Published on

Lainnya

Merchandising Adalah: Pengertian, Fungsi, dan 5 Manfaatnya untuk Perusahaan

Mary Swarahapsari

Merchandising_Adalah__Pengertian__Fungsi__dan_(Jumlah)_Manfaatnya_untuk_Perusahaan.jpg

Apa yang terlintas di benakmu ketika kamu mendengar kata merchandise? Mungkin sebagian besar dari kamu sudah mengetahui merchandise ini. Namun, apakah kamu tahu lebih dalam mengenai fungsi dan manfaat dari merchandise itu sendiri? Oleh karena itu, mari simak pengertian, fungsi, dan manfaat merchandising untuk perusahaan di artikel ini.

Baca juga: ENFP Adalah: Karakteristik Beserta Kelebihan dan Kekurangan Serta Rekomendasi Pekerjaannya

Apa itu merchandising?


Merchandising adalah jenis produk untuk dijual. (sumber: pexels)

Merchandising adalah segala jenis produk yang memang dibuat oleh perusahaan untuk dijual. Biasanya, merchandise dijadikan sebagai bentuk promosi brand, acara, film, dan lain sebagainya. Dengan adanya merchandise tersebut, diharapkan dapat menunjukkan keistimewaan produk dan juga menarik perhatian audiens untuk mengenali brand perusahaan.

Merchandise berbeda dengan gift yang memang dibuat sebagai hadiah dan diberikan secara cuma-cuma kepada orang yang telah menghadiri suatu acara.

Maka, dapat dikatakan bahwa merchandising merupakan bentuk aktivitas pemasaran yang dilakukan untuk memenuhi kebutuhan barang dagang yang tepat, dalam jumlah yang tepat, di tempat yang tepat, dengan harga yang tepat, dan pada waktu yang tepat.

Dalam hal ini, orang yang membantu meningkatkan penjualan barang dan mengembangkan strategi pemasaran disebut merchandiser. Seorang merchandiser memiliki tanggung jawab untuk menarik pelanggan membeli banyak produk dan memastikan produk tiba tepat waktu.

Baca juga: Copywriter adalah: Tanggung Jawab, Skill-set dan Kisaran Gajinya

Fungsi merchandising


Fungsi merchandising. (sumber: pexels)

Biasanya merchandising dibuat untuk membentuk suatu brand image sendiri atau mengenalkan merek kepada banyak orang. Dengan begitu, secara tidak langsung perusahaan telah membangun strategi pemasaran yang dapat digunakan oleh banyak media.

Melihat penjelasan di atas, dapat dikatakan bahwa merchandising memiliki fungsi yang penting dalam dunia periklanan, sehingga banyak pengusaha mulai memperhatikan cara promosi dengan baik terkait produk yang ditawarkan. Lalu, apa saja fungsi lain merchandise untuk perusahaan maupun untuk strategi pemasaran? Berikut ini beberapa fungsi merchandising lainnya.

  • Sebagai media branding produk atau perusahaan. Misalkan, ketika logo perusahaan dicantumkan pada barang seperti tote bag atau gelas, sehingga dapat memperkenalkan produk atau perusahaan dengan lebih mudah.
  • Sebagai alat pemasaran dari satu konsumen ke konsumen lainnya.
  • Sebagai bentuk ucapan terima kasih. Biasanya, ketika tamu yang menghadiri atau mengikuti suatu acara, akan mendapatkan merchandise berupa apapun. Hal ini memiliki tujuan untuk memberikan kesan terhadap acara tersebut.
  • Sebagai penarik perhatian agar orang-orang mau mengunjungi stand pada suatu event. Biasanya, kegiatan tersebut diadakan di tempat yang ramai seperti pameran, mall, bazaar, dll.

Baca juga: 10 Rekomendasi Aplikasi Scan Dokumen yang Praktis untuk Digunakan

Manfaat merchandising


Manfaat merchandising. (sumber: pexels)

Selain fungsi, merchandising juga memiliki berbagai manfaat, yaitu antara lain:

1. Personal touch

Sebuah merchandise yang diberikan secara khusus kepada seseorang akan memberikan efek personal touch, maksudnya dapat menyentuh hati orang yang menerimanya. Selain itu, personal touch ini dapat membangun keterikatan antara brand dengan konsumen.

2. Cost-effectiveness

Merchandising adalah salah satu alat promosi yang paling terjangkau, terutama jika perusahaan berpengalaman dan terampil dalam penggunaannya. Hal ini mungkin dapat berharga bagi perusahaan yang memiliki dana terbatas, karena dalam melakukan kontrol produk mungkin memerlukan sedikit atau tanpa pengeluaran tambahan.

3. Unconsciousness brand development

Perlu diingat bahwa tren untuk memasarkan produk melalui iklan sudah terbilang cukup pasaran. Hal ini menyebabkan sebagian konsumen menjadi bosan dengan berbagai penawaran dari iklan media konvensional yang tak ada habisnya. Oleh karena itu, dengan menggunakan barang sebagai media iklan, secara tidak langsung kamu dapat menarik perhatian konsumen melalui alam bawah sadar tanpa memaksa mereka menerima pesan yang kami kirim.

4. Easy to use

Umumnya, barang-barang yang dijadikan sebagai merchandise dapat dipakai secara mudah. Misalnya, seperti pulpen, tote bag, ataupun notes yang biasanya digunakan sebagai barang promosi sekaligus untuk kebutuhan sehari-hari. Kemudahaan dalam menggunakan barang penting diperhatikan saat memilih produk iklan.

5. Long lasting

Hal penting lainnya, yaitu kamu harus memikirkan ketahanan dan jangka waktu dalam memilih sarana promosi yang efektif. Perlu diketahui ketika kamu beriklan di media konvensional, jangka waktu yang diberikan untuk sekali penayangan sangat sebentar. Hal ini dapat berisiko konsumen hanya sebatas melihat iklan tersebut tanpa mencobanya. Namun, berbeda ketika menggunakan merchandise sebagai sarana iklan, maka jangka waktu promosi dapat lebih lama, sesuai dengan penggunaan barang merchandise itu sendiri.

Baca juga: Eksportir adalah: Pengertin, syarat, manfaat, jenis, perhitungan pajak, dan contohnya

Demikian penjelasan mengenai beberapa fungsi dan manfaat dari merchandising. Jadi, dapat disimpulkan bahwa merchandise adalah berbagai jenis barang yang biasa kamu temukan setelah menghadiri suatu acara, digunakan oleh perusahaan untuk melakukan strategi pemasaran. Semoga informasi di atas dapat menambah wawasan kamu mengenai dunia pemasaran ini, ya!

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • distribusipemasaran.com
  • accurate.id
  • adalah.co.id

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    Apa_Itu_Audience.jpg

    Lainnya

    Apa Itu Audience? Berikut Pengertian, Konsep, Fungsi, dan Jenisnya!

    Mauditalani

    20 September 2022
    8 min read
    H1_ide_bisnis_kreatif.jpg

    Lainnya

    19 Ide Bisnis Kreatif yang Menguntungkan dan Masih Jarang Pesaing

    Alvina Vivian

    07 September 2022
    7 min read
    H1-Ingin_Punya_Bisnis_Di_Akhir_2022__Simak_15__Peluang_Bisnis_2022_yang_Menguntungkan.jpg

    Careers

    15+ Peluang Bisnis yang Menguntungkan di Tahun 2022

    Lita Lia

    05 September 2022
    8 min read

    Video