Published on

Careers

Daftar perusahaan yang telah beri donasi di tengah Corona

Nur Lella Junaedi

beri-donasi-untuk-corona-EKRUT.jpg

Wabah Corona membawa dampak yang begitu besar bagi kehidupan manusia dari sisi kesehatan maupun ekonomi. 

Hal ini membuat banyak perusahaan tergerak untuk turun tangan mengatasi dampak tersebut, dengan cara memberi donasi untuk Corona. Contohnya beberapa daftar perusahaan seperti berikut ini. 

TikTok beri donasi untuk Corona sebesar USD 10 juta 

beri donasi untuk corona EKRUT 
TikTok donasi sebesar USD 10 juta kepada WHO-EKRUT

Dalam blognya, Alex Zhu selaku President TikTok mengatakan bahwa perusahaan tergerak untuk membantu upaya kesehatan dunia sebagai dampak Covid-19. 

Oleh sebab itu, pada 23 Maret lalu TikTok pun memberikan donasi Corona sebanyak USD 10 juta kepada WHO.  

Zhu menulis bila dana ini bisa dipakai oleh WHO untuk mengirim pasokan penting ke petugas kesehatan, memastikan masyarakat bisa mengakses informasi pengetahuan terbaru, dan membantu mempercepat upaya penemuan vaksin dari Covid-19. 

Di samping itu, menurut Zhu ini hanyalah upaya lain yang telah dilakukan oleh TikTok demi mengatasi dampak penyebaran Covid-19. Selain donasi tersebut perusahaan asal Tiongkok ini juga telah melakukan upaya lain seperti: 

  • Membagikan masker kepada perawat kesehatan
  • Mendistribusikan makanan untuk guru, siswa dan keluarga yang terkena dampak penutupan sekolah
  • Karyawan TikTok juga memberi donasi kepada organisasi lokal seperti palang merah hingga bantuan langsung

Baca juga: CEO Snapchat prediksikan TikTok akan salip Instagram

LinkedIn dan 24 perusahaan Bay Area beri donasi untuk corona sebesar USD 22 juta

beri donasi untuk corona EKRUT 
Linkedin dan 24 perusahaan Bay Area lainnya juga mendonasikan dana sebesar USD 22 juta-EKRUT

Tak hanya TikTok, ternyata perusahaan yang berada di kawasan Bay Area juga turut menyumbang secara kolektif untuk atasi dampak Corona sebesar USD 22 juta. 

Nantinya lewat donasi corona ini, uang tersebut akan digunakan untuk mendukung usaha kecil yang terkena dampak virus Corona, organisasi nirlaba, populasi yang rentan terkena Corona dan membantu upaya kesehatan nasional dan global. 

Adapun donasi  tersebut berasal dari 25 perusahaan di antaranya perusahaan besar seperti LinkedIn, Github, Auto Desk, Dropbox, Cisco, Intuit, NetApp, Okta, Palo Alto Networks, Zoom video communication, Zuora dan lain-lain. 

Dana ini akan diberikan oleh perusahaan tersebut kepada yayasan CDC, Silicon Valley Community Foundation dan PBB. 

Apple beri donasi untuk Corona berupa 10 juta masker 

beri donasi untuk corona EKRUT 
Tim Cook selaku CEO Apple mengaku telah menyumbang sekitar 10 juta masker N95-EKRUT

Apple juga tidak ketinggalan. Perusahaan ponsel ini turut menyumbang sekitar 10 juta masker N95 untuk memerangi pandemi Corona. 

Hal ini sempat disampaikan oleh Tim Cook selaku CEO Apple dalam video singkatnya di Twitter. 

Menurut Cook, paramedis sudah selayaknya mendapatkan masker karena mereka berada di garis terdepan penanganan wabah Corona.  

Dalam video singkat itu, Cook juga menghimbau agar masyarakat mau mengikuti saran para ahli kesehatan dan tinggal di rumah sebisa mungkin. 

Gojek beri donasi untuk Corona sebesar Rp 100 Miliar 

beri donasi untuk corona EKRUT 
Gojek juga turut menyumbang untuk Corona sebesar Rp 100 miliar-EKRUT

Tak hanya perusahaan dari luar negeri saja, perusahaan unicorn dalam negeri seperti Gojek juga turut meringkan beban masyarakat. 

Upaya Gojek untuk Corona ini adalah dengan berdonasi sebesar Rp 100 miliar melalui Yayasan Anak Bangsa Bisa yang baru dibentuk oleh Gojek. 

Di tahap awal, dana ini berasal dari sumbangan yang diambil dari 25 persen gaji tahunan seluruh stakeholder Gojek mulai dari jajaran Co-CEO hingga manajemen dan karyawan dalam 12 bulan ke depan. 

Kabarnya anggaran kenaikan gaji tahunan karyawan juga akan dialihkan ke dana tersebut, serta tambahan sumbangan dari mitra korporat lainnya.

Bentuk donasi ini berupa pemberian santunan kepada driver dan merchant yang terdampak virus Corona. Seperti memberikan santunan kepada driver yang terkonfirmasi positif Covid-19. 

Meski begitu, menurut Andre Sulistyo sebagai Co-CEO Gojek mengatakan bila skema pemberian santunan ini masih terus dikaji oleh yayasan. 

Sebagai informasi bahwa jumlah driver Gojek hingga saat ini mencapai 2 juta mitra, di 207 kota yang tersebar di lima negara kawasan Asia Tenggara. 

Baca juga: Gojek dikabarkan terima pendanaan USD 1.2 miliar

Tokopedia, Grab dan OVO beri donasi untuk Corona berupa APD senilai Rp 3 miliar

beri donasi untuk corona EKRUT 
Tokopedia, OVO dan Grab juga turut menyumbang Rp 3 miliar-EKRUT

Ketiga perusahaan besar ini turut menyumbang masing-masing sebesar Rp 1 miliar untuk membantu penyediaan alat pelindung diri (APD) bagi tenaga medis.

Dana ini kemudian diberikan kepada BNPB RI untuk penanganan Covid-19. Selain memberikan sumbangan dana tersebut, ternyata ketiga perusahaan itu juga telah melakukan langkah lain. 

Seperti Tokopedia telah menyumbang sebanyak 150 ribu masker bagi TKI yang membutuhkan di Hongkong serta membuka kanal berdonasi bagi masyarakat melalui platformnya. 

Grab juga melakukan langkah lain dengan melindungi kesehatan, dan kesejahteraan mitra Grab melalui GrabCare dengan memberikan bantuan finansial bagi pengemudi yang positif Covid-19, asuransi Mandiri in-Health dan pengumpulan kolaborasi 1 juta masker.  

Pemberian donasi di tengah wabah corona ini menjadi salah satu tanggung jawab program CSR perusahaan yang dilakukan dengan konkrit dalam membantu masyarakat yang kesulitan. 

Tentunya  di samping perusahaan di atas, pastinya masih banyak perusahaan dan pihak-pihak lain yang turut bergerak untuk membantu satu sama lain di tengah epidemi Covid-19 ini. 

Semoga dengan bantuan dari berbagai pihak, semua dampak Covid-19 dapat segera teratasi, ya.

beri donasi untuk corona EKRUT

Rekomendasi bacaan: 

Sumber: 

  • Socialmediatoday
  • Dropbox 
  • BusinessInsider
  • TechinAsia 
  • DetikInet
  • NewsroomTikTok
 

Tags

Share