Published on

Expert's Corner

7 Tips rekrutmen online yang efektif selama pandemi COVID-19

Maria Yuniar

tips_rekrutmen_online.jpg

Kemajuan teknologi kini membuat proses rekrutmen karyawan berubah. Perekrutan karyawan di perusahaan-perusahaan besar tak lagi menggunakan cara klasik, seperti datang langsung atau mengirim lamaran lewat pos. 

Banyak perusahaan kini mulai beralih ke metode rekrutmen online. Dengan menggunakan koneksi Internet dan memanfaatkan email, proses rekrutmen karyawan menjadi jauh lebih mudah dilakukan. Tak hanya lewat email, banyak juga perusahaan yang mulai melirik situs perekrutan karyawan untuk mendapatkan kandidat terbaik. 

Namun, dalam melakukan perekrutan online, perusahaan tetap harus memiliki strategi dan tak bisa menaruh informasi lowongan sembarangan. Berikut ini adalah cara terbaik bagi perusahaan untuk melakukan rekrutmen online.

Baca juga: Sudahkah kamu melakukan 5 tips rekrutmen ini?

Manfaat rekrutmen online

Manfaat rekrutmen online
Menerapkan tips rekrutmen online bisa memberikan banyak manfaat. (Sumber: Pexels)

Selain banyak memudahkan proses rekrutmen selama pandemi COVID-19, rekrutmen online ini ternyata juga memiliki banyak manfaat, baik bagi perusahaan atau bagi kandidat. Tiga manfaat rekrutmen online adalah sebagai berikut.

1. Biaya yang tidak besar

Biaya yang tidak besar
Menerapkan tips rekrutmen online bisa memangkas biaya perekrutan. (Sumber: Pexels)

Biaya yang diperlukan untuk melakukan rekrutmen online ini tidak lebih besar dibandingkan rekrutmen secara langsung. Saat melakukan rekrutmen secara langsung atau tatap muka, maka perlu biaya seperti transportasi. Waktu dan energi yang dibutuhkan juga lebih banyak dibandingkan rekrutmen online. Beberapa tools pendukung yang kamu butuhkan untuk melakukan rekrutmen online adalah adalah akun virtual, jaringan internet, dan media elektronik (tablet, smartphone, laptop). Melakukan rekrutmen online akan memberikan manfaat dalam efisiensi biaya, waktu, dan tenaga yang dikeluarkan.

2. Meningkatkan rasa percaya diri talent

Meningkatkan rasa percaya diri talent
Menerapkan tips rekrutmen online bisa meningkatkan rasa percaya diri talent. (Sumber: Pexels)

Tidak semua kandidat memiliki rasa percaya diri yang kuat ketika bertemu dengan orang baru yang sama sekali tidak dikenalnya sebelumnya. Sehingga banyak kandidat seperti ini yang terbantu dengan adanya virtual interview. Dengan melakukan virtual interview, kandidat akan lebih nyaman karena bisa memilih tempat untuk melakukan interview secara online. Rasa percaya diri akan lebih kuat jika seseorang telah merasa nyaman atau terbiasa dengan lingkungan sekitarnya. Itulah mengapa rekrutmen online ini membantu meningkatkan rasa percaya diri kandidat. 

3. Jadwal interview lebih fleksibel

Jadwal interview lebih fleksibel
Menerapkan tips rekrutmen online bisa membuat jadwal interview lebih fleksibel. (Sumber: Pexels)

Melakukan rekrutmen online tentu akan memudahkan kedua belah pihak, baik perekrut maupun kandidat untuk mempersiapkan segala sesuatu dengan lebih baik, karena dengan rekrutmen online maka bisa meminimalisir hal-hal yang terjadi di luar kontrol. Misalnya kemacetan jalanan yang sulit diprediksi kemunculannya dan durasinya. Dengan rekrutmen online, interview menjadi lebih fleksibel, efisien, dan meminimalisir banyak hambatan yang bisa memperburuk penilaian atau bahkan menghilangkan kesempatan untuk memberikan kesan terbaik selama interview.

Baca juga: Kesulitan mencari kandidat terbaik? Ini cara tepatnya

7 Tips rekrutmen online karyawan yang efektif

7 Tips rekrutmen online karyawan yang efektif
Beberapa tips rekrutmen online bisa diterapkan oleh perusahaan. (Sumber: Pexels)

Beberapa cara dan tips rekrutmen online berikut ini bisa menjadi pertimbangan agar proses rekrutmen yang kamu lakukan selama pandemi COVID-19 berjalan dengan efektif. 

1. Manfaatkan situs untuk rekrutmen

rekrutmen online - EKRUT
Manfaatkan talent marketplace seperti EKRUT untuk mendapat kandidat terbaik dalam rekrutmen online - EKRUT

Banyak sekali perusahaan yang memasang informasi lowongan pekerjaan. Namun, tak sedikit yang lupa untuk meyakinkan para kandidat, bahwa perusahaan tersebut adalah perusahaan yang paling tepat untuk dilamar. 

Untuk itu, perusahaan perlu memperjelas visi, misi, nilai, dan budaya yang dibawa oleh perusahaan. Tak harus dengan menulis daftar visi dan misi, perusahaan juga bisa memperkuat citra diri melalui desain situs perusahaan dan cara menulis lowongan pekerjaan. Talent marketplace EKRUT pun bisa menjadi pilihan yang sesuai bagi HRD untuk menemukan kandidat terbaik.

2. Beri informasi lengkap

rekrutmen online - EKRUT
Buatlah deskripsi lowongan pekerjaan yang jelas - EKRUT

Bila lowongan pekerjaan yang dibuka belum mampu menjaring kandidat terbaik, perusahaan perlu melakukan cara klasik yang terbukti ampuh ketika merekrut karyawan. Salah satunya, dengan menulis lowongan posisi pekerjaan secara detail. Dalam menulis lowongan posisi pekerjaan, perusahaan juga harus mampu membuat para kandidat yang sesuai merasa, bahwa posisi yang ditawarkan memang sesuai dengan mereka. 

Baca juga: 7 Strategi rekrutmen yang efektif untuk mendapatkan kandidat terbaik

3. Optimalkan kata kunci untuk SEO 

rekrutmen online - EKRUT
Melakukan optimasi pada kata kunci di lowongan pekerjaan akan membantu kandidat lebih mudah menemukanmu - EKRUT

Sebagian besar pencari kerja menggunakan mesin pencari seperti Google untuk mencari informasi terkait lowongan pekerjaan. Itu sebabnya pastikan untuk melakukan optimasi kata kunci dalam strategi rekrutmen online perusahaan. Hal ini dapat membantu iklan lowongan pekerjaan kamu akan lebih sering muncul laman pencarian sehingga mudah ditemukan oleh para kandidat. 

4. Gunakan jaringan yang ada

rekrutmen online - EKRUT
Manfaatkan jaringan yang dimiliki karywan untuk menemukan kandidat dengan mudah - EKRUT

Salah satu kekuatan dalam bisnis yang tak lekang oleh waktu adalah jaringan atau networking. Hal itu juga berlaku dalam pencarian karyawan. Perusahaan dapat memanfaatkan jaringan yang dimiliki oleh karyawan yang ada, untuk menemukan kandidat yang sesuai dengan suatu posisi. Hal ini terbukti ampuh untuk menemukan kandidat yang sesuai dengan kualifikasi. Sebab, para karyawan yang memberikan rekomendasi tentu sudah memahami kultur maupun preferensi perusahaan.

Baca juga: 5 Cara membangun networking untuk menunjang karier

5. Manfaatkan media sosial 

rekrutmen online - EKRUT
Bangun employer branding di media sosial untuk menarik lebih banyak kandidat - EKRUT

Pertimbangkan untuk mulai membangun employer brand yang dapat menarik kandidat-kandidat terbaik dalam rekrutmen online yang kamu rancang. Salah satu cara yakni dengan menggunakan media sosial  seperti  LinkedIn, Facebook, Instagram atau Twitter.sebagai salah satu saluran employer branding perusahaan. Tidak hanya asal menggunakan media sosial, pikirkan strategi yang tepat dalam setiap konten yang diunggah. Jangan hanya mengunggah lowongan pekerjaan terus menerus. Itu justru akan terlihat membosankan. Pikirkan kenapa orang-orang harus mengikuti kamu di media sosial dan nilai seperti apa yang bisa mereka dapatkan dari akun media sosial perusahaan kamu. 

6. Gunakan test untuk menyaring talent

Gunakan test untuk menyaring talent
Tips rekrutmen online yaitu menggunakan test untuk menyaring kandidat. (Sumber: Pexels)

Tips rekrutmen online yang selanjutnya adalah menggunakan test untuk menyaring kandidat. Pre-employment test adalah cara yang sangat efisien bagi pemberi kerja untuk menyaring dan melihat apakah seorang kandidat akan cocok atau sesuai dengan kriteria yang diberikan perusahaan, sebelum menginvestasikan banyak waktu dan energi ke kandidat tersebut. Banyak pre-employment test yang dilakukan secara online untuk menguji hard skill, soft skill, pengetahuan, dan bahkan kepribadian kandidat.

7. Ciptakan branding yang kuat

Ciptakan branding yang kuat
Tips rekrutmen online yaitu menciptakan branding yang kuat. (Sumber: Pexels)

Tips rekrutmen online yang terakhir adalah menciptakan branding yang kuat untuk perusahaan. Branding yang kuat ini sangat penting dalam proses perekrutan. Memberikan proposisi nilai yang unik membantu kandidat dalam membedakan perusahaan kamu dengan perusahaan lainnya. Dengan menciptakan branding yang positif, kemungkinan besar akan menjadi daya tarik sendiri bagi kandidat sehingga nantinya akan ada lebih banyak kandidat yang tertarik bekerja di perusahaanmu. Selain itu, kamu juga akan memerlukan budget yang lebih sedikit untuk proses rekrutmen karyawan di perusahaanmu. 

Baca juga: 7 Tipe karyawan yang diinginkan oleh perusahaan startup

Simplify your recruitment process with EKRUT

Simplify your recruitment process with EKRUT
EKRUT adalah salah satu jasa rekrutmen karyawan di Indonesia yang dapat diandalkan. (Gambar:Pexels)

Untuk memaksimalkan pengalaman dalam rekrutmen online, kamu bisa memanfaatkan platform EKRUT. Didirikan pada tahun 2016, EKRUT merupakan sebuah platform rekrutmen yang menggunakan perpaduan antara teknologi dan jaringan recruiter untuk melakukan proses rekrutmen yang efektif dan berkualitas.

Beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dengan menggunakan EKRUT antara lain yaitu:

  • Keuntungan eksklusif dari paket yang disediakan EKRUT.
  • Mengelola kandidat dengan mudah menggunakan tracking system yang dimiliki EKRUT.
  • Memperoleh kandidat yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan.
  • Akses langsung ke talent pool berkualitas yang telah melalui proses kurasi.
  • Konsultan profesional yang akan memberikan bantuan selama proses perekrutan. 

Perlu diketahui bahwa EKRUT menggunakan teknologi data science seperti Marketplace Curation Algorithm (MCA) untuk menyaring dan mengkurasi 5-10% kandidat kompetitif teratas yang mencari peluang kerja berdasarkan permintaan secara real-time. Maka dari itu, talent yang ditampilkan dalam marketplace adalah talent berkualitas dan terkini.

Untuk mencari dan menemukan kandidat yang sesuai dengan kriteria, EKRUT menggunakan teknologi bernama EKRUT Recommender System (ERS). Kelebihannya, variabel pencarian tidak hanya terbatas pada pengalaman, preferensi, dan keterampilan saja, namun masih banyak lagi. Selain itu, EKRUT juga menggunakan Budget Prediction Algorithm (BPA) untuk mengukur, memprediksi, dan merekomendasikan kisaran ekspektasi gaji untuk masing-masing job posting berdasarkan kondisi market terkini secara efektif.

Untuk saat ini, terdapat 2 subscribe plan yang bisa kamu pilih di EKRUT:

  1. Platform plan
    Tersedia untuk langganan tahunan dan per-kuarter. Dengan subscribe plan ini, perusahaan kamu mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan unlimited hires tanpa harus membayar lagi biaya per hire.
     
  2. Headhunting plan
    Tidak ada membership fee untuk plan ini, perusahaan kamu hanya perlu membayar ketika terjadi hire.

Baca juga: 5 Manfaat data bagi HRD dalam proses perekrutan

Saat ini rekrutmen online memang sudah mulai banyak dilakukan. Jika kamu tertarik untuk menjadi salah satu perusahaan yang menerapkan hal tersebut, pastikan kamu melakukan beberapa cara di atas, ya. EKRUT dapat menjadi salah satu platform andalan kamu untuk menemukan kandidat yang tepat secara efektif dan membantu kamu menghindari kesalahan dalam rekrutmen. 

smart hiring EKRUT
Last update: 1 September 2021

Sumber:

  • thebalancecareers.com
  • smartrecruitonline.com

 

Tags

Share