Published on

Careers

Ketahui 5 karakteristik entrepreneur dan cara untuk mencapainya

Nur Lella Junaedi

karakteristik-entrepreneur-EKRUT.jpg

Menjadi seorang entrepreneur merupakan kebanggaan tersendiri. Kamu bisa menciptakan banyak lapangan kerja sehingga menjadi lebih bermanfaat bagi lingkungan di sekitar. 

Meski begitu, untuk menjadi wirausahawan itu nyatanya tidak mudah. Agar dapat menjadi seorang wirausahawan sukses, setidaknya kamu harus memiliki beberapa karakteristik entrepreneur berikut ini.

1. Kerja keras

karakteristik entrepreneur kerja keras - EKRUT 
Bekerja keras adalah salah satu ciri entrepreneur - EKRUT

Kerja keras menjadi karakteristik entrepreneur sejati apalagi bagi mereka yang baru membangun usaha. 

Banyak kisah menceritakan bahwa orang-orang sukses tidak berasal dari keluarga kaya, melainkan berasal dari keluarga sederhana yang dengan kerja kerasnya mampu membawa mereka menjadi sosok yang besar. 

Contohnya adalah sosok Jack Ma, founder Alibaba Group yang berasal dari keluarga miskin dengan banyak kegagalan dalam hidup. 

Ia pernah mengalami 10 kali penolakan saat mendaftarkan beasiswa Harvard. Ia juga pernah ditolak berkali-kali saat hendak melamar kerja. 

Tetapi penolakan-penolakan ini tidak menjadi halangan untuk Jack Ma. Kini kita bisa lihat dengan kerja kerasnya Jack Ma berhasil menjadi orang sukses dan bahkan menjadi salah satu miliuner di negeri tirai bambu. 

Baca juga: Tahukah Anda, 2 merek terbesar dunia berasal dari Tiongkok?

2. Ulet 

karakteristik entrepreneur ulet - EKRUT 
Selain kerja keras, pengusaha juga harus memiliki karakter ulet - EKRUT

Ulet dan pekerja keras nampaknya dua hal yang saling berdampingan. Tidak mungkin rasanya seseorang yang ulet tetapi dia tidak memiliki karakter pekerja keras. 

Ingat bahwa, entrepreneur yang sukses kebanyakan tidak mudah berhenti di tengah jalan saat menghadapi kesulitan bisnis. Justru mereka terus berupaya untuk mencari solusi dan tetap bertahan di keadaan buruk sekalipun. 

Seperti pepatah mengatakan,”When the going gets tough, the tough get going,” artinya ketika keadaan menjadi sulit yang kuat akan bekerja lebih keras untuk memenuhi tantangan. 

3. Kreatif 

karakteristik entrepreneur kreatif - EKRUT 
Dibutuhkan kreatifitas juga untuk menjadi seorang usahawan - EKRUT

Setelah dua karakteristik entrepreneur di atas, karakteristik lain yang harus dimiliki seorang usahawan yakni kreatif atau berpikir out of the box. 

Hal ini karena banyak kesuksesan entrepreneur berawal dari sebuah ide yang tidak terpikirkan oleh orang lain. 

Ide-ide tersebut mereka dapatkan melalui masalah sehari-hari yang kerap mereka temui. Apakah kamu masih ingat cerita sukses Nadiem Makarim CEO Gojek? 

Awal kesuksesan Gojek berasal dari permasalahan ojek pangkalan yang tidak fleksibel dalam bekerja, sehingga Nadiem menciptakan solusi untuk mempertemukan ojek dengan penumpangnya menjadi lebih mudah. 

daftar EKRUT sekarang

4. Berorientasi pada masa depan

karakteristik entrepreneur orientasi pada masa depan - EKRUT
Rata-rata entrepreneur juga harus berpikir tentang masa depan bisnis - EKRUT 

Rata-rata entrepreneur berpikir untuk masa depan, begitupun dengan jenis usaha yang mereka lakoni. 

Mereka bukan membuat bisnis yang hanya dapat bertahan dalam hitungan bulan atau tahun. Tetapi model bisnis yang sustainable bisa diteruskan oleh generasi ke generasi lainnya. 

Banyak perusahaan besar di Indonesia yang bisa kita contoh, seperti perusahaan Indofood yang sudah diambil alih oleh anak dan cucu dari keturunan Sudono Salim selaku founder perusahaan. 

Selain itu, ada juga Bakrie Group yang kini usahanya banyak dijalankan oleh anaknya yakni Anindya Bakrie selaku CEO di beberapa perusahaan.

Maka dari itu, kelak saat kamu memikirkan suatu bisnis pikirkanlah agar bagaimana bisnismu dapat berjalan dan dilanjutkan oleh keturunanmu. 

Baca juga: 5 Pemimpin wanita hebat di industri teknologi yang menginspirasi

5. Persuasif 

karakteristik entrepreneur EKRUT 
Sebagai entrepreuner juga kamu harus mampu melakukan persuasif - EKRUT

Ciri lain dari entrepreneur sukses adalah mampu mempengaruhi orang lain. Kamu harus tahu bagaimana cara menjadi ramah dan membuat orang lain mendengarkanmu serta tertarik dengan produk yang kamu jual.

Apalagi bila ide usaha itu terbilang baru di masyarakat dan mungkin banyak orang yang meremehkannya. Itu artinya kamu perlu meyakinkan orang lain bahwa produkmu bagus dan layak untuk dibeli. 

Oleh karena itu, di saat-saat seperti ini dukungan keluarga menjadi sangat penting ketika kamu membangun usaha. Lantaran respon baik dari keluarga akan membuatmu berani memperkenalkan ide bisnismu ke masyarakat yang lebih luas.

Cara menjadi entrepreneur sukses

cara menjadi karakteristik entrepreneur - EKRUT 
Ada berbagai macam cara yang bisa kamu lakukan sebagai entrepreuner - EKRUT

Seperti telah dijelaskan di atas, bahwa bukanlah hal mudah menjadi entrepreneur. Meski begitu bila ada kemauan pastinya ada jalan. Untuk mengawali langkah kecilmu, coba terapkan cara menjadi entrepreneur berikut ini.

Temukan industri yang tepat

Banyak orang ingin menjadi pengusaha tetapi mereka bingung harus memulai dari mana. Padahal jawabannya adalah mulai saja dulu dari hobi mu dan keterampilan yang kamu miliki.

Misalkan kamu seorang yang bertahun-tahun menjadi koki, kamu bisa membangun usaha dari pekerjaanmu tersebut dengan membuka katering, kursus masak, atau penjual makanan online atau membuka restoran. 

Temukan model usaha yang membuat kamu senang untuk menjalaninya sehingga kamu tidak merasa terbebani

Riset pasar 

Begitu kamu sudah menemukan bidang yang tepat untuk berwirausaha, ini waktunya kamu untuk mengetahui tren di pasaran terhadap model bisnis yang kamu bidik. Lakukan riset untuk mengetahui peminat dari bisnismu ini. 

Jangan lupa juga untuk mencari tahu tentang kompetitor usahamu tersebut, inovasi apa yang sekiranya bisa membuat produkmu lebih baik dari mereka.

Membangun jaringan 

Memiliki koneksi saat membuka bisnis yang baru menjadi suatu keuntungan. Dengan menemukan banyak vendor, partner, penasihat, pendukung bisnismu akan mudah dipercaya oleh orang lain. 

Kamu bisa memupuk jaringan tersebut melalui media sosial atau dengan mengikuti seminar entrepreneur saat pengusaha berkumpul. Dari sana kamu juga bisa banyak belajar dari mereka. 

Baca juga: Jangan sedih, yuk intip 5 cara mencari teman di kantor baru

Jual dan promosikan melalui media sosial

Menjadi suatu keberuntungan bagi kamu hidup di zaman yang sudah modern ini. Kamu bisa mempromosikan dan menjual produkmu di berbagai kanal. 

Kamu tidak hanya bisa membuka toko offline, tapi kamu pun bisa membuka toko online di marketplace yang ada. 

Jangan lupa promosikan pula usahamu tersebut di media sosial seperti Facebook, Twitter hingga Instagram agar produkmu lebih dikenal oleh masyarakat. 

Dengan membaca ulasan di atas, kini kamu sekarang makin paham bagaimana karakteristik entrepreneur sejati sekaligus cara menjadi entrepreneur. Jadi, kapan kamu akan mulai mewujudkan keinginan menjadi entrepreneur ini?

daftar EKRUT
Last update: 9 May 2021

Sumber: 

 

Tags

Share