Published on

Careers

Kamu Jurusan Teknik Informatika? Simak Prospek Kerja Lulusan Teknik Informatika

Algonz D.B. Raharja

H1_Teknik_Informatika.jpg

Apakah kamu seorang lulusan Teknik Informatika yang tengah mencari kerja? Atau, kamu baru masuk menjadi mahasiswa Teknik Informatika? Nah, berikut ini adalah beberapa prospek kerja lulusan Teknik Informatika yang bisa kamu cermati untuk menentukan masa depanmu. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Baca juga: 8 Prospek Kerja Ilmu Komunikasi Terbaik di Tahun 2022

Apa itu Teknik Informatika?


Teknik informatika merupakan studi yang mempelajari struktur, perilaku, dan interaksi teknologi informasi (Sumber: Pexels)

Informatika secara umum merupakan studi tentang struktur, perilaku, dan interaksi sistem yang memproses informasi. Teknik informatika seringkali dikaitkan dengan ilmu komputer, namun secara konteks Teknik Informatika memiliki cakupan lebih luas. Hal ini terutama ditekankan pada studi tentang informasi itu sendiri atau lebih dari sekadar pengembangan sistem komputer.

Dilansir dari Binus University dalam situsnya disebut bahwa Teknik Informatika merupakan studi yang mempelajari struktur, sifat, dan interaksi beberapa sistem. Kumpulan beberapa sistem ini umumnya digunakan untuk mengumpulkan data, mengolah dan menyimpan hasil pengolahan data, serta menampilkannya dalam bentuk informasi.

Teknik Informatika secara khusus juga mempelajari dan mengembangkan rekayasa teknologi yang mencakup perangkat lunak, pemrograman, kecerdasan buatan, jaringan komputer, komputasi cerdas, hingga pengelolaan informasi secara cerdas untuk berbagai kebutuhan.

Sedangkan, menurut Universitas Multimedia Nusantara dalam situsnya menyebut bahwa Teknik Informatika merupakan ilmu yang mempelajari prinsip-prinsip analisis matematika dan ilmu komputer dalam desain, pengujian, pengembangan, dan evaluasi kinerja komputer, perangkat lunak, dan sistem operasi untuk menangani masalah transformasi atau pemrosesan data lewat proses logis.

Di beberapa universitas atau politeknik dengan jurusan Teknik Informatika umumnya akan diajarkan kurikulum pengajaran terkait prinsip ilmu komputer dari proses perancangan, pengembangan, dan pengujian hingga evaluasi sistem operasi perangkat lunak. Perkembangan teknologi komputasi membuat jurusan Teknik Informatika makin kompleks dan menarik untuk dipelajari.

Baca juga: Prospek Kerja Teknik Sipil Beserta Kompetensinya

Prospek kerja lulusan Teknik Informatika


Lulusan Teknik Informatika umumnya dapat bekerja di berbagai bidang terkait praktik teknis maupun konsultan IT (Sumber: Pexels)

Merujuk pada profil jurusan Teknik Informatika Universitas Surabaya (Ubaya), disebutkan bahwa lulusan Teknik Informatika diharapkan mampu menguasai beberapa hal terkait aplikasi ilmiah. Selain itu, lulusan jurusan Teknik Informatika juga diharapkan dapat memajukan perannya sebagai mitra bisnis dan industri masyarakat serta pemerintah. Perihal teknis dari ilmu Teknik Informatika secara umum berguna untuk pengembangan teknologi informasi dan komputasi cerdas. Adapun beberapa prospek kerja lulusan Teknik Informasi dapat dijabarkan menjadi beberapa hal sebagai berikut.

1. Pemrogram (programmer)

Programmer adalah profesi umum yang paling populer dari seorang lulusan Teknik Informasi. Profesi ini dapat dijalankan secara mandiri maupun lewat perusahaan tertentu. Sehingga, beberapa mahasiswa Teknik Informatika umumnya membuat portofolio mereka berdasarkan proyek-proyek freelance di bidang pemrograman untuk menunjang karier mereka. Umumnya, profesi programmer ahli di dalam sistem pemrograman atau pengembangan aplikasi. Hal ini terkait kemampuan seseorang untuk membuat sebuah sistem dengan bahasa pemrograman tertentu.

2. Insinyur atau administrator web

Era digital berbasis internet yang kian berkembang membuat lulusan Teknik Informatika kerap dicari di bursa kerja. Selain itu orang-orang yang berkarier dalam profesi ini memiliki kemampuan dalam merancang, mengembangkan, serta memelihara situs jejaring di sebuah instansi atau perusahaan. Lulusan Teknik Informatika bisa menjadi subjek unggul di bidang pengembangan teknologi informasi atau konsultan terkait komputasi internal.

Baca juga: 7 Kampus dengan Jurusan Computer Science Terbaik di Indonesia

3. Insinyur perangkat lunak (software engineer)


Lulusan Teknik Informatika dapat mendukung pengembangan perangkat lunak sebagai software engineer (Sumber: Pexels)

Seorang software engineer bekerja dengan menerapkan prinsip-prinsip rekayasa perangkat lunak yang ditujukan untuk desain, pengembangan, pemeliharaan, pengujian, dan evaluasi perangkat lunak. Seorang lulusan Teknik Informatika dapat bekerja sebagai software engineer untuk tugas analisis, rekayasa, penyusunan spesifikasi, implementasi sistem dan validasi desain sistem perangkat lunak. Profesi sebagai software engineer kini amat dibutuhkan dengan berkembangnya bisnis berbasis digital atau aplikasi. Hal ini tentu menguntungkan bagi lulusan Teknik Informatika yang ingin mengaplikasikan ilmunya untuk menunjang aktivitas dan efisiensi perusahaan-perusahaan tertentu di bagian teknologi informasi.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Geologi Beserta Prospek Kerjanya di Tahun 2022

4. Pengembang gim (game developer)


Seorang lulusan Teknik Informatika bisa bekerja sebagai game developer (Sumber: Pexels)

Selain aplikasi atau perangkat lunak, lulusan Teknik Informatika juga umum bekerja sebagai game developer. Seorang pengembang gim bertugas untuk membuat video gim. Tentu posisi ini amat dipengaruhi oleh pasar game online atau e-sport yang kini bertumbuh pesat sebagai satu cabang olahraga yang dipertandingkan di berbagai event. Seorang game developer bertugas membuat software untuk berbagai jenis permainan yang dapat diakses melalui berbagai perangkat. Perangkat ini meliputi Playstation, Nintendo, Android, iOS, hingga PC dan laptop.

5. Konsultan IT

Salah satu profesi yang juga membutuhkan lulusan Teknik Informatika adalah konsultan teknologi informasi atau IT. Profesi ini berperan dalam merencanakan dan mengevaluasi sistem teknologi informasi suatu organisasi atau perusahaan secara berkala. Sebagai pihak ketiga, seorang konsultan IT perlu mendorong kliennya untuk menggunakan teknologi informasi selaras dengan tujuan dan kepentingan bisnis maupun untuk pemecahan suatu masalah bisnis.

6. Network administrator

Profesi lainnya yang bisa dipilih seorang lulusan Teknik Informatika adalah administrator jaringan. Profesi ini secara umum merupakan pekerjaan yang bertanggung jawab untuk menjaga keberlangsungan sistem jaringan. Kegiatan utama dari administrator jaringan adalah konfigurasi, pemeliharaan, dan pemantauan. Profesi ini amat dibutuhkan dalam dunia bisnis yang berbasis pada sistem jaringan komputasi apapun.

Baca juga: Software Engineer: Tanggung Jawab dan Proyeksi Karier 2022

Nah, itulah tadi berbagai profesi terkait lulusan Teknik Informatika yang bisa kamu ketahui. Jika kamu seorang mahasiswa Teknik Informatika, maka siapkanlah dirimu untuk terjun ke dunia kerja dengan pengembangan kemampuanmu di berbagai lini teknologi informasi.

EKRUT hadir sebagai rekan profesional bagi kamu yang tengah mencari jalan untuk kariermu ke depan. Kamu bisa mendaftar lewat EKRUT untuk mendapatkan berbagai informasi terkait pengembangan karier dan juga kesempatan kerja dari berbagai perusahaan bonafide di Indonesia. Kamu hanya perlu menyiapkan CV terbaik yang kamu punya beserta portofolio terkait profesi impianmu. Selanjutnya, kamu bisa klik tautan di bawah ini untuk langsung mendaftar lewat EKRUT dan temukan karier impianmu.

Sumber:

  • umn.ac.id
  • thesassway.com
  • international.binus.ac.id

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    10_Tips_mendapatkan_first_impression_yang_positif_di_tempat_kerja.jpg

    Careers

    10 Tips mendapatkan first impression yang positif di tempat kerja

    Ningtyas Dewanasari Kinasih

    05 October 2022
    6 min read
    cover_(9).jpg

    Careers

    SPPKP: Pengertian, Fungsi, Persyaratan, dan Cara Mendapatkannya

    Detty Risetya

    05 October 2022
    5 min read
    h1.jpg

    Lainnya

    Goodwill: Definisi, Jenis, Rumus, dan Cara Menghitungnya

    Tio Derma

    05 October 2022
    6 min read

    Video