Register

careers

Jawaban interview "ceritakan tentang diri Anda” yang tepat

Maria Tri Handayani

15 September 2020

Jawaban-untuk-ceritakan-tentang-diri-Anda-saat-interview-EKRUT.jpg

Saat menghadiri interview kerja, perekrut sering melontarkan kalimat “tell me about yourself” atau “ceritakan tentang diri Anda” kepada kandidat. 

Permintaan ini memang terlihat sederhana, namun bukan berarti bisa kamu sepelekan begitu saja. Sebab setiap jawaban akan menentukan peluangmu dalam mendapat pekerjaan. 

Agar jawabanmu tetap bisa memberi kesan baik di mata perekrut, perhatikan berbagai tips tentang cara menjawab permintaan “ceritakan tentang diri Anda” di bawah ini.

Siapkan jawaban sebelum interview kerja

jawaban ceritakan tentang diri anda - EKRUT
Pilihlah hal-hal penting apa saja yang ingin kamu tonjolkan dalam jawaban interview  - EKRUT

Karena pertanyaan untuk menceritakan tentang diri hampir selalu ada di setiap interview kerja, tak ada salahnya untuk menyiapkan apa yang hendak kamu sampaikan sebelum wawancara kerja berlangsung. 

Adapun langkah yang bisa kamu lakukan untuk menyusun jawaban wawancara “ceritakan tentang diri Anda” ini adalah dengan menggunakan beberapa pertanyaan berikut sebagai panduan: 

  1. Apa yang membuat kamu berminat pada bidang pekerjaan yang kamu geluti sekarang? 
  2. Sejauh apa pengetahuanmu terkait bidang tersebut dan apa yang kamu harapkan dari kesempatan bergabung dengan perusahaan yang kamu lamar? 
  3. Pengalaman apa saja yang menunjang keterampilan yang dibutuhkan pada pekerjaan yang kamu lamar?
  4. Kualitas diri apa yang membuatmu cocok mengemban tugas tersebut 
  5. Apa alasanmu tertarik pada perusahaan atau posisi yang kamu lamar?
  6. Kelebihan apa yang membuatmu lebih unggul dibanding kandidat lainnya 

Baca juga: Apa saja 10 pertanyaan umum dalam interview kerja?

Cara menjawab “ceritakan tentang diri Anda”

jawaban ceritakan tentang diri anda - EKRUT
Perhatikan struktur jawaban agar perekrut mudah memahami penjelasanmu - EKRUT

Jika kamu sudah tahu gambaran umum  jawabannya, sekarang perhatikan bagaimana cara kamu menyampaikan jawaban tersebut nantinya. Kamu bisa menggunakan formula jawaban sederhana dengan membaginya menjadi tiga bagian.

Pada bagian awal, fokuslah pada masa sekarang (present). Ceritakan tentang pekerjaanmu saat ini dan pencapaian yang kamu miliki. Bila kamu lulusan baru, mulailah dengan fakta bahwa kamu baru saja lulus dan jelaskan kenapa kamu memilih jurusan di universitas atau jalur karier tersebut.

Setelah itu, saatnya kamu memberi gambaran tentang masa lalu (past). Ceritakan bagaimana kamu bisa sampai di pekerjaan tersebut atau sebutkan pengalaman lain yang kamu miliki sebelumnya. 

Bila kamu memiliki pengalaman kerja yang cukup lama antara 8 hingga 20 tahun, ada baiknya tidak semua pengalaman kariermu diceritakan karena akan terlalu panjang. Kamu bisa mulai menceritakan pengalaman dari tengah perjalanan karier.

Jika kamu seorang manajer, kamu bisa menceritakan bagaimana pertama kali kamu menjadi seorang manajer. 

Pada bagian akhir jelaskan tentang hal-hal yang berkaitan dengan dirimu di masa depan (future). Sampaikan kenapa kamu tertarik terhadap posisi dan perusahaan yang kamu lamar dan apa harapanmu ke depan. 

EKRUT contest - EKRUT

Baca juga: Bagaimana menjawab pertanyaan, "Kenapa kamu berhenti dari kantor sebelumnya?"

Tentunya formula jawaban tadi tidak baku. Kamu bisa menyusun struktur jawaban sendiri yang kamu rasa paling sesuai. 

Jangan lupa perhatikan beberapa hal ini saat menyusun jawaban “ceritakan tentang diri Anda” sebelum wawancara kerja berlangsung.

Hindari memberi informasi personal. Fokuslah pada informasi yang menunjang dirimu sebagai seorang profesional. 

  • Jangan terlalu panjang. Tidak ada aturan pasti terkait panjang jawaban yang ideal saat menjawab pertanyaan ini. Meski demikian jagalah agar jawabanmu tidak terlalu lama. Umumnya durasi saat menyampaikan jawaban ini tidak lebih dari 2 menit.
  • Jika pengalaman kerjamu terlalu banyak, tidak perlu memulai cerita dari saat kamu lulus perguruan tinggi. 
  • Tetap otentik dan profesional. Jujurlah tanpa perlu menambahkan bumbu di jawabanmu hanya agar terlihat menarik di mata perekrut. Ini untuk menghindari agar kamu tidak ditempatkan pada peran yang tidak cocok untukmu. 

Contoh jawaban dari “Ceritakan tentang diri Anda” 

jawaban ceritakan tentang diri anda - EKRUT
Jawablah perekrut dengan tenang dan lancar - EKRUT

Berikut ini adalah contoh lain yang bisa kamu ambil untuk dapat memberikan jawaban yang baik.

"Saya telah bekerja selama 5 tahun di bidang content marketing. Pengalaman pertama dimulai pada saat saya semester akhir dan diterima bekerja di PT. ABC sebagai Content Writer

Saat ini saya bekerja sebagai Senior Content Editor di KlikMeter. Sebagai Senior Content Editor, saya bertanggung jawab atas pemilihan topik, penyuntingan artikel, jadwal tayang artikel, dan traffic website KlikMeter. 

Sebelumnya, saya bekerja selama sekitar satu tahun setengah sebagai Content Editor di ClockMeter. Saya bertanggung jawab untuk penyuntingan artikel dan pemilihan gambar yang tepat untuk artikel agar sesuai dengan guide line perusahaan.

Selama bekerja di KlikMeter, saya juga mengerjakan content untuk marketing campaign dan membantu mengorganisir beberapa acara marketing. 

Saya menyukai pekerjaan saya saat ini, tapi saya juga ingin terus mengembangkan karier saya. Saya percaya posisi ini cocok dengan kemampuan dan career goals saya."

Pada jawaban di atas, kamu bisa melihat bagaimana kandidat dapat memberikan kesan pertama yang baik. Ia dapat menonjolkan pengalaman kerja di perusahaan ternama, minat, dan pencapaian yang relevan dengan pekerjaannya.

Lewat caranya menjawab, kandidat tersebut juga secara tidak langsung menarik perhatian perekrut dengan menonjolkan kemampuan diri sebagai orang yang kreatif, inovatif dan pemecah masalah.

Baca juga: Bagaimana cara menceritakan riwayat pekerjaan dalam interview?

Sementara itu menurut penelitian, salah satu contoh lain dari versi jawaban yang ideal dalam  menceritakan tentang dirimu adalah sebagai berikut. 

"Saya lulus tahun lalu dari Universitas Makarma, saya mengambil jurusan  Ilmu Komunikasi dengan minat khusus Broadcast Journalism. 

Bidang ini sesuai dengan apa yang saya sukai sejak kecil: menulis, membuat cerita, dan membuat film. 

Hal pertama yang membuat saya semakin tertarik adalah ketika saya kuliah dan saya belajar untuk membuat artikel kesehatan. Saya merasa saya bisa berbagi pengetahuan, informasi, dan menggerakkan orang melalui tulisan. 

Saya tertarik dengan perusahaan Anda karena saya merasa di sini saya bisa memberikan informasi yang bermanfaat bagi banyak orang."

Jawaban ini dianggap ideal karena beberapa hal: 

  1. Kalimat pembuka singkat, namun berkesan.
  2. Mengandung kisah motivasi. Ada cerita tentang situasi yang pernah dihadapi beserta pilihan yang diambil sebagai respon dan bagaimana hasil dari pilihan tersebut berpengaruh pada diri. 
  3. Menjelaskan riwayat akademis dan pengalaman pendukung yang menunjang. 
  4. Penutup yang singkat yang menunjukkan bagaimana cerita dan latar belakang diri tadi membuat kandidat ini cocok memegang pekerjaan di perusahaan tersebut. 

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjawab permintaan “ceritakan tentang diri Anda”. Dengan persiapan yang matang tentu akan lebih mudah bagi kamu untuk meninggalkan kesan pertama yang baik pada perekrut melalui pertanyaan tersebut saat interview kerja. 

Jika kamu ingin terus membuka peluangmu mengembangkan diri di perusahaan lain, cobalah juga untuk mendaftarkan dirimu di situs talent marketplace seperti EKRUT. Pasalnya, EKRUT telah bekerja sama dengan beragam perusahaan yang sedang mencari profesional seperti kamu! 

Semoga berhasil! 

Tahun Baru Kantor Baru - EKRUT
Last update: 7 August 2020

Rekomendasi bacaan: 

Sumber: 

Tags

Share