Published on

Careers

Kenali obligasi dan jenisnya sebelum kamu salah langkah

Nur Rosita Dewi

obligasi-adalah-EKRUT.jpg

Merancang rencana jangka panjang sangatlah penting demi masa depan. Salah satu pilihan investasi yang bisa kamu pilih adalah obligasi.

Apa itu obligasi? Apa saja jenis-jenisnya? Berikut adalah uraian lengkapnya yang menarik untuk kamu ketahui sebelum ikut memilih obligasi untuk investasi.  

Pengertian dan definisi obligasi

obligasi adalah - EKRUT
Obligasi menghasilkan pembayaran tetap selama umur obligasi - EKRUT

Obligasi adalah sekuritas (bukti utang atau bukti pernyataan modal) investasi di mana investor meminjamkan uang kepada organisasi besar, seperti perusahaan atau pemerintah. Obligasi memiliki jangka waktu tertentu dengan pembayaran bunga reguler.

Obligasi adalah jenis investasi pendapatan tetap karena investasi ini menghasilkan pembayaran tetap selama umur obligasi. Jika kamu ingin berinvestasi dalam obligasi, berarti kamu akan menjadi pemegang hutang untuk entitas yang menerbitkan obligasi.

Perusahaan menjual obligasi untuk membiayai proyek baru, operasi yang sedang berlangsung, atau akuisisi. Sementara itu, pemerintah menjual obligasi untuk tujuan pendanaan atau untuk menambah pendapatan dari pajak.

Pemilik obligasi adalah debtholders, kreditor, atau penerbitnya. Rincian obligasi mencakup tanggal akhir ketika pokok pinjaman akan dibayarkan kepada pemilik obligasi. Obligasi biasanya juga mencakup persyaratan untuk pembayaran bunga variabel atau tetap yang dilakukan oleh peminjam.

Di Indonesia, jangka waktu obligasi yang berlaku biasanya 1-10 tahun. Transaksi jual beli obligasi tidak dilakukan di BEI, tapi bisa langsung didapatkan dari pihak penerbit.

Pemerintah Indonesia menetapkan pembelian obligasi bisa dilakukan lewat agen penjual. Bank, platform investasi, dan lembaga sekuritas adalah beberapa yang ditunjuk pemerintah untuk menjualnya.

Apa saja jenis-jenis obligasi?

obligasi adalah - EKRUT
Jenis obligasi bergantung pada beberapa tolak ukur - EKRUT

Ada banyak jenis-jenis obligasi yang wajib kamu ketahui. Semuanya bergantung kepada tolak ukur tertentu. Adapun beberapa tolak ukur obligasi adalah sebagai berikut. 

  1. Siapa yang menerbitkannya
  2. Nilai nominal
  3. Berapa lama jatuh tempo
  4. Bentuk
  5. Sistem pembayaran bunga
  6. Jaminannya
  7. Hak penukaran/opsi
  8. Perhitungan imbal hasil
  9. Sifatnya yang dapat ditukar dengan saham
  10. Dilihat dari kepatuhan terhadap kaidah syariah

Berdasarkan beberapa tolak ukur di atas, hal kerap menarik para investor untuk mulai melakukan investasi obligasi adalah berdasarkan penerbitnya dan berdasarkan sistem pembayaran bunga. 

Jenis obligasi dilihat berdasarkan penerbitnya

obligasi adalah - EKRUT
Obligasi dapat diterbitkan oleh perusahaan tertentu hingga pemerintahan - EKRUT

Berikut adalah beberapa jenis obligasi jika dilihat berdasarkan penerbitnya. 

Corporate Bonds

Jenis obligasi ini diterbitkan oleh perusahaan tertentu, seperti swasta atau pemerintah (BUMN) dengan masa jatuh tempo minimal 1 tahun.

Government Bonds

Jenis obligasi yang satu ini diterbitkan oleh pemerintah. Di Indonesia, obligasi jenis ini baru diterbitkan pertama kali pada Agustus 2006. Obligasi pemerintah Indonesia terbagi menjadi Obligasi Negara Ritel Indonesia (ORI), Saving Bond Ritel (SBR), Sukuk Ritel (SukRi), dan Sukuk Negara Tabungan (ST).

Municipal Bonds 

Obligasi jenis ini diterbitkan oleh pemerintah daerah. Tujuannya untuk membiayai pembangunan yang berhubungan dengan kepentingan publik.

Baca juga: Jenis investasi SBN dan keuntungannya

Jenis obligasi berdasarkan sistem pembayaran bunganya

obligasi adalah - EKRUT
Ada obligasi yang memberikan bunga kepada investor, adapula yang tidak - EKRUT

Berikut adalah uraian mengenai jenis obligasi berdasarkan bagaimana sistem pembayaran bunga. 

Zero coupon bond

Obligasi ini adalah jenis surat utang yang tidak memiliki bunga dan tidak memberikan kupon secara berkala. Keuntungan bisa didapatkan investor melalui selisih harga jual diskonto dan nilai awal surat utang. Jatuh temponya bervariasi dari di bawah satu tahun atau di atas 10 tahun.

Obligasi kupon

Memberikan bunga atau kupon secara berkala untuk investornya. Setiap kupon mewakili nominal tertentu sesuai kesepakatan antara penerbit obligasi dengan investor. 

Obligasi fixed coupon atau kupon tetap

Obligasi ini menawarkan tingkat suku bunga dengan nilai tetap hingga surat utang jatuh tempo tiba.

Obligasi floating coupon atau kupon mengambang

Obligasi ini menawarkan kupon yang bisa berubah besarannya berdasarkan indeks pasar uang.

Baca juga: Ini 4 tips investasi emas yang cocok untuk karyawan

Berinvestasi kerap menjadi pilihan yang menarik bagi sebagian orang yang ingin menabung. Meski begitu, memahami lebih jauh mengenai jenis investasi tersebut dan bagaimana sistem kerjanya merupakan hal yang penting demi mendapatkan hasil yang sesuai harapan. 

Sumber: 

  • forbes,com
  • investopedia.com

Tags

Share