan untuk merencanakan proyek dengan tepat waktu, menjaga anggaran, menjaga kualitas, dan melancarkan proyek. Maka dari itu, adanya aplikasi manajemen proyek seperti Jira, dapat membuat proses manajemen proyek berjalan lebih efektif lagi.

Baca juga: Mengenal critical path method dalam manajemen proyek

Fitur-fitur unggulan Jira


Salah satu fitur unggulan Jira adalah fitur scrum dan kanban board (sumber: unsplash)

Jira memiliki berbagai fitur yang dapat membantu dalam manajemen proyek. Di antara fitur unggulan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Task assignment

Fitur task assignment merupakan fitur wajib di setiap aplikasi manajemen proyek. Pada Jira sendiri, fitur task assignment dilengkapi dengan tampilan interface alur kerja yang sedang dijalankan. Dengan begitu, seluruh tim yang tergabung dalam proyek dapat mengetahui sejauh mana perkembangan dari proyek yang sedang dikerjakan.

2. Scrum dan Kanban boards

Fitur unggulan Jira selanjutnya adalah Scrum dan Kanban boards. Fitur ini memfasilitasi seluruh anggota tim untuk melakukan brainstorming menggunakan metode scrum dan kanban. Fitur Scrum dan Kanban boards dari Jira cukup intuitif, sehingga setiap anggota tim dapat saling berkolaborasi untuk menentukan prioritas kerjanya. Selain itu, dengan fitur ini, setiap anggota tim bisa mengetahui berbagai masalah yang terjadi selama proyek berlangsung.

3. Roadmaps

Fitur roadmaps bertujuan untuk membuat seluruh anggota tim mengetahui gambaran proyek ke depannya. Dengan fitur ini, setiap anggota tim dapat lebih fokus pada apa yang dikerjakannya. Project manager pun dapat mengontrol penuh berbagai macam pekerjaan yang sedang dikerjakan lewat fitur ini. Selain itu, project manager dapat melihat gambaran proyek secara utuh, sehingga memudahkan pengambilan keputusan.

4. Kustomisasi

Fitur kustomisasi merupakan fitur yang penting untuk bisa lebih nyaman mengoperasikan aplikasi. Fitur kustomisasi pada Jira memungkinkan pengguna melakukan kustomisasi emoji, sehingga menjadikan task atau message yang diberikan antar anggota tim jadi lebih spesifik.

5. Pelacak masalah

Fitur pelacak masalah pada Jira dapat mencatat dan melacak masalah yang diidentifikasi oleh pengguna hingga masalah tersebut diselesaikan. Fitur pelacak masalah ini memungkinkan pengguna untuk mencari dan mengurutkan masalah secara otomatis, sehingga memudahkan mereka untuk mengatasinya.

6. Konektivitas dengan aplikasi lain

Selanjutnya, Jira juga menyediakan fitur konektivitas dengan aplikasi lain. Hal tersebut sangat penting, karena biasanya, setiap proyek tidak cukup menggunakan satu aplikasi. Dengan adanya fitur ini, tugas yang diberikan di Jira bisa menjadi lebih intuitif dan lebih mudah untuk diakses ke berbagai aplikasi lain.

7. Reporting

Fitur reporting atau pelaporan merupakan fitur penting dalam sebuah aplikasi manajemen proyek. Fitur ini akan sangat membantu mengontrol proyek, baik pada saat prosesnya ataupun pada saat proyek selesai dikerjakan. Fitur reporting pada Jira didesain dengan menarik dan mudah digunakan, sehingga memudahkan stakeholder untuk mengetahui hasilnya dan memudahkan mereka untuk menyusun kebijakan ke depannya.

Baca juga: Mengenal Gantt Chart, tools penting untuk Project Management

Manfaat Jira


Salah satu manfaat Jira adalah manajemen proyek yang agile (sumber: pexels)

Sebagai aplikasi manajemen proyek, Jira memberikan manfaat yang signifikan untuk membantu proses berjalannya proyek. Di antara manfaat dari aplikasi Jira adalah sebagai berikut.

  • Manajemen proyek yang agile. Jira dapat membantumu untuk merencanakan dan memandu jalannya proyek yang berjalan. Jira juga dapat membantu mencari jalan keluar yang praktis untuk melihat progress dari seluruh proyek yang dikerjakan.
  • Membantu melacak masalah. Jira dapat melakukan perekaman dan pelacakan jika masalah terjadi, sehingga dapat memudahkan anggota tim menemukan masalah dan segera mengatasi masalah tersebut.
  • Membantu meningkatkan kecepatan. Jira dapat membantu meningkatkan kecepatan dalam proyek dengan melakukan proses dan meninjau berbagai proyek yang berjalan, sehingga seluruh anggota tim dapat melihat secara detail proyek yang sedang berjalan dan dapat melakukan progress secara maksimal.

Baca juga: Kenali metode kanban dalam manajemen proyek

Kelebihan dan kekurangan Jira


Meskipun cukup populer, Jira juga tetap memiliki kelebihan dan kekurangan (sumber: unsplash)

Sebelum kamu memantapkan diri untuk menggunakan software Jira, ada baiknya jika kamu mengetahui dulu kelebihan dan kekurangannya. Berikut ini kelebihan dan kekurangan Jira.

Kelebihan Kekurangan
Memiliki manajemen kerja yang agile, sehingga memudahkan pengerjaan proyek yang kompleks Setup pertama kali cukup sulit bagi pengguna baru
Setiap anggota tim dapat tetap selaras dengan adanya fitur roadmaps Tidak memiliki fitur komunikasi langsung pada Jira
Mudah untuk memberikan report dan insight kepada seluruh anggota tim Manajemen proyek yang terbatas
Terintegrasi dengan banyak aplikasi lain Penggunaan dalam format website cukup lambat
Memiliki visibilitas DevOps yang lebih mudah dan useful Harga yang kurang kompetitif

Baca juga: 15+ Project Management Tools Terbaik Tahun 2022

Itulah pembahasan tentang Jira, dari mulai pengenalan software, fitur-fiturnya, manfaat, hingga kelebihan dan kekurangannya. Jira dapat menjadi salah satu pilihan terbaik sebagai aplikasi manajemen proyek. Jadi, jangan ragu untuk menggunakannya, ya!

Demikian artikel EKRUT Media, dapatkan juga berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • atlassian.com
  • wartaiptek.com
  • project-management.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1-3_Cara_Mengatur_Margin_di_Word_Sesuai_Kebutuhan_Agar_Pekerjaanmu_Semakin_Mudah.PNG

    Technology

    3 Cara Mengatur Margin di Word Sesuai Kebutuhan Agar Pekerjaanmu Semakin Mudah

    Lita Lia

    05 December 2022
    4 min read
    aaron-weiss-_x6XZ_jp0g8-unsplash_(2).jpg

    Technology

    Cara Berjualan di TikTok Shop dan 6 Tips Agar Cepat Laris

    Fakhrizal Muttaqien

    05 December 2022
    6 min read
    H1_Wifi_Portable.jpg

    Technology

    8 Rekomendasi WiFi Portable Terbaik dan Lengkap dengan Daftar Harganya

    Algonz D.B. Raharja

    05 December 2022
    6 min read

    Video