Technology

10 Rekomendasi Aplikasi Scan Dokumen yang Praktis untuk Digunakan

Published on
Min read
5 min read
time-icon
aplikasi-scan-dokumen.jpg

Aplikasi scan dokumen kini banyak dikembangkan untuk mempermudah manusia dalam melakukan pengarsipan file sebagai PDF digital. Zaman dulu, pemindaian dokumen masih dilakukan manual melalui alat scanner. Kini, kamu bisa memindai dokumen melalui smartphone secara gratis.

Pentingnya scan dokumen


Scanning dilakukan dengan tujuan kemudahan transfer dokumen (sumber: zshotapp.com)

Di era sekarang, dokumen fisik jarang digunakan, terutama untuk transfer dokumen jarak jauh seperti untuk keperluan melamar pekerjaan. Dokumen fisik banyak dialihkan menjadi dokumen digital atau online untuk berbagai alasan, salah satunya adalah kemudahan.

Namun, untuk melakukan pemindaian dokumen cukup menyusahkan apabila masih menggunakan perangkat keras OCR. Selain harus membeli perangkat, langkah-langkah pemindaian juga harus dipahami dengan teliti untuk mendapatkan hasil scan yang optimal. Oleh karena itu, aplikasi scan dokumen hadir untuk mempermudah dalam melakukan scan dokumen menjadi file digital. Bahkan, file dapat diedit sesuai kebutuhan sebelumnya sehingga mencakup informasi yang lebih lengkap.

Baca juga: 12 Aplikasi Edit Foto Gratis untuk Android dan iOS 2022

10 Rekomendasi aplikasi scan dokumen mudah dan praktis


Berikut rekomendasi aplikasi scan dokumen mudah dan praktis. (sumber: pexels)

Scanner adalah teknologi yang memiliki fungsi serupa mesin fotokopi dimana digunakan untuk memindai dokumen menjadi bentuk digital. Saat ini, telah banyak dikembangkan software atau aplikasi scan dokumen yang dapat digunakan secara gratis. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi scan dokumen yang mudah dan praktis.

1. Genius Scan


Genius Scan mendukung untuk format JPG dan PDF (sumber: Google Play Store)

Genius Scan adalah aplikasi pemindaian untuk Android yang mendukung format JPG dan PDF. Aplikasi ini juga mendukung beberapa pemindaian dokumen lain serta tata letak halaman yang berbeda seperti A5, A4, A3, kartu nama, dan surat resmi. Genius Scan juga dilengkapi dengan beberapa fitur koreksi, deteksi halaman, dan berbagai pemindaian dengan peningkatan kualitas tinggi.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat membuat cadangan dan memulihkan data yang telah terpindai secara otomatis. Genius Scan kompatibel untuk perangkat Android, iOS, dan Windows.

2. Mobile Doc Scanner


Mobile Doc Scanner tersedia dalam versi lite dan full (sumber: Google Play Store)

Mobile Doc Scanner merupakan salah satu aplikasi scan dokumen yang memiliki fitur-fitur cukup luar biasa. Aplikasi ini memiliki beberapa navigasi gerakan untuk memfokuskan dokumen dengan mudah.

Selain itu, Mobile Doc Scanner mendukung berbagai tata letak halaman seperti tabloid, eksekutif, A5, A4, A3, B5, kartu nama, legal, dan amplop. MDScan tersedia dalam versi lite dan full version yang dapat digunakan untuk perangkat Android 2.3 dan ke atasnya.

3. Handy Scanner


Handy Scanner memiliki keunggulan dari fitur batch scan (sumber: Google Play Store)

Aplikasi Handy Scanner menghadirkan beberapa fitur canggih yang mendukung pemindaian PDF memiliki kualitas cukup baik. Aplikasi ini juga memiliki fitur batch scan sehingga seseorang dapat melakukan pemindaian banyak dokumen sekaligus.

Selain itu, Handy Scanner juga memiliki fitur pencadangan dan pemulihan otomatis, sehingga memungkinkan kamu mengunggah file yang telah dipindai ke Google Drive, Dropbox, dan layanan cloud lainnya. Handy Scanner tersedia juga untuk versi pro yang menawarkan fitur tambahan, seperti pemindaian berkualitas tinggi, tangkapan kamera tanpa batas, dan penyempurnaan gambar scan.

Baca juga: 7 Cara Mengecilkan atau Kompres Ukuran Foto Secara Online Maupun Offline

4. CamScanner


Camscanner adalah salah satu aplikasi scan dokumen populer (sumber: vstorrent.org)

CamScanner mungkin adalah salah satu aplikasi scan dokumen terbaik untuk Android dan iOS yang dapat kamu coba. Dengan aplikasi ini, kamu dapat memindai file PDF, tanda terima, notes di papan tulis, kartu nama, kartu ID, dan lainnya.

Salah satu keunggulan aplikasi ini adalah dapat meningkatkan kualitas pemindaian, mengekstrak teks dari gambar, serta menambahkan beberapa keterangan. Dalam Camscanner juga terdapat fitur "search" yang membantu mencari dokumen lama. Aplikasi scan dokumen ini juga mendukung berbagai layanan penyimpanan cloud, seperti Box, Dropbox, Evernote, Google Drive, dan OneDrive. Camscanner kompatibel untuk perangkat Android maupun iOS.

5. TurboScan


Turboscan memiliki fitur keunggulan “SureScan3x” (sumber: engadget.com)

Salah satu fitur yang menonjol dari aplikasi ini adalah fitur "SureScan3x". Fitur ini memungkinkan kamu memindai tiga gambar dari halaman yang sama dengan kualitas yang lebih tinggi.

Aplikasi ini juga memiliki kelebihan di mana file yang dipindai akan terkirimkan ke email akun kamu secara otomatis. Fitur lainnya termasuk menyimpan hasil scan dalam bentuk JPG, PDF, dan PNG, koreksi otomatis, dan Cloud Print. Turboscan kompatibel untuk perangkat Android 4.0 ke atas dan iOS.

6. Adobe Scan


Adobe scan terintegrasi dalam aplikasi Adobe lain (sumber: uptodown.com)

Adobe Scan adalah aplikasi scanning dokumen dari Adobe yang memungkinkan untuk membuat file PDF. Aplikasi Adobe Scan dapat digunakan untuk perangkat Android atau iOS dengan memanfaatkan kamera untuk scanning dokumen. Aplikasi scan dokumen ini juga menyediakan pratinjau untuk mengoptimalkan dimensi file, memutar, memotong, dan mengedit warna sesuai kebutuhan.

Keunggulan Adobe Scan mungkin adalah integrasinya dengan aplikasi Adobe lain, seperti Adobe Acrobat dan Adobe Fill & Sign. Melalui fitur ini, kamu tidak hanya dapat melakukan scanning, tetapi juga mengedit, membubuhi tanda tangan, serta keterangan lain dalam dokumen.

7. Microsoft Office Lens


Microsoft Office Lens terintegrasi dengan Cloud Microsoft (sumber: s3now.news)

Microsoft Office Lens merupakan salah satu aplikasi scan dokumen yang memungkinkan kamu bisa mengonversi gambar menjadi PDF, Word, bahkan PowerPoint. Hasil scanning pun dapat disimpan ke OneNote atau OneDrive karena Microsoft telah mengintegrasikan fiturnya.

Teks yang sudah dipindai pun akan dikenali secara otomatis melalui teknologi OCR. Dengan demikian, kamu dapat mencari kata dalam gambar kemudian mengedit atau menyalinnya. Karena beberapa keunggulan tersebut, Microsoft Lens berhasil dinobatkan sebagai Best App of 2015 oleh Google Play untuk wilayah Amerika Serikat dan Puerto Rico.

Baca juga: Jangan Panik! Begini 5 Cara Menghapus Email yang Sudah Terkirim!

8. Tiny Scanner


Tiny Scanner dikembangkan oleh Developer Appxy (sumber: indirson.com)

Tiny Scanner adalah aplikasi scan dokumen terbaik untuk perangkat Android yang dikembangkan oleh developer Appxy. Melalui aplikasi ini, kamu dapat melakukan scan dokumen, foto, kuitansi, laporan, serta file lain dengan cepat dan praktis. Hasil scanning pun tidak hanya berupa format PDF, tetapi juga tersedia dapat bentuk gambar JPEG. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan fitur penyesuaian seperti mencerahkan, merotasi, cut, dan lainnya dengan mudah.

9. Fast Scanner


Fast Scanner dikembangkan oleh CoolMobileSolution (sumber: Google Play Store)

Aplikasi Fast Scanner merupakan aplikasi scanner yang dikembangkan oleh CoolMobileSolution. Melalui aplikasi ini, kamu dapat melakukan pindai dokumen dengan cepat. Selain itu, Fast Scanner hanya membutuhkan ruang sebesar 8,40 MB, sementara aplikasi lain umumnya membutuhkan 30 MB.

Dalam aplikasi scanner dokumen ini juga terdapat fitur-fitur tambahan, seperti scan multiple type of documents, export to PDF file, dan email scanned documents. Aplikasi ini juga tidak membatasi jumlah maksimal dokumen sehingga benar-benar cukup powerful.

10. Clear Scanner


Clear Scanner dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan (sumber: Google Play Store)

Clear Scanner termasuk salah satu aplikasi scan dokumen yang menunjang keperluan pemindaian dokumen dengan beragam fitur menarik. Keunggulan dari aplikasi ini adalah tidak adanya watermark pada hasil scanning dan hasil pemindaian memiliki kualitas baik, tetapi tidak membuat ukuran dokumen sangat besar.

Baca juga:  STRP Adalah: Kenali Surat Tanda Registrasi Pekerja, Syarat, dan Cara Membuatnya

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi scan dokumen yang bisa kamu coba untuk memudahkan pekerjaan. Kamu juga dapat melakukan scan beberapa dokumen untuk keperluan melamar kerja. Jika kamu ingin berminat mencoba melamar pekerjaan, caranya mudah, buatlah CV terbaikmu lalu klik tautan di bawah ini untuk langsung mendaftar lewat EKRUT.

Sumber:

  • wondershare.com
  • techradar.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    cache-dan-cookies-EKRUT.jpg

    Technology

    Fungsi cache dan cookies yang tak banyak diketahui!

    Maria Yuniar

    28 November 2022
    4 min read
    Google_Data_Studio_Fungsi__Fitur_Utama__Integrasi_Platform_dan_Cara_Menggunakannya.jpg

    Technology

    Google Data Studio: Fungsi, Fitur Utama, Integrasi Platform, dan Cara Menggunakannya

    Sartika Nuralifah

    28 November 2022
    8 min read
    Ssstiktok_Download_Video_TikTok_tanpa_Watermark_Secara_Online_2022.jpg

    Technology

    SSSTikTok Download Video TikTok Tanpa Watermark Online 2022

    Sylvia Rheny

    25 November 2022
    5 min read

    Video