Published on

Expert's Corner

Kapan waktu terbaik menambah karyawan baru di kantor?

Sylvia Rheny

menambah_karyawan.png

Menambah karyawan untuk perusahaan ternyata tidak bisa sembarangan dan dilakukan asal-asalan. Di satu sisi, menambah karyawan terlalu dini bisa menimbulkan masalah cash flow dan mendapatkan tekanan tambahan dari manajemen. Namun, di sisi lain, jika kamu terlambat menambah karyawan, kamu bisa kehilangan momen dan dibanjiri pekerjaan yang tidak bisa diselesaikan tepat waktu. 

Lalu, bagaimana caranya untuk tahu kapan waktu terbaik untuk menambah karyawan baru? Tidak ada jawaban tunggal untuk ini, namun kamu bisa menyimak panduan di bawah ini untuk membantu kamu menentukan kapan waktu terbaik menambah karyawan baru untuk perusahaanmu. 

Baca juga: Intip cara terbaik untuk rekrutmen online 

Kenapa perlu menambah karyawan baru di kantor?

Kenapa perlu menambah karyawan baru di kantor?
Menambah karyawan baru bisa membawa ide baru untuk perusahaan. (Sumber: Pexels)

Untuk menjawab kenapa perlu menambah karyawan di kantor, sebenarnya itu kembali pada tujuan bisnis perusahaan. Bisa dikatakan bahwa menambah karyawan adalah langkah penting untuk melebarkan bisnis. 

Namun, kamu perlu menghindari menambah karyawan tanpa mengetahui secara spesifik untuk apa kamu menambah karyawan. Selain itu, menambah karyawan tanpa perencanaan juga bisa menjadi suatu kesalahan. 

Jika bisnis telah mencapai kapasitasnya untuk menerima pekerjaan baru dan mengalami pertumbuhan pendapatan yang kuat, menambah karyawan baru dapat membawa banyak manfaat untuk kantormu. Berikut adalah beberapa keuntungan utama menambah karyawan baru bersumber dari laman Freshbooks:

  • Meningkatkan moral dan kesehatan mental karyawan
  • Membawa ide-ide baru untuk perusahaan 
  • Meningkatkan keahlian karyawan yang lain
  • Membangun kapasitas untuk pekerjaan baru
  • Meningkatkan revenue perusahaan

Menambah karyawan akan dirasakan manfaatnya setelah beberapa waktu. Menambah karyawan yang tepat dan di waktu yang tepat bisa meningkatkan produktivitas perusahaan secara signifikan. Oleh karena itu, pertimbangkan secara matang dan temukan waktu yang tepat untuk menambah karyawan baru di kantor.

Baca juga: Sudahkah kamu melakukan 5 tips rekrutmen ini?

7 Waktu yang tepat untuk menambah karyawan baru di kantor

7 Waktu yang tepat untuk menambah karyawan baru di kantor
Menambah karyawan bisa dilakukan jika perusahaan ingin melebarkan bisnis. (Sumber: Pexels)

Beberapa hal di bawah ini bisa menjadi pertimbangan untuk menemukan kapan waktu yang tepat untuk menambah karyawan baru di kantormu.

1. Beban kerja bertambah

Beban kerja bertambah
Menambah karyawan baru bisa pertimbangkan jika terjadi penambahan beban kerja. (Sumber: Pexels)

Perusahaan yang sedang berkembang biasanya ditandai dengan bertambahnya beban kerja yang juga selaras dengan pertambahan klien atau pelanggan. Saat seorang karyawan dirasa sudah kewalahan dengan daftar pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya sehingga berujung pada penurunan kualitas kerja, maka itu bisa menjadi tanda bahwa kamu perlu menambah karyawan baru untuk perusahaan. 

Selanjutnya, cari tahu benchmark suatu pekerjaan dikatakan wajar atau standar untuk dikerjakan oleh satu orang karyawan. Dengan begitu, kamu bisa memperkirakan seberapa banyak kamu perlu menambah karyawan. 

2. Perusahaan sudah memiliki keuntungan yang stabil

Perusahaan sudah memiliki keuntungan yang stabil
Menambah karyawan baru bisa dilakukan setelah keuntungan perusahaan stabil. (Sumber: Pexels)

Waktu yang tepat untuk menambah karyawan selanjutnya adalah ketika perusahaan sudah memiliki keuntungan yang stabil. Dengan begitu, menambah karyawan tidak akan menjadi beban finansial untuk perusahaan. Menambah karyawan baru tentu harus memperhitungkan pengeluaran baru seperti gaji bulanan, asuransi kesehatan, hingga biaya pelatihan. Sehingga untuk perusahaan dengan keuntungan yang stabil, menambah karyawan baru layak dipertimbangkan untuk mencapai manfaat-manfaat positif yang telah dibahas pada poin di atas.

Baca juga: 3 Perbedaan rekrutmen zaman dulu dan sekarang

3. Fasilitas kantor yang mendukung

Fasilitas kantor yang mendukung
Menambah karyawan sebaiknya didukung dengan fasilitas kantor yang memadai. (Sumber: Pexels)

Pertimbangan selanjutnya adalah fasilitas kantor yang mendukung. Pastikan bahwa ruangan kantor mampu menampung karyawan baru. Jika memaksakan menambah karyawan baru dengan kondisi fasilitas kantor yang kurang layak, maka akan menurunkan produktivitas karyawan. Meskipun begitu, kamu tetap bisa menambah karyawan dengan opsi memperbolehkan karyawan untuk bekerja dari rumah atau remote working. Atau, jika memungkinkan, kamu bisa mempersiapkan kantor baru yang lebih luas dibanding sebelumnya. Dengan begitu, kamu tidak perlu mengorbankan kenyamanan karyawan saat bekerja. 

4. Ingin melebarkan bisnis

Ingin melebarkan bisnis
Melebarkan bisnis dapat didukung dengan upaya menambah karyawan baru. (Sumber: Pexels)

Jika ternyata perusahaan kamu memiliki prospek yang baik kedepannya dan memungkinkan untuk memperlebar sayap pada skala bisnis yang lebih besar, maka perusahaan pasti membutuhkan tim yang kompeten dan menambah karyawan bisa menjadi pilihan yang bijak. Selain bisa mendatangkan ide-ide baru yang bermanfaat bagi perusahaan, menambah karyawan baru juga bisa membantu menyeimbangkan workload karyawan lama seiring dengan adanya proyek-proyek baru dalam upaya membesarkan bisnis.

5. Prospek bisnis kedepan sudah dipastikan baik

Sebelum memutuskan menambah karyawan, sebaiknya kamu memastikan bahwa perusahaan atau prospek bisnis kedepan sudah dipastikan baik. Tentukan apa yang menjadi tujuan bisnis dan langkah yang akan diambil, setelah itu pikirkan kembali apakah dengan menambah karyawan akan berdampak baik untuk perusahaan. Jika telah melakukan perhitungan dan pertimbangan yang matang bahwa menambah karyawan akan membantu memajukan perusahaan, maka kamu bisa mulai menentukan kriteria karyawan seperti apa yang dibutuhkan.

6. Sudah mampu menggaji karyawan baru

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, menambah karyawan tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Menambah karyawan harus benar-benar dihitung dan dipertimbangkan secara matang. Jika setelah memproyeksikan keuangan perusahaan untuk beberapa tahun ke depan dan ternyata hasilnya perusahaan mampu untuk menggaji karyawan baru, maka kamu bisa menambah karyawan dan mempersiapkan proses rekrutmen.

7. Membutuhkan skill baru dari karyawan baru

Dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis, mungkin akan ada saat di mana terdapat suatu pekerjaan yang memerlukan skill tertentu yang tidak dimiliki oleh karyawan lama dan tidak ada pilihan lain selain menambah karyawan baru, maka merekrut karyawan baru adalah solusi terbaik yang bisa dipilih.

Baca juga: 6 pertanyaan untuk dapatkan kandidat berkualitas

Simplify your recruitment process with EKRUT

Simplify your recruitment process with EKRUT
Bergabung dengan EKRUT untuk mendapatkan manfaat talent marketplace.(Sumber: Pexels)

Setelah mempertimbangkan banyak hal dan ternyata saat ini adalah saat yang tepat untuk perusahaan kamu menambah karyawan baru, maka EKRUT bisa menjadi solusi yang efektif untuk membantu proses rekrutmen perusahaanmu. EKRUT merupakan sebuah platform rekrutmen karyawan yang menggunakan perpaduan antara teknologi dan jaringan recruiter untuk melakukan proses rekrutmen yang efektif, berkualitas, dan bisa kamu andalkan untuk mencari kandidat terbaik.

Beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dengan menggunakan EKRUT antara lain yaitu:

  • Keuntungan eksklusif dari paket yang disediakan EKRUT.
  • Mengelola kandidat dengan mudah menggunakan tracking system yang dimiliki EKRUT.
  • Memperoleh kandidat yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.
  • Akses langsung ke talent pool berkualitas yang telah melalui proses kurasi.
  • Konsultan profesional yang akan memberikan bantuan selama proses perekrutan. 

Perlu diketahui bahwa EKRUT menggunakan teknologi data science seperti Marketplace Curation Algorithm (MCA) untuk menyaring dan mengkurasi 5-10 persen kandidat kompetitif teratas yang mencari peluang kerja berdasarkan permintaan secara real-time. Maka dari itu, talent yang ditampilkan dalam marketplace adalah talent berkualitas dan terkini.

Baca juga: Langkah cerdas untuk rekrutmen yang efisien

Untuk mencari dan menemukan kandidat yang sesuai dengan kriteria, EKRUT menggunakan teknologi bernama EKRUT Recommender System (ERS). Kelebihannya, variabel pencarian tidak hanya terbatas pada pengalaman, preferensi, dan keterampilan saja, namun masih banyak lagi. Selain itu,  EKRUT juga menggunakan Budget Prediction Algorithm (BPA) untuk mengukur, memprediksi, dan merekomendasikan kisaran ekspektasi gaji untuk masing-masing job posting berdasarkan kondisi market terkini secara efektif.

Untuk saat ini, terdapat dua subscribe plan yang bisa kamu pilih di EKRUT:

  1. Platform plan
    Tersedia untuk langganan tahunan dan per-kuarter. Dengan subscribe plan ini, perusahaan kamu mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan unlimited hires tanpa harus membayar lagi biaya per hire.
  2. Headhunting plan
    Tidak ada membership fee untuk plan ini, perusahaan kamu hanya perlu membayar ketika terjadi hire.

Sekian pembahasan tentang waktu terbaik untuk menambah karyawan baru untuk perusahaan. Pada akhirnya setiap perusahaan memiliki waktunya sendiri tergantung pada kondisi, tujuan, dan kebutuhan perusahaan.

Kamu bisa memulai #SmartHiring menggunakan platform EKRUT untuk merasakan proses rekrutmen yang efektif dan menemukan kandidat terbaik untuk perusahaan. 

Video embed

smart hiring EKRUT

Sumber:

  • Freshbooks
  • Enterpreneur
  • Neilpatel
  • Smartpresence

Tags

Share