Published on

Careers

Ini dia 6 manfaat baca komik untuk pekerja kantoran

Tsalis Annisa

baca-komik-EKRUT.jpg

Minat baca masyarakat Indonesia memang tergolong rendah. Bahkan berada di ranking 60 dari 61 negara menurut penelitian. Padahal, membaca mempunyai banyak manfaat untuk pekerja kantoran. Termasuk jika yang kamu baca adalah komik. Ya, baca komik memiliki beberapa manfaat untuk pekerja kantoran.

Pasalnya, baca komik dianggap dapat mengurangi stres hingga bermanfaat untuk otakmu. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat baca komik untuk pekerja kantoran. Simak baik-baik, ya!

1. Membuatmu lebih suka membaca

baca komik EKRUT 
Tak usah membaca buku yang serius agar bisa menyukai membaca, bacalah komik dahulu-EKRUT

Tahu kan kalau buku adalah jendela dunia? Jika masih berat untuk mulai membaca buku yang isinya serius, mulai saja dengan membaca komik terlebih dahulu. Isi komik yang disertai gambar visual tentu lebih menarik dibandingkan bacaan lainnya, seperti novel atau cerita pendek.

Buku komik juga bermanfaat membantu pekerja kantoran untuk melatih kemampuan membaca buku yang kesulitannya lebih tinggi. Intinya, kamu tidak mudah bosan dan menyukai kegiatan membaca.

Baca juga: Bikin semangat, dengan 5 rekomendasi buku motivasi ini!

2. Membantu kamu berpikir dengan cara berbeda

baca komik EKRUT 
Komik akan membantumu berpikir dengan cara berbeda- EKRUT

Pekerja kantoran yang membaca buku komik harus memproses semua komponen yang berbeda dalam waktu bersamaan, yakni visual, spasial, dan tesktual. Mengintegrasikan komponen-komponen ini dalam satu pemahaman tentu membutuhkan proses yang cukup kompleks.

Jadi, membaca komik tak hanya sekadar “melihat gambar”, ya. Komik akan membantumu berpikir dengan cara berbeda. Bermanfaat untuk diaplikasikan selagi bekerja, bukan?

3. Bermanfaat untuk otakmu

baca komik - EKRUT 
Baca komik setelah pulang kerja dapat membantumu mengurangi stres - EKRUT

Ketika membaca, fungsi otak sebenarnya akan berubah, terutama ketika seseorang membaca cerita yang menarik. Perubahan aktivitas neutron tak hanya berlangsung selama kegiatan membaca, namun juga setelahnya. 

Sejarah yang disampaikan dalam bentuk komik pun akan lebih mudah dimengerti dan menarik untuk dibaca. Tentu saja semua itu berkat gambar atau ilustrasinya. Nah, sekarang bayangkan berapa banyak informasi yang bisa kamu serap dengan membaca suatu tema dalam bentuk komik?

4. Cerita komik yang keren dapat menjadi hiburan setelah kerja


baca komik EKRUT 
Cerita yang menarik dari komik jadi hiburan tersendiri bagi karyawan-EKRUT

Tahukah kamu jika acara televisi dan film yang paling banyak ditonton diangkat dari cerita komik? Bukan hanya Spiderman, Batman, atau Superman. Beberapa film seperti The Walking Dead dan Men in Black juga diangkat dari buku komik. Keren, bukan?

Nah, dengan cerita yang menarik ini tentu akan memberikan hiburan tersendiri untuk kamu setelah seharian bekerja. Kamu bisa bersantai di rumah sambal membaca komik. 

Baca juga: Stres di tempat kerja? Begini cara benar mengatasinya

5. Meningkatkan keterampilan menulis 

baca komik EKRUT 
Ternyata membaca komik juga dapat membantumu mengembangkan keterampilan tulisan-EKRUT

Tahukah kamu bahwa membaca komik bisa menjadi cara ampuh meningkatkan keterampilan menulis baik itu berupa tulisan esai, cerpen, opini, komik dan sebagainya. 

Kenapa? karena dengan komik, kamu akan terbiasa menemukan kosakata baru dan merangsang daya imajinasi. Dengan begitu ide-ide dikepala akan mudah terealiasikan dalam bentuk tulisan.

6. Bisa belajar banyak hal dari baca komik

baca komik EKRUT 
Ada banyak informasi dan istilah yang bisa kamu temui dari komik-EKRUT 

Siapa bilang isi komik tak bisa membuatmu pintar? Bahasa atau pembahasan dalam komik seringkali sebenarnya berat, lho. Akan ada banyak informasi dan istilah yang bisa kamu mengerti dari sebuah buku komik.

Siapa tahu berguna dan berhubungan dengan pekerjaanmu di kantor atau bahkan menginspirasi.

Baca juga: 6 Cara meningkatkan daya ingat agar tidak mudah lupa

Itulah enam manfaat baca komik yang perlu kamu ketahui.  Selain cerita mengenai pahlawan super, ada juga tema lain yang tak kalah menarik. Yuk, mulai baca komik dari sekarang dan rasakan manfaatnya! 

baca komik EKRUT
 Last update 16 Mei 2020

Sumber:

  • scribendi.com
  • lifehack.com
  • its.ac.id
  • ap2hyc

Tags

Share