Careers

Jurusan Multimedia: Kurikulum, Rekomendasi Kampus, dan Prospek Karier 2022

Published on
Min read
5 min read
time-icon
multi_3.jpg

Pada era ini, sebelum menentukan pilihan sebuah studi perkuliahan, sebaiknya kamu mengetahui prospek karier dari suatu jurusan kuliah atau studi yang akan dijalani. Sebab, hal tersebut adalah salah satu langkah yang kamu perlukan agar bisa mempersiapkan semuanya secara matang.

Di zaman serba digital dan kemajuan teknologi, jenis pekerjaan makin variatif dan merangkul hampir semua jurusan perkuliahan, termasuk jurusan multimedia. Beragam platform digital yang mencakup website, media sosial, streaming digital, dan lain sebagainya memberikan wadah besar bagi pekerjaan yang melibatkan produksi dan distribusi konten multimedia.

Saat ini, seseorang dengan latar belakang jurusan multimedia banyak dibutuhkan di hampir seluruh sektor perusahaan. Nah, artikel ini akan mengulas kurikulum, rekomendasi kampus, dan prospek karier jurusan multimedia. Untuk itu, simak ulasan lengkapnya berikut ini!

Baca juga: Multimedia Adalah: Definisi Menurut Para Ahli, Manfaat, Jenis, dan 5 Komponennya

Mengenal jurusan multimedia

seorang dari jurusan multimedia sedang bekerja di depan komputer
Jurusan multimedia banyak dibutuhkan di hampir seluruh sektor perusahaan. (sumber: pexels)

Secara umum, jurusan multimedia fokus pada pemanfaatan teknologi untuk memproduksi dan mendistribusikan konten multimedia. Jurusan multimedia sendiri dikenal mempelajari banyak hal dan cakupan studinya cukup luas. Ini menjadikan lulusan multimedia punya banyak kesempatan di banyak bidang pekerjaan.

Pada dasarnya, multimedia dibagi menjadi dua jenis, yaitu linier dan interaktif. Multimedia linier artinya berjalan tanpa adanya alat pengontrol yang bisa dioperasikan pengguna seperti televisi dan film. Sementara itu, multimedia interaktif adalah multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang bisa dioperasikan oleh pengguna sehingga ada interaksi pengguna seperti game.

Kemudian dari segi kategorinya, terdapat multimedia communication dan multimedia content production. Untuk kategori communication berkaitan dengan publikasi informasi. Sementara itu, kategori content production adalah penggunaan serangkaian media yang berbeda untuk dipadukan dan menghasilkan sebuah produksi konten.

Jika melihat dari penjelasan di atas, dapat dikatakan jurusan multimedia mempelajari berbagai macam ilmu seperti jurnalisme, penyiaran, perfilman, produksi video, animasi, hingga berbagai macam media lainnya. Berfokus pada penguasaan keahlian di bidang teknologi dan konten multimedia, jurusan multimedia sangat cocok bagi kamu yang memiliki tingkat kreativitas tinggi dan passion di bidang teknologi.

Baca juga: Kamu Jurusan Teknik Informatika? Simak Prospek Kerja Lulusan Teknik Informatika

5 Kampus dengan jurusan multimedia terbaik di Indonesia

seorang pria sedang menggambar di komputer
Jurusan multimedia merupakan jurusan yang banyak diminati di era digital seperti sekarang. (sumber: pexels)

Berikut ini adalah beberapa kampus dengan jurusan multimedia terbaik di Indonesia.

1. Universitas Bina Nusantara

Universitas Bina Nusantara atau biasa dikenal dengan nama Binus sudah berdiri sejak tahun 1996 dan memiliki cabang kampus yang terletak di beberapa daerah. Binus memiliki jurusan multimedia dan salah satu jurusan multimedia terbaik di Indonesia. Fakultas Komunikasi dan Multimedia di Binus menaungi 5 program studi favorit yaitu DKV (Desain Komunikasi Visual), Creative Advertising, Animation, Marketing Communication, dan Interior Design. Binus juga memastikan mahasiswanya mendapatkan fasilitas yang memadai. Di antaranya adalah studio fotografi, studio audio, studio green screen, laboratorium komputer dengan spesifikasi terbaru. Banyak mahasiswa Binus yang terbantu dengan fasilitas dan juga organisasi di dalamnya.

2. Universitas Multimedia Nusantara

Kampus multimedia terbaik di Indonesia selanjutnya adalah Universitas Multimedia Nusantara. Universitas ini sudah terkenal dengan kualitas pendidikan, pengajar, fasilitas, dan gedung perkuliahan terbaik. UMN sendiri terletak di Summarecon Serpong, Tangerang. Bila kamu melanjutkan studi multimedia di sini, maka kamu berkesempatan magang di Kompas Gramedia. Kesempatan tersebut akan menjadi pengalaman dan media pengembangan diri terbaik bagi para mahasiswanya. Bahkan bila kinerja magangmu sangat baik, maka kamu bisa langsung dipanggil untuk bekerja bersama tim profesional di Kompas Gramedia.

3. Universitas Telkom

Program studi sistem multimedia di Universitas Telkom atau Telkom University ini tersedia untuk jenjang pendidikan D4. Berdiri di bawah naungan Fakultas Ilmu Terapan, jurusan tersebut membuat mahasiswanya menguasai keahlian di bidang teknologi multimedia dan konten dalam lingkungan sistem terdistribusi. Melalui jurusan tersebut, kamu memiliki kesempatan untuk membuat game dengan basis jaringan kabel atau nirkabel. Masa depan lulusan kampus Universitas Telkom juga bisa bekerja sebagai game developer atau di bidang mobile application, internet application, multimedia engineering, dan teknologi multimedia berbasiskan jaringan kabel maupun nirkabel. Tidak jarang lulusannya pun bisa langsung bekerja di perusahaan Telkom.

4. Politeknik Negeri Jakarta

Kampus Politeknik Negeri Jakarta terletak di Depok, Jawa Barat. Di jurusan broadband multimedia, kamu akan mempelajari analisis pengembangan produk dan aplikasi multimedia yang berbasis jaringan. Kamu juga akan mengkoordinir pengelolaan sistem jaringan komputer. Prospek kariernya, yaitu bisa menjadi graphic designer atau programmer.

5. Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta

Kampus dengan jurusan multimedia ini berlokasi di Yogyakarta dan sudah memiliki akreditasi A dari BAN-PT. Sekolah Tinggi Multi Media Yogyakarta menawarkan enam program studi kepada calon mahasiswa. Di antaranya adalah program studi desain teknologi permainan, manajemen informasi komunikasi, manajemen teknik studio produksi siaran, manajemen produksi pemberitaan, dan manajemen produksi siaran. Kampus ini menghasilkan lulusan yang andal di bidang editor foto/video, pembuatan game, dan masih banyak lagi.

Baca juga: 7 Kampus dengan Jurusan Computer Science Terbaik di Indonesia

Prospek karier jurusan multimedia 2022

 orang-orang sedang bekerja di depan komputer
Jurusan multimedia memiliki beragam prospek kerja yang luas. (sumber: pexels)

Perkembangan dunia digital yang pesat membuat orang-orang saat ini banyak mendalami ilmu seputar multimedia. Ini membuat jurusan multimedia di berbagai sekolah dan perguruan tinggi memiliki banyak peminat. Jurusan multimedia memiliki berbagai prospek karier yang luas. Bagi kamu yang ingin kuliah di jurusan multimedia, berikut beberapa prospek karier jurusan multimedia.

  • Graphic designer
  • Illustrator
  • Web designer
  • Photographer/cameraman
  • Animator
  • Video editor
  • Sound effect maker
  • Music composer
  • Journalist
  • Interactive media designer
  • Game designer
  • Social media specialist
  • Media planner
  • Content creator
  • Communication officer

Nah, itu tadi beberapa peluang atau prospek karier jurusan multimedia yang bisa dijadikan sebagai referensi bagi kamu yang akan mengambil studi di jurusan multimedia. Selain yang telah disebutkan di atas, masih ada berbagai pilihan karier jurusan multimedia lainnya yang bisa kamu eksplorasi.

Baca juga: 8 Jenis pekerjaan yang banyak dicari di startup

Itulah pembahasan mengenai kurikulum, rekomendasi kampus, dan prospek karier jurusan multimedia. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untukmu, ya! Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • revou.com
  • dibalikmeja.com
  • tanyadigital.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    BEP_(Break_Event_Point)_Pengertian__konsep__tujuan__3_komponen_dan_cara_perhitunganya.jpg

    startup

    BEP (Break Event Point): Pengertian, Tujuan, dan 3 Komponennya

    Sylvia Rheny

    06 December 2022
    5 min read
    tipe-tipe-kepemimpinan-EKRUT.jpg

    Careers

    10 Tipe Kepemimpinan Dalam Tim, Kamu Termasuk yang Mana?

    Tsalis Annisa

    06 December 2022
    5 min read
    cara-membuat-grafik-di-excel---EKRUT.jpg

    Technology

    Cara Membuat Grafik di Excel dengan Mudah Beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    05 December 2022
    6 min read

    Video