Media

Masih bingung terima tawaran pekerjaan?
By Maria Yuniar - 8 October 2018
4 min read 179 Views
Photo by Ian Schneider on Unsplash
Photo by Ian Schneider on Unsplash

Mendapatkan tawaran kerja tentu merupakan hal yang membahagiakan setelah mengikuti serangkaian tahap seleksi pegawai. Namun, tak jarang, kesempatan emas terbuka ketika kita baru saja memutuskan untuk bergabung dengan suatu perusahaan.

Tak hanya itu, terkadang tawaran kerja juga bisa datang dari dua perusahaan yang berbeda. Hal ini tentu akan membuat kebingungan untuk memilihnya, apalagi jika kedua tawarannya sangat menarik. (Baca juga: Pilih mana, pekerjaan baru atau promosi kerja?)

Karena itu, keputusan untuk menerima atau menolak tawaran pekerjaan merupakan hal yang wajib kamu pertimbangkan. Beberapa hal yang akan kami bahas di bawah ini dapat kamu jadikan bahan pertimbangan untuk kariermu di masa depan.

 

Kondisi finansial dengan pekerjaan saat ini

Memang ada yang mengatakan jangan mengambil pekerjaan hanya karena gajinya saja. Hal tersebut sebenarnya sangat bijak, karena pada akhirnya yang akan menuntun arah karier kita adalah pengalaman. (Baca juga: 10 pekerjaan incaran milenial lulusan baru)

Namun, gaji juga tak dapat dipandang sebelah mata, bukan? Tentunya, kamu harus selektif untuk mempertimbangkan lagi besaran gaji yang ditawarkan. Gaji harus sepadan dengan pekerjaanmu. Lalu, perhitungkan juga kebutuhanmu selama sebulan dan gaya hidup yang akan kamu jalani dengan besaran gaji tersebut. 


Sumber: sayingimages.com

 

Visi perusahaan

Semua orang tentu sudah memiliki prinsip dalam hidup mereka masing-masing. Entah disadari atau tidak, hal ini juga berlaku dalam hal pekerjaan. Kamu bisa saja bekerja di perusahaan non-profit yang visinya membawa kebaikan untuk lingkungan sekitar. (Baca juga: 10 posisi freelancer yang paling banyak dicari)

Namun, kamu juga bisa bekerja di perusahaan rokok yang secara tidak langsung menghidupi perekonomian rakyat kecil. Tentu, bekerja di perusahaan non-profit dan perusahaan rokok merupakan dua hal yang sangat berbeda. Karena itu, tanyakan kembali kepada dirimu, mengenai kesesuaian visi perusahaan dengan visi pribadimu.

 

Manfaat pekerjaan

Ketika mempertimbangkan suatu pekerjaan, kamu patut melihat kembali dampak baik yang akan dibawa pekerjaan tersebut terhadap dirimu. Misalnya, kamu adalah seseorang yang kreatif. Apakah pekerjaan sebagai copywriter akan memenuhi hasrat kreatifmu? Jika ya, hal tersebut harus selalu kamu ingat ketika kamu merasa jenuh nantinya.

 

Pendapat orang di sekitar

Saat memilih pekerjaan, kamu cenderung berfokus pada tanggung jawab, pembayaran, perjalanan, dan peluang untuk berkembang. Semua faktor itu memang penting. Namun, kamu juga harus mempertimbangkan kenyamananmu.

Karena itu, cari tahu informasi tentang situs pekerjaan atau percakapan dengan karyawan seputar perusahaan. Dari sana, kamu akan mendapatkan informasi yang bisa menjadi bahan pertimbanganmu. Jika kamu masih bingun mencari peluang kerja, bergabunglah dengan talent marketplace EKRUT. Ada berbagai kesempatan dari ratusan perusahaan termasuk startup, untuk kandidat sepertimu.

 

Rekomendasi bacaan:
Kenapa harus bangun jam 5 pagi supaya produktif?
Akankah blockchain jadi generasi baru search engine?
Tips kenali pelanggan a la MailChimp

 

Sumber:
fastcompany.com
qerja.com
careernews.id
 

Tags:

  • karier
  • tawaran kerja
  • pekerjaan
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang