Published on

startup

Memahami pentingnya Corporate Social Responsibility

Maria Tri Handayani

corporate-social-responsibility-adalah---EKRUT.jpg

Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan kerap disebut sebagai salah satu aspek yang dapat menunjang kesuksesan perkembangan sebuah perusahaan.  

Pasalnya, Corporate Social Responsibility tidak hanya dapat meningkatkan brand awareness perusahaan,  tapi juga kepuasan karyawan yang ada di dalamnya. Jadi, apa sebenarnya Corporate Social Responsibility ini? 

Pengertian  Corporate Social Responsibility

corporate social responsibility adalah - EKRUT
CSR menjadi bukti kontribusi perusahaan pada isu sekitar - EKRUT

Corporate social responsibility adalah usaha perusahaan untuk mengintegrasikan kepedulian sosial dan lingkungan ke dalam operasi bisnis perusahaan dan interaksi antar pemangku kepentingan.

Dalam praktiknya, corporate social responsibility melibatkan pengembangan berkelanjutan ke dalam model bisnis perusahaan yang memiliki dampak positif pada faktor sosial, ekonomi, dan lingkungan. 

Manfaat Corporate Social Responsibility 

corporate social responsibility adalah - EKRUT
Salah satu manfaat penerapan Corporate Social Responsibility adalah meningkatkan moral karyawan - EKRUT

Beberapa manfaat dari Corporate Social Responsibility adalah membantu perusahaan dalam meningkatkan brand image sekaligus memberi manfaat pada lingkungan dan masyarakat. 

Salah satu alasannya karena konsumen lebih percaya pada perusahaan dengan citra positif dan yang telah menunjukkan kontribusi nyata pada persoalan di sekitar.

Tidak hanya konsumen, citra yang baik karena didukung dengan penerapan Corporate Social Responsibility juga dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan moral karyawan dan membantu terjalinnya ikatan yang lebih kuat antara karyawan dan perusahaan.

Mereka akan merasa diberdayakan untuk mulai berkontribusi pada sesuatu yang lebih besar, pemecahan berbagai masalah baru di lingkungan dan sekitar. Tidak menutup kemungkinan hal itu dapat menjadi daya tarik lainnya bagi calon-calon kandidat yang ingin bergabung bersama perusahaan. 

Baca juga: Ini pentingnya employer branding bagi perusahaan

Jenis-jenis Corporate Social Responsibility 

corporate social responsibility adalah - EKRUT
Salah satu bentuk CSR yang jadi fokus perusahaan adalah kepedulian pada isu sosial dan lingkungan - EKRUT

Umumnya perusahaan memberi fokus pada penerapan Corporate Social Responsibility  dalam beberapa jenis kategori seperti:

1. Environmental efforts

Salah satu fokus utama dari Corporate Social Responsibility adalah lingkungan. Tak bisa dipungkiri, bisnis menjadi salah satu industri yang berpotensi menyumbang dampak negatif pada lingkungan. Itu sebabnya setiap upaya yang perusahaan lakukan demi mengatasi hal tersebut akan dianggap baik untuk perusahaan dan masyarakat.

2. Filantropi

Selain upaya pada lingkungan, jenis lain dalam Corporate Social Responsibility adalah filantropi, yakni dengan cara menyumbangkan uang, produk, atau layanan dengan tujuan sosial dan non profit. 

Perusahaan yang lebih besar umumnya memiliki lebih banyak sumber daya yang dapat bermanfaat bagi program-program komunitas lokal ataupun badan amal. 

3. Sukarelawan

Perusahaan juga dapat mewujudkan Corporate Social Responsibility dengan menghadiri dan terlibat pada acara-acara sukarelawan. Dengan begitu perusahaan dapat mengungkapkan kepedulian dan komitmen nyata mereka untuk masalah-masalah tertentu.

4. Praktik kerja etis 

Cara lain perusahaan dapat menunjukkan tanggung jawab sosial ini diwujudkan dengan memperlakukan karyawan secara adil dan etis. 

Baca juga: Pentingnya kehadiran social worker di perusahaan

Tips membangun strategi Corporate Social Responsibility 

corporate social responsibility adalah - EKRUT
Strategi Corporate Social Responsibility yang kamu rancang sebaiknya selaras dengan nilali-nilai perusahaan - EKRUT

Bila perusahaanmu tengah mempertimbangkan dan merancang program Corporate Social Responsibility yang sukses, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa tips ini.  

  • Pahami. Tentukan apa arti Corporate Social Responsibility  bagi perusahaanmu dan bagaimana kaitannya dengan keseluruhan misi dan tujuan perusahaan.
  • Evaluasi. Lihat apa saja yang sudah perusahaanmu lakukan dalam kegiatan Corporate Social Responsibility.
  • Research. Cari tahu masalah dalam penerapan Corporate Social Responsibility yang paling signifikan manfaatnya bagi bisnis perusahaan.
  • Prioritas. Identifikasi masalah mana yang paling penting untuk pelanggan dan pemangku kepentingan. Lalu libatkan karyawan dan pelanggan demi meraih dukungan terhadap pelaksanaan Corporate Social Responsibility.
  • Integrasikan. Ingatlah bahwa strategi Coporate Social Responsibility harus menjadi bagian dari keseluruhan strategi bisnismu. 
  • Identifikasi peluang. Lihatlah apakah program CSR yang kamu laksanakan dapat mengembangkan peluang baru, seperti memasuki pasar baru, mengembangkan produk baru dan menjalin kemitraan strategis baru.
  • Komunikasikan. Pastikan untuk tidak lupa mengkomunikasikan kegiatan Corporate Social Responsibility  yang dilakukan perusahaan secara efektif ke pelanggan dan konsumen melalui berbagai saluran. 

Jadi, apakah perusahaanmu sudah mulai merancang strategi Corporate Social Responsibility? Bila belum, mulailah memikirkannya dari sekarang sehingga kamu memiliki waktu untuk mulai terus mengembangkan citra diri perusahaan yang semakin positif.

corporate social responsibility - EKRUT

Rekomendasi bacaan: 

Sumber:

  • businessnewsdaily.com
  • edc.ca
  • unido.org

Tags

Share