Published on

Expert's Corner

Motion Graphic: Tugas, peran, dan 5 software yang penting untuk dikuasai

Maria Tri Handayani

motion-graphic---EKRUT.jpg

Banyak perusahaan mencari motion graphic designer untuk membantu mereka khususnya untuk mendukung keperluan branding dan marketing di era digital seperti sekarang. Pasalnya motion graphic terus berkembang dan dianggap dapat membantu brand dalam berbagi cerita, menjangkau audiens dengan cara yang berbeda dan menyajikan pesan dalam bentuk yang menarik.

Bila kamu ingin mengenal lebih dalam dunia motion graphic dan karier sebagai motion graphic designer berikut ulasan yang bisa kamu simak. 

Apa itu motion graphic?

motion graphic - EKRUT
Motion graphic kerap digunakan untuk menunjang strategi pemasaran brand - EKRUT

Sebelum memutuskan terjun sebagai motion graphic designer, kamu harus tahu apa itu motion graphic. Motion graphic adalah jenis animasi yang menggabungkan teks, grafik, warna dan gerakan untuk membuat konten video yang menarik secara visual. Motion graphic dapat digunakan dalam beragam jenis, tujuan, dan gaya yang berbeda, misalnya: 

  • Video brand 

Brand tidak lagi hanya menggunakan teks dan gambar untuk melakukan branding. Perusahaan umumnya kini juga menggunakan motion graphic tidak hanya sebatas untuk membuat logo dan iklan namun juga untuk mengenalkan produk dan budaya perusahaan. Motion graphic dianggap mampu menarik pelanggan karena mengingat banyaknya orang yang lebih menyukai konten dalam format video. Selain itu motion graphic dipandang relevan dengan dunia digital sekarang dan dianggap dapat membuat brand terlihat lebih menarik di hadapan audiens modern. 

  • Video penjelasan 

Motion graphic juga dapat dibuat untuk format video yang berisi penjelasan tentang subjek, konsep atau ide tertentu. Itu sebabnya banyak tutorial dan visualisasi daata yang juga memanfaatkan motion graphic di dalamnya. 

  • Video instruksional

Motion graphic memungkinkan video instruksional menjadi lebih efektif dan mudah diingat. Audiens akan lebih mengerti dan mudah memahami informasi yang diulang dalam grafik dan gerakan tersebut. 

  • Video klip 

Motion graphic juga kerap digunakan dalam industri hiburan seperti dalam pengantar judul atau bertindak sebagai pengantar lanjutan dari plot dalam sebuah cerita. 

  • Storytelling 

Motion graphic sangat berperan dalam menceritakan sebuah cerita. Tidak seperti animasi, dalam motion graphic cerita tidak harus linear. Motion designer dapat menggunakan efek dan kreativitasnya untuk menceritakan kisah secara dinamis.

  • Konten media sosial 

Sekarang orang bergantung pada media sosial untuk melakukan banyak hal mulai seperti mencari berita, informasi, hiburan, dan lain-lain. Semua ini dapat diperoleh dalam konten media sosial yang beragam. Dengan menambahkan motion graphic konten-konten media sosial ini pun akan lebih menarik banyak orang. 

Baca juga: Cara menjadi desainer grafis handal tanpa kuliah

Tugas dan tanggung jawab motion graphic designer

motion graphic - EKRUT
Salah satu tugas motion graphic designer adalah membuat video motion graphic sesuai kebutuhan - EKRUT

Sebelum mengembangkan karier di bidang motion graphic, ada baiknya kamu memahami tugas dan tanggung jawab umum yang biasa diemban seorang motion graphic designer. Umumnya tugas dan tanggung jawab motion designer terdiri dari beberapa hal, seperti: 

  • Merancang dan membuat video motion graphic sesuai kebutuhan 
  • Menyiapkan rencana desain, konsep dan layout untuk proyek motion graphic
  • Bekerja dengan tim kreatif untuk memahami ruang lingkup dan tujuan proyek
  • Membantu dalam memilih audio, video, warna, animasi dan lain-lain untuk desain grafis 
  • Bekerja dengan produser dan desainer lain untuk menyelesaikan masalah teknis atau desain lainnya.
  • Mengedit rekaman video mentah dan menambahkan efek atau elemen untuk meningkatkan motion graphic
  • Membantu mendesain dan membuat storyboard
  • Berpartisipasi dalam sesi brainstorming untuk membahas ide desain baru 
  • Memastikan pedoman perusahaan dan standar desain 

Skill yang dibutuhkan motion graphic designer  

motion graphic - EKRUT
Seorang motion designer harus menguasai skill design grafis - EKRUT

Untuk menunjang pekerjaan sebagai motion graphic designer tentu kamu perlu menguasai keterampilan yang diperlukan. Beberapa skill yang dibutuhkan untuk menjadi motion designer seperti:

1. Desain grafis 

Ini adalah kemampuan dasar yang juga kamu butuhkan untuk menjadi seorang motion designer. Pasalnya pada dasarnya motion graphic menciptakan animasi dari elemen-elemen desain grafis. 

2. 3-D Modeling 

Kebanyakan motion graphic sekarang didasarkan pada pemodelan 3D dan ini akan menjadi salah satu bagian dari masa depan motion graphic.Karena itu akan lebih baik bila kamu memiliki kemampuan ini untuk menunjang pekerjaanmu sebagai motion graphic designer.  

3. Perspektif animasi 

Motion graphic designer perlu membuat video dengan gerakan yang kompleks, satu elemen pada satu waktu dan memutarnya dengan beragam cara. Karena itu kemampuan ini perlu dimiliki seorang motion designer.  

4. Terorganisir dan multitasking 

Seorang motion designer akan mengerjakan dan mengelola banyak lapisan dan elemen secara bersamaan. Karena itu dibutuhkan kemampuan dalam mengelola file dan aset dengan terorganisir dan rapi. 

5. Animasi prosedural 

Skill ini dibutuhkan untuk mengatasi tantangan dalam pengelolaan waktu yang dihabiskan saat membuat motion graphic. Dengan ini, pekerjaan dapat diubah, diadaptasi dan direvisi dengan mudah. 

Baca juga: 10 Skills Graphic Designer ini wajib kamu miliki agar sukses

6. Texturing dan lighting effects 

Skill ini dibutuhkan agar motion designer dapat membuat grafik 3D terlihat leibh realistis karena mereka dapat mensimulasikan tekstur dan menampilkan gambar bergerak dengan tepat. 

7. Memahami konteks gambaran besar 

Motion designer harus tahu desain dan pendekatan yang tepat dalam setiap aplikasi yang berbeda. 

8. Kemampuan beradaptasi 

Seorang motion designer yang terampil harus siap ketika dituntut untuk mengubah visi asli mereka demi mengakomodasi umpan balik dari klien 

9. Pemahaman tipografi 

Tipografi banyak digunakan dalam motion graphic dan sering dianggap salah satu unsur yang mendukung motion graphic. Karena itu seorang motion designer harus memiliki pemahaman tentang tipografi seperti fitur virtual apa yang dapat membentuk jenis huruf, apa yang dapat melengkapi desain dan apa jenis tipografi yang mudah dibaca oleh audiens. 

10. Pemahaman tentang teori warna

Semua motion graphic memanfaatkan warna. Itu sebabnya seorang motion designer dituntut untuk paham tentang teori warna. Dengan begitu kamu dapat melihaat warna apa yang tepat digunakan untuk menggambarkan pesan atau suasana hati kepada audiens. 

11. Creative thinking 

Tugas motion graphic designer adalah menghidupan elemen grafis. Di sini peran kreativitas menentukan bagaimana kamu mengolah ide sederhana dan mengubahnya menjadi karya motion graphic yang menarik.
Setelah membaca ulasan ini kamu semakin mengenal motion graphic dan motion graphic designer, bukan? 

Peran Motion Graphic untuk kebutuhan perusahaan

Peran Motion Graphic untuk kebutuhan perusahaan
Salah satu peran motion graphic adalah untuk membuat konten media sosial lebih menarik di antara konten lainnya - Pexels

Motion graphic adalah sebuah bidang yang terus berkembang. Terutama karena teknologi yang juga terus berkembang, para pembuat film dan produser video memperluas imajinasi untuk menciptakan desain yang mengesankan dan motion graphic menjadi salah satu media yang mereka gunakan. Motion graphic membantu hasil akhir video, film, bahkan situs web dan aplikasi terlihat sangat berbeda. Berikut adalah beberapa peran dari motion graphic.

1. Membagikan informasi

Motion graphic membantu informasi yang kamu bagikan terlihat lebih menarik, misalnya dengan bentuk gambar bergerak atau gambar yang disertai audio dan font tulisan yang mudah dibaca. Dengan bantuan visual yang menarik ini, calon pembaca pun akan lebih mudah diraih, hingga akhirnya informasi yang ingin kamu bagikan dapat tersampaikan dengan lebih efektif.

2. Film dan video

Motion graphic dapat membuat tampilan awal dalam film dan video menjadi lebih menarik. Seperti pemilihan audio, bentuk, font serta style tulisan yang menarik agar membuat penonton mengingat judul film dan kemudian fokus dengan alur film dan video yang sedang diputar. Contohnya judul dalam drama Korea “Squid Game” yang sedang naik daun itu, mereka menggunakan bentuk lingkaran, segitiga, dan persegi untuk membentuk judul drama dalam bahasa Korea yaitu 오징어게임, yang dalam bahasa Inggris berarti Squid Game. 

3. Konten media sosial

Di era digital ini semakin banyak media sosial yang ditawarkan untuk masyarakat seperti Instagram, TikTok, Facebook, Youtube juga Twitter. Berbeda platform, berbeda juga jenis konten media sosial yang ditawarkan sehingga brand perlu memperhatikan hal ini. Menggunakan motion graphic adalah salah satu cara untuk menarik minat pengguna media sosial untuk melirik konten agar tidak kalah dengan konten lainnya. 

Contohnya jika ingin mengunggah motion graphic di Instagram, kamu perlu menyediakan konten yang memiliki visual bagus, dengan cahaya terang dan tidak terlalu banyak tulisan karena visual adalah kunci konten untuk Instagram. Kamu juga dapat menambahkan audio untuk membuat konten tersebut lebih menarik.

4. Logo

Semakin berkembangnya teknologi membuat tampilan logo kini tidak terbatas dalam 2 dimensi saja. Logo bisa ditampilkan secara bergerak, seperti dalam sebuah video. Contohnya saat Gojek ingin memperkenalkan logo baru mereka, motion graphic digunakan agar pesan yang ingin mereka sampaikan mengenai makna dari logo baru mereka lebih mudah dipahami oleh pengguna. 

5. Digital marketing

Motion graphic juga dapat digunakan dalam teknik digital marketing seperti untuk SEO, SEM, hingga social media marketing. Contohnya seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, motion graphic dapat digunakan dalam pembuatan konten seperti video yang dapat ditampilkan di platform media sosial seperti Instagram atau Youtube. Efek visual yang hidup dari motion graphic ini juga dapat digunakan dalam situs web atau iklan untuk membuat kontennya lebih menarik agar berada di peringkat atas untuk konten paling banyak dilihat pengguna. 

Baca juga: 6 Kunci Desain Grafik untuk Non-Desainer 

5 Software untuk motion graphic

5 Software untuk motion graphic
Kamu dapat menggunakan software Adobe untuk membuat motion graphic - Pexels

Untuk membuat motion graphic yang menarik sesuai kebutuhanmu, berikut 5 software yang bisa kamu gunakan. 

1. Adobe After Effect

Adobe After Effect adalah salah satu software yang paling banyak digunakan oleh desainer untuk membuat motion graphic. Kamu dapat membuat komposisi objek dan memberikan efek animasi pada setiap adegan menggunakan fitur compositing & visual fx. Software ini memiliki fitur yang sangat lengkap serta mudah digunakan, sehingga para pemula pun sangat tertarik untuk menggunakannya.

2. Adobe Illustrator

Adobe Illustrator umumnya digunakan desainer untuk membuat animasi dari pecahan vektor untuk membuat sebuah visual 2D. Namun tidak terbatas sampai situ saja, vektor tersebut juga dapat diubah menjadi motion graphic. Caranya adalah dengan membuat motion tweening, yaitu cara membuat gerakan dengan membuat bingkai pada objek dari satu titik ke titik lainnya.

Baca juga: 15 Free image websites yang menyediakan ikon vektor untuk desain 

3. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop umumnya digunakan sebagai software untuk mengedit foto. Namun kamu juga dapat membuat motion graphic dengan membuat storyboard pada software ini. Software ini menawarkan fitur seperti editing dengan layer, palet warna, beragam pilihan font, beragam pilihan alat seperti brush, select, lasso, move, zoom, eraser, crop, fill, eyedropper, blending, dll.

4. Adobe Premiere

Adobe Premiere dikenal sebagai software untuk mengedit video juga motion graphic. Kamu dapat memotong adegan dari file mentah, melakukan color grading, menyatukan adegan dan menambahkan audio visual untuk menjadikannya sebuah video.

5. Maxon Cinema 4D

Software yang satu ini bukan berasal dari Adobe Inc. melainkan Maxon Computer yang banyak digunakan untuk membuat motion graphic. Ada berbagai fitur yang ditawarkan software ini seperti animating, texturing, lighting, rendering, dll. Software ini juga menawarkan pilihan Cinema 4D seperti Cinema 4D ‘Prime’, Cinema 4D Broadcast, Cinema 4D Studio, dan Cinema 4D Visualize.

Baca juga: 11 Skills yang kamu butuhkan untuk menjadi UX Designer andal 

Setelah membaca ulasan ini kamu semakin mengenal motion graphic dan motion graphic designer, bukan? Penggunaan motion graphic yang beragam membuat seorang motion graphic designer atau motion designer dapat menemukan peluang kerja hampir pada semua platform digital. Tentu ini menjadi kabar baik untuk kamu yang tertarik mengembangkan karir sebagai motion designer. 

Jika kamu sudah memiliki pengetahuan dan skill yang tepat kini waktunya kamu menemukan peluang kerja sebagai motion designer . Salah satu cara yang bisa kamu coba adalah mendaftarkan diri di talent marketplace EKRUT. Karena melalui EKRUT kamu dapat menemukan peluang bekarir sebagai motion graphic designer di perusahaan impian. 

motion graphic - EKRUT
Last update: 21 October 2021

Sumber:

  • rasmussen.edu
  • schoolofmotion.com
  • pluralsight.com
  • ndigitec.com
  • bitable
  • mowe
  • 99design​​​​​​​

Tags

Share