Published on

Lainnya

Market Share Adalah: Pengertian, Pengaruh Terhadap Bisnis, dan 4 Cara Meningkatkannya

Algonz D.B. Raharja

H1_Market_Share.jpg

Apa yang kamu ketahui tentang market share suatu perusahaan? Atau, bagaimana pengaruh market share terhadap bisnis? Jika kamu masih kebingungan untuk memahami apa itu market share, kamu bisa terlebih dahulu menyimak ulasannya berikut ini.

Apa itu market share?


Market share merupakan pangsa pasar untuk suatu produk dalam industri produk serupa di pasaran (Sumber: Pexels)

Market share atau pangsa pasar merupakan persentase dari total penjualan produk yang dihasilkan oleh suatu institusi bisnis tertentu. Market share umumnya dihitung dengan membagi jumlah penjualan pada suatu periode dengan total penjualan produk di industri serupa di pasar selama periode yang sama.

Dari perhitungan market share tersebut nantinya perusahaan akan mendapatkan gambaran mengenai cakupan produk perusahaan di pasar beserta potensi persaingannya. Sehingga, jika merujuk pada perhitungan pasar, maka suatu perusahaan bisa disebut sebagai pemimpin pasar jikalau produk mereka memiliki market share terbesar.

Rumus perhitungan market share adalah sebagai berikut:

Market Share = Total Penjualan Perusahaan/Total Penjualan pada Industri produk serupa di pasar

Sebagai gambaran, perhitungan market share dapat dilihat dari kasus berikut:

Sebuah perusahaan minuman berenergi A menjual produk pada tahun 2021 sebesar Rp700.000.000 untuk pasar Indonesia. Sedangkan, jumlah total minuman berenergi yang dijual di pasar Indonesia adalah sebesar Rp2.800.000.000, maka bisa dikatakan minuman berenergi merek A memiliki 25 persen pangsa pasar minuman berenergi di seluruh Indonesia pada tahun 2021.

Merujuk pada pernyataan John Davis yang dikutip dalam risalah dari Universitas Bina Nusantara, disebut bahwa market share merupakan penjelasan mengenai penjualan suatu perusahaan baik dalam satuan unit maupun mata uang sebagai suatu persentase tentang volume total penjualan suatu industri pasar di area produk tertentu.

Secara umum, market share merupakan suatu proporsi perbandingan antara total penjualan suatu produk dari perusahaan tertentu dengan cakupan seluruh produk serupa di pasaran. Subjek utama dari market share adalah produk dan pasar.

Baca juga: Apa itu Marketing? Berikut Informasi Terlengkap yang Penting Diketahui

Pengaruh market share terhadap bisnis perusahaan


Market share dapat berpengaruh terhadap bisnis perusahaan sebagai penunjang cakupan pasar suatu produk secara khusus atau unitnya (Sumber: Pexels)

Secara khusus, market share memang berpengaruh terhadap bisnis perusahaan karena jika terjadi perubahan maka dampaknya akan terasa antar persaingan bisnis pada produk serupa. Tentu saja, persaingan untuk market share dalam siklus industri cukup keras dan sesekali tampak brutal.

Persaingan-persaingan ini pun tak jarang mengorbankan beberapa perusahaan yang mengalami kerugian tertentu karena dominasi merek dari perusahaan lain telah menguasai pasar produk tersebut. Adapun beberapa pengaruh lain dari market share terhadap bisnis perusahaan adalah sebagai berikut:

  • Pertumbuhan skala ekonomi, market share amat berdampak pada skalabilitas ekonomi perusahaan dalam rangka peningkatan profit. Dengan catatan, perusahaan mampu mendapatkan celah untuk unggul dibandingkan perusahaan pesaing di bidang produk serupa.
  • Peningkatan penjualan, penguasaan market share umumnya berkorelasi lurus dengan peningkatan penjualan. Jika suatu produk dari sebuah perusahaan telah memiliki ceruk pasar tertentu secara progresif, maka bisa dipastikan bahwa penjualan akan meningkat. Meski begitu, adanya konsistensi dan pengembangan tetap dibutuhkan untuk mendapatkan tingkat market share tertentu.
  • Reputasi perusahaan, salah satu pengaruh terbesar dari market share terhadap perusahaan adalah reputasi. Jika suatu produk menguasai pasar dan mendapatkan market share tinggi dalam beberapa periode secara konsisten, maka konsumen akan secara otomatis memiliki kepercayaan tinggi terhadap reputasi perusahaan produsen produk tersebut.
  • Meningkatnya basis pelanggan dan dominasi, dengan tingginya market share suatu produk, maka basis pelanggan akan mengikutinya sebagai basis retensi konsumen. Terlebih, jika suatu produk bisa mempertahankan kualitasnya dari waktu ke waktu. Hal ini akan bermuara pada dominasi industri jika berlangsung dalam kurun waktu lama. Beberapa contohnya tentu muncul metonimia atau sebutan terhadap produk industri tertentu menggunakan nama suatu merek.

Baca juga: Ini 8 Strategi Digital Marketing yang Tepat untuk Bisnismu

4 Cara meningkatkan market share


Salah satu cara untuk meningkatkan cakupan market share adalah inovasi produk (Sumber: Pexels)

Beberapa cara dapat ditempuh oleh perusahaan untuk meningkatkan market share mereka untuk suatu produk unggulan tertentu. Cara utama umumnya dilakukan dengan mempertajam pemasaran dan periklanan untuk menarik pelanggan baru hingga mengembangkan produk baru. Namun, ada beberapa cara atau strategi tertentu untuk meningkatkan market share yang perlu kita ketahui yaitu sebagai berikut.

1. Menurunkan harga

Salah satu strategi atau cara untuk melakukan ekspansi market share adalah bersaing dengan harga rendah. Hal ini biasa diandaikan seperti mendekatkan buah yang menggantung pada tangkai lebih rendah atau dekat dengan konsumen. Kedekatan jangkauan dalam aspek ekonomis ini menjadi salah satu stimulan untuk konsumen mencoba suatu produk sesuai prinsip ekonomi.

Baca juga: Panduan Membuat Marketing Plan Beserta Contohnya

2. Melakukan inovasi

Beberapa perusahaan tidak serta-merta bisa menerapkan harga rendah pada setiap produknya karena urusan perhitungan harga pokok penjualan. Namun, salah satu cara untuk meningkatkan market share juga bisa ditempuh lewat inovasi produk atau penambahan fitur baru sehingga terlihat segar di mata konsumen. Inovasi juga perlu diperkuat dengan nilai guna produk atau hal baru yang belum dilakukan oleh pesaing.

3. Meningkatkan kesadaran merek

Salah satu strategi market share yang umum digunakan adalah meningkatkan kesadaran merek pada konsumen. Cara ini bisa dilakukan dengan branding awareness lewat pemasaran nasional. Branding awareness bisa dilakukan dalam strategi pemasaran tertentu, baik lewat iklan maupun call to action secara digital.

Baca juga: 12 Jenis Strategi Pemasaran yang Paling Efektif

4. Meningkatkan kepuasan pelanggan

Strategi lain yang bisa diterapkan untuk menjangkau market share lebih luas adalah dengan meningkatkan kepuasan pelanggan. Hal ini bisa diterapkan dengan meningkatkan pelayanan produk atau kualitas produk itu sendiri secara khusus. Salah satunya adalah mencegah adanya penurunan kualitas dengan dasar ekonomi tertentu.

Konsumen umumnya memiliki kecenderungan akan bertahan dengan suatu produk yang kualitasnya stabil dan teruji waktu, meski harganya sedikit lebih tinggi dari produk lain.

Itulah tadi beberapa hal mengenai market share yang perlu diketahui sebelum kamu melakukan produksi dalam suatu bisnis tertentu. Umumnya, market share didukung dengan jaringan pasar yang luas, namun tidak menutup kemungkinan bahwa produksi di tingkat mikro pun dapat memperhitungkan market share tertentu.

Bagi kamu yang tertarik dengan market share dan berbagai hal menyoal bisnis, mungkin kamu perlu memulai karier dengan tepat di sebuah perusahaan dengan produksi nasional. Atau, kamu bisa memulainya dari mencari pengalaman lewat program-program tertentu di industri tertentu.

Baca juga: Tugas Marketing Executive, Kualifikasi, Gaji, dan Jenjang Kariernya

Jika kamu tengah bingung mencari jalan untuk memulai karier, EKRUT bisa menjadi rekan profesional bagimu. Lewat EKRUT, kamu bisa mendapatkan berbagai informasi mengenai karier beserta kesempatan-kesempatan kerja di berbagai perusahaan bonafide di Indonesia. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan CV terbaikmu lalu klik tautan di bawah ini untuk mendaftar lewat EKRUT.

Sumber:

  • investopedia.com
  • library.binus.ac.id
  • blog.hubspot.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_1._10__Rekomendasi_Kursus_Digital_Marketing.jpg

    Careers

    10+ Rekomendasi Kursus Digital Marketing

    Anisa Sekarningrum

    21 September 2022
    8 min read
    Apa_Itu_Audience.jpg

    Lainnya

    Apa Itu Audience? Berikut Pengertian, Konsep, Fungsi, dan Jenisnya!

    Mauditalani

    20 September 2022
    8 min read
    Untitled_design-89.jpg

    Technology

    3 Cara Kerja Search Engine beserta Algoritma yang Digunakannya

    Tsalis Annisa

    20 September 2022
    6 min read

    Video