Media

Kata-kata motivasi kerja saja tidak cukup, terapkanlah cara ini
By Tsalis Annisa - 17 January 2019
3 min read 138204 Views
Membaca kata-kata motivasi kerja saja tidak cukup, lakukanlah beberapa cara yang tepat - EKRUT
Membaca kata-kata motivasi kerja saja tidak cukup, lakukanlah beberapa cara yang tepat - EKRUT

Motivasi merupakan keinginan seseorang untuk melakukan sesuatu untuk memberikan hasil terbaik. Jika keinginan dan semangatmu dalam memberikan hasil kerja yang terbaik semakin menurun, segeralah cari cara meningkatkannya. Selain membaca kata-kata motivasi kerja atau meletakkannya di meja kerjamu, beberapa cara di bawah ini bisa kamu lakukan.

1. Tingkatkan motivasi kerja dengan beristirahat

Menurunnya motivasi juga dapat disebabkan oleh rasa lelah yang berlebih, atau pun kejenuhan. Oleh karena itu, istirahat dapat menjadi langkah pertama yang kamu lakukan untuk mengembalikan semangatmu untuk bekerja.

Kamu bisa melakukannya dengan beristirahat sebentar setiap 2 atau 3 jam bekerja. Bahkan akan lebih baik jika kamu mengambil cuti, dan berlibur. Dengan begini, kamu akan kembali bersemangat dan rileks.

2. Susun goals yang mudah untuk kamu capai

Motivasi yang menurun juga dapat disebabkan oleh goals yang terkadang nampak terlalu sulit untuk dicapai. Nah, untuk mengembalikan motivasimu, cobalah untuk menyusun goals keciil untuk mencapai tujuan utama.

Dengan begini, kamu juga akan lebih menghargai setiap langkah kecil yang kamu ambil dalam mencapai tujuan utama. Dan dengan menghargai setiap langkahnya, kamu juga akan menjadi lebih semangat untuk mencapai tujuan akhir.

3. Beri hadiah untuk dirimu sendiri

Hadiah atau penghargaan tidak perlu harus menunggu orang lain yang memberikan. Cobalah untuk mulai dengan menghadiahi dirimu sendiri. Meski nampak tak biasa, pada sebagian orang, hal ini ampuh dalam mengembalikan motivasi kerja.

Misalnya, setiap hari gajian kamu bisa memberikan hadiah untuk dirimu dengan membeli barang yang sangat kamu inginkan. Tak hanya barang, kamu juga bisa menghadiahi dirimu dengan makan malam di restoran, melakukan pijat refleksi, pergi ke salon, atau dengan berlibur.

4. Sayangi dirimu dengan tetap sehat

Kurang berolahraga, dan tidur kurang dari delapan jam dapat menjadi pemicu motivasi yang menurun. Pasalnya dengan waktu tidur yang kurang, kamu akan mudah merasa lelah, hal ini juga dapat memengaruhi hormone di dalam tubuhmu, dan tidak menutup kemungkinan kamu akan mudah merasa stres dan mengalami demotivasi.

Sedangkan dengan melakukan olahraga yang teratur, kamu dapat memicu hormon endorfin yang akan membuatmu merasa lebih baik, stres menurun, dan tentunya kamu akan menjadi lebih sehat.

kopi dan motivasi kerja - EKRUT
Minum kopi di pagi hari dapat membantumu meningkatkan semangat - EKRUT

5. Mulai harimu dengan secangkir kopi

Studi menunjukkan bahwa memulai hari dengan secangkir kopi dapat membantu seseorang dalam meningkatkan konsentrasi saat kerja, dan meningkatkan daya ingat. Dengan begini, secara tidak langsung kinerja kerjamu juga dapat meningkat, begitupun dengan semangatmu bekerja. 

6. Ingat kembali tujuanmu bekerja

Bekerja terus menurus, dan begitu fokus dengan target terkadang dapat membuatmu lupa pada tujuan awal kamu bekerja. Jadi, cobalah untuk kembali mengingat tujuanmu bekerja. Apakah untuk menabung, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, atau untuk terus mengembangkan kariermu dan menjabat di posisi tertentu.

Mengingat kembali hal ini akan membantu kamu dalam meningkatkan motivasi kerja. Kamu tentu tidak mau penilaian kerjamu menjadi buruk, dan posisimu terancam, kan? Nah, cara ini bisa kamu lakukan bersama-sama dengan membaca beberapa kata-kata motivasi kerja yang bisa turut membantu

Kembalikan motivasi kerjamu dengan bekerja di tempat baru

7. Beristirahatlah di akhir pekan

Pekerjaan yang menumpuk mungkin menghambat kamu untuk beristirahat di akhir pekan. Tapi, tahukah kamu? Terus bekerja, bahkan hingga akhir pekan dapat memicu menurunnya motivasi kerja. Terlebih jika hal ini rutin kamu lakukan dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, mulailah untuk menikmati akhir pekanmu sepenuhnya. Hal ini akan memungkinkan kamu untuk lebih bersemangat dan siap untuk bekerja di hari senin.

Baca juga: Ini yang dilakukan orang sukses setelah jam kerja

8. Merasa pekerjaanmu terlalu banyak? Komunikasikanlah dengan atasanmu

Pekerjaan yang terlalu banyak terkadang bisa membuat seseorang mengalami demotivasi kerja, atau bahkan stres. Jadi, cobalah untuk lebih berani dalam mengomunikasikan hal ini kepada atasanmu. Terkadang atasan kurang mengerti dengan proses kerjamu sehari-hari, dan berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk mengerjakan pekerjaanmu jika kamu tidak mengomunikasikannya.

9. Jenjang karier yang tidak jelas

Selain delapan hal di atas, motivasi yang menurun juga dapat disebabkan oleh jenjang karier yang nampak tidak jelas di perusahaan tempatmu bekerja.

Jika hal ini yang menjadi penyebab kamu mengalami demotivasi, mungkin sudah saatnya kamu mendapatkan tawaran kerja yang lebih baik dengan mendaftarkan dirimu ke situs talent marketplace. Dengan pengalaman yang kamu miliki, bukan tidak mungkin bagimu untuk melangkah ke jengang karir selanjutnya.

Mengatasi demotivasi tidaklah cukup hanya dengan membaca kata-kata motivasi kerja, dan menempelkannya di meja kerjamu. Untuk mengembalikan semangatmu, yuk mulai untuk melakukan beberapa langkah di atas.

Rekomendasi bacaan:

Sumber:

Tags: produktivitas, kinerja, motivasi kerja

Share Group 1 Group 3 Group 4
Bergabung dengan EKRUT

Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
Daftar Sekarang