Media

8 Tips pengembangan diri ini bantu kamu menuju kesuksesan
By Tsalis Annisa - 14 May 2019
5 min read 372 Views

Semakin bertambahnya usia dan dunia semakin berkembang, penting bagimu untuk terus mengembangkan diri untuk mencapai kesuksesan. Agar kamu tidak kehilangan arah, kamu perlu tahu tips pengembangan diri.

Pengembangan diri merupakan istilah yang memiliki arti berupa tindakan untuk mengembangkan atau meningkatkan kemampuan diri. Hal ini dapat mencakup pengembangan dalam hal penetapan tujuan, manajemen waktu, kemampuan organisasi, kepemimpinan, dan kemampuan lainnya di dalam diri.

Ketika kamu konsisten dalam melakukan proses mengembangkan diri, maka akan ada beberapa keuntungan yang kamu rasakan termasuk meningkatnya kemampuan.  Yuk, intip beberapa tips pengembangan diri di bawah ini!

tips pengembangan diri - EKRUT
Membaca buku setiap hari dapat membantumu dalam melakukan pengembangan diri - EKRUT

1. Cobalah membaca buku setiap harinya

Buku merupakan sumber segala kebijaksanaan dan ilmu terkumpul. Oleh karena itu, tentu tidak ada salahnya untuk memperbanyak buku yang kamu baca, bukan? Dengan semakin banyak buku yang kamu baca, maka akan semakin banyak ilmu yang bisa kamu dapatkan. Baik untuk karier maupun kehidupan pribadimu. 

Jika kamu terbiasa untuk membaca buku setiap harinya, kamu berarti terbiasa memberikan otak asupan lebih banyak pengetahuan baru setiap harinya. Semakin banyak pengetahuan dan informasi yang kamu miliki akan membuat pikiranmu semakin berkembang juga setiap harinya.

2. Ketahui dan hentikan kebiasaan burukmu

Kebiasaan buruk sehari-hari jika dibiarkan begitu saja dapat berdampak buruk di kemudian hari. Oleh karena itu, penting bagimu untuk menyadari apa saja kebiasaan burukmu, dan menghentikannya. Kelak, jika kamu konsisten untuk berubah menjadi lebih positif, beragam keuntungan pasti akan datang kepada kamu.

Misalnya saja di hari kerja kamu terbiasa untuk bangun siang, dan berangkat dengan kondisi lusuh. Cobalah untuk merubah waktu tidurmu, dan agar kamu dapat bangun lebih awal dan memiliki waktu untuk dirimu, dan bersiap-siap ke kantor. Dengan begitu, kamu akan lebih segar saat tiba di kantor, dan dapat menjadi lebih semangat serta produktif di kantor.

Tidak hanya dapat memberikan keuntungan seperti di atas, perubahan kebiasaan juga dapat mengubah kepribadianmu. Jadi, usahalah untuk mencari tahu kebiasaan burukmu dan segera hentikan. Usaha ini dapat membantumu menemukan kepribadian yang berkembang sesegera mungkin.

tips pengembangan diri - EKRUT
Menuliskan tujuan karier dan hidupmu dapat membantumu lebih fokus untuk pengembangan diri - EKRUT

3. Buat tujuan yang jelas dan tuliskan hal tersebut

Menuliskan apa saja tujuan karier serta hidupmu di atas kertas merupakan usaha sederhana yang dapat membantumu untuk fokus pada tujuan tersebut. Kebiasaan menuliskan tujuan yang ingin kamu capai ini bersifat wajib jika kamu ingin berhasil mencapainya.

Bahkan, ternyata menuliskan tujuan atau impian dapat membantumu untuk menghidupkan harapan agar hal tersebut terwujud. Cara satu ini juga dapat membantumu mengembangkan keterampilan dan kepribadian dengan cara yang luar biasa.

4. Cobalah mulai pelajari dan melakukan hal baru

Banyak sekali hal baru yang bisa kamu lakukan dan akan menghasilkan pengembangan diri yang baik. Misalnya, kamu dapat mencoba belajar bahasa baru yang belum kamu kuasai. Kamu dapat belajar secara otodidak ataupun dengan bantuan mengikuti kursus.

Saat belajar bahasa baru, kamu tidak hanya mempelajari bahasanya tapi juga budayanya. Hal ini dapat membantu pikiranmu lebih terbuka dan menghargai perbedaan.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mulai menekuni hal baru sebagai hobi untuk semakin mengembangkan diri. Mempelajari dan menekuni hal baru akan membantumu semakin berkembang entah secara fisik, mental, atau emosi. Jadi, jangan takut mencoba mempelajari dan melakukan hal baru, ya!

tips pengembangan diri - EKRUT
Guna mengembangkan dirimu menjadi lebih baik, cobalah untuk mulai keluar dari zona nyaman - EKRUT

5. Keluarlah dari zona nyaman

Perkembangan sejatinya akan terjadi ketika kamu berusaha keras untuk melakukan suatu perubahan. Itu artinya, merasa terlalu nyaman dengan kondisi dan tidak berupaya melakukan sesuatu tidak akan bisa membantumu untuk berkembang. Kenyamanan ini hanya akan membuatmu terlena dan hidupmu menjadi stagnan.

Jadi, mulai sekarang cobalah tantang dirimu sendiri untuk keluar dari zona nyaman dan lakukan hal yang berbeda. Dengan mendorong dirmu melakukan hal baru.

Baca juga: Ini 8 alasan pentingnya kamu keluar dari zona nyaman

6. Mulailah belajar mencintai dirimu sendiri

Penilaian buruk seseorang terhadap dirimu mungkin membuat kamu merasa lelah dan menyalahkan diri sendiri. Nah, jika itu yang terjadi padamu, cobalah untuk mulai melawan padangan itu dan mulailah menerima serta mencintai dirimu.

Ingatlah bahwa tidak ada manusia yang sempurna, begitu juga mereka yang menilaimu rendah. Jadi, mulailah untuk mencintai dirimu dan terus tingkatkan rasa percaya dirimu. Langkah ini sangatlah penting untuk menunjang pengembangan dirimu.

pengembangan diri EKRUT
Menjaga kesehatan tubuh dapat membantumu dalam melakukan pengembangan diri - EKRUT

7. Jadikan olahraga sebagai rutinitas

Agar terus dapat meningkatkan pengembangan dirimu, kamu juga perlu memiliki tubuh yang sehat. Itulah mengapa melakukan olahraga rutin menjadi bagian dari tips pengembangan diri.

Selain membuat tubuhmu kuat beraktivitas, olahraga juga dapat melepaskan hormon endorfin yang dapat membuat kamu merasa lebih baik dan stres berkurang. Untuk terus meningkatkan kemampuanmu, kamu perlu sehat jiwa dan raga, bukan?

8. Berlapang dada menerima kegagalan

Kegagalan dalam hidup adalah hal biasa, kamu akan sering mengalami kegagalan dalam hidupmu. Namun, kamu perlu mengingat bahwa mengalami kegagalan itu tidak apa-apa dan kamu perlu berlapang dada menerimanya.

Ketika kamu berusaha keluar dari zona nyaman dan mencoba hal baru, wajar jika kamu mengalami beberapa kegagalan. Bahkan meskipun tujuan yang kamu targetkan sudah ditulis dengan jelas, hal tersebut tidak menjamin kamu harus berhasil dan dapat terhindar dari kegagalan.

Ingatlah untuk tidak menganggap kegagalan sebagai sesuatu yang buruk. Justru kegagalan akan menjadi hal yang buruk jika kamu tidak bisa memetik pelajaran yang ada di dalamnya.

Jadi, jangan takut gagal, ya. Selalu usahakan yang terbaik dalam tujuanmu, dan jika belum berhasil, cobalah belajar dari kegagalan tersebut.

Melakukan aktivitas dan kebiasaan yang dapat membantu pengembangan diri merupakan hal yang penting. Terlebih lagi jika kamu ingin menjadi sosok yang lebih baik, dan mencapai kesuksesan.

Jadi, yuk segera terapkan tips pengembangan diri di atas! Kesuksesan dimulai dari dirimu sendiri.

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags:

  • karier
  • tips
  • kemampuan diri
  • kinerja
  • produktivitas
  • tips sukses
  • pengembangan diri
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang