Published on

Careers

10 Tips pengembangan diri dapat menunjang karier kamu

Tsalis Annisa

pengembangan_diri.jpg

Semakin bertambahnya usia dan dunia semakin berkembang, penting bagimu untuk terus mengembangkan diri untuk mencapai kesuksesan. Agar kamu tidak kehilangan arah, kamu perlu tahu tips pengembangan diri.

Pengembangan diri merupakan istilah yang memiliki arti berupa tindakan untuk mengembangkan atau meningkatkan kemampuan diri. Hal ini dapat mencakup pengembangan dalam hal penetapan tujuan, manajemen waktu, kemampuan organisasi, kepemimpinan, dan kemampuan lainnya di dalam diri.

Ketika kamu konsisten dalam melakukan proses mengembangkan diri, maka akan ada beberapa keuntungan yang kamu rasakan termasuk meningkatnya kemampuan.  Yuk, intip beberapa tips pengembangan diri di bawah ini!

4 Alasan pengembangan diri dapat menunjang karier

4 Alasan pengembangan diri dapat menunjang karier
Sekarang sudah waktunya bagi kamu untuk mulai memprioritaskan pengembangan diri yang akan dicapai sesegera mungkin (sumber: Shutterstock)

Dunia karier yang akhir-akhir ini menganut budaya hustle culture mewajibkan setiap individu untuk selalu menambah serta meningkatkan kemampuan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Selain sebagai sarana untuk naik jabatan, pengembangan diri seperti ini juga ternyata bermanfaat bagi kamu sebagai individu. Pertama, kemampuan diri yang bertambah akan memperkaya curriculum vitae kamu, Kedua, kemampuan diri yang ditingkatkan dapat memperbaiki kualitas hidup kamu di pekerjaan serta dalam kehidupan sehari-hari. Berikut manfaat-manfaat tersebut:

Baca juga: 7 Situs unduh template CV terbaik 2021 dan contohnya

1. Terlepas dari zona nyaman 

Zona nyaman memang bisa menjebak kita untuk larut dalam siklus kehidupan yang repetitif. Bangun pagi, sarapan, bekerja, pulang larut kemudian tidur, begitupun hari berikutnya serta hari-hari setelahnya. Pengembangan diri akan memaksa kamu untuk memutus rantai kebiasaan yang itu-itu saja dan pada akhirnya kamu akan tumbuh menjadi individu yang mempunyai daya saing lebih tinggi.

Baca juga: Berani keluar dari comfort zone demi karier?

2. Lebih percaya diri

Lebih percaya diri
Lebih percaya diri dalam menjalani kegiatan sehari-hari (Sumber: Shutterstock)

Peningkatan dan penambahan skill yang telah kamu raih akan berdampak positif pada kegiatan sehari-hari. Contohnya dapat dilihat saat presentasi hal-hal yang semakin dikuasai. Tidak ada lagi kata takut dicecar karena kurangnya pemahaman akan hal yang hendak disampaikan. Pada akhirnya kamu juga bisa offer kenaikan gaji dengan skill-skill baru peengembangan diri tersebut.

Baca juga: 7 cara berani untuk meminta kenaikan gaji

3. Tahu skala prioritas

Selamat tinggal lembur sampai tengah malam! Semakin bertambahnya pengalaman dan kemampuan kamu. Semakin mudah juga mengatur waktu untuk mengerjakan semua pekerjaan. Beban pekerjaan dapat lebih mudah diklasifikasi sesuai urgensi serta waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya. 

Baca juga: Pentingnya skala prioritas untuk meningkatkan produktivitas kerja

4. Work-life wellbeing  

Work-life wellbeing
Suasana tempat bekerja yang nyaman juga menambah value work-life wellbeing. (Sumber: Unsplash)

Manfaat terakhir yang bisa didapatkan dari pengembangan diri adalah semakin tersedianya waktu untuk mengaktualisasikan diri. Karier memang perlu dikejar namun bukan berarti kita harus meninggalkan semuanya untuk karier. Skala prioritas yang telah kamu aplikasikan akan membuka ruang untuk melakukan hal-hal yang disukai. Travelling, main golf, sekedar nongkrong di coffee shop bahkan memulai hobi baru akan lebih meningkatkan value kamu sebagai individu.

10 Tips pengembangan diri untuk menunjang karier

10 Tips pengembangan diri untuk menunjang karier
Sesuaikan pengembangan diri dengan bidang yang ditekuni (Sumber: Shutterstock)

Setelah mengetahui manfaat dari pengembangan diri. Sekarang sudah waktunya bagi kamu untuk mulai memprioritaskan pengembangan diri yang akan dicapai segera mungkin. Ada banyak hal yang bisa dipelajari atau ditambah, tentu disesuaikan dengan bidang yang ditekuni dan disukai.

1. Atasi rasa takut

Ketakutan merupakan penghambat keberhasilan. Hal pertama yang perlu kamu bangun adalah keberanian. Pengembangan diri yang pertama dapat dimulai dengan lebih aktif berbicara terutama untuk hal-hal yang krusial. Ketakutan kamu untuk berbicara di depan umum atau ketakutan untuk  menunjukan kemampuan saat presentasi di depan atasan dan klien akan menghambat perkembangan karirmu. Ada berbagai cara mulai dari menonton video di Youtube, sampai ikut kelas public speaking online maupun offline

2. Cobalah membaca buku setiap harinya

tips pengembangan diri - EKRUT 
Membaca buku setiap hari dapat membantumu dalam melakukan pengembangan diri - EKRUT

Buku merupakan sumber segala kebijaksanaan dan ilmu terkumpul. Oleh karena itu, tentu tidak ada salahnya untuk memperbanyak buku yang kamu baca, bukan? Dengan semakin banyak buku yang kamu baca, maka akan semakin banyak ilmu yang bisa kamu dapatkan. Baik untuk karier maupun kehidupan pribadimu. Jika kamu terbiasa untuk membaca buku setiap harinya, kamu berarti terbiasa memberikan otak asupan lebih banyak pengetahuan baru setiap harinya. Semakin banyak pengetahuan dan informasi yang kamu miliki akan membuat pikiranmu semakin berkembang juga setiap harinya.

Baca juga: 9 Rekomendasi buku self improvement yang menarik

3. Ketahui dan hentikan kebiasaan burukmu

pengembangan diri EKRUT
Sebaiknya hentikan kebiasaan buruk seperti bangun kesiangan - EKRUT

Kebiasaan buruk sehari-hari jika dibiarkan begitu saja dapat berdampak buruk di kemudian hari. Oleh karena itu, penting bagimu untuk menyadari apa saja kebiasaan burukmu, dan menghentikannya. Kelak, jika kamu konsisten untuk berubah menjadi lebih positif, beragam keuntungan pasti akan datang kepada kamu. Misalnya saja di hari kerja kamu terbiasa untuk bangun siang, dan berangkat dengan kondisi lusuh. Cobalah untuk merubah waktu tidurmu, dan agar kamu dapat bangun lebih awal dan memiliki waktu untuk dirimu, dan bersiap-siap ke kantor.

Dengan begitu, kamu akan lebih segar saat tiba di kantor, dan dapat menjadi lebih semangat serta produktif di kantor. Tidak hanya dapat memberikan keuntungan seperti di atas, perubahan kebiasaan juga dapat mengubah kepribadianmu. Jadi, usahalah untuk mencari tahu kebiasaan burukmu dan segera hentikan. Usaha ini dapat membantumu menemukan kepribadian yang berkembang sesegera mungkin.

4. Buat tujuan yang jelas dan tuliskan hal tersebut

tips pengembangan diri - EKRUT
 Menuliskan tujuan karier dan hidupmu dapat membantumu lebih fokus untuk pengembangan diri - EKRUT

Menuliskan apa saja tujuan karier serta hidupmu di atas kertas merupakan usaha sederhana yang dapat membantumu untuk fokus pada tujuan tersebut. Kebiasaan menuliskan tujuan yang ingin kamu capai ini bersifat wajib jika kamu ingin berhasil mencapainya. Bahkan, ternyata menuliskan tujuan atau impian dapat membantumu untuk menghidupkan harapan agar hal tersebut terwujud. Cara satu ini juga dapat membantumu mengembangkan keterampilan dan kepribadian dengan cara yang luar biasa.

5. Cobalah mulai pelajari dan melakukan hal baru

pengembangan diri EKRUT
 
Untuk pengembangan diri, kamu bisa mencoba sesuatu yang baru - EKRUT

Banyak sekali hal baru yang bisa kamu lakukan dan akan menghasilkan pengembangan diri yang baik. Misalnya, kamu dapat mencoba belajar bahasa baru yang belum kamu kuasai. Kamu dapat belajar secara otodidak ataupun dengan bantuan mengikuti kursus. Saat belajar bahasa baru, kamu tidak hanya mempelajari bahasanya tapi juga budayanya. Hal ini dapat membantu pikiranmu lebih terbuka dan menghargai perbedaan.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mulai menekuni hal baru sebagai hobi untuk semakin mengembangkan diri. Mempelajari dan menekuni hal baru akan membantumu semakin berkembang entah secara fisik, mental, atau emosi. Jadi, jangan takut mencoba mempelajari dan melakukan hal baru, ya!

6. Keluarlah dari zona nyaman

tips pengembangan diri - EKRUT 
Guna mengembangkan dirimu menjadi lebih baik, cobalah untuk mulai keluar dari zona nyaman - EKRUT

Perkembangan sejatinya akan terjadi ketika kamu berusaha keras untuk melakukan suatu perubahan. Itu artinya, merasa terlalu nyaman dengan kondisi dan tidak berupaya melakukan sesuatu tidak akan bisa membantumu untuk berkembang. Kenyamanan ini hanya akan membuatmu terlena dan hidupmu menjadi stagnan. Jadi, mulai sekarang cobalah tantang dirimu sendiri untuk keluar dari zona nyaman dan lakukan hal yang berbeda. Dengan mendorong dirmu melakukan hal baru.

Baca juga: Ini 8 alasan pentingnya kamu keluar dari zona nyaman

7. Mulailah belajar mencintai dirimu sendiri

pengembangan diri EKRUT 
Lawanlah penilaian buruk terhadap dirimu dengan lebih mencintai diri sendiri - EKRUT

Penilaian buruk seseorang terhadap dirimu mungkin membuat kamu merasa lelah dan menyalahkan diri sendiri. Nah, jika itu yang terjadi padamu, cobalah untuk mulai melawan padangan itu dan mulailah menerima serta mencintai dirimu. Ingatlah bahwa tidak ada manusia yang sempurna, begitu juga mereka yang menilaimu rendah. Jadi, mulailah untuk mencintai dirimu dan terus tingkatkan rasa percaya dirimu. Langkah ini sangatlah penting untuk menunjang pengembangan dirimu.

8. Jadikan olahraga sebagai rutinitas

pengembangan diri EKRUT 
Menjaga kesehatan tubuh dapat membantumu dalam melakukan pengembangan diri - EKRUT

Agar terus dapat meningkatkan pengembangan dirimu, kamu juga perlu memiliki tubuh yang sehat. Itulah mengapa melakukan olahraga rutin menjadi bagian dari tips pengembangan diri. Selain membuat tubuhmu kuat beraktivitas, olahraga juga dapat melepaskan hormon endorfin yang dapat membuat kamu merasa lebih baik dan stres berkurang. Untuk terus meningkatkan kemampuanmu, kamu perlu sehat jiwa dan raga, bukan?

9. Memiliki mentor 

pengembangan diri EKRUT
 
Seorang mentor akan membimbing kamu dalam mempelajari sesuatu yang baru - EKRUT

Dalam beberapa hal ada orang yang sukses karena mereka memiliki mentor dalam kehidupannya. Lantaran hal inilah alasan kenapa kamu juga memerlukan seorang mentor. Dengan memiliki mentor kamu akan menyadari faktor-faktor apa yang selama ini menjadi penghambat dalam pengembangan diri atau berubah ke arah yang lebih baik. Di sisi lain kamu juga dapat belajar banyak hal dari seorang mentor yang kamu miliki, sebab mereka akan membimbing kamu dalam mempelajari sesuatu.  

10. Berlapang dada menerima kegagalan

pengembangan diri EKRUT 
Saat kamu gagal, kamu perlu berlapang dada menerimanya - EKRUT

Kegagalan dalam hidup adalah hal biasa, kamu akan sering mengalami kegagalan dalam hidupmu. Namun, kamu perlu mengingat bahwa mengalami kegagalan itu tidak apa-apa dan kamu perlu berlapang dada menerimanya. Ketika kamu berusaha keluar dari zona nyaman dan mencoba hal baru, wajar jika kamu mengalami beberapa kegagalan. Bahkan meskipun tujuan yang kamu targetkan sudah ditulis dengan jelas, hal tersebut tidak menjamin kamu harus berhasil dan dapat terhindar dari kegagalan.

Ingatlah untuk tidak menganggap kegagalan sebagai sesuatu yang buruk. Justru kegagalan akan menjadi hal yang buruk jika kamu tidak bisa memetik pelajaran yang ada di dalamnya. Jadi, jangan takut gagal, ya. Selalu usahakan yang terbaik dalam tujuanmu, dan jika belum berhasil, cobalah belajar dari kegagalan tersebut.

Baca juga: 7 Tips untuk bantu kamu bangkit dari kegagalan

Melakukan aktivitas dan kebiasaan yang dapat membantu pengembangan diri merupakan hal yang penting. Terlebih lagi jika kamu ingin menjadi sosok yang lebih baik, dan mencapai kesuksesan. Jadi, yuk segera terapkan tips pengembangan diri di atas! Kesuksesan dimulai dari dirimu sendiri.

pengembangan diri EKRUT 
Last update: 17 Juni 2021

Sumber:

Tags

Share