Published on

Lainnya

Macam-macam Hobi yang Membuatmu Semakin Percaya Diri dan Meningkatkan Self-Esteem

Arin Khurota

0-macam-macam-hobi.jpg

Ada macam-macam hobi yang bervariasi untuk mengembangkan potensi diri. Aktivitas di selain rutinitas yang dapat membuat kita merasa penuh dan santai setelah sekian jadwal harian yang melelahkan. Selain mendatangkankan ketenangan, mengasah hobi juga dapat memberikan beberapa manfaat penting dalam kehidupan, termasuk salah satunya bentuk menyayangi diri sendiri. Berikut informasi selengkapnya mengenai macam-macam hobi yang dapat meningkatkan self-esteem dan membangun rasa percaya diri.

Pentingnya memiliki hobi di tengah rutinitas


Hobi cukup penting sebagai bentuk aktualisasi ketenangan diri (sumber: pexels)

Memiliki hobi di tengah rutinitas cukup penting, terutama untuk mencoba sejenak menghilangkan kejenuhan akan rutinitas harian. Banyak dari kita merasa bahwa rutinitas harian sangat monoton, menguras energi, serta membosankan. Maka, hobi hadir sebagai bentuk "pelarian" yang membawa kita keluar untuk melakukan sesuatu yang kita sukai sekaligus menenangkan pikiran.

Hobi dapat menjadi pelarian mental, membantu mengasah keterampilan, serta memberikan kesempatan untuk bersosialisasi dengan orang-orang. Terlebih, jika kamu mengikuti komunitas hobi yang relevan, pandangan kamu akan dunia luar akan semakin melebar.

Hobi adalah kegiatan di mana kamu dapat merasa tenang dan santai terlepas dari kehidupan yang kamu jalani sehari-hari. Orang-orang yang penuh dengan kesibukan, bahkan stres, mungkin lebih membutuhkan suatu hobi dari rata-rata kebanyakan orang. Oleh karena itu, memiliki hobi cukup penting, terlepas seberapa sibuknya kamu.

Baca juga: Mengenal Apa itu Art Therapy Mulai dari Manfaat Hingga 6 Teknik yang Digunakan

Macam-macam hobi untuk meningkatkan percaya diri dan self-esteem


Menari dapat meningkatkan rasa percaya diri (sumber: pexels)

Banyak macam-macam hobi yang mendatangkan manfaat untuk diri kita, terutama dalam meningkatkan rasa percaya diri yang lebih besar. Hobi yang benar-benar sesuai dan terbaik untuk diri kamu akan menantangmu dengan cara baru dan membantumu belajar lebih baik untuk memahami diri sendiri. Macam-macam hobi tersebut juga dapat membantu kamu memperluas zona nyaman sedikit demi sedikit. Berikut adalah beberapa hobi yang dapat meningkatkan rasa percaya diri.

1. Menari

Kebanyakan orang cenderung merasa takut ketika harus tampil di depan orang lain, tak terkecuali untuk hobi menari. Saat kamu mulai mengasah hobi ini, maka mau tak mau, kamu harus bersedia tampil di depan umum. Dengan menari, kamu dapat melakukan banyak hal untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kehidupan sosial. Selain itu, kamu pun dapat sejenak melupakan kejenuhan saat kamu telah benar-benar "tenggelam" di dalamnya.

2. Skydiving


Terjun payung membutuhkan keberanian yang cukup besar (sumber: pexels)

Skydiving atau terjun payung merupakan jenis hobi yang cukup menantang dan membutuhkan cukup keberanian. Tidak banyak orang yang berani melakukan skydiving karena takut ketinggian. Namun, memang hobi yang satu ini merupakan macam-macam hobi yang umumnya membutuhkan biaya lebih mahal. Termasuk untuk mendapatkan lisensi Skydiving yang mana dapat memakan waktu mulai dari beberapa hari hingga beberapa bulan. Lamanya mendapatkan lisensi bergantung di mana kamu berlatih, waktu latih, serta anggaran yang kamu punya.

3. Stand up comedy

Macam-macam hobi yang dapat meningkatkan rasa percaya diri selanjutnya adalah stand up comedy. Bagaimana tidak? Untuk melakukan stand up comedy, kamu harus berdiri di depan orang banyak yang kadang bagi sebagian orang cukup menyulitkan.
Menyampaikan materi yang telah kamu konsep sendiri di depan orang asing pun membutuhkan keberanian, terlebih lagi harus menghadapi respons penonton. Bagaimanapun, saat kamu berhasil menguasai suasana panggung acara, maka kamu telah meningkatkan rasa percaya diri secara perlahan.

4. Traveling

Melakukan perjalanan dapat membantumu meningkatkan percaya diri dan self-esteem, terutama jika kamu melakukan solo traveling. Hobi ini akan membuatmu belajar banyak tentang dunia luar, mengenal banyak orang, serta membuka pandangan yang lebih luas akan banyak hal luar biasa. Hobi ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki sifat ingin tahu dan suka berpetualang. Solo traveling dapat memberikanmu lebih mengenal diri sendiri, menikmati kualitas "me time", kemampuan perencanaan yang lebih baik, serta meningkatkan kemampuan pengamatan.

5. Seni bela diri


Bela diri dapat memicu munculnya rasa percaya diri (sumber: pexels)

Bukan perkara asing jika macam-macam hobi yang dapat meningkatkan rasa percaya diri ada banyak, termasuk seni bela diri. Kemampuan dimana kamu dapat membalik, menendang, meninju, atau menginjak siapa saja tentu menjadi suatu pemicu munculnya rasa percaya diri.

Di saat bersamaan, kamu dapat merasa lebih bugar serta belajar bagaimana membela diri sendiri dalam menghadapi situasi kekerasan. Kamu juga dapat belajar untuk mengendalikan diri sendiri untuk tidak secara sembarangan memperlihatkan keahlian bela diri kamu, sehingga dapat menjadi seseorang yang lebih rendah hati.

Baca juga: 5 Prinsip Zen Untuk Menghindari Stres Saat Bekerja

6. Meditasi dan yoga

Macam-macam hobi yang dapat meningkatkan rasa percaya diri dan self-esteem selanjutnya adalah melakukan meditasi dan yoga. Melalui meditasi, pikiran kamu dapat lebih terarah, fokus, dan damai. Yoga dan meditasi dapat membantu meningkatkan kekuatan, konsentrasi, serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, secara signifikan dapat menurunkan risiko depresi, stres, kecemasan, yang menjadi alasan utama pikiran yang gelisah.

7. Bermain puzzle

Pada dasarnya, teka-teki adalah permainan asah otak yang telah diadopsi sebagai hobi oleh orang-orang di seluruh dunia. Kamu mungkin terkadang merasa kesal karena tidak dapat menemukan solusi untuk teka-teki yang kamu coba pecahkan. Esensi dan keindahan yang melekat pada hobi ini terletak pada bagaimana cara kamu menyelesaikan tantangan yang ada. Memecahkan teka-teki akan membuat otak bekerja terus-menerus sehingga membuat kamu mendorong atas kecerdasan yang kamu miliki.

8. Karya seni


Menekuni karya seni dapat memperdalam kreativitas (sumber: pexels)

Menggeluti hobi di bidang karya seni merupakan salah satu hobi dari macam-macam hobi yang paling santai. Hobi ini menempatkanmu dalam lingkungan nonkompetitif serta membuka jendela kreativitas yang lebih dalam. Dengan berlatih seni, kamu dapat memberikan beberapa sentuhan baru dalam hidup kamu, misalnya mengabadikan momen dengan lukisan. Atau membuat karya rajutan untuk seseorang yang kamu anggap istimewa dalam hidup juga dapat membantumu lebih merasa menyayangi diri sendiri.

9. Belajar bahasa baru

Mempelajari bahasa baru memiliki manfaat yang sangat banyak, sehingga hobi ini merupakan rekomendasi macam-macam hobi yang sangat menguntungkan. Dengan mempelajari bahasa baru, kamu dapat meningkatkan keterampilan komunikasi dalam berbagai bahasa hingga meningkatkan persepsi dan kecerdasan secara keseluruhan serta mencegah demensia.

Selain itu, pengetahuan tentang berbagai bahasa akan membantu memperluas dan mendiversifikasi pilihan karier secara signifikan ke depannya. Mempelajari bahasa baru sendiri mungkin menjadi tugas yang menakutkan. Itulah sebabnya banyak orang cenderung meninggalkannya di tengah jalan karena kurang konsisten.

Oleh karenanya, beberapa saran yang dapat kamu lakukan untuk lebih mendalami hobi ini adalah mengikuti kegiatan belajar bahasa yang lebih formal, seperti kelas bahasa. Di era digital seperti ini, telah banyak dibuka beberapa kelas bahasa yang diadakan secara online dan gratis.

10. Menulis apa yang kamu rasakan

Macam-macam hobi yang dapat meningkatkan rasa percaya diri dan self-esteem yang terakhir adalah menulis apa saja yang kamu rasakan. Dengan menulis, kamu dapat lebih melihat dengan jelas tujuan yang telah kamu capai, kejadian dalam hidup, serta pengalaman yang membuatmu lebih termotivasi.

Buatlah daftar hal-hal yang ingin kamu lakukan, termasuk hal besar maupun kecil. Rangkailah dalam bentuk yang membuatmu nyaman setiap kali membaca ulang catatan yang telah kamu buat sebelumnya. Dengan begitu, kamu pun dapat melakukan introspeksi diri yang lebih baik ke depannya.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Self Healing Serta Bedanya dengan Self Love, Self Care, dan Self Reward

Itulah macam-macam hobi yang dapat meningkatkan rasa percaya diri dan self-esteem yang dapat kamu lakukan di tengah rutinitas harian. Pertimbangkanlah hobi berdasarkan potensi diri yang kamu miliki sehingga apa yang kamu dapatkan bisa sesuai dengan effort yang kamu lakukan.

Bagi kamu yang memiliki mimpi untuk dapat berkarier di startup ternama, yuk, sign up EKRUT sekarang! Jangan khawatir, karena semua proses dan bantuan profesional di talent marketplace EKRUT bisa kamu dapatkan secara gratis. Selain artikel di EKRUT Media, kamu juga bisa mendapatkan informasi seputar pekerjaan, career insight, serta tips bermanfaat seputar dunia kerja melalui YouTube Official EKRUT.

Sumber:

  • online.kettering.edu
  • pickthebrain.com
  • everydaypower.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    0-kata-kata-motivasi.jpg

    Lainnya

    25+ Kata-kata Motivasi untuk Penyemangat Diri Sendiri!

    Arin Khurota

    01 July 2022
    7 min read
    H1_1._Pilihan_Pekerjaan_yang_Sesuai_untuk_Seorang_INTJ.jpg

    Careers

    10 Pilihan Pekerjaan yang Sesuai untuk Seorang INTJ

    Anisa Sekarningrum

    30 June 2022
    5 min read
    H1_infp_adalah.jpg

    Careers

    INFP Adalah: Karakteristik, Kelebihan dan Kekurangan, beserta Rekomendasi Pekerjaannya

    Alvina Vivian

    30 June 2022
    5 min read

    Video