Lainnya

Bukan USD, berikut deretan 9 mata uang tertinggi di dunia!

Published on
Min read
5 min read
time-icon
H1_(1).jpg

Ketika berbicara tentang nilai tukar tertinggi di dunia, banyak yang akan berpikir bahwa pound sterling dan dolar adalah mata uang dengan nilai tukar tertinggi. Tidak sepenuhnya salah, tapi selain kedua mata uang tersebut, ada beberapa mata uang yang  lebih tinggi nilai tukarnya dari pound sterling dan dolar AS.

Baca juga: Kok mata uang digital bisa diretas?

Adakah hubungan nilai mata uang dengan kondisi ekonomi suatu negara?


Pasang surut nilai mata uang juga berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi (sumber: pexels)

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kurs berpengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi. Hal tersebut karena semakin tinggi nilai tukar dan melemahnya mata uang memberikan dampak terhadap harga barang, terutama barang-barang impor dan barang-barang bahan baku produk impor untuk produk dalam negeri, yang akhirnya memberikan pengaruh kenaikan harga barang dan akan menurunkan pertumbuhan ekonomi.

Baca juga: Apakah mata uang digital dapat mengatasi inflasi?

9 Mata uang tertinggi di dunia


Mata uang tertinggi di dunia (sumber: pexels)

Berikut ini adalah 9 mata uang tertinggi di dunia.

1. Dinar Kuwait


Tingginya permintaan minyak pada Kuwait menaikkan nilai mata uangnya (sumber: pexels)

Juara mata uang tertinggi di dunia milik dinar Kuwait. Lebih dari 80%, pendapatan dunia di pesisir Teluk Persia yang kaya berasal dari industri minyak, menjadikannya salah satu cadangan terbesar di dunia. Sebagian besar transaksi dengan Amerika Serikat bergantung pada valuta asing secara tidak langsung mendukung mata uang dalam negeri mereka. Meskipun mata uang ini tidak banyak digunakan, stabilitas dinar Kuwait dan tingginya permintaan minyak menambah nilai mata uang Kuwait. Per November 2021, satu dinar Kuwait setara dengan US$ 3,32  atau sekitar Rp47.463.

2. Dinar Bahrain


Meski negara kecil, nilai mata uang Bahrain cenderung stabil (sumber: pexels)

Dinar Bahrain (BHD) adalah mata uang tertinggi kedua di dunia setelah dinar Kuwait (KWD). Menghadapi Teluk Persia, negara kecil ini memiliki perekonomian yang sangat baik. Sebagai pengekspor minyak utama, Bahrain sangat bergantung pada minyak dan gas. Per November 2021, satu dinar Bahrain bernilai US$ 2,65  atau sekitar Rp37.955.

3. Rial Oman


Oman berhasil mempertahankan nilai mata uangnya stabil selama lebih dari 50 tahun (sumber:pexels)

Negara-negara dengan akses tinggi ke sumber daya alam yang berharga ini, menempati peringkat ketiga dalam mata uang tertinggi. Oman telah mempertahankan nilai mata uangnya selama lebih dari 50 tahun. Rial Oman diwakili oleh subunit yang disebut pelindung. Satu rial setara dengan 1.000 visor. Ini setara dengan 100 sen, serta nilai tetap $1. Per November 2021, satu rial Oman setara dengan $2,60, yang berarti sekitar Rp37.180.

4. Dinar Yordania


Meskipun lebih lemah dibanding negara Arab lainnya, namun stabilitas mata uangnya relatif tinggi (sumber: pexels)

Masih dari Timur Tengah, Yordania memiliki perekonomian yang lebih lemah dibandingkan dengan negara-negara Arab lainnya, namun tingkat stabilitas mata uangnya relatif tinggi. Pemerintah Yordania mampu mempertahankan nilai tukar tetap, itulah sebabnya mata uangnya sangat tinggi. Yordania kurang bergantung pada ekspor minyak daripada tetangganya karena ekonominya terdiversifikasi ke berbagai sektor. Per November 2021, satu dinar Yordania bernilai US$1,41 atau sekitar Rp20.200.

5. Pound sterling


Pound Sterling termasuk mata uang dengan nilai inflasi rendah (sumber: pexels)

Mata uang resmi di Inggris Raya dan beberapa wilayah lain di kawasan ini sangat dihargai di atas dolar AS karena inflasinya yang rendah. Pound sterling juga merupakan mata uang keempat yang paling banyak diperdagangkan di pasar valuta asing setelah dolar AS, euro, dan yen Jepang. Per November 2021, satu pon bernilai US$1,37 atau sekitar Rp19.562.

6. Dolar Kepulauan Cayman


Dolar Cayman Island termasuk 3 mata uang dunia yang resisten terhadap USD (sumber: pexels)

Dolar Kepulauan Cayman adalah salah satu dari tiga mata uang dalam daftar dunia yang mampu mempertahankan nilai tukar terhadap dolar AS. Negara yang telah berhasil mempertahankan mata uang sejak tahun 1972 dengan sangat baik, kuat, dan menduduki peringkat 10 besar mata uang dunia di sektor jasa keuangan dan ekonomi. Pada November 2021, dolar Cayman sedikit di atas dolar AS.

7. Euro


Euro merupakan mata uang kedua paling banyak diperdagangkan di dunia (sumber: pexels)

Mata uang cadangan terbesar kedua setelah dolar AS  juga merupakan mata uang kedua yang paling banyak diperdagangkan di dunia. Euro adalah mata uang resmi 19 dari 28 negara Uni Eropa. Kekuatan ekonominya tidak hanya membawa stabilitas pada euro, tetapi juga mempengaruhi nilainya. Per November 2021, 1 euro setara dengan US$1,16 atau sekitar 16.607 sen.

8. Franc Swiss


Franc Swiss seringkali dijadikan tempat perlindungan aset pebisnis dunia (sumber: pexels)

Stabilitasnya terhadap dolar AS dan kinerjanya yang luar biasa menjadikannya salah satu juara mata uang dunia. Franc Swiss adalah mata uang yang dianggap sebagai tempat berlindung yang aman atau status aset aman. Apa pun bencana yang melanda dunia, franc Swiss tidak mungkin terpengaruh. Per November 2021, 1 franc Swiss setara dengan US$1,10.

9. Dolar Amerika Serikat


Bukan mata uang terkuat, tapi dolar amerika serikat dijadikan mata uang cadangan terbesar (sumber: pexels)

Dolar AS adalah mata uang yang paling banyak digunakan dan diperdagangkan di dunia. Ini telah menjadikan dolar AS sebagai mata uang cadangan terbesar. Nilai mata uang terbaik di dunia lebih kuat dari mata uang lainnya. Per November 2021, US$1 setara dengan Rp4.444.

Baca juga: Indonesia jadi daya tarik bagi mata uang digital Exrates

Demikian ulasan tentang sembilan mata uang tertinggi yang berada di atas dolar. Selama ini, kamu mungkin hanya familiar dengan dolar Amerika Serikat dan pound sterling, ternyata ada mata uang lain yang bisa mengalahkannya.

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Selain itu, jika kamu ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru. Yuk, sign up di EKRUT sekarang juga karena banyak peluang kerja dari perusahaan dan startup ternama menantimu!

Sumber:

  • tempo.com
  • cnnindonesia.com
  • kompas.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1_1._Cost_Structure_Definisi__Fungsi__Jenis__Elemen_dan_Contohnya.jpg

    Expert's Corner

    Cost Structure: Definisi, Fungsi, Jenis, Elemen dan Contohnya

    Anisa Sekarningrum

    18 November 2022
    5 min read
    pexels-thibault-luycx-3975062.jpg

    Lainnya

    Economies of Scale: Pengertian, Penyebab, Jenis, dan Keuntungan Melakukannya

    Fakhrizal Muttaqien

    17 November 2022
    5 min read
    H1_Laporan_Keuangan.jpg

    Lainnya

    6 Contoh Laporan Keuangan Beserta Panduan dalam Penyusunannya

    Algonz D.B. Raharja

    17 November 2022
    5 min read

    Video