Published on

Careers

10 Life skill yang wajib dimiliki di dunia kerja saat ini

Anissa Trisdianty

H1_(1).jpg

Istilah life skill mengacu pada keterampilan yang kamu butuhkan untuk memaksimalkan hidup. Keterampilan apa pun yang berguna dalam hidup kamu, dapat dianggap sebagai life skill. Secara umum, istilah life skill biasanya digunakan untuk keterampilan apapun yang diperlukan untuk menghadapi tantangan hidup dengan baik dan efektif.

Baca juga: Perbedaan hard skill dan soft skill disertai contohnya

Apa itu life skill dan hubungannya dengan dunia kerja?


Seseorang dengan life skill kuat dianggap memiliki kedewasaan dan profesionalisme tinggi (sumber: pexels)

Life skill merupakan kemampuan dan perilaku yang membantu kamu menghadapi peristiwa dan tantangan kehidupan sehari-hari secara efektif. Keterampilan ini memungkinkan kamu menangani segala hal mulai dari interaksi dengan orang lain hingga mengidentifikasi dan memproses emosi.

Orang dengan life skill yang kuat dianggap memiliki kedewasaan dan profesionalisme. Mereka yang memiliki kemampuan ini cenderung tidak reaktif dan mereka sadar akan lingkungan dan diri mereka sendiri. Keterampilan hidup sangat penting untuk posisi manajemen dan kepemimpinan.

Baca juga: 10 Tips pengembangan diri dapat menunjang karier kamu

10 Life skill yang harus dimiliki setiap orang


Beberapa Life skill penting dimiliki oleh seseorang untuk menghadapi tantangan hidup (sumber: pexels)

Berikut adalah beberapa keterampilan hidup paling penting yang sebaiknya dikuasai oleh semua orang:

1. Berpikir kritis


Mengasah pola pikir kritis dapat memunculkan ide-ide kreatif (sumber: pexels)

Menggambarkan kemampuan untuk berpikir dengan cara yang berbeda dan tidak biasa dalam menghadapi masalah, menemukan solusi baru, atau menghasilkan ide-ide baru, ditambah dengan kemampuan untuk menilai informasi dengan cermat, dan memahami relevansinya.

2. Empati


Seseorang dengan empati tinggi lebih disukai oleh lingkungan sosial (sumber: pexels)

Empati merupakan bagian dari kecerdasan emosional. Kemampuan ini menggambarkan pemahaman diri sendiri dan mampu memahami orang lain seolah-olah pengalaman mereka terjadi pada kamu.

3. Mengenal diri sendiri


Dengan mengenal diri sendiri, maka kita bisa mengenal potensi diri untuk dioptimalkan (sumber:pexels)

Perhatikan bahasa tubuh orang lain sebagai petunjuk bagaimana kamu dipersepsikan. Mintalah umpan balik tentang kinerja kamu untuk mengidentifikasi area yang bisa ditingkatkan. Menjadi lebih sadar diri dan tidak pernah berhenti mencari cara untuk mengembangkan kinerja kamu di tempat kerja.

4. Membuat keputusan


Kecakapan membuat keputusan dinilai krusial karena dibutuhkan dalam memecahkan masalah (sumber: pexels)

Membuat keputusan adalah life skill yang penting baik di dalam maupun di luar tempat kerja. Tingkat kepercayaan diri diperlukan untuk membuat keputusan yang tegas. Keterampilan pengambilan keputusan mencakup pemikiran kreatif, fokus, prioritas, dan manajemen waktu.

5. Berpikir kreatif


Terbiasa berpikir kreatif membuat kita terbiasa menyelesaikan masalah dari sudut pandang lain (sumber: pexels)

Pengusaha menginginkan pemikir kreatif karena itu menguntungkan bagi mereka. Memposisikan diri kamu sebagai pemikir kreatif dapat membuat kamu menjadi kandidat yang lebih menarik dalam perusahaan saat ini.

6. Problem solving


Terbiasa memecahkan masalah menjadikan kepribadian yang dapat diandalkan (sumber: pexels)

Keterampilan problem solving sangat dicari oleh perusahaan karena banyak perusahaan mengandalkan karyawan mereka untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah.

7. Relasi interpersonal


Kecakapan interpersonal yang baik sangat dibutuhkan di dalam kerja tim (sumber: pexels)

Kecakapan interpersonal, termasuk keterampilan komunikasi tentang bagaimana kita berfungsi sebagai bagian dari tim, dan keterampilan negosiasi kita. Ketika berkomunikasi dengan orang lain, berlatihlah mendengarkan secara aktif dan kemudian ulangi apa yang telah dikatakan orang tersebut kepada kamu sebelum menanggapinya. Hal ini bentuk menghargai lawan bicara.

8. Komunikasi yang efektif


Komunikasi efektif mencakup keterampilan berbicara, presentasi dan menulis (sumber: pexels)

Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif sangat penting dalam semua bidang kehidupan. Kamu harus dapat berkomunikasi tidak hanya secara verbal tetapi juga melalui tulisan dan bahkan bahasa tubuh. Keterampilan komunikasi dapat mencakup mendengarkan secara aktif, berbicara di depan umum, keterampilan presentasi, komunikasi verbal, dan komunikasi tertulis.

9. Mengelola emosi


Pengelolaan emosi yang baik bisa menghindari seseorang dari konflik (sumber: pexels)

Dengan menguasai kecakapan pengelolaan emosi dapat membantu kamu bereaksi secara konstruktif terhadap orang atau peristiwa. Mempelajari cara mengelola emosi dapat bermanfaat bagi karir kamu dengan membantu untuk membuat pilihan yang rasional dan mengembangkan hubungan dengan orang lain.

10. Mengatasi rasa stres


Stres yang dirasa bisa mengganggu kinerja seseorang (sumber: pexels)

Manajemen stres yang efektif membantumu memecahkan stres tertahan, sehingga bisa lebih bahagia, lebih sehat, dan lebih produktif. Tujuan utamanya adalah kehidupan yang seimbang, antara waktu untuk bekerja, hubungan, relaksasi, dan ketahanan untuk bertahan di bawah tekanan dan menghadapi tantangan secara langsung.

Baca juga: 9 Rekomendasi buku self improvement yang menarik

Ada begitu banyak life skill yang penting, tetapi tidak kalah penting juga untuk diingat bahwa kamu sudah mengembangkan keterampilan ini sejak lahir. Terus belajar dan tumbuh merupakan bagian yang berkelanjutan dari proses menemukan dan mengasah life skill tersebut.

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Selain itu, jika kamu ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru. Yuk, sign up di EKRUT sekarang juga karena banyak peluang kerja dari perusahaan dan startup ternama menantimu!

Sumber:

  • thebalancecareers.com
  • skillsyouneed.com
  • indeed.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cara-interview-kerja-yang-baik-EKRUT.jpg

    Careers

    12 Cara Interview Kerja yang Baik Agar Bisa Diterima

    Lita Lia

    06 July 2022
    6 min read
    cover.jpg

    Careers

    12 Contoh Etos Kerja yang Penting Bagi Perkembangan Karier

    Detty Risetya

    06 July 2022
    5 min read
    H1.jpg

    Careers

    5 Contoh Biografi Diri Sendiri untuk Peluang dan Perkembangan Karier

    Alvina Vivian

    06 July 2022
    6 min read

    Video