Technology

Kotlin: Bahasa Pemrograman untuk Aplikasi Android

Published on
Min read
5 min read
time-icon
Algonz D.B. Raharja

A passionate ecological researcher and writer who loved to learn about SEO and content writing for marketing purposes

H1_Kotlin.jpg

Bagi kamu yang memiliki passion dan keahlian di bidang pengembangan aplikasi atau software development, istilah Kotlin bisa jadi sudah akrab di telingamu. Kotlin adalah salah satu bahasa pemrograman yang bersifat open source dan umum digunakan. Namun, apa itu Kotlin dan bagaimana fungsi, fitur, serta kelebihan dan kekurangannya? Nah, simak penjelasannya berikut ini.

Baca juga: 12 Bahasa Pemrograman yang Paling Relevan untuk Dipelajari

Apa itu Kotlin?


Kotlin merupakan bahasa pemrograman dengan cara pengetikan statis (Sumber: code.tutsplus.com)

Kotlin merupakan bahasa pemrograman general-purpose yang diproses dengan pengetikan statis lewat inferensi tipe. Secara teknis, Kotlin umum digunakan untuk mengembangkan aplikasi Android.

Sebagai bahasa pemrograman, Kotlin bersifat pragmatis, gratis, dan terbuka (open source). Kotlin dirancang untuk Java Virtual Machine (JVM) dan Android dengan menggabungkan fitur pemrograman berorientasi objek dan fungsi. Kotlin secara umum difokuskan pada keamanan dan dapat dioperasikan secara multi-platform.

Kotlin merupakan produk Google yang dikembangkan oleh JetBrains. Sintaks pengoperasian Kotlin umumnya tidak kompatibel dengan Java, namun Kotlin dapat dioperasikan dengan kode Java. Dengan begitu, kode yang ditulis dalam Kotlin berfungsi sebaik aslinya di Java.

Baca juga: Hal yang Perlu Diketahui Developer dan Programmer

Fungsi Kotlin


Kotlin berfungsi untuk pengembangan aplikasi multi-platform dan memudahkan evaluasi kode (Sumber: Pexels)

Secara umum, Kotlin berfungsi untuk mengembangkan aplikasi untuk Android secara lancar dan efektif. Tidak hanya itu, Kotlin juga merupakan bahasa pemrograman multi-platform yang dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi di berbagai sistem operasi, baik iOS maupun berbasis situs jejaring (web).

Secara fungsi, Kotlin memudahkan software developer dalam mengembangkan aplikasi karena tidak perlu membuat kode dengan bahasa pemrograman berbeda-beda. Hal ini tentunya dapat mempersingkat waktu pengembangan dan juga evaluasi aplikasi yang telah dirilis atau akan dievaluasi.

Baca juga: Ikuti Tips Ini dan Dapatkan Posisi Software Developer

Fitur pada Kotlin


Salah satu fitur utama Kotlin adalah mudah dipelajari dan lebih ringkas daripada Java (Sumber: Pexels)

Kotlin memiliki beberapa fitur utama yang secara umum lebih ringkas daripada Java. Hal ini terutama ditemukan dalam proses penulisan baris kode yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan penulisan kode menggunakan Java.

Selain itu, Kotlin juga memiliki kemampuan interoperabilitas, yaitu dapat digunakan meski dalam sebuah pengembangan proyek berbasis Java. Beberapa fitur lanjutan Kotlin yang umum adalah sebagai berikut:

  • Operator overloading, berguna untuk mendeklarasikan kata kunci khusus operator dan dapat digunakan sewaktu-waktu sesuai function yang ditulis
  • Lambda expression, merupakan anonymous function dan dapat digunakan sebagai argument function
  • String templates, merupakan string literal berisi ekspresi yang sudah disematkan

Di samping itu, Kotlin juga mudah dipelajari atau digunakan. Hal ini terutama bagi mereka yang memiliki latar belakang pemrograman menggunakan Java, maka mempelajari Kotlin akan lebih mudah. Hal khusus lain yang menjadi fitur Kotlin adalah dapat memudahkan proses koreksi pengetikan kode karena penulisannya dilakukan secara statis. Fitur ini akan memudahkan pengembang untuk dapat menemukan kesalahan pada saat kompilasi.

Baca juga: Java: Definisi, Komponen, 4 Fitur, Keunggulan dan Kekurangannya

Kelebihan dan kekurangan Kotlin


Kotlin cenderung belum umum digunakan oleh para programmer namun lebih ringkas dipelajari (Sumber: Pexels)

Untuk dapat melihat dan mempertimbangkan penggunaan Kotlin sebagai bahasa pemrograman favoritmu, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan Kotlin yang bisa kamu jadikan perhatian.

Kelebihan Kotlin Kekurangan Kotlin
Meningkatkan efisiensi tim karena ringkas dan sintaksnya intuitif Perlu waktu untuk mengubah preferensi bahasa pemrograman dari Java ke Kotlin karena mirip tetapi tetap tidak sama
Selaras dan relevan dengan kode Java sehingga dapat digunakan bersamaan dengan bahasa pemrograman Java Kotlin lebih cepat daripada Java saat melakukan incremental build namun tetap kalah di fase clean build
Dukungan Android Studio, Integrated Development Studio (IDE), dan Software Development Kit (SDK) memudahkan pemeliharaan dan produktivitas pengembang Pakar atau ahli Kotlin masih sedikit sehingga membutuhkan waktu untuk proses adopsi pemrograman berbasis Kotlin
Dapat mendeteksi bug saat kompilasi sehingga pengembang dapat melakukan revisi atau pembenahan secara tanggap Memerlukan biaya tambahan untuk pelatihan tim pengembang dalam mempelajari Kotlin

Baca juga: Kenali Plus Minus Bahasa Pemrograman Java di Sini

Nah, itulah tadi beberapa terkait Kotlin yang bisa kamu ketahui. Secara umum, Kotlin merupakan bahasa pemrograman seperti Java namun tergolong masih baru dan belum umum digunakan. Hal ini tentu membuat Kotlin menjadi lebih menarik untuk dipelajari dan dikuasai agar kamu menjadi salah satu pengguna Kotlin. Potensi bagi programmer berbasis Kotlin cukup besar, sehingga tidak ada alasan untuk tidak mempelajari Kotlin sekarang juga.

Bagi kamu yang memiliki kemampuan programming dalam hal pengembangan aplikasi perangkat lunak, Kotlin bisa menambah kemampuanmu. Dan jika kamu adalah programmer yang tengah mencari jalan untuk meniti karier, maka EKRUT bisa menjadi rekan profesional buat kamu.

Dengan mendaftar lewat EKRUT, kamu bisa mendapatkan segala informasi dan peluang karier dari berbagai perusahaan di Indonesia. Kamu bisa mendaftar lewat EKRUT secara mudah yaitu dengan cara siapkan CV terbaikmu lalu klik tautan di bawah ini untuk langsung mendaftar lewat EKRUT. Jemput kariermu bersama EKRUT, sekarang!

Sumber:

  • edureka.co
  • netguru.com
  • infoworld.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cache-dan-cookies-EKRUT.jpg

    Technology

    Fungsi cache dan cookies yang tak banyak diketahui!

    Maria Yuniar

    28 November 2022
    4 min read
    Google_Data_Studio_Fungsi__Fitur_Utama__Integrasi_Platform_dan_Cara_Menggunakannya.jpg

    Technology

    Google Data Studio: Fungsi, Fitur Utama, Integrasi Platform, dan Cara Menggunakannya

    Sartika Nuralifah

    28 November 2022
    8 min read
    Ssstiktok_Download_Video_TikTok_tanpa_Watermark_Secara_Online_2022.jpg

    Technology

    SSSTikTok Download Video TikTok Tanpa Watermark Online 2022

    Sylvia Rheny

    25 November 2022
    5 min read

    Video