Published on

Technology

Apa Itu Koin Metaverse? Berikut Penjelasannya dan Rekomendasi Koin untuk Dibeli 2022

Anisa Sekarningrum

H1_1._Apa_Itu_Koin_Metaverse__Berikut_Penjelasannya_dan_Rekomendasi_Koin_untuk_Dibeli_2022.jpg

Baru baru ini istilah metaverse mulai banyak dibicarakan setelah Facebook mengumumkan bahwa mereka mengganti nama perusahaan menjadi Meta Platforms Inc. untuk menyambut ide-ide futuristik seperti metaverse. Apa itu metaverseMetaverse adalah sebuah istilah untuk dunia virtual 3D yang dihuni oleh manusia dalam bentuk avatar. Sederhananya, metaverse adalah internet dalam bentuk 3D. Hebohnya metaverse ini juga melahirkan mata uang baru, yaitu koin metaverse. Simak penjelasan mengenai koin metaverse berikut ini.

Apa itu koin metaverse?


Koin metaverse adalah unit mata uang yang digunakan untuk bertransaksi di dalam metaverse - Pexels

Metaverse adalah realitas hibrida yang menyatukan dunia fisik dan dunia virtual. Sedangkan koin metaverse adalah unit mata uang yang digunakan untuk melakukan transaksi di dalam metaverseMetaverse nantinya akan menjadi platform virtual bersama yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi terlepas dari tempat dan waktu, contohnya seperti pertemuan virtual, konser online, hingga perjalanan virtual.

Nantinya, kegiatan-kegiatan tersebut dapat diperjual-belikan dengan koin metaverse sebagai mata uang digital. Ada sejumlah token yang dijanjikan akan meningkat nilainya sehingga banyak orang mulai berinvestasi pada koin metaverse. Beberapa bursa koin metaverse seperti WarziX, Coinbase, dan Binance. Munculnya metaverse ini memang telah mengarahkan seluruh tren pasar cryptocurrency pada tahun 2022 ke arah yang baru.

Baca juga: Apa Itu Blockchain, Teknologi di Balik Bitcoin dan Crypto

Apakah koin metaverse akan menjadi aset berharga di masa depan?


Bloomberg memperkirakan ukuran pasar Metaverse akan tumbuh lebih dari $800 miliar pada tahun 2024 - Pexels

Proyek metaverse ini di masa depan akan sangat penting untuk keberhasilan investasi dan ekonomi digital. Saat ini, lahan virtual seperti game play-to-earn dilihat sebagai potensi untuk berinvestasi dalam proyek metaverse. Jika metaverse berhasil, maka ekonomi digital yang menjanjikan seperti koin metaverse akan membuahkan hasil. Sudah semakin banyak industri yang merangkul metaverse untuk meningkatkan bisnis mereka. Bloomberg memperkirakan ukuran pasar metaverse akan tumbuh lebih dari $800 miliar pada tahun 2024.

Baca juga: Blockchain bisa cegah penipuan dalam gaming

10 Koin metaverse terbaik sebagai investasi di tahun 2022


Beberapa contoh koin metaverse adalah AXS, APE, SAND, dan HIGH - Pexels

Berikut adalah 10 rekomendasi koin metaverse terbaik yang dapat kamu investasikan di tahun 2022 ini:

1. AXS

Koin metaverse yang pertama bernama Axie yang memiliki model game play-to-earn. Permainannya bernama Axie Infinity, yaitu gim hewan peliharaan NFT (Non-Fungible Token) yang menggemaskan. Untuk mendapatkan token AXS, kamu perlu melakukan penjualan, pembelian, dan perdagangan monster yang dapat dikoleksi. Permainan ini menjadi semakin populer di tahun 2021 dengan pengguna harian yang meningkat hampir 5000%. Saat ini, token AXS bernilai 21,14 USD. Selain digunakan untuk bermain game, token AXS dapat dikonversi ke ETH dan digunakan untuk membeli NFT di Axie Marketplace.

2. ApeCoin (APE)

Koin APE dikenal juga sebagai token ERC-20 yang berada di blockchain Ethereum. Sebagai token tata kelola dan utilitas, pemegang dapat berpartisipasi dalam mengatur ekosistem APE dan memberi mereka askes ke permainan dan produk serta layanan lain yang hanya tersedia untuk pemegang koin metaverse APE. Saat baru saja diluncurkan, sekitar 30% pasokan APE koin diharapkan beredar hingga maksimum 1 miliar koin. Koin metaverse APE berhasil memiliki kapitalisasi pasar sebesar $ 2,435 miliar. APE kini bernilai 7,85 USD.

3. Highstreet (HIGH)

Highstreet adalah proyek metaverse yang didukung realitas virtual yang memiliki potensi dalam aplikasi metaverse. Kamu dapat berbelanja barang-barang menggunakan koin metaverse HIGH. Beberapa toko di e-commerce Shopify sudah terintegrasi ke dalam platform ini dan permainan serta NFT. Proyek ini telah didukung oleh perusahaan teknologi HTC yang pada Agustus 2021 lalu telah mengumpulkan $5 juta. Kapitalisasi pasarnya pada Mei 2022 telah lebih dari $24,68 juta. Kini koin metaverse HIGH saat ini bernilai 2,11 USD.

4. Sandbox (SAND)

The Sandbox adalah sebuah dunia virtual di mana pemain dapat membangun, memiliki, dan memonetisasi pengalaman mereka bermain game di blockchain Ethereum menggunakan koin metaverse bernama SAND. Pemain akan mendapatkan token SAND jika berhasil menyelesaikan aktivitas di dunia ini. Token SAND dapat digunakan dalam metaverse ini untuk membeli objek virtual dan bekerja pada model play-to-earn.

Pemain juga dapat membuat aset digital dalam bentuk NFT dan mengunggahnya ke pasar untuk diintegrasi ke dalam game menggunakan Game Maker. Saat ini, 1 SAND setara dengan 1,28 USD. SAND secara konsisten meningkat selama tahun 2021 dan akhirnya melewati batas $1 pada kuartal terakhir 2021. Faktor lain yang membuat koin metaverse ini menjanjikan adalah SAND memiliki persediaan koin terbatas sebanyak 3 miliar token yang sudah digunakan 1,23 miliar.

5. THETA

Theta Network adalah sebuah jaringan yang dibuat untuk tujuan streaming video yang terdesentralisasi sehingga pengguna dapat berbagi bandwidth dan sumber daya peer-to-peer tanpa pihak ketiga. Jaringan ini didukung oleh koin metaverse THETA yang digunakan untuk memberi daya dan mengatur ekosistem dengan tujuan untuk memecahkan masalah platform streaming video terpusat dengan penawaran layanan yang lebih efisien, hemat biaya, dan adil bagi para peserta. Token THETA setara dengan 1,27 USD.

6. Somnium Space (CUBE)

Somnium Space menyediakan avatar 3D yang unik untuk para penggunanya. Tersedia juga banyak koleksi NFT. Setiap sudut dari metaverse ini dapat diakses oleh siapa saja melalui platform WebXR Somnium. Berbeda dengan proyek metaverse lain yang menggunakan rantai Ethereum, Somnium Space telah menggunakan Polygon. Untuk dapat melakukan transfer aset dalam platform ini, pemain membutuhkan token CUBE. Kini, koin metaverse CUBE bernilai 2,02 USD.

7. Decentraland (MANA)

Decentraland mungkin menjadi salah satu proyek metaverse crypto yang cukup populer dan banyak diberitakan karena popularitas NFT yang juga menghasilkan keuntungan signifikan untuk token MANA yang digunakan pada platform ini. Sebenarnya, fitur utama di platform ini adalah kemampuan untuk membeli tanah virtual dan membuat permainan virtual dan aset digital lainnya. Beberapa perusahaan besar mulai mengincar proyek metaverse ini.

Decentraland dibuat pada tahun 2017, membuatnya menjadi salah satu proyek yang membutuhkan waktu yang lama untuk mendapatkan pengakuan. Kapitalisasi pasar MANA telah mencapai $2,28 miliar. Kini, koin metaverse MANA setara dengan 1,12 USD.

8. Enjin (ENJ)

Enjin merupakan salah satu koin metaverse yang digunakan dalam permainan. Koin metaverse ENJ dapat digunakan untuk membeli aset di dalam permainan, seperti obat-obatan, dan peningkatan fitur karakter. Enjin juga menjadi salah satu yang didasarkan pada blockchain Ethereum.

Koin metaverse ENJ kapitalisasi pasar lebih dari $648 juta. ENJ naik sekitar 4077% sejak pertama kali diperkenalkan pada 2017. Enjin baru-baru ini juga meluncurkan parachain NFT pertamanya di Polkadot yang menyediakan lebih dari 100 game dan aplikasi. Koin metaverse ENJ bernilai 0,68 USD.

9. Star Atlas (ATLAS)

Star Atlas menjadi proyek metaverse berdasarkan permainan yang menawarkan grafis yang menakjubkan yang mampu menunjukkan masa depan pada tahun 2620. Di sini, pemain dapat menaklukkan tanah dan mengumpulkan sumber daya dalam gaya yang futuristik.

Permainan ini menggunakan koin metaverse ATLAS yang dapat diperoleh dengan memainkan permainan tersebut. Permainan ini didasarkan pada Solana, yang memberikan keuntungan dari biaya transaksi yang rendah dibandingkan proyek berbasis Ethereum. Kapitalisasi pasarnya lebih dari $20 juta dan koin metaverse ini telah diperdagangkan seharga $0,009347. Nilai koin metaverse ATLAS adalah 0,017 USD.

10. Terra Virtua Kolect (TVK)

Terra Virtua Kolect adalah proyek yang dimulai pada tahun 2017. Untuk melakukan jual beli NFT di platform ini, kamu perlu menggunakan koin metaverse TVK. Proyek ini mengandalkan NFT dengan potensi yang sangat besar karena lonjakan investasi NFT. Kapitalisasi pasar TVK saat ini mencapai lebih dari $28,87 juta sedangkan kinerja YTD adalah -80%. Koin metaverse ini bernilai 0,042 USD.

Baca juga: Kenali 3 tipe trader ini di pasar cryptocurrency

Itu tadi informasi mengenai rekomendasi koin metaverse untuk membantu kamu dalam berinvestasi. Untuk kamu yang saat ini masih belum memiliki pekerjaan, coba daftarkan diri kamu untuk menjadi talent di EKRUT. Semua proses dan bantuan profesional di talent marketplace EKRUT gratis. Kamu – sebagai talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang di EKRUT!

Sumber:

  • finextra.com
  • zipmex.com
  • gobankingrates.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    0-rdp-adalah.jpg

    Technology

    Mengenal RDP: Pengertian, Cara Kerja, Fungsi, dan Panduan Menghubungkannya

    Arin Khurota

    01 July 2022
    6 min read
    H1_Stack.jpg

    Technology

    Stack: Definisi, Kelebihan, Kekurangan, Jenis Operasi, dan Implementasi

    Algonz D.B. Raharja

    01 July 2022
    6 min read
    H1_1._Impression_Definisi__Jenis_dan_8_Tips_Untuk_Meningkatkan_Impression.jpg

    Technology

    Impression: Definisi, Jenis, dan 8 Tips untuk Meningkatkan Impression

    Anisa Sekarningrum

    30 June 2022
    5 min read

    Video