Published on

jobs

Pentingnya moodboard dalam proses pembuatan situs

Nur Lella Junaedi

moodboard-adalah-EKRUT.jpg

Untuk membuat desain situs, tahap pertama yang biasanya dilakukan oleh web designer selain membuat mock up adalah membuat moodboard. Berbeda dari mock up yang merupakan prototipe versi real dari sebuah situs, moodboard hanyalah konsep awal. 

Moodboard ini penting dan akan berpengaruh dalam proses pembuatan situs. Berikut ulasan selengkapnya. 

Apa itu moodboard?

moodboard adalah EKRUT 
Moodboard merupakan kolase digital atau konsep awal saat akan membuat sebuah situs - EKRUT

Secara sederhana moodboard adalah kolase digital atau sekelompok elemen yang membantu menentukan arah situs atau konsep awal akan seperti apa bentuk situs tersebut nantinya. 

Tujuan dibuatnya moodboard adalah untuk mengumpulkan ide atau gagasan awal yang berasal dari tim kreatif atau manajer sebelum beralih ke format desain yang lebih formal seperti halnya mock up.

Jadi, nantinya moodboard ini bisa menjadi panduan atau inspirasi awal sebelum mendesain situs. 

Dengan adanya moodboard kamu bisa memasukkan contoh gambar, grafik, pola, font, atau screenshot dari situs yang menjadi inspirasi desain, konten tulisan sampai tata letak. 

Baca juga: Untuk startup, lebih baik bangun aplikasi atau website?

Alasan pentingnya moodboard

moodboard adalah EKRUT 
Misi jelas menjadi salah satu alasan membuat moodboard - EKRUT

Selain beberapa alasan di atas, ternyata keberadaan moodboard memang diperlukan dalam membuat situs karena beberapa alasan lain, di antaranya: 

Memperjelas visi 

Visi dalam pembuatan desain situs sangat penting untuk tetap dipegang teguh selama proses ini. Oleh sebab itu, keberadaan moodboard yang dipajang di dinding akan mudah mengingatkanmu tentang visi pembuatan situs ini. 

Terlebih dengan sering melihat papan moodboard kamu akan lebih terpikir untuk membuat langkah-langkah mikro untuk mempercepat proses tersebut. 

Melibatkan klien dalam prosesnya sejak awal 

Alasan lain kenapa perlu dibuat moodboard adalah untuk memastikan bahwa klien atau manajer diberi arahan yang jelas tentang ide-ide dari tim sedini mungkin. Dengan begitu kamu bisa menghindari pengulangan revisi di kesalahan yang sama.

Untuk mempermudah klien dalam memilih desain yang diinginkan, kamu juga bisa menyiapkan beberapa alternatif mockup untuk dipilih. 

Mudah membuat kolaborasi 

Jika kamu ingin menjelaskan  desain, maka bentuk penjelasan yang paling nyata adalah dengan bentuk visual. 

Lewat gambaran visual kamu juga lebih  mudah untuk menentukan keputusan kolaborasi yang diperlukan antar tim sehingga bisa sesuai dengan harapan dan estimasi waktu yang dibutuhkan.

Pertimbangkan moodboard fisik atau digital saat membuatnya

moodboard adalah EKRUT 
Ada beragam moodboard yang bisa kamu gunakan yaitu moodboard fisik dan digital - EKRUT

Saat kamu mempertimbangkan untuk membuat moodboard, ada dua platform yang bisa kamu gunakan yakni moodboard fisik dan digital. Dari segi fungsi tentunya kedua platform ini memiliki perbedaan masing-masing. 

Moodboard fisik

Moodboard fisik adalah bentuk model moodboard yang masih sangat tradisional. Kamu bisa membuatnya dengan menggunakan papan busa. 

Dari sana kamu bisa mulai menggunting beragam gambar yang menjadi inspirasi dan menempelkannya dengan menggunakan pinboard. 

Dalam beberapa hal gambar-gambar ini bisa saja saling menindih satu sama lain, tapi di samping itu kamu juga bisa mengecat papan busa itu dengan warna yang disesuaikan dengan palet pilihanmu. 

Moodboard digital 

Selain platform moodboard fisik, kamu juga bisa menggunakan versi digital. Ada berbagai macam platform moodboard digital yang bisa kamu pakai seperti Pinterest, Milanote dan Canva. 

Tentunya platform moodboard digital ini masing-masing memiliki fungsi berbeda dari segi kelebihan dan kekurangannya. 

Lalu setelah kamu mengetahui jenis moodboard ini, kira-kira bagaimana caranya untuk mengetahui platform moodboard yang cocok untuk dipakai? Untuk memastikan itu, kamu bisa mempertimbangkan beberapa hal mulai dari: 

  • Seberapa penting tekstur moodboard kamu perlukan? Bila kamu menganggap keberadaan foto fisik, kain dan bahan nyata bisa menjadi ide paling baik dalam menyampaikan desain web, maka moodboard dalam bentuk fisik bisa kamu coba.
  • Pertimbangkan apakah kamu selalu berkomunikasi secara fisik atau online dengan klien. Bila memang terbiasa berkomunikasi melalui email, maka ada baiknya mencoba moodboard digital saja. 
  • Dari mana kamu mendapatkan ide-ide untuk pengaplikasian moodboard tersebut? Jika terbiasa mengumpulkan bahan dari kliping koran, majalah, buku maka sebaiknya menggunakan moodboard fisik saja, tapi kalau terbiasa mencari bahan dari online maka moodboard digital bisa jadi pilihan. 

Baca juga: Catat, ini 10 tips desain UI/UX yang ‘menjual’

Cara membuat moodboard

moodboard adalah EKRUT 
Pikirkan tema sejak awal untuk membuat moodboard - EKRUT

Setelah kamu mengetahui jenis moodboard dan pertimbangan dalam memilihnya, kini saatnya membuat moodboard yang sesungguhnya. Adapun cara membuat moodboard adalah:

  • Pikirkan tema sejak awal. Tampilan situs seperti apa yang nantinya akan ditampilkan. Apakah mungkin memiliki tema dengan gaya modern, minimalis, klasik dan sebagainya. 

Dengan mengetahui tema yang akan dibidik, itu akan memudahkan mencari gambar atau inspirasi situs serupa.

  • Kumpulkan elemen yang menjadi inspirasi. Dalam membuat moodboard, ide-ide berpikir kamu benar-benar tidak dibatasi karena kamu dibebaskan untuk mengumpulkan elemen-elemen dari bentuk dan gambar apapun. 

Cobalah berpikir out of the box untuk menemukan lebih banyak ide bisa dari ilustrasi, foto, kain, warna, font, tipografi dan sebagainya.

  • Kurasikan ide yang diperlukan. Setelah semua ide berhasil dikumpulkan dan mendapat gambaran besar tentang ide desain yang akan kamu lakukan, maka, kini saatnya mengurasi elemen-elemen yang terkumpul untuk memilah mana bagian yang lebih baik diterapkan. 

Kurasikan gambar dan sampel untuk menghasilkan orisinalitas dan harmonis yang bagus. Coba tunjukkan hasil kurasi ini kepada klienmu meski sebaiknya kamu juga membawa beberapa alternatif ide lainnya untuk dipilih. 

Itulah gambaran sedikit tentang proses moodboard yang banyak dilakukan oleh desainer baik web designer, fotografer, dekorator interior, perancang busana dan sebagainya. 

Baca juga: 5 Tips kembangkan situs dengan tren pencarian suara

Dengan menggunakan moodboard ini, proses membuat situs menjadi lebih mudah dan terarah. Kamu dapat mencobanya sendiri.

moodboard adalah EKRUT

Sumber: 

  • masterclass.com
  • canva 
  • smartbugmedia.com

Tags

Share