Careers

8 Cara Melatih Mindfulness dengan Sederhana dalam Kehidupan Sehari-hari

Published on
Min read
6 min read
time-icon
Sylvia Rheny

A full time learner marketing enthusiast.

8_Cara_Melatih_Mindfulness_dengan_Sederhana_dalam_Kehidupan_Sehari-hari.jpg

Seringkali disebut dalam topik perbincangan, istilah mindfulness kini menjadi cukup populer. Tidak sedikit orang yang mempelajari metode ini untuk mengatasi stres dan kecemasan. Meskipun begitu, mungkin tidak banyak orang yang benar-benar mencari tahu dan memahami apa itu mindfulness. Memahami mindfulness dengan benar akan membantu kamu mencapai tujuan yang sebenarnya kamu inginkan dengan menerapkan mindfulness itu sendiri. Yuk cari tahu apa itu mindfulness, apa saja manfaatnya, dan cara melatih mindfulness dengan sederhana berikut ini!

Baca juga: Mudah, ini 9 cara mempraktikan mindfulness di tempat kerja

Apa itu mindfulness?

ilustrasi seorang perempuan memegang buku
Mindfulness adalah salah satu upaya untuk melatih fokus. (Sumber: Pexels)

Bersumber dari laman Alodokter, mindfulness adalah salah satu jenis meditasi yang dapat melatih seseorang untuk fokus terhadap keadaan sekitar dan emosi yang dirasakan serta menerimanya secara terbuka. Menerapkan meditasi mindfulness memberikan manfaat tidak hanya sebatas untuk kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental. Sedangkan bersumber dari laman SehatQ, mindfulness adalah suatu cara melatih diri untuk memusatkan perhatian terhadap apa yang terjadi saat ini dengan melibatkan kesadaran dan ketidakberpihakan. Tujuan dari menerapkan mindfulness adalah untuk menenangkan pikiran.

Dari kedua sumber di atas, maka dapat disimpulkan bahwa mindfulness adalah suatu cara atau jenis meditasi untuk melatih diri berfokus pada sekitar dengan melibatkan kesadaran diri dan penerimaan secara terbuka. Beberapa ahli percaya bahwa sebagian cara kerja mindfulness adalah dengan membantu orang menerima pengalaman mereka, termasuk emosi yang menyakitkan, daripada bereaksi terhadapnya dengan keengganan dan penghindaran. Kini, meditasi mindfulness semakin umum digabungkan dengan psikoterapi, terutama terapi perilaku kognitif karena memiliki tujuan yang sama yaitu untuk membantu orang memperoleh perspektif tentang pemikiran irasional, maladaptif, dan merugikan diri sendiri.

Baca juga: Burnout adalah: Gejala dan 8 cara mengatasinya di dunia kerja

Manfaat menerapkan mindfulness

ilustrasi seorang wanita sedang bersantai
Mindfulness bermanfaat untuk meningkatkan suasana hati. (Sumber: Pexels)

Mindfulness adalah salah satu upaya yang bisa membantu kamu saat menghadapi masalah dalam kehidupan sehari-hari, seperti masalah dalam pekerjaan, hubungan, atau sosial. Berikut ini adalah beberapa manfaat mindfulness yang perlu kamu ketahui.

1. Mindfulness meningkatkan suasana hati

Salah satu manfaat melakukan mindfulness adalah meningkatkan suasana hati yang signifikan. Selain itu, mindfulness juga bermanfaat untuk meningkatkan memori kerja. Dampak positifnya dalam pekerjaan salah satunya yaitu memungkinkan kamu mengambil keputusan secara bijaksana karena keputusan dibuat dalam keadaan diri yang tenang dan tidak emosional.

2. Mindfulness mengurangi rasa kesepian dan meningkatkan kebahagiaan

Menerapkan mindfulness juga bermanfaat untuk mengurangi rasa kesepian seiring dengan meningkatnya rasa kasih sayang dan rasa sabar. Dengan begitu, kamu jadi lebih bisa memaknai kehidupan dengan rasa bahagia dan penuh syukur.

3. Mindfulness meningkatkan kesejahteraan

Menerapkan mindfulness akan memudahkan kamu untuk menikmati kesenangan dalam hidup saat itu terjadi, membantu kamu menjadi sepenuhnya terlibat dalam aktivitas, dan menciptakan kapasitas yang lebih besar untuk menghadapi kejadian buruk. Dengan berfokus pada saat ini dan di sini, berlatih mindfulness menghindarkan kamu dalam kekhawatiran tentang masa depan atau penyesalan atas masa lalu dan juga membuat kamu lebih mampu untuk membentuk hubungan yang mendalam dengan orang lain.

4. Mindfulness meningkatkan kesehatan fisik

Jika kesejahteraan yang lebih besar tidak cukup sebagai insentif, para ilmuwan telah menemukan bahwa teknik mindfulness membantu meningkatkan kesehatan fisik dalam beberapa cara. Mindfulness dapat membantu menghilangkan stres, mengobati penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, mengurangi rasa sakit kronis, meningkatkan kualitas tidur, dan meringankan kesulitan gastrointestinal.

5. Mindfulness meningkatkan kesehatan mental

Dalam beberapa tahun terakhir, psikoterapis telah beralih ke meditasi mindfulness sebagai elemen penting dalam pengobatan sejumlah masalah, termasuk: depresi, penyalahgunaan zat, gangguan makan, konflik pasangan, gangguan kecemasan, dan gangguan obsesif-kompulsif.

Baca juga: Cara meditasi sebelum tidur selama 10 menit dan manfaatnya

8 Cara melatih mindfulness dengan sederhana

ilustrasi seorang wanita yang mindfulness
Melatih mindfulness dengan bermeditasi. (Sumber: Pexels)

Dari banyaknya manfaat yang ditawarkan dari praktik mindfulness di atas, tentu tidak ada salahnya jika kamu mulai mencoba untuk mempraktekannya. Di bawah ini adalah 8 cara melatih mindfulness dengan sederhana yang bisa kamu lakukan.

1. Melatih mindfulness dengan membuat jurnal

Menulis jurnal adalah salah satu cara untuk melatih mindfulness dan menekan rasa cemas yang berlebih karena kamu bisa menuangkan apa yang kamu rasakan secara sadar dan leluasa lewat tulisan. Selain menuliskannya di buku, kamu juga bisa membuat jurnal secara online atau lewat aplikasi yang bisa kamu unduh di smartphone milikmu.

2. Makan dengan penuh kesadaran

Kamu mungkin secara tidak sadar terbiasa makan sambil melakukan kegiatan lainnya seperti menonton televisi, mengobrol, scrolling Instagram atau TikTok, dan sebagainya. Hal tersebut ternyata membuat kamu cenderung merasa tidak kenyang karena kamu tidak menaruh perhatian penuh terhadap apa yang kamu makan. Itulah mengapa melatih mindfulness secara sederhana bisa dimulai dari mindful eating atau makan dengan penuh kesadaran. Fokus kepada apa yang ada di depan kamu dan nikmati apa yang kamu makan.

3. Berjalan dengan penuh kesadaran

Cara melatih mindfulness yang selanjutnya adalah dengan berjalan dengan penuh kesadaran. Perhatikan saat kaki menapak ke tanah dan rasakan bagaimana otot-otot bekerja dan kaki yang menopang kamu saat berjalan. Fokuskan diri kepada suara, pemandangan, dan apa yang ada di sekitarmu. Melakukan ini termasuk salah satu cara sederhana menerapkan mindfulness dalam kehidupan sehari-hari.

4. Hindari melakukan banyak hal secara bersamaan

Melakukan terlalu banyak hal dapat mengganggu fokus, sedangkan praktik mindfulness adalah untuk melatih fokus pada apa yang di depan mata. Oleh karena itu kamu bisa membatasi kegiatan sejenak dan tidak melakukan satu tugas pada satu waktu sehingga kamu bisa lebih terfokus.

Baca juga: Bekerja di bawah tekanan? Berikut 15 tips mengatasinya dengan efektif

5. Melakukan meditasi

Meditasi adalah salah satu cara melatih mindfulness untuk meredakan gangguan kecemasan. Jika kamu rutin melakukannya, maka kamu bisa merasa lebih tenang, lebih bisa berpikir positif, dan merasa bahagia. Meditasi ini juga bisa meningkatkan kinerja otak dalam berkonsentrasi dan mengingat.

6. Latihan pernapasan dalam

Meskipun terdengar sederhana, namun banyak orang seringkali lupa melakukan praktik pernapasan dalam. Jika kamu merasa sedikit cemas, napas kamu mungkin terasa pendek, dangkal, atau terkekang. Jadi salah satu cara sederhana untuk menghilangkan stres dalam praktik mindfulness adalah dengan melatih pernapasan dalam melalui diafragma.

7. Menyeduh teh atau kopi

Melatih mindfulness selanjutnya bisa dilakukan dengan menyeduh teh atau kopi. Ini bisa kamu lakukan di pagi atau sore hari, untuk memulai hari atau untuk melepas penat setelah beraktivitas seharian. Nikmati pelan-pelan dan hirup aromanya dalam-dalam. Aroma teh dan kopi ini bisa menjadi aromaterapi agar pikiran kamu lebih rileks.

8. Menggambar dan mewarnai

Cara melatih mindfulness yang terakhir adalah dengan menggambar dan mewarnai. Melakukan ini bertujuan untuk melepaskan beban pikiran. Selain itu, menggambar dan mewarnai bisa membantu melatih fokus pada satu hal saja. Hal ini bisa kamu lakukan di waktu-waktu senggang di rumah, misalnya pada saat akhir pekan.

Baca juga: 10 Cara mengatasi serangan panik di kantor agar tidak mengganggu pekerjaanmu

Nah, itulah penjelasan mengenai mindfulness mulai dari pengertian, manfaat, dan beberapa cara sederhana untuk melatih mindfulness. Semoga artikel ini bermanfaat untukmu, ya!

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Nah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up di EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan ternama!

Sumber:

  • sehatq.com
  • mindful.org
  • helpguide.org
  • alodokter.com
  • goodhousekeeping.com
0

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    H1.jpg

    Careers

    Contoh Proposal Usaha Pengajuan Dana Investor Beserta Panduan Menyusunnya

    Felixitas Yolanda

    28 November 2022
    6 min read
    H1_Surat_Dinas.jpg

    Careers

    10 Contoh Surat Dinas dari Berbagai Instansi Beserta Struktur Penulisannya

    Algonz D.B. Raharja

    25 November 2022
    5 min read
    support_system.jpeg

    Careers

    Memahami Pentingnya Support System di Dunia Kerja Beserta Tips Membangunnya

    Yohanna Valerie Immanuella

    25 November 2022
    7 min read

    Video