Published on

Careers

5 Tips kerja sambil kuliah yang bisa kamu terapkan

Tsalis Annisa

kerja-sambil-kuliah-EKRUT-.jpg

Kerja dan kuliah seakan menjadi dua hal yang amat penting bagi kemajuan hidup. Hanya saja, menjalani keduanya secara bersamaan terkadang tidaklah mudah. Oleh karena itu, kamu perlu tahu tips kerja sambal kuliah dan mulai menerapkannya. 

Berikut ini adalah beberapa tips untuk kamu yang ingin kerja sambil kuliah. 

Buat prioritas dan tujuan yang jelas

kerja sambil kuliah - EKRUT
Sebelum memutuskan untuk kuliah lagi, cobalah untuk membuat daftar prioritas, dan apa tujuanmu kuliah - EKRUT

Sebelum kamu memutuskan untuk kuliah, cobalah untuk memperjelas tujuanmu untuk kuliah. Apakah rencana kariermu setelah itu? Cobalah untuk memastikan bahwa jurusan yang kamu ambil sesuai dengan jalur kariermu. 

Ciptakanlah prioritas dan tujuan yang jelas dalam waktu dekat maupun rencana jangka panjang ke depannya. Cobalah meriset dan mencari tahu apa jalan karier yang menarik bagimu dan ingin kamu capai. Baru setelah itu menentukan jurusan kuliah untuk mewujudkannya.

Baca juga:7 Tips sukses merancang rencana karier untuk masa depanmu

Berusaha fokus dengan tujuan yang kamu ciptakan

kerja sambil kuliah - EKRUT
Pastikan kamu fokus untuk mencapai tujuanmu untuk kuliah lagi - EKRUT

Ketika kamu bekerja penuh waktu bersamaan dengan kuliah, akan banyak hal yang mendadak menjadi lebih rumit. Kamu mungkin sesekali akan merasa pusing dan bertanya-tanya mengapa kamu memilih untuk menjalani keduanya secara bersamaan. 

Kamu juga mungkin akan mulai berpikir untuk berhenti bekerja atau berhenti kuliah, atau bahkan keduanya. 

Pada momen seperti ini kamu perlu mengingat apa yang menjadi tujuanmu. Kamu melakukan keduanya secara bersamaan tentu dengan alasan dan pertimbangan di awal mengenai biaya kuliah yang dapat lebih mudah kamu bayar jika tetap mendapat gaji karyawan penuh waktu di kantormu.

Atau dengan pertimbangan masih ada keluarga yang perlu kamu tanggung sehingga kamu tidak bisa berhenti bekerja dan membiarkan mereka terlantar. Apapun alasan dan tujuannya, berusahalah mengingat hal tersebut, dengan demikian kamu akan lebih kuat bertahan.

kerja sambil kuliah - EKRUT

Komunikasikan tujuan dan keinginanmu dengan orang terdekat

kerja sambil kuliah - EKRUT
Membicarakan mengenai rencanamu dengan orang terdekat bisa membuatmu mendapatkan dukungan moral - EKRUT

Kamu perlu memberitahukan keinginan dan tujuanmu dengan orang-orang terdekat di sekitarmu. Hal ini dapat membuatmu mendapatkan dukungan moral untuk membantumu mencapai tujuan yang sudah kamu harapkan. Kejujuran dan dialog terbuka dengan mereka akan membantumu mencapai sukses dengan lebih mudah.

Manfaatkan masa cuti tahunan untuk belajar  

kerja sambil kuliah - EKRUT
Jika kamu memiliki jatah cuti tahunan, cobalah untuk memanfaatkannya dengan baik untuk belajar - EKRUT

Berdasarkan profesi masing-masing, pasti ada masa untuk cuti tahunan yang biasanya dimanfaatkan untuk liburan oleh sebagian besar karyawan. Nah, jika kamu sedang dalam masa kerja sambil kuliah, cobalah manfaatkan waktu ini sebaik mungkin untuk belajar atau mengambil semester pendek. 

Hal ini sangat baik untuk mempercepat kelulusan dan menambah ilmu serta kemampuan kamu selama waktu liburan. Jadi, beban kamu akan sedikit berkurang dengan memanfaatkan masa ini.

Baca juga: 8 Tips pengembangan diri ini bantu kamu menuju kesuksesan

Jangan lupakan kesehatan diri

kerja sambil kuliah - EKRUT
Jaga kesehatan di sela kesibukan kerja dan kuliah - EKRUT
 

Menjalani pekerjaan sambil kuliah tentu akan banyak menyita waktu dan energi. Itu sebabnya jangan lupakan untuk menjaga kesehatan diri di sela kesibukan. Pastikan untuk memiliki waktu istirahat yang cukup untuk atasi kelelahan dan luangkan waktu untuk melakukan kegiatan yang dapat menghilangkan stres. 

Nah, jadi itu dia beberapa tips kerja sambil kuliah yang dapat kamu terapkan agar bisa menjalani keduanya sebaik mungkin. Jangan lupa ikuti cara-cara di atas dan semoga masa perjuanganmu yang bekerja sambil kuliah dapat terbayarkan dengan hasil yang maksimal, ya! Semangat, dan semoga berhasil!

kerja sambil kuliah - EKRUT

Last update: 25 Oktober 2020

Sumber:

  • chartercollege.com
  • cornerstone.edu
  • rasmussen.edu

Tags

Share