Published on

startup

Kegiatan sosial yang dilakukan perusahaan saat pandemi

Nur Lella Junaedi

kegiatan-sosial-yang-dilakukan-perusahaan-saat-pandemi-EKRUT.jpg

Per hari ini kasus global virus Corona tercatat di angka 2 jutaan kasus dengan kematian mencapai 140 ribu jiwa. Kejadian ini membuat banyak pihak tergerak untuk saling membantu termasuk beberapa perusahaan yang banyak melakukan kegiatan sosial.

Solidaritas yang dibentuk dalam kegiatan sosial yang dilakukan perusahaan saat pandemi jadi salah satu upaya baik yang dilakukan oleh perusahaan bagi masyarakat. 

Selain itu, upaya ini juga bisa menginspirasi banyak pihak untuk terus berbuat baik di tengah kesulitan. Yuk cari tahu perusahaan mana saja yang telah melakukan kegiatan sosial. 

1. Roll Royce 

kegiatan sosial yang dilakukan perusahaan saat pandemi EKRUT
 
Roll Royce kabarnya sedang memproduksi 10 ribu ventilator-EKRUT

Perusahaan mobil terkenal asal Inggris Roll Royce bersama dengan perusahaan multinasional Bae Systems kabarnya bergabung dalam konsorsium kegiatan sosial perusahaan untuk membantu pemerintahan Inggris membuat ventilator medis. 

Rencananya pembuatan ventilator ini akan dikerjakan dalam beberapa minggu ke depan untuk memproduksi sebanyak 10 ribu ventilator demi membantu korban virus Corona.

Baca juga: Memahami pentingnya Corporate Social Responsibility

2. Amazon 

kegiatan sosial yang dilakukan perusahaan saat pandemi EKRUT 
Amazon juga sempat membantu usaha kecil dengan memberikan dana hiba di sekitar kantor pusatnya-EKRUT

Sejak Maret hingga April ini, kegiatan sosial yang dilakukan perusahaan saat pandemi salah satunya sudah dilakukan oleh perusahaan e-commerce terbesar di dunia yakni Amazon. 

Amazon menyumbangkan dana sebanyak USD 5 juta untuk membantu usaha kecil di sekitaran kantor pusat mereka. Perusahaan menyadari bahwa, banyak dari usaha kecil tersebut kehilangan omset karena banyaknya karyawan yang melakukan work from home. 

Sumbangan itu sendiri berbentuk hibah tunai yang diberikan langsung pada pebisnis kecil di area Seattle, Bellevue dan Washington. 

Perusahaan akan membagikan hibah ini dengan menyeleksi perusahaan yang benar-benar terdampak Covid-19 serta akan mulai membagikan dana tersebut pada bulan April ini.

3. Zoom 

kegiatan sosial yang dilakukan perusahaan saat pandemi EKRUT 
Zoom juga memberikan akses menggunakan aplikasinya secara gratis pada sekolah-sekolah-EKRUT

Di balik rumor kontroversial Zoom yang membagikan data pelanggan kepada Facebook, perusahaan teleconference ini telah  memberikan kegiatan sosial berupa layanan gratis mengakses aplikasi Zoom bagi pelajar di beberapa sekolah. 

Biasanya bila layanannya gratis, Zoom akan memberikan batasan waktu selama 40 menit untuk menggunakan aplikasinya. 

Tetapi karena situasi pandemi, maka tidak ada batasan waktu bagi pemakaian Zoom di beberapa sekolah tersebut, khususnya sekolah-sekolah yang berada di negara Jepang, Italia dan Amerika. 

Nantinya guru hanya perlu mendaftarkan diri untuk mendapat akun gratis dengan mengisi formulir di situs perusahaan untuk diverifikasi domainnya. 

Baca juga: Inilah daftar negara yang larang pakai Zoom

4. Zenius x Gojek

kegiatan sosial yang dilakukan perusahaan saat pandemi EKRUT 
Zenius x Gojek juga menghadirkan layanan belajar gratis bagi penggunanya-EKRUT

Kegiatan sosial yang dilakukan perusahaan saat pandemi lainnya dilakukan melalui kolaborasi platform edutech Zenius dan Gojek. Di mana bentuknya adalah layanan belajar gratis bagi pengguna Gojek, khususnya bagi putra dan putri mitra driver maupun merchant. 

Ada berbagai macam fitur yang disediakan dalam layanan yakni pengajaran langsung oleh guru, soal latihan dari SD-SMA, 80 ribu video pembelajaran hingga fitur rencana belajar siswa. 

Layanan ini bisa kamu temukan di aplikasi Gojek. Untuk caranya simak di sini! 

5. Apple 

kegiatan sosial yang dilakukan perusahaan saat pandemi EKRUT 
Apple juga telah merubah pabriknya dari yang memproduksi ponsel menjadi masker N95-EKRUT

Keberadaan virus Corona membuat stok keberadaan masker N95 langka di pasaran. Akibatnya banyak tenaga medis yang kekurangan masker ini padahal harus berhadapan dengan pasien Corona. 

Mengetahui hal tersebut, perusahaan Apple kabarnya telah merubah produksi ponselnya menjadi masker N95 dengan menghasilkan jutaan masker. 

Masker-masker ini nantinya akan perusahaan sumbangkan kepada tenaga medis yang ada di benua Amerika dan Eropa. 

Selain Apple, ada pula perusahaan fashion terkenal yang turut memproduksi masker seperti H&M, Balenciaga, Zara, Prada dalam membantu melawan Covid-19. 

Baca juga: Daftar perusahaan yang telah beri donasi di tengah Corona

Wabah Corona yang terjadi telah mengetuk kepekaan kita terhadap sesama, buktinya masih banyak ditemukan kegiatan sosial yang dilakukan perusahaan saat pandemi seperti untuk membantu satu sama lain. 

Semoga kegiatan sosial yang dilakukan perusahaan-perusahaan ini bisa menginspirasi banyak pihak untuk bahu membahu mengatasi dampak penyebaran Corona, dan semoga pandemi ini bisa segera berakhir ya. 

kegiatan sosial yang dilakukan perusahaan saat pandemi EKRUT

Sumber: 

  • Lancashiretelegrafh
  • Geekwire
  • Tmcnet
  • DetikInet

Tags

Share