Careers

Ide kerja online dari rumah dan tips mendapatkannya

Published on
Min read
0 min read
time-icon
Tsalis Annisa

Content Editor who eager to learn more about Marketing

Ide_kerja_online_dari_rumah_dan_tips_mendapatkannya.png

Dengan kemajuan teknologi saat ini, tidak ada alasan kamu tidak dapat memulai kerja online menguntungkan dari kenyamanan rumahmu. Keuntungan bekerja jarak jauh secara online pun tidak terbatas.

Meski begitu, menjalankan kerja online sendiri membutuhkan kerja keras dalam menemukan bidang kerja atau usaha yang cocok tetapi sekali berjalan, memberikan kebebasan dan penghasilan yang tidak kalah dari pekerja kantoran.

Apalagi setelah pandemi, semakin banyak orang yang menyadari bahwa banyak pekerjaan yang bisa dilakukan dengan kerja online. Nah, jika kamu tertarik dan memiliki keahlian khusus. Yuk, simak ide kerja online dan tipsnya.

Ide kerja online dari rumah

ide kerja online dari rumah - EKRUT
Menjual barang secara online menjadi kegiatan yang banyak diminati - EKRUT

Memilih kerja online menawarkan banyak keuntungan. Salah satunya adalah waktu fleksibel yang bisa kamu atur sendiri. Kamu juga bebas bekerja dari mana saja. Kamu bisa bekerja dari rumah, cafe, atau coworking space.

Salah satu poin penting untuk memulai kerja online adalah menemukan ide yang tepat pekerjaan atau usaha yang tepat. Kami telah menyusun ide bidang kerja online yang bisa kamu coba dan jadi tambahan penghasilan atau bahkan pekerjaan tetap.

Virtual customer service

Karena semakin banyak perusahaan yang beralih ke tenaga kerja online jarak jauh, kini banyak perusahaan yang mempekerjakan customer service online. Jika kamu menguasai lebih dari satu bahasa akan jadi keuntungan. Karena banyak perusahaan asing yang menawarkan kesempatan ini. 

Penulisan dan penyuntingan freelance

Kerja online menulis dari rumah mencakup berbagai posisi, termasuk pekerjaan lepas untuk majalah konsumen, blogging, crowdsourcing, dan pengeditan. 

Biasanya, penulis dan Editor yang bekerja dari rumah adalah freelancer, tetapi jika kamu sudah bekerja untuk sebuah perusahaan sebagai penulis atau Editor, langkah pertama yang mungkin dilakukan adalah meyakinkan atasan kamu untuk mengizinkan kamu melakukan telecommute.

Baca juga: 12 Pekerjaan freelance yang paling banyak dicari

Transkripsi

Kerja online transkripsi bisa dilakukan oleh orang-orang yang memiliki sedikit pengalaman. Biasanya, dibutuhkan pengalaman banyak sebagai transcriptionist untuk mendapatkan pekerjaan dengan bayaran lebih tinggi. Bidang keahlian meliputi transkripsi perusahaan, keuangan, hukum, dan medis.

Data entry online

Data entry mencakup berbagai jabatan pekerjaan, pekerjaan utamanya adalah menginput data ke dalam sistem perusahaan dari file tertulis hingga audio. Sebagian besar perusahaan mempekerjakan orang sebagai kontraktor independen dan karyawan paruh waktu untuk kerja online data entry. 

Pekerjaan entri data sering kali menjadi sasaran penipuan penawaran kerja dari rumah, jadi pastikan untuk memeriksa lowongan dengan hati-hati, dan jangan pernah mau jika diminta membayar perangkat atau perangkat lunak.

Medis

Kerja online pada bidang medis juga memungkinkan, banyak pekerjaan medis yang dapat dilakukan dari rumah. Pekerjaan termasuk transkripsi medis, kode medis, dan keperawatan virtual. 

Bahkan beberapa apoteker bekerja dari rumah meninjau resep, mengawasi transfer dari satu apotek ke apotek lain, dan memberikan konseling tentang penggunaan obat. Banyak juga dokter yang menjadi konsultan untuk aplikasi kesehatan online.

daftar EKRUT

Pendidikan online

Pekerjaan pendidikan online yang tersedia sekarang mencakup berbagai kualifikasi untuk pendidik. Kamu bisa memulai menyediakan jasa tutor atau les secara virtual.

Search engine evaluator

Penilai mesin pencari bekerja online sebagai agen independen dan memberikan laporan penilaian mengenai apakah hasil mesin pencari komprehensif, akurat, relevan, dan tepat waktu. 

Penerjemah

Menjadi bilingual membuka banyak kemungkinan untuk peluang kerja online dari rumah sepert pekerjaan terjemahan, tutor bahasa online, dan banyak lagi.

Banyak pekerjaan terjemahan dilakukan oleh freelancer, tetapi beberapa perusahaan mempekerjakan penerjemah rumahan sebagai karyawan.

Seni dan desain

Banyak perusahaan media, pemasaran, dan periklanan mengumpulkan seniman lepas yang bekerja secara online untuk fotografi, karya desain grafis, ilustrasi, dan banyak lagi.

Kamu perlu punya portofolio pekerjaan yang terkait dengan proyek yang kamu inginkan, jadi pastikan untuk menyiapkannya sebelum melamar.

Media sosial

Dengan munculnya media sosial, muncul kebutuhan akan individu yang dapat secara efektif memanfaatkan platform tersebut di berbagai industri. 

Bidang kerja secara online media sosial dapat mencakup pengembangan strategi, pembangunan komunitas, manajemen akun media sosial, membuat dan menjadwalkan posting, dan mengevaluasi konten. Kamu juga bisa membuat konten hingga mencoba membangun karir sebagai influencer.

Blog

Membuat blog adalah salah satu cara yang bisa menghasilkan uang dari topik yang kamu ketahui dan sukai. Meskipun kamu menawarkan informasi secara gratis, ada banyak pilihan untuk menghasilkan uang, termasuk Google AdSense dan program umpan iklan lainnya yang akan menempatkan iklan di situs blogmu. 

Produk dan layanan afiliasi marketing

Kerja online memasarkan produk dan layanan afiliasi akan sangat menguntungkan jika kamu memiliki jaringan yang luas. Kamu akan memasarkan produk-produk suatu perusahaan baik secara online atau offline.

Pekerjaan ini akan lebih mudah jika kamu mempunyai website atau laman sosial media dengan pengunjung atau pengikut jumlah besar.

Berjualan secara online

Terakhir, berjualan secara online mungkin jadi kerja online yang paling banyak diminati dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Jika kamu tidak bisa memproduksi barang jualan sendiri, menjual ulang produk-produk orang lain sebagai reseller atau dropship dan menjualnya di marketplace bisa jadi solusinya.

Baca juga: 5 Pekerjaan online ini bisa jadi alternatif penghasilan tambahan

Tips melakukan kerja online dari rumah

tips melakukan kerja online dari rumah - EKRUT
Atur area kerja online senyaman mungkin - EKRUT

Berikut ini adalah tips kerja online dari rumah yang bisa kamu terapkan: 

  • Tentukan ruang kerja. Lebih mudah untuk tetap fokus secara mental jika kamu menentukan area tertentu di rumah kamu untuk menyelesaikan pekerjaan.
  • Ciptakan lingkungan yang nyaman. Pastikan kamu memiliki peralatan yang tepat di rumah agar kamu bisa efisien dan produktif bekerja. Ini termasuk komputer dan koneksi internet berkecepatan tinggi yang dapat mendukung kerja seperti konferensi video, meja, kursi ergonomis, perlengkapan kantor, dan lampu meja.
  • Pertahankan rutinitas yang konsisten. Tetapkan jadwal kerja untuk diri kamu sendiri dan patuhi itu. Cobalah untuk bangun pada waktu yang sama setiap hari dan perlakukan hari kerja seperti yang kamu lakukan sebelumnya.
  • Berkomunikasi. Karena kamu tidak berada di kantor di mana orang dapat melihat kamu, komunikasi dengan tim saat kerja menjadi lebih penting saat bekerja dari jarak jauh.
  • Tetap terhubung dengan rekan kerja. Alat penunjang produktivitas kerja seperti Slack tidak hanya membantu alur kerja tetapi juga dapat berfungsi sebagai saluran sosial. 
  • Istirahat. Kerja dari jarak jauh pada dasarnya menantang karena mudah lupa waktu. Oleh karena itu, menentukan waktu istirahat menjadi lebih penting.
  • Luangkan waktu untuk aktivitas fisik dan kreatif. Jika memungkinkan cobalah keluar untuk mencari udara segar selagi bisa di sela-sela kerja. Jangan lupa untuk menghibur diri lakukan hobi kreatif yang jadi kegemaranmu.

Baca juga: 5 pekerjaan online buat milenial, kamu tertarik? 

Tips mendapatkan kerja online dari rumah

tips mendapatkan kerja online dari rumah - EKRUT
Perbanyak mengunjungi situs yang menawarkan kesempatan kerja secara online - EKRUT

Untuk mencari peluang kerja online kamu perlu banyak mencari tahu mengenai situs lowongan kerja yang mengkhususkan diri pada peluang kerja dari rumah. Situs pekerjaan khusus seperti FlexJobs memungkinkan kamu untuk menemukan peluang kerja dengan keahlian khusus. 

Beberapa situs gratis juga menawarkan kesempatan kerja online dari rumah. WeWorkRemotely mengkhususkan tawaran pekerjaan online yang melibatkan pemrograman komputer, bisnis, dan manajemen.

Selanjutnya, Fiverr dan Upwork dengan  pekerjaan lepas yang terkait dengan bidang seperti menulis, mengedit, fotografi, desain grafis, dan banyak lagi.

Kamu juga perlu memanfaatkan koneksi profesional di bidang profesimu atau di tempat kamu tinggal. Cari tahu siapa yang tahu tentang perusahaan dengan pekerjaan yang bisa dilakukan dengan kerja jarak jauh. 

Banyak juga ya, ide kerja online yang bisa dilakukan dari rumah. Kamu perlu memahami kemampuan khusus yang bisa kamu tawarkan pada pemberi kerja.

Penting juga bagi kamu untuk selalu berada di lokasi dengan jaringan internet yang baik saat kerja online karena kamu perlu selalu terhubung dan berkomunikasi dengan rekan kerja.

Kerja online sebagai content writer dan copywriter banyak diminati akhir-akhir ini. Mari cari tahu perbedaan keduanya dalam video ini.

Baca Juga : Apa Itu Aljabar? Apakah Berguna di Dunia Pekerjaan? Berikut Penjelasannya

daftar EKRUT

Rekomendasi Video: 

Sumber: 

0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    BEP_(Break_Event_Point)_Pengertian__konsep__tujuan__3_komponen_dan_cara_perhitunganya.jpg

    startup

    BEP (Break Event Point): Pengertian, Tujuan, dan 3 Komponennya

    Sylvia Rheny

    06 December 2022
    5 min read
    tipe-tipe-kepemimpinan-EKRUT.jpg

    Careers

    10 Tipe Kepemimpinan Dalam Tim, Kamu Termasuk yang Mana?

    Tsalis Annisa

    06 December 2022
    5 min read
    cara-membuat-grafik-di-excel---EKRUT.jpg

    Technology

    Cara Membuat Grafik di Excel dengan Mudah Beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    05 December 2022
    6 min read

    Video