Published on

Careers

Meningkatkan produktivitas kerja pada 2021 dengan deretan tools ini

Maria Tri Handayani

meningkatkan-produktivitas-kerja---EKRUT.jpg

Agar rencana kerjamu pada tahun 2020 dapat berjalan dengan lancar, penting bagi kamu untuk terus meningkatkan produktivitas kerja dengan baik. 

Pasalnya, memiliki produktivitas kerja yang tinggi dapat menunjang hasil kerja yang baik hingga akhirnya bisa menjadi bukti yang  meyakinkan atasan bahwa kamu siap mendapatkan tanggung jawab yang lebih besar lagi. 

Nah, berikut ini adalah beberapa tools yang bisa kamu gunakan untuk membantumu meningkatkan produktivitas kerja pada tahun 2020.

Jaga fokus dengan tools ini 

meningkatkan produktivitas kerja - EKRUT
Susahnya menjaga fokus saat bekerja dapat mengganggu produktivitasmu - EKRUT

Salah satu hal yang mengganggu produktivitas kerja adalah ketika kamu tidak dapat menjaga fokus. Oleh karena itu, agar kamu dapat tetap fokus dan pekerjaan berjalan dengan lancar, berikut adalah beberapa tools yang bisa kamu gunakan.

StayFocused 

Jika kamu selalu merasa terganggu dengan keinginan untuk mengecek media sosial  saat bekerja, maka gunakan tools seperti StayFocused untuk membantumu mengurangi distraksi terhadap hal tersebut. 

StayFocused dapat membantumu membatasi jumlah waktu yang kamu habiskan di situs-situs yang mengganggu produktivitas kerja, seperti media sosial atau online shop. 

Sehingga bila kamu sudah mengunjungi situs tersebut dalam batas waktu yang sudah kamu tentukan, maka situs tersebut akan otomatis tidak dapat kamu akses kembali pada sisa hari tersebut.

RescueTime 

RescueTime adalah alat yang bisa membantu mengerti dan mengukur seberapa lama waktu yang telah kamu habiskan untuk online pada hari kerja. 

Dengan begitu kamu bisa tahu seberapa banyak waktu yang sudah kamu habiskan untuk hal-hal yang mengganggu produktivitas kerjamu. 

Melalui tools ini, kamu bisa mengatur Goals dan alerts untuk mengubah perilaku yang dianggap mengganggu. Misalnya saja, secara otomatis dapat memblokir situs-situs yang mengganggu produktivitas kerjamu saat di kantor. 

Dewo 

Mirip dengan dua tools sebelumnya, Dewo dapat membantu kamu untuk tetap fokus bekerja. 

Menariknya,  Dewo memanfaatkan teknologi AI untuk mempelajari polamu dan memberikan saran yang dapat membantu kamu untuk bekerja lebih cerdas. 

Salah satu fiturnya adalah mode "Do not disturb" yang bisa kamu atur untuk mematikan pemberitahuan dari beragam aplikasi chat yang dapat mengganggu konsentrasi kerjamu.  

Tools untuk mengelola pekerjaan

meningkatkan produktivitas kerja - EKRUT
Dengan  mengelola pekerjaan yang harus kamu lakukan, maka kamu dapat lebih produktif dalam bekerja - EKRUT

Jika kamu kesulitan mengelola pekerjaan harian, beberapa tools di bawah ini bisa kamu gunakan untuk membantu meningkatkan produktivitas kerjamu.. 

Trello 

Trello merupakan tools yang kerap digunakan untuk mengatur dan mengelola berbagai hal dalam pekerjaan, mulai dari daftar pekerjaan sederhana yang biasa kamu lakukan sehari-hari hingga proyek yang lebih kompleks.

Trello juga terbilang user-friendly karena mudah digunakan serta memiliki beragam fitur lengkap seperti tools kolaborasi yang bisa digunakan untuk membantumu mengelola sebuah proyek. 

Todoist 

Jika kamu yang kesulitan melacak dan memantau progres pekerjaan, maka Todoist dapat menjadi tools yang cocok untuk kamu gunakan. 

Lewat Todoist kamu bisa mengelompokkan daftar pekerjaanmu ke sub kategori tertentu sehingga kamu bisa memperoleh gambaran lebih jauh tentang daftar tugas yang harus kamu lakukan di hari tersebut. 

Misalnya, pekerjaan mana yang harus kamu selesaikan terlebih dahulu, atau daftar pekerjaan mana saja yang merupakan proyek kolaborasi dengan orang maupun divisi lain. Kamu juga bisa memantau tenggat waktu dari setiap tugas yang harus kamu selesaikan. 

Evernote 

Evernote juga bisa kamu gunakan untuk membantu produktivitas kerja pada tahun 2020 nanti.

Tools yang satu ini dapat kamu gunakan untuk mencatat ide atau inspirasi yang tiba-tiba muncul, serta menuliskan daftar to-do-list pekerjaan yang tidak ingin kamu lewatkan pada hari itu. 

Kamu juga bisa memasang pengingat untuk beberapa tugas yang kamu anggap penting.Kelebihan lain dari Evernote adalah dapat dihubungkan dalam berbagai perangkat sehingga memungkinkan kamu untuk bekerja di mana saja. 

Baca juga: Yuk, terapkan 6 tips meningkatkan produktivitas kerja berikut!

Tools untuk mempermudah kerja sama tim

meningkatkan produktivitas kerja - EKRUT
Kerja sama tim yang tidak dikelola dengan baik akan menghambat produktivitas kerja - EKRUT

Agar tercipta kerja sama tim yang baik tentunya perlu komunikasi yang baik pula. Nah, beberapa tools di bawah ini bisa menjadi pilihanmu untuk memperlancar proses komunikasi tersebut. 

Slack

Slack adalah platform komunikasi yang populer digunakan untuk kolaborasi dalam tim. Ada beragam fitur yang bisa digunakan dalam Slack, seperti transfer file hingga integrasi dengan tools lainnya seperti Trello. 

GoToMeeting

Bila kamu kesulitan menjadwalkan meeting, maka tools yang satu ini bisa jadi pilihan lainnya. 

Dengan GoToMeeting  kamu bisa melakukan konferensi video online dengan rekan kerja maupun klien melalui desktop ataupun perangkat seluler kamu. 

Lark 

Lark adalah tools lain yang bisa kamu gunakan khususnya demi meningkatkan produktivitas dan kolaborasi antar anggota tim.

Keunggulan platform ini adalah berbagai fitur yang saling terhubung dan dapat digunakan untuk mempermudah kerja sama tim mulai dari berkirim pesan, pembuatan file kerja seperti dokumen dan presentasi,  mengatur kalender bersama untuk mempermudah rapat hingga untuk konferensi video dan panggilan suara antar anggota. Semua fitur ini dapat diakses dalam satu aplikasi mobile.

Itulah beberapa tools untuk meningkatkan produktivitas kerja pada tahun 2020 nanti. Gunakan tools yang sesuai dan efektif untuk menunjang pekerjaanmu, ya!

Siapa tahu dengan meningkatkan produktivitas kerja pada tahun 2020 ini kamu bisa membuka jalan kepada pengembangan karier yang kamu inginkan. 

tahun baru kantor baru - EKRUT

 

Rekomendasi bacaan: 

Sumber: 

  • techradar.com
  • rescuetime.com
  • timelyapp.com

Tags

Share