Published on

Technology

10 Rekomendasi antivirus gratis dan terbaik 2021

Anisa Sekarningrum

H1_1._10_Rekomendasi_antivirus_gratis_dan_terbaik_2021.jpg

Kamu pernah merasakan komputermu menjadi lambat, data di komputer tidak dapat dibuka bahkan hilang, atau komputer melakukan restart dengan sendirinya? Waspadalah karena mungkin komputer kamu terkena virus. Berikut rekomendasi antivirus gratis terbaik untukmu.

Baca juga: 3 Cara menghapus akun Google secara permanen dengan mudah 2022

Pentingnya memilih antivirus bagi laptop kita


Antivirus gratis terbaik akan memberikan perlindungan dan keamanan untuk perangkat komputer kamu - Pexels

Seperti layaknya seorang manusia yang butuh proteksi dari virus agar terhindar dari sakit, perangkat komputer dan ponselmu juga membutuhkan perlindungan antivirus. Antivirus berfungsi untuk memberi perlindungan dan keamanan data komputer dari serangan virus. Virus dapat masuk ke perangkat komputer ketika browsing internet atau melalui files yang kamu unduh dari internet. Virus juga bisa masuk dari media penyimpanan seperti flashdisk, memory card atau hard disk eksternal.

Dengan bantuan program antivirus, kamu dapat menghindari masuknya virus dengan melakukan scan perangkat sebelum menggunakan media penyimpanan dan juga melakukan update software antivirus agar komputer selalu aman dari virus. Kamu bisa menghindari virus dengan cara memperbaharui software, menggunakan kata sandi yang kuat, menghindari email asing dan tidak mengklik tautan mencurigakan.

Baca juga: Apa itu scam? Kenali jenis penipuan berbahaya di era digital saat ini!

Namun dengan menggunakan antivirus kamu bisa melindungi semua sistem, melindungi firewall, spyware, email scanner, dan anti spam. Sales and Marketing Director ESET Asia Pasific, Parvinder Walia, mengungkapkan pentingnya menggunakan antivirus orisinal. Keuntungan utama membeli software antivirus asli adalah bisa melakukan update software versi terbaru, sementara software bajakan tidak bisa melakukan update. Padahal update software antivirus sangat penting karena kemampuan virus semakin berkembang. Tidak melakukan update software akan berakibat pada tidak berjalannya program dengan maksimal. Selain itu, kelemahan software antivirus bajakan adalah isi programnya yang tidak jelas, bahkan bisa saja software bajakan tersebut justru mengandung virus yang dapat menginfeksi perangkat komputer kita atau bahkan mencuri data dari komputer kita.

Baca juga: 12 Cara merawat laptop untuk mendapatkan performa yang maksimal

10 Rekomendasi antivirus gratis terbaik


Microsoft memiliki antivirus gratis terbaik bernama Microsoft Windows Defender Security Center - Pexels

Untuk mendapatkan antivirus gratis terbaik kamu perlu memperhatikan efektivitas penghapusan virus, ukuran program software, harga dan diskon, keamanan juga proteksi dari platform lain. Ada banyak sekali antivirus gratis terbaik yang bisa kamu gunakan, berikut adalah beberapa rekomendasi antivirus gratis terbaik.

1. Kaspersky Security Cloud Free

Sejak dulu, Kaspersky adalah nama besar dalam industri antivirus komputer. Dalam laporan terbaru SE Labs independen, Kaspersky menduduki peringkat teratas untuk perlindungan (pada komputer Windows). Untuk menggunakan software antivirus gratis terbaik ini kamu dapat meng-install versi gratis atau versi berbayar dari software Kaspersky Security Cloud ini.

Pada paket gratis kamu akan mendapatkan perlindungan antivirus inti termasuk perlindungan untuk file, email, dan ancaman berbasis web, pembaruan otomatis, karantina, dan lainnya. Untuk mengakses fitur kontrol orang tua atau perlindungan pembayaran online, pengelolaan kata sandi atau VPN kamu harus mengakses versi berbayar. Tidak hanya untuk perangkat komputer, Kaspersky juga menyediakan versi Android yang menyertakan perlindungan antivirus untuk ponsel, yang sudah mendapat nilai tinggi dalam pengujian terbaru lab pengujian independen terpercaya AV-Test.

2. Avast One Essential

Selain perlindungan dasar, Avast Free Antivirus menawarkan pertahanan dari ancaman yang tidak diketahui menggunakan Behavior Shield. Fitur ini dapat menghentikan perangkat lunak yang sebelumnya berperilaku baik namun tiba-tiba melakukan operasi cerdik yang dapat membahayakan identitas dan data kamu. Ada juga pengelola kata sandi yang praktis, sehingga kamu dapat masuk ke situs di browser dengan lebih cepat. Versi gratisnya juga dapat memindai jaringan Wifi dan memperingatkan kamu jika ada penyusup pada perangkat kamu. Ada juga perlindungan ransomware yang tersedia untuk pelanggan berbayar.

Avast Free Antivirus adalah software antivirus gratis terbaik dalam menghentikan malware. Software antivirus gratis terbaik ini tersedia untuk Windows, MacOS, Android, dan iOS. Software mereka mendapat nilai tertinggi dari AV-Test, sementara SE Labs memberi peringkat ketiga untuk perlindungan total yang mereka berikan.

3. AVG Antivirus Free

AVG adalah perusahaan yang dimiliki oleh Avast, sehingga kedua produk antivirus gratis terbaik ini menggunakan mesin yang sama dan memiliki tingkat perlindungan yang sama. Penawaran paket gratis AVG meliputi perlindungan antivirus, ransomware, spyware, dan juga bentuk malware lainnya. AVG Antivirus Free menawarkan enam jenis pemindaian yang berbeda, termasuk pemindaian perangkat, USB/DVD, file atau folder tunggal, dan pemindaian waktu boot. Program antivirus gratis terbaik ini berjalan sebelum Windows dihidupkan sempurna, sehingga mereka bisa mengintai dan melindungi perangkat sebelum malware memiliki kesempatan untuk merusak perangkat komputer.

Selain itu, AVG juga akan memperingatkan kamu jika ada tautan web yang tidak aman serta memblokir lampiran email yang tidak aman. Jika kamu menginginkan proteksi lebih, kamu dapat melakukan update versi berbayar pada software AVG Antivirus ini. AVG tersedia untuk Windows, MacOS, Android, dan iOS.

4. Bitdefender Antivirus Free Edition

Software antivirus terbaik ini tersedia gratis untuk Windows 10, MacOS, Android, and iOS untuk satu PC. Kamu juga dapat membeli versi berbayar dari Bitdefender Total Security 2020 seharga $40 per tahun untuk lima PC (harga promo untuk tahun pertama, kemudian $90). Antivirus gratis terbaik dari Bitdefender ini menawarkan fitur pemantauan real-time untuk perlindungan virus, malware, spyware, dan ransomware.

Bitdefender Antivirus Free Edition sangat mudah digunakan dan memiliki perlindungan berbasis AI yang baik. Ukuran software ini juga ringan, jadi tidak akan memperlambat komputer kamu dalam pemakaian PC harian. Bitdefender secara konsisten mendapat nilai tertinggi untuk perlindungan dan kegunaan antivirusnya dari AV-Test. Dalam laporan terbaru, Bitdefender mendapat skor 100% untuk perlindungan dan hanya kehilangan setengah nilai karena lambatnya waktu yang dibutuhkan software untuk diluncurkan saat menjalankan perangkat lunak.

Baca juga: 6 Alasan pentingnya menjaga keamanan data pribadi

5. Sophos Home Free

Sophos Home Free adalah antivirus gratis terbaik yang tersedia untuk Windows dan MacOS. Dengan perlindungan virus untuk 3 PC Windows ditambah uji coba 330 hari untuk alat penghapus malware perusahaan. Mereka juga menawarkan versi berbayar seharga $42 pertahun untuk 10 PC. Pada versi gratis, mereka menawarkan fitur identifikasi dan blokir malware yang belum pernah dilihat sebelumnya – termasuk kemampuan pembelajaran mendalam. Fitur gratisnya menawarkan perlindungan dari virus komputer, malware, Trojan, worm, bot, aplikasi yang mungkin tidak diinginkan (PUA), ransomware, dan banyak lagi.

Kamu juga dapat mengontrol konten yang dilihat anak-anak secara online. Cara kerja mereka adalah dengan memanfaatkan database daftar hitam SophosLabs yang luas untuk memblokir situs web yang berbahaya. Sehingga dapat mengamankan beberapa PC dan Mac di lokasi manapun dari antarmuka web sederhana.

6. Avira Free Security

Avira adalah perusahaan Jerman yang menawarkan antivirus gratis terbaik. Tersedia juga versi berbayar yang disebut Avira Prime. Versi gratisnya menggunakan mesin pendeteksi malware identik yang telah menerima nilai tertinggi dari AV-test.org dan AV Comparatives. Dalam laporan terbaru dari SE Labs Inggris yang kurang berjalan baik, pencapaian peringkat perlindungan keseluruhan dari Avira sedikit lebih buruk dibandingkan Windows Defender.

Selama menggunakan Avira, kamu tidak perlu menyerahkan informasi pribadi apapun, bahkan alamat email. Avira dengan jelas menyatakan di situs webnya bahwa mereka tidak menjual data dan tidak akan pernah menjual data. Avira tersedia untuk Windows dan MacOS, serta versi Android dan iOS sehingga kamu dapat melindungi semua perangkat elektronik kamu secara gratis.

7. Microsoft Windows Defender Security Center

Microsoft menyediakan antivirus gratis terbaik yang sudah ditanam pada Windows 10, namun kamu bisa membeli versi berbayarnya yaitu Windows Defender Advanced Threat Protection. Dalam laporan SE Labs terbaru, Windows Defender menempati urutan kelima secara keseluruhan, mengalahkan delapan program antivirus berbayar. AV-Test juga menemukan bahwa Windows Defender dapat mendeteksi dan melindungi hampir semua serangan yang sama efektifnya dengan Kaspersky dan antivirus gratis terbaik lainnya.

Software ini adalah salah satu antivirus gratis terbaik yang dipercaya banyak orang, sehingga Microsoft Defender telah memperluas layanannya ke platform lain. Microsoft sering melakukan pembaruan software dan Defender akan secara otomatis menyesuaikan tingkat perlindungan yang setara. Program ini ditanam dalam Windows sehingga sudah otomatis aktif secara default untuk melakukan tugasnya dan menjaga dasar-dasar keamanan internet.

Kamu juga bisa melakukan pemblokiran aplikasi yang tidak diinginkan dan melindungi folder dan file dari serangan ransomware. Jika kamu meng-install antivirus pihak ketiga, Windows 10 akan secara otomatis menonaktifkan Windows Defender dan software ini akan aktif kembali saat kamu menghapus software antivirus pihak ketiga tersebut.

Baca juga: Pemerintah siapkan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi

8. Adaware Antivirus Free

Adaware Antivirus Free adalah salah satu proteksi antivirus yang sudah memenangkan penghargaan. Pada paket gratis, mereka menawarkan proteksi dari virus, ransomware, spyware, dan bentuk malware lainnya. Ada juga proteksi melakukan scan untuk semua unduhan yang kamu lakukan di komputermu. Proteksi antivirus gratis terbaik ini menawarkan blokir proses berbahaya untuk file yang terinfeksi secara real-time.

Jika kamu membutuhkan bantuan teknis dan pelanggan selama 24/7, sistem aktif blokir situs web berbahaya dan ancaman online, terlindungi dari pencurian informasi dan data pribadi, perlindungan dari peretas dan gangguan jaringan, perlindungan email dan filter anti-spam, blokir instruksi berbahaya dengan monitor jaringan, serta perlindungan konten untuk anak-anak kamu bisa membeli paket pro.

Kamu juga bisa membeli paket total untuk tambahan fitur seperti meningkatkan dan memperbaiki masalah komputer, melindungi privasi dengan menghapus pelacak dan log aktivitas tersembunyi, memperbaiki masalah Windows secara otomatis, meningkatkan memori dan mengoptimalkan ruang disk, serta menghapus file sampah yang tidak perlu, menghapus duplikat dan mengosongkan ruang disk. Sayangnya, Adaware Antivirus hanya tersedia untuk pengguna Windows.

9. Checkpoint ZoneAlarm Free Antivirus+

Antivirus gratis terbaik yang satu ini dapat membantu kamu mendeteksi dan memblokir virus, spyware, Trojan horses, worms, bots, malware, dan ancaman lainnya. Fitur mereka juga dapat melindungi identitas dan data privasi online kamu, fitur firewall yang dapat melindungi komputermu dari hacker, dan melindungi kamu dari ancaman sehingga kamu bisa bebas berselancar di web.

Antivirus gratis terbaik ini hanya tersedia untuk pengguna Windows. Selain paket gratis untuk antivirus dan firewall, mereka juga menjual paket antivirus ZoneAlarm Extreme Security, ZoneAlarm Pro Antivirus + Firewall, paket firewall ZoneAlarm Pro Firewall, dan paket ZoneAlarm Anti-Ransomware.

10. Panda Security

Panda Security tersedia untuk pengguna Windows dan Android. Versi gratis menawarkan perlindungan waktu nyata terhadap semua jenis malware dan spyware. Kamu dapat menjadwalkan pemindaian berkala dan/atau pindai komputer sesuai permintaan. Antivirus gratis terbaik ini juga dapat melindungi perangkatmu dengan melakukan pencegahan eksekusi otomatis malware dari drive USB serta sistem pemulihan PC gratis. Kamu dapat memindai PC untuk melakukan boot dan membersihkan komputer yang terinfeksi atau bahkan tidak dapat dijalankan. Mode ini juga memastikan kamu memutar atau menonton konten multimedia tanpa gangguan dari antivirus.

Pada versi Android, kamu dapat memindai secara real-time dari aplikasi yang diinstal dan pembaruan aplikasi sebelum digunakan pertama kali, tanpa berdampak pada kinerja perangkat. Selain itu, software ini juga dapat memindai kartu memori SD. Antivirus gratis terbaik ini bahkan dapat mengoptimalkan masa pakai baterai, penggunaan memori aplikasi yang di-install dan menghentikan proses aplikasi untuk memaksimalkan masa pakai baterai dan kinerja perangkat, hingga melacak perangkat kamu jika dicuri.

Baca juga: Pentingnya menggunakan kacamata anti radiasi selama bekerja di depan layar komputer

Kamu ahli dalam teknologi dan sedang mencari pekerjaan? Coba daftarkan diri kamu untuk menjadi talent di EKRUT.
Semua proses dan bantuan professional di talent marketplace EKRUT gratis. Kamu – sebagai talent atau employer – bisa langsung direkrut dan merekrut kandidat yang sesuai. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, daftar sekarang di EKRUT!

Itu tadi informasi mengenai antivirus gratis terbaik untuk membantu kamu memilih antivirus terbaik untuk komputermu. Tidak hanya komputer yang perlu kamu jaga dari virus, kamu pun perlu menjaga diri. Tonton video mengenai cara memilih asuransi untuk milenial berikut ini.

Sumber:

  • pcmag
  • cnet
  • techadvisor
  • kompas
  • adaware
  • zonealarm
  • sophos
  • pandasecurity

Tags

Share