Media

3 cara terbaik untuk rekrutmen online
By Maria Yuniar - 24 September 2018
5 min read 171 Views

Kemajuan teknologi kini membuat proses rekrutmen karyawan berubah. Perekrutan karyawan di perusahaan-perusahaan besar tak lagi menggunakan cara klasik, seperti datang langsung atau mengirim lamaran lewat pos. 

Banyak perusahaan kini mulai beralih ke metode rekrutmen online. Dengan menggunakan koneksi Internet dan memanfaatkan email, proses rekrutmen karyawan menjadi jauh lebih mudah dilakukan. Tak hanya lewat email, banyak juga perusahaan yang mulai melirik situs perekrutan karyawan untuk mendapatkan kandidat terbaik. (Baca juga: Langkah cerdas untuk rekrutmen yang efisien)

Namun, dalam melakukan perekrutan online, perusahaan tetap harus memiliki strategi dan tak bisa menaruh informasi lowongan sembarangan. Berikut ini tiga cara terbaik bagi perusahaan untuk melakukan rekrutmen online.

 

Manfaatkan situs untuk rekrutmen

Banyak sekali perusahaan yang memasang informasi lowongan pekerjaan. Namun, tak sedikit yang lupa untuk meyakinkan para kandidat, bahwa perusahaan tersebut adalah perusahaan yang paling tepat untuk dilamar. (Baca juga: Cara-cara jitu tingkatkan rekrutmen perusahaan)

Untuk itu, perusahaan perlu memperjelas visi, misi, nilai, dan budaya yang dibawa oleh perusahaan. Tak harus dengan menulis daftar visi dan misi, perusahaan juga bisa memperkuat citra diri melalui desain situs perusahaan dan cara menulis lowongan pekerjaan. Talent marketplace EKRUT pun bisa menjadi pilihan yang sesuai bagi HRD untuk menemukan kandidat terbaik.


Sumber: sadrecruiter.com

 

Beri informasi lengkap

Bila lowongan pekerjaan yang dibuka belum mampu menjaring kandidat terbaik, perusahaan perlu melakukan cara klasik yang terbukti ampuh ketika merekrut karyawan. Salah satunya, dengan menulis lowongan posisi pekerjaan secara detail.

Dalam menulis lowongan posisi pekerjaan, perusahaan juga harus mampu membuat para kandidat yang sesuai merasa, bahwa posisi yang ditawarkan memang sesuai dengan mereka. (Baca juga: Apa sih bedanya rekrutmen zaman dulu dan sekarang?)

 

Gunakan jaringan yang ada

Salah satu kekuatan dalam bisnis yang tak lekang oleh waktu adalah jaringan atau networking. Hal itu juga berlaku dalam pencarian karyawan. Perusahaan dapat memanfaatkan jaringan yang dimiliki oleh karyawan yang ada, untuk menemukan kandidat yang sesuai dengan suatu posisi. Hal ini terbukti ampuh untuk menemukan kandidat yang sesuai dengan kualifikasi. Sebab, para karyawan yang memberikan rekomendasi tentu sudah memahami kultur maupun preferensi perusahaan.

Selain itu, perusahaan juga dapat menggunakan bantuan media sosial untuk menemukan kandidat yang tepat, seperti LinkedIn, Facebook, maupun Twitter.

 

Rekomendasi bacaan:
Sejauh mana peran data bagi HRD dalam rekrutmen?
Tak bisa berhenti pikirkan masalah pekerjaan saat cuti? Coba cara ini!
Jika alami 8 tanda ini, artinya kamu butuh cuti secepatnya!

 

Sumber:
thebalancecareers.com
jobsindonesia.com
 

Tags:

  • kandidat
  • HRD
  • rekrutmen
  • Share Group 1 Group 3 Group 4
    Bergabung dengan EKRUT

    Bergabung dengan EKRUT dan dapatkan pekerjaan impianmu!
    Daftar Sekarang