Media

Mau kerja online? Coba salah satu profesi berikut ini!
By Nelson Simbolon - 5 December 2018
4 min read 226 Views

 

Di era dengan perkembangan teknologi informasi yang kian pesat, tak heran bila jenis pekerjaan yang fleksibel seperti bisa kerja dari rumah atau kerja online mulai banyak diminati. Kerja online ini bisa dikerjakan full-time di rumah maupun freelance yang tak mengharuskan untuk pergi ke kantor setiap harinya. Tak perlu khawatir masalah gaji, karena beberapa profesi dengan kerja online ini justru memiliki nominal gaji yang lebih besar. Nah, berikut profesi kerja online yang bisa kamu pilih untuk kerja online?

Pilihan profesi kerja online 

Pekerjaan freelance bisa jadi solusi bagi sebagian orang yang lelah kerja kantoran dan ingin memaksimalkan waktu dan energi. Selain tak harus bangun di pagi hari, kerja online dengan sistem freelance juga bisa jadi pilihan untuk tidak bermacet ria di jalan. Berikut beberapa profesi yang bisa kamu lirik untuk kerja online freelance, barangkali salah satunya sesuai dengan minat dan bakat kamu.

1. Penerjemah

Punya skill menerjemahkan tulisan ke dalam beberapa bahasa asing? Serta memiliki keahlian proofreading? Kalau demikian, mungkin profesi ini akan cocok denganmu. Sudah banyak penerbit maupun perorangan membutuhkan jasa penerjemah. Untuk bisa kerja online freelance sebagai penerjemah, kamu perlu memiliki pengetahuan mendalam serta akurasi dan kecepatan dalam menerjemahkan bahasa sesuai konteks yang dimaksudkan.

Tentunya sertifikat ujian bahasa asing seperti TOEFL atau IELTS bisa menjadi nilai tambah bagi kamu bila ingin mencoba profesi ini. Semakin banyak bahasa yang kamu kuasai, semakin banyak pula peluangmu mendapat penghasilan yang menjanjikan dari profesi kerja online dari rumah ini.

2. Content Writer dan Technical Writer

Untuk kamu yang gemar menulis sekaligus ingin kerja online freelance dari rumah, saat ini sangat banyak kesempatan untuk kamu. Banyak media online dan situs-situs yang menarik pengunjung dengan cara merilis artikel-artikel secara rutin. Coba tanya teman-temanmu yang sekarang sudah bekerja di startup atau korporat, biasanya mereka memiliki media promosi berupa blog yang membutuhkan jasa content writer.

Ada pula profesi kerja online dari rumah lain yang menjanjikan dari bidang tulis menulis juga yaitu, technical writer. Pekerjaan seorang technical writer adalah membuat buku panduan teknis yang berisi cara penggunaan dan perawatan suatu alat. Selain tulisan, technical writer juga harus menyusun foto, gambar, sketsa, diagram, serta tabel yang akan dicantumkan dalam buku petunjuk. 

3. Desainer Grafis

Buat kamu yang jago menggambar dan mendesain, profesi freelance yang satu ini juga banyak dicari. Saat ini perusahaan sering melirik orang dengan keahlian desain grafis untuk bekera dalam suatu projek. Tentunya kamu harus menguasai software editor gambar seperti Adobe Photoshop, Illustrator, Premiere Pro dan juga portofolio lainnya yang mengesankan.

Kamu bisa menawarkan keahlian desain kamu ke teman-teman, atau orang-orang yang kamu kenal atau melalui situs seperti freelancer.com dan upwork.com yang bisa menghubungkan kamu dengan perusahaan atau orang yang membutuhkan freelancer di bidang tersebut. Dengan bantuan situs tersebut, kamu bisa mengerjakan proyek-proyek dari seluruh penjuru dunia dengan sistem kerja online dari rumah.

4. Web Software Engineer

Nah, untuk kamu yang senang bergelut di bidang IT dan website, profesi yang ini mungkin cocok buatmu. Sebagai web software engineer, kamu akan menganalisis pengalaman pengguna komputer serta mendesain aplikasi software komputer atau sistem.

Profesi kerja online dari rumah ini memang tergolong membutuhkan keahlian tinggi dan harus mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip software engineering seperti ilmu komputer, teknik informatika itu sendiri, dan analisis matematika dalam desain, pengembangan (development), pemeliharaan (maintenance), pengujian (testing), dan evaluasi dari software komputer atau device lain.

Keuntungan kerja dari rumah

Meskipun sudah disinggung di ulasan sebelumnya bahwa kerja online memberikan banyak kelebihan, namun mari kita simak kembali kelebihannya supaya kamu semakin mantap memutuskan apakah akan kerja online atau kantoran.

1. Leluasa mengatur waktu

Jika sebelumnya mungkin kamu kesulitan mengatur waktu karena mesti kerja kantoran, dengan kerja online kamu akan lebih leluasa. Karena kamu tidak diatur oleh siapapun dan/atau sistem apapun, maka dari itu kamu pun bisa mengatur jam masuk kerja, istirahat hingga jam lembur.

2. Menyeimbangkan urusan keluarga dengan urusan pekerjaan

Saat kerja di rumah, kamu akan memiliki waktu lebih banyak untuk urusan keluarga. Dari sini urusan keluarga dan pekerjaanmu pun akan bisa lebih seimbang. Hal seperti ini tentu saja tidak akan bisa kamu dapatkan jika bekerja di kantor kan?

3. Menekan biaya pengeluaran

Kamu pastinya akan banyak menghemat pengeluaran ketika kerja online di rumah, nggak percaya? Beberapa pengeluaran bisa kamu hindari, misalnya biaya transportasi, makan di luar dan juga biaya bahan bakar jika kamu menggunakan kendaraan sendiri. Dengan menghindari biaya-biaya ini tentu saja kamu akan mampu berhemat dan akan mampu menjadikan pendapatan utuh. Saat pendapatan tetap utuh, maka tentu saja kamu akan lebih dibuat untung dan tabungan akan makin bertambah.


Dengan demikian, ada banyak pilihan kerja online beserta kelebihannya yang bisa kamu peroleh. Jika kamu memiliki keahlian yang cocok dengan salah satu profesi kerja online dari rumah di atas, kamu bisa mulai melakukan riset mengenai cara mengawali pekerjaan tersebut. Kemampuan berjejaring dan komunikasi, terutama via internet akan sangat membantumu dalam menjalani profesi tersebut. Selamat bekerja!


Sumber: 

Tags: kerja online, kerja freelance, kerja dari rumah

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang