Published on

Careers

Cara mengetik 10 jari dengan cepat agar kerja semakin lancar dan efisien

Sherentina Rhany K

H1.jpg

Dalam bekerja sering kali kita memiliki banyak tugas yang harus segera diselesaikan, dengan begitu otomatis kita perlu cepat dalam menyelesaikan pekerjaan. Salah satu usaha yang dapat membantu agar pekerjaan cepat selesai yaitu dengan cara mengetik 10 jari. Kira–kira apa saja ya keuntungan serta tips cara mengetik 10 jari? Simak ulasan di bawah ini, yuk!

Keuntungan mengetik 10 jari


Dengan menerapkan cara mengetik 10 jari, kamu dapat meningkatkan performa kerja di kantor. (Sumber: Pexels)

Dilansir dari Typing Academy, menggunakan metode atau cara mengetik 10 jari memiliki beberapa keuntungan yang dapat meningkatkan performa kerja kamu di komputer.

1. Kecepatan

Dengan menggunakan metode atau cara mengetik 10 jari secara tidak sadar kamu dapat meningkatkan kecepatan mengetik secara signifikan, dengan kata lain kamu akan menghemat waktu yang berharga.

2. Efisiensi

Karena kamu tidak perlu fokus menekan tombol tunggal lagi, sehingga dapat berkonsentrasi pada teks yang sedang ditulis. Kamu tidak perlu bolak–balik lagi, otak menjadi lega dan dapat bekerja lebih efisien.

3. Ergonomi

Jika mata selalu tertuju pada keyboard dapat menimbulkan postur yang tidak sehat di tempat kerja. Dengan menggunakan metode atau cara mengetik 10 jari, kamu tidak perlu melihat sekilas keyboard setiap saat. Ini mampu membantu kamu untuk duduk tegak dan dalam posisi yang baik.

Baca juga: 5 Tips kerja dari rumah agar lebih efektif

6 Tips dan cara mengetik 10 jari


Agar efektif, terdapat tips cara mengetik 10 jari yang dapat kamu ikuti. (Sumber: Pexels)

Agar proses belajar cara mengetik 10 jari kamu dapat berjalan secara efektif dan efisien, kamu perlu mengetahui tips yang dapat memudahkan kamu. Berikut ini merupakan tips yang dapat kamu aplikasikan agar mendapat hasil kerja yang maksimal.

Baca juga: Tingkatkan kinerja dengan 7 cara bekerja efektif dan efisien

1. Tempatkan posisi jari tangan dengan benar


Penempatan posisi jari yang benar merupakan poin utama dalam tata cara mengetik 10 jari. (Sumber: Pexels)

Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah menempatkan posisi jari tangan dengan benar di atas keyboard. Dengan posisi jari yang benar, dapat meminimalisir gerak tangan serta mempermudah ketika mengetik sehingga dapat mengetik lebih cepat.

Menurut Suara, berikut ini merupakan posisi 10 jari yang benar.

Posisi tangan kiri Posisi tangan kanan
  • Jempol: tombol Space dan Alt
  • Jari telunjuk: huruf R, F, T, V, G, B, Y, dan Angka 4, 5, 6
  • Jari tengah: huruf E, D, C, dan Angka 3
  • Jari manis: huruf W, S, X, dan Angka 2
  • Jari kelingking: huruf A, Q, Z, Angka 1, tombol Shift, Tab, dan CapsLock
  • Jempol: tombol Space dan Alt
  • Jari telunjuk: huruf Y, U, H, J, B, N, M, dan Angka 6, 7
  • Jari tengah: huruf I, K, tanda koma, dan Angka 8
  • Jari manis: huruf L, O, tanda titik, dan angka 9
  • Jari kelingking: huruf P, tanda titik koma, dan tanda miring

2. Mulai gunakan 10 jarimu

Step selanjutnya yaitu mulai sering mengetik dengan 10 jari. Hal ini dilakukan juga untuk menguji akurasi jari–jari pada keyboard ketika mengetik.

Untuk menguji kemampuanmu, kamu dapat berlatih dengan mengetik kalimat rumit beberapa kali dengan penggunaan huruf kapital di tempat yang berbeda. Sebagai contoh kamu dapat mengetik kalimat “The Quick Browns Fox Jum Over The Lazy Dog” lalu diubah menjadi “tHE qUICK bROWNS fOX jUM oVER tHE lAZY dOG”.

Baca juga: 7 Tips manajemen waktu yang efektif untuk mencapai kesuksesanmu

3. Belajar mengetik tanpa melihat


Kerap melihat keyboard ketika mengetik ternyata bisa memperlambat kerja. (Sumber: Pexels)

Untuk memperlancar skill agar dapat mengetik lebih cepat dengan metode atau cara mengetik 10 jari, kamu dapat belajar mengetik tanpa melihat keyboard. Belajar mengetik tanpa melihat keyboard dapat sekaligus membantu kamu untuk mengingat letak setiap tombol huruf, angka, maupun simbol–simbol.

Dalam proses belajar tentunya tidak langsung berjalan mulus, maka diperlukan latihan secara terus menerus hingga jari–jari tangan dapat terbiasa pada posisinya.

4. Kuasai keyboard shortcuts


Adanya shortcuts sangat membantu untuk dapat mengetik dengan cepat. (Sumber: Pexels)

Menguasai shortcuts yang ada pada keyboard dapat mempersingkat waktu dan mempermudah kamu dalam mengetik 10 jari. 

Di antara banyaknya shortcuts yang ada, sebagai pemula kamu cukup menghafal shortcuts dasar yang sering digunakan, seperti:

  • Ctrl + C (Salin/Copy)
  • Ctrl + V (Tempel/Paste)
  • Ctrl + X (Memotong/Cut)
  • Ctrl + S (Simpan/Save)
  • Ctrl + Z (Undo)
  • Ctrl + A (Menandai seluruh kalimat atau konten)

5. Sering berlatih mengetik 10 jari

Setelah mengetahui teori cara mengetik 10 jari, kamu perlu berlatih secara rutin agar kemampuanmu semakin berkembang. Dengan begitu, hal ini dapat mempercepat proses belajar cara mengetik 10 jari.

Sebaliknya, jika kamu enggan untuk mempraktikkan secara rutin, maka kemampuan untuk mengetik 10 jari dengan lancar akan semakin lama kamu kuasai.

Baca juga: 8 Tips pengembangan karir untuk kesuksesan di masa depan

6. Berlatih dengan games


Games membutuhkan kecepatan sehingga tanpa disadari bermain games dapat membantu untuk belajar cara mengetik 10 jari. (Sumber: Pexels)

Untuk menguasai teknik cara mengetik 10 jari, kamu dapat memanfaatkan games seperti Air Typer. Games tersebut dapat membantu kamu agar cepat menguasai keyboard melalui permainannya, dimana kamu harus mengetik secara cepat kata yang ada pada tiap pesawat musuh untung menang melawan musuh.

Selain itu, masih terdapat beberapa games lain yang bisa kamu mainkan demi menunjang kemampuan kamu dalam mengetik dengan 10 jari, seperti Typer Shark Deluxe, Z–Type, dsb.

Rekomendasi web untuk berlatih mengetik 10 jari


Seiring berkembangnya teknologi, terdapat banyak website yang mempermudah proses belajar cara mengetik 10 jari. (Sumber: Pexels)

Jika kamu membutuhkan pendukung untuk berlatih cara mengetik 10 jari, kamu dapat belajar online melalui situs website yang menyediakan tata cara atau tutorial mengenai cara mengetik 10 jari yang benar dan efektif. Website tersebut di antaranya:

  • Rapid Typing
  • Ultrakey
  • Typesy
  • Typing Instructor Platinum
  • GS Typing Tutor
  • KeyBlaze
  • 10 Fast Fingers
  • Typing Master 10

Baca juga: 6 Tips bekerja cerdas agar pekerjaan lebih efisien

Sekian ulasan mengenai cara mengetik 10 jari untuk meningkatkan performa kerja agar lebih cepat. Semoga dengan ulasan di atas dapat membantu kamu meningkatkan kemampuanmu sehingga dapat mempermudah pekerjaan yang kamu lakukan.

Apabila kamu sedang mencari pekerjaan, kamu bisa memulai kariermu dengan mendaftarkan diri di EKRUT. EKRUT menyediakan berbagai kesempatan kerja yang dapat kamu sesuaikan dengan bidang yang kamu kuasai.

Dapatkan juga berbagai tips & insight menarik untuk pengembangan karier kamu melalui YouTube EKRUTtv, salah satunya “Cara mengembangkan potensi diri demi kesuksesan karier” di bawah ini.

Sumber:

  • typing.academy
  • suara.com
  • pricebook.co.id

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_grross_adalah.jpg

    Careers

    Bedanya Gross, Nett, dan Gross Up yang Wajib Karyawan Ketahui

    Alvina Vivian

    04 July 2022
    5 min read
    h1_proaktif.jpg

    Careers

    Proaktif Adalah: Definisi, Manfaat, Ciri, hingga Contohnya

    Tio Derma

    04 July 2022
    6 min read
    0-kata-kata-motivasi.jpg

    Lainnya

    25+ Kata-kata Motivasi untuk Penyemangat Diri Sendiri!

    Arin Khurota

    01 July 2022
    7 min read

    Video