Published on

Careers

Ingin bekerja sesuai passion? Pertimbangkan hal ini

Maria Tri Handayani

kerja-sesuai-passion---EKRUT.jpg

Bekerja sesuai passion adalah salah satu hal yang diidam-idamkan banyak orang karena dinilai dapat membuat seseorang menjadi puas dan lebih semangat dalam menjalani setiap proses di dalamnya. Namun, benarkah demikian? 

Setiap pilihan, baik untuk bekerja sesuai passion maupun tidak, memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Agar kamu lebih dapat memahaminya coba perhatikan penjelasan dan pro kontra mengenai kerja sesuai passion di bawah ini. 

Pro kerja sesuai passion

kerja sesuai passion - EKRUT
Kerja sesuai passion dianggap dapat mempengaruhi kepuasan dan kebahagiaan bekerja - EKRUT

Sebagian orang menganggap bekerja sesuai passion adalah hal yang penting dalam perjalanan karier. Beberapa alasan yang kerap jadi pertimbangan, misalnya: 

1. Kamu akan merasa lebih bahagia dengan pekerjaan

Tidak ada orang yang ingin menjalani rutinitas pekerjaan dengan rasa hampa setiap harinya bukan?

Itu sebabnya banyak yang menganggap bekerja sesuai passion penting karena mengerjakan hal yang kamu senangi akan membuatmu lebih menikmati dan bersemangat dalam menjalani pekerjaannya. 

2. Lebih kreatif 

Kamu akan cenderung lebih bisa menghasilkan ide-ide kreatif ketika kamu menyukai apa yang kamu lakukan. Ini jelas berbeda ketika kamu mengerjakan sesuatu dengan rasa terpaksa.

Pasalnya, mengerjakan sesuatu dengan rasa terpaksa justru membuatmu merasa lebih cepat lelah dan bosan. Hal ini tentu akan mempengaruhi cara berpikir kreatif dalam bekerja. 

3. Selalu punya alasan untuk maju 

Wajar bila kamu merasakan pasang surut dalam perjalanan karier. Namun, hal ini tidak akan menjadi masalah bila kamu kerja sesuai passionSebab,  passion yang kamu miliki dalam pekerjaan bisa menjadi salah satu alasan yang mendorong kamu untuk bangun dan terus maju meski menemukan berbagai  tantangan di dalamnya. 

Karena kamu bekerja sesuai passion, kamu pun akan semangat untuk terus belajar dan meningkatkan keterampilan di bidang itu. Kamu tidak akan berhenti hanya karena puas dengan hasil yang sudah dimiliki. Kamu justru selalu bersemangat untuk menguasai setiap aspek pekerjaan dan ini akan membantu pengembangan diri dan karier di masa depan. 

4. Kesehatan lebih terjaga 

Ketika uang adalah fokus utama dalam bekerja, tidak jarang kamu justru akan sering sakit kepala dan merasa tertekan. Tidak menutup kemungkinan kamu jadi semakin merasa tidak bahagia dengan pekerjaan yang kamu lakukan.

 Hal ini tentu tidak baik bagi kesehatan fisik dan mental kamu dalam jangka panjang. Hasilnya akan berbeda ketika kamu bahagia dan menikmati pekerjaan yang kamu lakukan karena sesuai dengan passion yang kamu miliki. 

Baca juga: Ini pentingnya kesehatan mental karyawan bagi perusahaan

Kontra kerja sesuai passion 

kerja sesuai passion - EKRUT
Fokus ingin kerja sesuai passion dianggap dapat menutup peluang dan potensi diri lainnya yang ada - EKRUT

Meski banyak orang kerap memberi nasihat untuk bekerja sesuai passion, beberapa lainnya menganggap bahwa kerja sesuai passion tidak selalu jadi jawaban terbaik terutama dalam perkembangan karier. 

Beberapa alasan mengapa sebagian orang tidak setuju dengan konsep kerja sesuai passion adalah: 

1. Membatasi  peluang dan potensi diri

Terlalu fokus pada keinginan bekerja sesuai passion cenderung membatasi potensi dan munculnya peluang lain. Pasalnya kamu hanya fokus pada satu hal yang kamu anggap passion.

Padahal, bisa jadi di luar zona nyaman itu kamu dapat mencoba banyak hal yang selama ini mungkin terpendam atau tidak pernah kamu pikirkan sebelumnya. 
Hal ini tentu dapat membatasi dan mempengaruhi kesuksesan seseorang. 

2. Apa yang kamu sukai belum tentu sesuai dengan keahlian diri

Faktanya memiliki passion tidak selalu berarti memiliki skill yang mumpuni. Bisa jadi passion seseorang berbeda dengan keahlian yang dimiliki.Itu sebabnya menurut sebagian orang, kerja sesuai passion tidak selalu menjamin kesuksesan. 

3. Passion dapat berubah seiring waktu

Beberapa beranggapan bahwa passion adalah sesuatu yang dapat tumbuh dan berubah seiring waktu. 

Itu sebabnya kerja sesuai passion dianggap tidak selalu harus jadi tujuan utama dalam karier. Sebab tidak mungkin kamu harus selalu berganti pekerjaan mengikuti passion yang berubah, bukan? 

4. Bekerja sesuai passion bisa membuatmu membenci hal yang kamu sukai 

Meski di satu sisi bekerja sesuai passion terdengar menyenangkan, namun banyak orang tidak jarang kehilangan motivasi ketika mereka menemukan kegagalan dan tidak mampu bangkit. 

Hal ini akan membuat kamu berisiko kehilangan alasan untuk menyukai hal yang sedang kamu lakukan, termasuk pekerjaan. 

Baca juga: Catat, ini 10 tanda kamu benci pekerjaanmu!

Bekerja sesuai passion bisa membantumu merasakan kebahagiaan dalam pekerjaan, namun di sisi lain hanya fokus mencapai tujuan bekerja sesuai passion bisa menghambatmu menemukan potensi diri di luar zona nyaman. Jadi, dengan pro kontra yang ada, apa yang harus kamu lakukan? 

Pilihan kembali kepada pribadi masing-masing. Namun, perlu diperhatikan bahwa untuk mencapai kepuasan dalam bekerja, kamu tidak selalu harus melakukan hal yang kamu sukai. Kamu juga bisa belajar untuk menyukai pekerjaan apa pun yang kamu geluti.

Dengan begitu tidak hanya merasakan kepuasan, secara tidak langsung kamu pun dapat menemukan dan mengembangkan passion lainnya seiring menjalankan pekerjaan yang ada. 

kerja sesuai passion - EKRUT

Sumber: 

Tags

Share