Published on

Technology

Ingin Bisa Ketik Lebih Cepat? Berikut Tips dan Panduan yang Perlu untuk Kamu Kuasai!

Anissa Trisdianty

H1.jpg

Sebenarnya, tidak ada teknik khusus agar bisa mengetik cepat. Kemampuan ketik cepat biasanya dipengaruhi oleh seringnya seseorang berlatih dan jam terbang. Caranya tidak rumit, tetapi kamu perlu menerapkan posisi tubuh dan mengetahui jari pada tombol keyboard. Pelajari cara lengkapnya di artikel ini, yuk!

Baca juga: Cara mengetik 10 jari dengan cepat agar kerja semakin lancar dan efisien

Tips mengetik lebih cepat


Berlatih menjadi kunci utama ketik cepat. (sumber: pexels)

Bagi kamu yang ingin meningkatkan skill mengetik agar pekerjaan lebih cepat diselesaikan, tips berikut ini bisa kamu coba di rumah.

  • Perhatikan posisi ketika mengetik. Postur yang benar saat mengetik adalah duduk tegap dan kedua kaki menjejak lantai serta dibuka selebar bahu. Ketinggian pergelangan tangan harus sama dengan keyboard, sehingga jemari bisa bergerak di atas tombol keyboard dengan mudah.
  • Hafalkan letak tombol pada keyboard. Hal ini membantu perhatianmu agar tidak terpecah antara melihat ke keyboard atau terus memandang ke monitor.
  • Jaga pandangan pada teks yang diketik. Belajarlah memercayai jemari kamu untuk menekan tombol yang tepat (fungsi menghafalkan letak huruf).
  • Perhatikan layar. Terutama ketika kamu menuliskan ucapan lisan, fungsinya untuk menemukan salah ketik.
  • Gunakan software khusus. Kamu juga bisa memakai software seperti AutoHotkey atau Mywe untuk membantu mengetik lebih cepat.
  • Teruslah berlatih. Dibutuhkan jam terbang yang cukup untuk menjadi pengetik yang cepat.

Baca juga: 2 Cara membuat tabel di Microsoft Word dengan cepat dan mudah 2022

Teknik touch typing


Selain kecepatan, teknik ketik cepat juga menitikberatkan pada akurasi. (sumber: pexels)

Touch typing sering dikenal dengan sebutan mengetik 10 jari. Teknik ini biasa dikuasai oleh sekretaris atau orang yang berkutat di bidang input data. Berikut penjelasan mengenai teknik touch typing ini.

1. Ukur kecepatan mengetik

Untuk memulai teknik ini, pertama-tama ukurlah kecepatan kemampuan mengetik kamu. Kecepatan mengetik ini biasa diukur dalam WPM (words per minute) alias kata per menit. Untuk mengetahuinya, kamu bisa menjalani tes di mesin pencari internet dengan mengetik “tes ukur WPM”.

Dengan mengetahui kecepatan mengetik ini, kamu bisa mengukur kemajuan kecepatan mengetik selama waktu berlatih. Jangan lupa bahwa WPM paling baik diukur dalam periode waktu tertentu. Jika waktu pengukurannya berubah, hasil WPM-nya akan turut berganti, sehingga kamu perlu konsisten dalam memilih waktu tes untuk bisa mengukur kemajuan dengan efisien.

2. Mulai perlahan

Meningkatkan kecepatan mengetik bertumpu pada mengembangkan keterampilan secara bertahap. Kalau kamu belum pernah belajar touch-typed sebelumnya, kamu perlu mendalami langkah ini sedikit lebih lama. Usahakan untuk membatasi gerakan jari hanya untuk meraih tombol yang perlu ditekan. Setelah mengetahui ukuran kecepatan mengetik, kamu bisa memulai dengan fase rendah, perlahan tapi pasti, tingkatkan kecepatan seiring dengan waktu, dan semakin hafal dengan letak huruf.

3. Usahakan untuk tidak melihat kedua tangan

Melatih jemari dan insting kamu dengan tidak melihat keyboard komputer saat mengetik, sehingga jemari dipaksa mempelajari posisi tombol-tombol dengan repetisi fisik. Kalau kamu belum mampu, coba halangi pandangan dari keyboard dengan membentangkan kain ringan, misalnya handuk kecil di atas tangan. Pada awalnya, kamu akan mengetik lebih lambat dari biasanya, namun jika kamu terus mencoba, lama-lama kamu akan terbiasa, dan kecepatan mengetik kamu akan jauh meningkat.

Baca juga: Panduan cara membuat daftar isi secara otomatis dan manual di Microsoft Word

Website tes mengetik cepat


Ada banyak situs yang bisa membantu kita untuk melatih kemampuan mengetik. (sumber: pexels)

Saat ini, tidaklah sulit untuk meningkatkan kemampuan mengetik. Sebab, ada beberapa website yang bisa membantu kamu dalam mempertajam skill mengetik cepat. Berikut ulasannya.

1. Keybr

Keybr menawarkan pelatihan mengetik yang lebih sederhana. Situs ini paling recommended bagi pemula yang ingin cepat meningkatkan kemampuan mengetik. Ada 7 jenis bahasa yang bisa dipilih, sayangnya bahasa Indonesia tidak tersedia. Bagi kamu yang mau coba-coba, kamu bisa langsung berlatih di situs ini tanpa harus daftar akun. Namun, jika ingin mendapatkan informasi skor dan lain-lain, kamu harus mendaftar terlebih dahulu.

2. TypingWeb’s Free Tutor

Pada situs ini, kamu dapat melatih skill mengetik secara bertahap. Pertama-tama, buat akun dulu, kemudian ikuti pelatihan mengetik yang ditawarkan oleh TypingWeb’s Free Tutor.

Ada beberapa tingkatan yang nantinya akan kamu lewati seperti: Beginner Course, Intermediate Course, Advanced Course, Specialty Lessons, dan Premium Lessons. Tiap tingkatan memiliki kadar kesulitan yang berbeda, tentunya semakin tinggi akan semakin sulit. Situs ini juga memberikan sertifikat yang bisa dicetak sebagai achievement.

3. Typeracer

Dibandingkan dengan dua situs sebelumnya, Typeracer adalah situs yang paling seru karena kamu akan dikondisikan seperti berada dalam sirkuit balap. Kamu akan berada dalam arena balapan mengetik dengan pengunjung lain di situs yang sama secara live, hampir seperti game balap. Nantinya, kamu dapat melihat skor dan hasil balapan secara lengkap.

Nah, itu dia penjelasan mengenai ketik cepat dan tips untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Di era serba cepat dan instan saat ini, tidak ada salahnya untuk mempersenjatai diri kita dengan skill berharga ini. Selamat mencoba, ya!

Selain dari artikel EKRUT Media, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Jika kamu ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, yuk, sign up di EKRUT sekarang juga karena banyak peluang kerja dari perusahaan dan startup ternama menantimu!

Sumber:

  •  wikihow
  •  dailysocial

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    pexels-steve-johnson-13078553.jpg

    Technology

    Animasi: Pengertian, Manfaat, Jenis, dan Contohnya

    Tio Derma

    21 September 2022
    8 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu Twibbonize? Berikut Fungsi dan Panduan Membuatnya 2022

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read
    H1.PNG

    Technology

    Apa Itu NoSQL? Berikut Jenis, Bedanya dengan SQL, dan 5 Kelebihannya!

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    5 min read

    Video