Careers

Apa Itu Aljabar? Apakah Berguna di Dunia Pekerjaan? Berikut Penjelasannya

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Ningtyas Dewanasari Kinasih

A newcomer in content writing who studied tourism. Very keen to learn about this field.

Apa_itu_Aljabar-Apakah_Berguna_di_Dunia_Pekerjaan-Berikut_Penjelasannya.jpg

Aljabar adalah salah satu istilah matematika yang pastinya sudah pernah kamu pelajari saat bersekolah. Mungkin kamu bertanya-tanya bagaimana ilmu tersebut akan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari termasuk pula dalam berkarier. Nah, tanpa kamu sadari aljabar adalah ilmu yang banyak digunakan baik dalam kehidupan sehari-hari, bisnis, dan skill yang dibutuhkan dalam berkarier di beberapa bidang.

Penggunaan aljabar dalam bisnis melampaui statistik dan perkiraan finansial. Mempelajari aljabar dapat membuatmu lebih menonjol saat mencari pekerjaan dan meningkatkan kemampuan problem solving-mu. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai aljabar, perhatikan penjelasannya berikut ini.

Baca juga: 12 Bahasa Pemrograman yang Paling Relevan untuk Dipelajari

Apa itu aljabar?


Aljabar adalah ilmu yang mempelajari simbol matematika. (Sumber: Pexels)

Terdapat berbagai macam cabang dalam ilmu matematika, salah satunya adalah aljabar. Aljabar adalah ilmu yang mempelajari simbol matematika, beserta aturan yang digunakan dalam memanipulasi simbolnya.

Dilansir dari republika.co.id, aljabar adalah penggabungan teori bilangan-bilangan rasional, irasional, dan geometri. Konsep dari aljabar berkontribusi dalam pengembangan teori matematika baru apabila dibandingkan dengan teori sebelumnya. Dapat dikatakan, aljabar adalah ilmu yang menjadi dasar awal dari pengembangan ilmu matematika.

Aljabar sendiri dapat membantumu memecahkan masalah dengan lebih mudah jika dibandingkan dengan metode konvensional, seperti pernyataan dalam kata-kata. Teori aljabar sangat mungkin untuk diterapkan pada bidang keilmuan eksak lainnya.

Baca juga: Bahasa Pemrograman Phyton: 6 Kelebihan dan Kekurangannya

Fungsi aljabar


Aljabar memiliki fungsi yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. (Sumber: Pexels)

Lalu, apa saja fungsi aljabar? Fungsi dari aljabar adalah penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang tentunya sudah tidak asing lagi. Suatu fungsi dapat ditambah, dikurang, dikalikan, dan dibagi, dimana hasilnya merupakan fungsi lain yang baru.

Mungkin kamu bertanya-tanya bagaimana perhitungan matematika berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Faktanya, walaupun tidak memiliki ilustrasi atau faktor X dan Y, aljabar adalah ilmu yang banyak digunakan dalam keseharian.

Aljabar adalah area luas dalam matematika yang mana dalam kehidupan nyata membaur menjadi alat yang digunakan untuk berbagai keperluan. Selain untuk menyelesaikan soal matematika saja, aljabar juga digunakan oleh banyak profesi dan bisnis. Berikut ini adalah beberapa contoh fungsi aljabar dalam kegiatan sehari-hari.

1. Manajemen bisnis dan keuangan

Pemilik bisnis atau investor kamu akan menggunakan operasi aljabar untuk menghitung keuntungan. Selain itu, sebagian besar sistem menjalankan software atau data center yang bergantung pada operasi aljabar. Dalam bisnis dan investasi, kamu juga bisa mengevaluasi harga saham dengan aljabar.

2. Pemrograman komputer

Saat menciptakan software atau aplikasi baru, programmer akan memecahkan persamaan aljabar, misalnya untuk pemrograman Java. Pemrogram harus memiliki pengetahuan yang tepat untuk dapat memecahkan persamaan tersebut agar dapat hasil akhir yang baik. Programmer adalah salah satu profesi yang paling banyak berinteraksi dengan aljabar.

3. Meningkatkan logika berpikir

Salah satu fungsi mempelajari aljabar adalah dapat meningkatkan logika berpikirmu. Hal ini tentunya akan berguna dalam menyelesaikan masalah dan memahami solusi yang tepat. Operasi aljabar akan membantu kamu dalam mengambil keputusan yang mana akan berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Front-End Developer: Pengertian, Gaji, Skills, Tools & KPI

Rumus aljabar


Rumus aljabar dapat dimulai dengan menggunakan huruf yang mewakili angka. (Sumber: Pexels)

Seperti yang sudah kamu pahami, aljabar adalah salah satu cabang matematika yang luas. Aljabar sangat bermanfaat untuk memahami konsep lainya dalam ilmu matematika. Sama halnya dengan aritmetika, perhitungan aljabar dapat dimulai dengan huruf yang mewakili angka.

Rumus kuadrat aljabar:
ax² + bx + c = 0

Keterangan:

  • a, b, c dapat diubah ke bilangan apapun, namun a tidak bisa bernilai 0.
Rumus penjumlahan aljabar:
an + bn = (a + b) n
Rumus pengurangan aljabar:
an - bn = (a - b) n

Keterangan:

  • a dan b adalah koefisien
  • n adalah variabel

Perlu kamu ingat bahwa bentuk aljabar dapat dikurangkan atau dijumlahkan jika memiliki suku yang sama.

Baca juga: Perbedaan Back-end, Front-end, dan Full-stack developer

Pekerjaan yang membutuhkan perhitungan aljabar


Aljabar adalah ilmu yang banyak digunakan oleh berbagai profesi. (Sumber: Pexels)

Aljabar adalah konsep ilmu yang banyak digunakan baik dalam bisnis maupun dalam kehidupan sehari-hari. Manfaat aljabar adalah kamu bisa menggunakannya untuk memprediksi penjualan, menentukan pilihan harga, mengidentifikasi pola perilaku pelanggan, mengembangkan rencana keuangan, dan lainnya. Mempelajari aljabar dapat membantu kamu mengembangkan skill yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis, berinvestasi, hingga mengenkripsi kode. Berikut ini beberapa pekerjaan yang menggunakan aljabar.

1. Ahli kimia


Salah satu profesi yang menggunakan aljabar adalah ahli kimia. (Sumber: Pexels)

Profesi yang menggunakan aljabar adalah ahli kimia yang mempersiapkan senyawa kimia untuk memenuhi tujuan perusahaan. Sebagian besar ahli kimia akan bertanggung jawab untuk melakukan penelitian, menguji keamanan dan keberhasilan senyawa kimia tertentu, dan melaporkan hasil temuan.

2. Pengontrol air traffic

Salah satu profesi yang menggunakan aljabar adalah air traffic controller. Profesi tersebut bertanggung jawab untuk menjaga keamanan wilayah udara untuk berbagai pesawat terbang. Pengontrol lalu lintas udara akan menangani tugas-tugas seperti memantau air traffic di wilayah yang ditentukan, berkomunikasi dengan pilot dan kontrol darat, serta memberikan izin pendaratan dan lepas landas kepada pilot.

3. Ahli gizi


Ahli gizi bertugas untuk mengevaluasi dan merencanakan kebiasaan makan klien. (Sumber: Pexels)

Aljabar adalah ilmu yang juga digunakan oleh seorang ahli gizi. Ahli gizi memiliki tanggung jawab untuk memenuhi tujuan kesehatan dari kliennya. Ahli gizi biasanya akan bertugas untuk mengevaluasi kebiasaan makan dan pola hidup lainnya. Setelahnya, ahli gizi akan menetapkan rencana makan dan bertemu dengan klien sesuai kebutuhan.

4. Akuntan

Profesi lain yang akan banyak menggunakan ilmu aljabar adalah akuntan. Akuntan bertanggung jawab untuk menganalisis, memeriksa, dan memaparkan data akuntansi. Proses tersebut dilakukan untuk mempersiapkan laporan finansial, mengevaluasi, mengaudit, hingga memberikan saran kepada klien atau perusahaan.

5. Teknisi siaran


Teknisi siaran harus memastikan semua teknis berfungsi dengan baik. (Sumber: Pexels)

Nah, teknisi siaran juga menjadi salah satu profesi yang menggunakan aljabar untuk melakukan pekerjaannya. Profesi tersebut bertanggung jawab untuk memastikan semua teknis siaran berfungsi dengan baik. Memasang peralatan, mengoperasikan, dan memecahkan masalah yang mungkin terjadi akan dilakukan oleh teknisi siaran.

6. Analis riset pasar

Profesi lainnya yang menggunakan aljabar adalah analis riset pasar. Profesi tersebut menggunakan data untuk menginformasikan keputusan pemasaran dan periklanan. Tugas seorang analis riset pasar antara lain, mensurvei pelanggan, mengumpulkan data, dan menentukan strategi pemasaran yang tepat.

Baca juga: 5 Tips Menjadi front-end developer dan Skill yang Dibutuhkan

Aljabar adalah salah satu cabang dalam ilmu matematika yang cakupannya sangat luas. Tidak hanya secara teori saja, aljabar banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan pekerjaan. Memiliki kemampuan aljabar yang baik akan banyak membantu kamu dalam berkarier. Kamu juga bisa mengasah kemampuanmu dengan mengerjakan berbagai soal.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • indeed.com
  • republika.co.id
  • pintarpandai.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    BEP_(Break_Event_Point)_Pengertian__konsep__tujuan__3_komponen_dan_cara_perhitunganya.jpg

    startup

    BEP (Break Event Point): Pengertian, Tujuan, dan 3 Komponennya

    Sylvia Rheny

    06 December 2022
    5 min read
    tipe-tipe-kepemimpinan-EKRUT.jpg

    Careers

    10 Tipe Kepemimpinan Dalam Tim, Kamu Termasuk yang Mana?

    Tsalis Annisa

    06 December 2022
    5 min read
    cara-membuat-grafik-di-excel---EKRUT.jpg

    Technology

    Cara Membuat Grafik di Excel dengan Mudah Beserta Contohnya

    Maria Tri Handayani

    05 December 2022
    6 min read

    Video