Technology

Apa Itu Malware? Simak Bahaya dan 3 Tips untuk Mencegahnya di Sini!

Published on
Min read
4 min read
time-icon
cover_(2).jpg

Siapapun pasti tak mau komputernya terkena malware. Malware adalah kependekan dari malicious software. Hal ini mengacu pada sistem malware yang dikembangkan oleh para peretas untuk mencuri data atau merusak sistem komputer. Sebenarnya ada beberapa jenis malware yang umum seperti virus, spyware, trojan, dan lainnya. Biar komputermu lebih aman dari malware, intip pembahasan selengkapnya tentang malware di sini!

Apa itu malware?


Malware adalah perangkat lunak berbahaya yang dilampirkan oleh penjahat cyber. (sumber: pexels)

Malware adalah suatu istilah umum yang dipakai untuk menamai perangkat lunak berbahaya dan mencurigakan. Perangkat lunak ini bisa merusak jaringan, layanan, atau perangkat apapun yang bisa diprogram. Penjahat cyber akan memakai malware untuk mencuri data demi keuntungan finansial. Data ini seperti data keuangan, data perawatan kesehatan, data email, atau bahkan kata sandi yang bersifat pribadi.

Baca juga: Waspadai malware baru, yang serang Windows demi crypto

Bagaimana cara kerja malware pada komputer atau website?


Malware dapat mencuri data atau kata sandi setelah menginfeksi komputer korban. (sumber: pexels)

Lalu, bagaimana cara kerjanya? Malware adalah suatu perangkat lunak berbahaya yang sudah ada sejak 1949. Biasanya, peretas akan melampirkan malware pada sejumlah perangkat atau software. Seperti email, tautan iklan yang berbahaya di situs terkenal (malvertising), instalasi software abal-abal, drive USB, email phishing, atau SMS dan aplikasi yang terinfeksi virus.

Baca juga: 10 Cara Jaga Privasi Di Internet Agar Datamu Aman

Dampak buruk malware


Dampak buruk malware adalah salah satunya dapat mencuri data rahasia suatu negara. (sumber: pexels)

Sekarang sudah jelas kan, malware adalah salah satu aksi kriminal dunia maya yang berbahaya karena merusak sistem komputer. Malware adalah penyebab kekacauan atau kerusakan perangkat dan sistem jaringan. Sehingga, penjahat dunia maya mudah mencuri data atau kata sandi rahasia.

Bayangkan bila data-data yang dicuri bersifat sensitif, seperti data perusahaan, data kartu kredit, data kesehatan, atau bahkan data keamanan suatu negara. Tentunya, dampaknya akan sangat buruk dan bersifat masif. Sistem komputer yang sudah terinfeksi malware akan mudah diretas dan diambil-alih oleh penjahat.

Menurut sejumlah laporan, banyak perusahaan yang menghabiskan jutaan dolar untuk memulihkan keamanan data setelah terjadinya pelanggaran atau peretasan. Serangan malware sangat buruk dampaknya, antara lain:

  • Dapat menghentikan operasional bisnis perusahaan
  • Membuat perusahaan kehilangan kredibilitas dan klien
  • Menurunkan reputasi perusahaan
  • Merugikan perusahaan dari segi finansial, waktu, dan tenaga

Baca juga: Malware game Fortnite palsu merajalela

Jenis-jenis malware


Jenis-jenis malware yang dipakai penjahat cyber untuk menginfeksi komputer korban. (sumber: pexels)

Beberapa jenis malware adalah sebagai berikut.

1. Virus

Biasanya dilampirkan dalam suatu email yang bermuatan virus. Setelah korban membuka email, virus akan menginfeksi perangkat komputer.

2. Trojan

Trojan menyamar dalam suatu aplikasi yang tidak berbahaya. Namun, setelah diunduh dan dipakai, trojan, akan aktif mencuri data, merusak komputer, atau meluncurkan serangan ke sistem komputer.

3. Ransomware

Selanjutnya, jenis malware ransomware. Malware akan menginstal otomatis ke komputer, mengenkripsi file virus, dan meminta tebusan dalam bentuk Bitcoin untuk memulihkan sistem komputer pengguna.

4. Spyware

Sesuai namanya, jenis malware berikutnya adalah spyware. Setelah sistem komputer terinfeksi, maka spyware akan memantau atau memata-matai semua bentuk komunikasi perangkat komputer tersebut. Seperti memantau informasi pribadi, kebiasaan berinternet, atau detail lainnya.

5. Adware

Kemudian, jenis kelima dari malware adalah adware. Umumnya, berupa iklan yang berkedip-kedip atau jendela pop-up yang tiba-tiba muncul ketika kamu mengklik sesuatu.

6. Fileless malware

Fileless malware adalah jenis software berbahaya yang memakai program legal untuk menginfeksi komputer.

7. Worms

Worms memiliki kemampuan untuk menggandakan diri dari mesin ke mesin. Cara kerjanya dengan memanfaatkan celah keamanan dalam sistem operasi.

Baca juga: 10 Rekomendasi Antivirus Gratis dan Terbaik

3 Tips untuk mencegah malware


Tips mencegah malware adalah salah satunya memasang perangkat lunak anti-malware. (sumber: pexels)

Beberapa tips pencegahan malware adalah sebagai berikut.

1. Melindungi perangkat

Usahakan agar selalu memperbarui sistem operasi dan aplikasi. Penjahat cyber umumnya mencari celah dari aplikasi yang sudah usang. Karena itu, hindari mengklik tautan di suatu jendela pop-up mencurigakan dan tutup dengan mengklik tanda “X” di sudut atas. Gunakan software keamanan anti-malware untuk menghadapi ancaman atau serangan penjahat cyber.

2. Waspada ketika online

Lebih selektif lagi dalam memilih situs mana yang akan kamu kunjungi. Pastikan situs yang dikunjungi terkenal dan terpercaya. Hindari mengklik tautan tak dikenal, baik lewat email, situs jejaring sosial, maupun pesan teks. Bila ada email yang meminta info pribadi, sebaiknya tidak langsung mengklik. Buka langsung situs resmi perbankan online dan login di situs tersebut.

3. Lakukan pemeriksaan rutin

Masih khawatir terinfeksi malware? Jalankan pemindaian memakai perangkat lunak (software) keamanan yang telah kamu instal di perangkat seluler atau komputer. Lakukan pemeriksaan ini secara teratur. Termasuk memeriksa rekening bank dan laporan kredit secara berkala.

Baca juga: 19 Cara mematikan antivirus di PC dengan mudah dan cepat

Dari pembahasan di atas, terbukti bahwa malware adalah suatu perangkat lunak yang merusak dan merugikan. Maka itu, selalu pastikan perangkatmu aman dengan menginstal software anti-malware untuk tindakan preventif. Apalagi, bila kamu adalah pekerja di industri kreatif yang mengandalkan perangkat komputer dalam bekerja.

Keamanan komputer adalah prioritas yang harus diutamakan. Jika sistem komputer aman, bekerja semakin nyaman, dan lebih mudah mengembangkan karier impian. Mari tingkatkan kariermu ke level selanjutnya dengan sign up EKRUT sekarang! Wujudkan peluang karier sesuai keahlian dan minatmu bersama EKRUT. Dapatkan juga aneka info dan tips menarik dari dunia karier melalui EKRUT Media dan YouTube EKRUT Official.

Sumber:

  • cisco.com
  • mcafee.com
  • kompas.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cache-dan-cookies-EKRUT.jpg

    Technology

    Fungsi cache dan cookies yang tak banyak diketahui!

    Maria Yuniar

    28 November 2022
    4 min read
    Google_Data_Studio_Fungsi__Fitur_Utama__Integrasi_Platform_dan_Cara_Menggunakannya.jpg

    Technology

    Google Data Studio: Fungsi, Fitur Utama, Integrasi Platform, dan Cara Menggunakannya

    Sartika Nuralifah

    28 November 2022
    8 min read
    Ssstiktok_Download_Video_TikTok_tanpa_Watermark_Secara_Online_2022.jpg

    Technology

    SSSTikTok Download Video TikTok Tanpa Watermark Online 2022

    Sylvia Rheny

    25 November 2022
    5 min read

    Video