Published on

Lainnya

5 Prinsip Zen Untuk Menghindari Stres Saat Bekerja

Nurina Ulfah

H1_zen.jpg

Zen disebut sebagai salah satu metode mengelola stres dan relaksasi yang ampuh dalam praktik meditasi. Ada banyak cara untuk mencapai zen dalam kehidupan sehari-hari untuk menghindari stres saat bekerja. Untuk itu, simak manfaat dan cara menerapkan zen di artikel berikut ini.

Baca juga: 4 Konsep ikigai dan cara menerapkannya di dunia kerja

Apa itu zen?


zen adalah metode untuk mengelola stres. (sumber: pexels)

Melansir Zen Studies, zen adalah gaya hidup simpel yang mengutamakan keharmonisan antara tubuh dengan pikiran. Lebih lanjut, zen adalah sebuah teknik meditasi yang terkait dengan psikologi dan filosofi Buddha. Zen merupakan sebuah praktik yang mendorong setiap orang untuk menerima seluruh masalah dalam hidup. Dengan kata lain, zen mendorong setiap orang untuk menerima dan menjalani hidup seperti apa adanya, dengan seluruh keindahan, kebahagian, dan kesedihan di dalamnya.

Hidup ini singkat, karena itu penting untuk membuat setiap hari berharga dan penuh syukur. Prinsip-prinsip zen akan membantu kamu menjalani hidup yang terbaik setiap hari, sehingga pikiran dan tubuh pun akan lebih sehat.

Baca juga: Mengenal “Kaizen” Filosofi ala Jepang untuk Memperbaiki Manajemen Perusahaan

Manfaat zen


zen dapat membuatmu lebih bahagia. (sumber: pexels)

Berikut ini manfaat zen untuk kehidupan yang lebih tenang dan bahagia.

1. Mengurangi rasa bersalah

Perasaan ini dibentuk dalam diri sejak kecil, tujuannya adalah untuk menjauhkan diri dari perilaku-perilaku yang dianggap tidak baik. Namun, terkadang perasaan bersalah tersebut terbentuk sangat kuat, sehingga terkadang hal ini membuatmu sering menyalahkan diri sendiri. Latihan meditasi dapat membantumu fokus dan menjalani hidup dengan sepenuh hati. Sebab, apapun kesalahanmu di masa lalu, itu adalah menjadi bagian diri di masa lalu. Sedangkan, kamu di masa kini bukanlah kamu di masa lalu.

2. Memberikan ketenangan

Latihan pernapasan tentu akan membuatmu menjadi rileks. Mungkin, pikiranmu diliputi oleh kecemasan akan rencana-rencana di masa depan, rasa lelah dari kegiatan yang terlalu padat, dan kekhawatiran tentang hal-hal yang sebenarnya tidak perlu. Akibatnya, pikiran pun menjadi ramai dan tak terkendali. Berpikir secara berlebihan dapat menyebabkan kamu menjadi stres.

Oleh karena itu, latihan pernapasan diperlukan agar mendapatkan ketenangan. Memang pikiran negatif itu akan tetap ada, namun dengan latihan pernapasan, kamu bisa mengendalikan pikiran-pikiran tersebut agar fokus dan berkonsentrasi penuh pada satu hal. Cobalah latihan pernapasan setiap kali pikiran kamu mulai tak terkendali.

3. Membantu menentukan prioritas

Manfaat dari zen adalah membantumu mengendalikan arah pikiran dan membuatmu fokus, sehingga kamu pun akan lebih jernih dalam membuat prioritas. Hal ini tersebut merupakan sebuah upaya untuk menghindari rasa gelisah dan khawatir ketika kamu tidak mencapai sesuatu. Membuat prioritas dapat membuatmu fokus untuk mencapai sesuatu setiap harinya.

4. Mengenal diri sendiri

Zen dapat membantumu untuk mengenal diri sendiri. Dengan zen, kamu dapat melihat ke dalam diri kamu, serta memaafkan kesalahan yang kamu perbuat di masa lalu. Selain itu, kamu juga akan melakukan pekerjaan dengan secara sadar, hal itu sebagai tanda betapa berharganya pekerjaan tersebut, kamu sadar akan kebebasan yang kamu miliki. Terkadang ketika kamu menjadi larut dalam pekerjaan yang kamu kerjakan, kamu terbawa dalam peran tersebut, sehingga melupakan diri kamu yang sebenarnya.

5. Terhindar dari stres

Zen akan membuat stres kamu menjadi berkurang. Memiliki sifat zen berarti menemukan kesadaran penuh pada momen yang sedang terjadi. Hal ini akan membantumu melepaskan stres, kegelisahan, frustasi, dan amarah.

Fokus dengan pemikiran dan tindakan positif akan membantumu rileks. Melepaskan apa yang tak dapat dikendalikan, memahami perasaan, dan memanfaatkan waktu untuk diri sendiri akan membantumu mencapai pikiran yang lebih positif, sehingga kamu akan terhindar dari stres yang membelenggu.

Baca juga: Mudah, ini 9 cara mempraktikan mindfulness di tempat kerja

Cara menerapkan zen saat bekerja


menerapkan zen saat bekerja dapat membuatmu lebih tenang. (sumber: pexels)

Berikut beberapa cara menerapkan zen saat bekerja agar terhindar dari stres.

1. Bersyukur

Bersyukur adalah hal yang utama untuk mencapai zen. Sebab, bersyukur adalah cara berterima kasih atas segala nikmat yang telah diberikan. Dengan selalu bersyukur, bisa membuatmu merasa lebih tenang dan bahagia, maka tubuh juga akan dialiri perasaan positif, sehingga membuat hidup lebih tenang dan tenteram.

2. Berpikir positif

Berpikir positif merupakan proses pikiran yang dapat melihat segala sesuatu apa adanya. Seseorang yang memiliki pola pikir bahwa perubahan adalah proses yang wajar dan alami dari segala sesuatu yang ada di alam semesta ini, maka tidak akan timbul kekecewaan dalam dirinya terhadap kondisi apapun yang dihadapi.

Dengan berpikir positif dalam menghadapi segala sesuatu, kamu akan selalu berbahagia pada kondisi apapun yang dialami. Berusahalah untuk selalu berpikir positif karena berpikir positif adalah cara terbaik untuk mengatasi berbagai macam kondisi yang hadir dalam kehidupan.

3. Meditasi

Memiliki rutinitas positif di pagi hari dapat membuat suasana menjadi lebih baik. Cobalah untuk meditasi sebelum kamu mulai bekerja. Ambil napas dalam-dalam dan yakinkan diri kamu bahwa hari ini akan menjadi hari yang baik. Katakan pada diri kamu bahwa ini adalah awal baru yang akan membuatmu fokus hingga penghujung hari. Hal ini berguna untuk membuat dirimu lebih tenang sebelum bekerja.

4. Kelola emosi

Salah satu penyebab utama zen sulit tercapai adalah amarah atau emosi. Maka, jangan berbicara atau melakukan apapun ketika kamu merasa marah. Sebab ketika kamu marah, kamu berisiko melakukan segala sesuatu menjadi salah dan membuat situasi semakin rumit untuk dirimu sendiri dan orang lain. Oleh karena itu, buatlah dirimu tenang terlebih dahulu dengan melakukan praktik pernapasan. Setelah itu, coba minum segelas air untuk menenangkan diri.

5. Journaling

Journaling adalah kegiatan menuangkan pikiran dan perasaan dalam bentuk tulisan maupun gambar. Journaling tak hanya sekadar menulis catatan harian. Lebih dari itu, journaling mempunyai banyak manfaat untuk membantumu mencapai berbagai tujuan.

Sebelum kamu tidur, buatlah jurnal dan tuliskan berbagai hal baik yang terjadi di hari yang kamu telah jalani. Hal ini akan membantumu mensyukuri hidup lebih baik dan mengevaluasi dirimu sendiri. Kamu pun bisa menyadari dirimu berkembang setiap harinya dengan melihat catatan di hari-hari sebelumnya.

Baca juga: Cara meditasi sebelum tidur selama 10 menit dan manfaatnya untuk kesehatan

Itulah prinsip zen untuk menghindari stres saat bekerja. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untukmu, ya!

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • plato.stanford.edu
  • zenstudies.org
  • hellosehat.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1.JPG

    Lainnya

    Ingin Work From Bali? Berikut 5 Rekomendasi Tempat Tinggal Seminggu!

    Mentari Nurmalia

    20 September 2022
    6 min read
    H1-5_Kelebihan_Menjadi_Morning_Person.jpg

    Lainnya

    5 Kelebihan Menjadi Morning Person agar Lebih Semangat Bekerja

    Lita Lia

    05 September 2022
    6 min read
    menu-sarapan-pagi-EKRUT.jpg

    Careers

    10 Menu Sarapan Pagi Pekerja Kantoran yang Sehat, Praktis dan Simpel

    Tsalis Annisa

    01 September 2022
    5 min read

    Video