Published on

Careers

Kenali metode SMART untuk bantu tetapkan target

Maria Tri Handayani

metode-smart---EKRUT.jpg

Tidak memiliki tujuan atau target yang jelas akan sangat memengaruhi kesuksesan kamu baik dalam kehidupan atau pekerjaan. Pasalnya, memiliki target akan mencegahmu kehilangan arah dan menjaga motivasi hingga fokus kamu tetap terjaga.

Namun, menentukan tujuan pun tidak boleh asal. Agar keinginan bisa tercapai ada baiknya kamu menggunakan metode SMART sebagai panduaannya. 

Apa itu metode SMART? 

metode smart - EKRUT
Banyak organisasi yang menerapkan metode SMART dalam menentukan target yang tepat - EKRUT

Metode SMART adalah metode yang digunakan sebagai panduan untuk menetapkan tujuan, target atau sasaran.  Kata SMART pada metode SMART ini adalah akronim dari Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Timely.  

Dengan kata lain cara kerja metode SMART adalah menggabungkan semua kriteria ini untuk membantu memfokuskan upaya kamu dalam meningkatkan peluang untuk mencapai tujuan atau tersebut. 

Istilah metode SMART goals sendiri pertama kali diperkenalkan oleh Direktur Perencanaan di perusahaan Washington Power Water bernama George T Doran pada tahun 1981 dalam makalah berjudul "There is a S.M.A.R.T Way to Write Management's Goals and Objective". 

Saat itu Doran melihat bahwa perusahaan kerap kesulitan menetapkan tujuan yang tepat sehingga berdampak pada kinerja bisnis. Ia pun menyarankan pentingnya menetapkan SMART goals agar berhasil mengelola tenaga kerja. 

Metode ini kemudian telah diimplementasikan oleh banyak organisasi hingga pelatih dan mentor di seluruh dunia karena terbukti efektif. 

daftar EKRUT

Baca juga: Simak perbedaan OKR dan KPI, serta cara tepat menyusunnya

Tahapan dan cara menggunakan metode SMART

metode smart - EKRUT
Tentukan target waktu agar kamu termotivasi mencapai goal - EKRUT

Seperti dijelaskan di atas, metode SMART goals terdiri dari lima akronim yang merupakan tahapan untuk membantu kamu untuk fokus dan membuka peluang mencapai target. Kelima tahapan dalam metode SMART adalah: 

1. Specific (Spesifik)

Untuk memperlebar peluang tercapainya tujuan atau target, buatlah tujuan yang spesifik dan jelas. Dengan begitu kamu bisa lebih fokus dan merasa termotivasi untuk mencapainya. 

Rancang tujuan secara jelas dengan mempertimbangkan unsur 5 W, misalnya:

  • What: Apa yang ingin kamu capai? 
  • Why: Kenapa tujuan itu penting untuk kamu capai?
  • Who: Siapa saja yang akan terlibat dalam mencapai tujuan ini?
  • Where: Di mana tempat kamu mencapainya?
  • When: Kapan kamu ingin tujuan itu tercapai

2. Measurable (Terukur)

Milikilah tujuan yang terukur di mana kamu dapat memantau dan melajak setiap kemajuan yang ada. Dengan melakukan hal ini kamu dapat tetap fokus dalam memenuhi setiap tenggat waktu dan lebih antusias ketika semakin dekat dengan tujuan yang ingin kamu capai. 

Untuk menentukan tujuan yang terukur tanyakanlah pada diri kamu sendiri tentang bagaimana kamu tahu target telah tercapai, dan apa indikator yang bisa menunjukan perkembangan kamu dalam mencapai tujuan. 

3. Achievable (Dapat dicapai)

Meskipun kamu bisa memasang target yang tinggi, tapi ingatlah bahwa untuk dapat mencapainya tujuan kamu harus tetap realistis. 

Tujuan atau target yang realistis adalah ketika kamu tahu bagaimana cara tujuan atau target tersebut dapat diwujudkan dengan kemampuan, sumber daya dan peluang yang kamu miliki. 

Itu sebabnya saat menentukan tujuan atau target, tanyakan pada dirimu bagaimana cara kamu mencapai tujuan dan seberapa realistis tujuan itu bisa dicapai dengan kondisi kamu saat ini. 

4. Relevant (Relevan) 

Pastikan bahwa tujuan yang ingin kamu capai adalah penting dan selaras dengan tujuan lain yang relevan seperti dengan nilai diri dan rencana jangka panjangmu. Dengan begitu kamu bisa tetap memegang kendali atas itu semua. 

Untuk memastikan goal atau tujuan yang kamu ingin capai relevan, lihatlah jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini:

  • Apakah tujuan tersebut bermanfaat?
  • Apakah ini adalah waktu yang tepat?
  • Apakah goal itu sesuai dengan kebutuhan yang lain? 
  • Apakah ini sesuai dengan keadaan lingkungan saat ini? 

5. Time-bound / Timely (Tepat waktu) 

Agar fokus untuk mencapai goal kamu perlu menentukan tanggal yang menjadi target atau tenggat waktu. 

Jika tidak dibatasi waktu, tidak akan ada rasa urgensi dan motivasi untuk mencapai tujuan. Karena itu tentukan kapan kamu ingin tujuan itu bisa tercapai. 

Baca juga: 7 Tips sukses merancang rencana karier untuk masa depanmu

Contoh penerapan metode SMART 

metode smart - EKRUT
Dengan membuat tujuan yang spesifik kamu bisa tahu dengan jelas cara mencapainya dengan tepat - EKRUT

Agar kamu mendapat gambaran jelas dari cara aplikasi metode SMART dalam menetapkan goal dan target yang jelas, perhatikan contoh berikut ini. 

Kamu memiliki goal atau target untuk mempelajari skill teknologi. 

Tujuan ini terlalu umum. Dengan menerapkan metode SMART maka tujuan itu akan menjadi lebih jelas sehingga kamu bisa tahu cara mencapainya dengan tepat. 

  • S: Spesific

Teknologi adalah bidang yang luas.  Kamu harus mencari tahu apa yang benar-benar ingin kamu pelajari dan definisikan dengan jelas. Hubungkan keterampilan, posisi, atau prestasi yang memberi kamu gambaran akan target yang jelas dan spesifik. Misalnya: 

Kamu ingin belajar mengembangkan situs wordpress sehingga dapat memperluas basis klien dengan menawarkan layanan pembuatan situs yang lebih personal. 

  • M: Measurable 

Tetapkan sasaran yang terukur agar kamu tidak merasa ambigu untuk mencapainya. 

Misalnya dengan target yang spesifik tadi, kamu tahu bahwa tujuan tersebut bisa dikatakan tercapai bila kamu berhasil menyelesaikan kursus wordpress di situs tertentu dan telah membangun setidaknya dua halaman wordpress khusus untuk klien atau contoh portofolio. 

  • A: Achievable

Agar tahu apakah tujuan itu bisa dicapai atau tidak gunakan kriteria tertentu misalnya. 

Misalnya untuk bisa mencapai tujuan tadi, kamu dapat mengikuti kursus blueprint wordpress selama enam bulan dan menjadwalkan empat jam dalam seminggu untuk mempraktikkan keterampilan tersebut. Kamu juga  perlu menawarkan diri untuk membangun situs wordpress misalnya bagi badan amal lokal secara sukarela sebagai bagian dari mengembangkan keterampilan tersebut secara profesonal.

  • R: Relevant 

Pikirkan jalur karier yang kamu miliki dan apa yang kamu inginkan lalu pastikan goal kamu selaras. 

Misalnya dalam kaitan dengan contoh belajar mengembangkan situs wordpress di atas, kamu ingin mempelajarinya karena kamu ingin memulai karier sebagai pekerja lepas.Dengan mempelajari keterampilan tersebut kamu dapat menjadi freelancer yang kompetitif. Target ini pun menjadi lebih relevan untuk kamu capai. 

  • T = time-bond

Penting untuk menjaga agar target ini dibuat dengan realistis sesuai dengan kemampuanmu masing-masing. 

Dari contoh di atas misalnya kamu menetapkan waktu enam bulan untuk menyelesaikan kursus dan mendapatkan klien untuk mengembangkan situs wordpress mereka dalam proyek pekerja lepasmu. 

Baca juga: 7 Cara mengembangkan potensi diri demi kesuksesan karier

Manfaat penerapan metode SMART goals

metode SMART - EKRUT
Dengan metode SMART kamu bisa lebih fokus dan disiplin dalam mencapai tujuan - EKRUT

Metode SMART Goals banyak digunakan orang karena dianggap mampu memberi kerangka yang jelas untuk mencapai sasaran. Selain itu, manfaat lain dari metode SMART adalah: 

  • Memberi fokus dan arahan. Dengan menetapkan tujuan kamu bisa lebih fokus pada target kamu. Selain itu, SMART goals juga mencegah kamu dari distraksi.
  • Menanamkan disiplin diri. Saat menjalankan metode ini kamu tidak secara langsung melatih diri untuk mendisiplinkan diri. Sebab tanpa disiplin, tentu akan sulit bagi kamu untuk mencapai tujuan. 
  • Mengingatkanmu akan prioritas.  Dengan membuat SMART goals kamu bisa mengetahui apa prioritas kamu dan cara pasti untuk mencapai tujuan. 
  • Membantu mengatur waktuSaat mengaplikasikan metode SMART kamu tidak hanya menentukan tujuan tapi juga menetapkan timeline untuk mencapainya. Hal ini dapat membantu kamu mengelola waktu dan beradaptasi di bawah tekanan. 
  • Lebih mudah untuk memvisualisasikan kesukesan. Kamu bisa dengan mudah memantau kemajuan dan mengevaluasi diri. Oleh karena itu akan lebih mudah pula bagi kamu untuk memprediksi apa hasilnya dalam jangka panjang dan bagaimana hasil pada akhirnya. 

Itulah beberapa hal yang bisa kamu perhatikan dari penerapan metode SMART untuk menetapkan target dengan tepat. Cobalah menerapkannya dalam kehidupan dan pekerjaanmu sehingga goals yang kamu inginkan pun bisa lebih mudah untuk dicapai. 

metode smart - EKRUT
Last update: 2 May 2021

Sumber: 

Tags

Share