Published on

Technology

OBS Studio: Definisi, 5 Fitur, Kegunaan, hingga Cara Menggunakannya

Mauditalani

OBS_Adalah.jpg

OBS adalah salah satu komponen penting dalam melakukan live streaming. Seiring majunya perkembangan teknologi, kini cara tepat untuk memasarkan produk supaya terjangkau luas oleh konsumen adalah dengan melakukan live streaming. Selain itu, melalui live streaming calon konsumen akan lebih mudah berinteraksi langsung dengan penjual dan melihat bagaimana kondisi produk secara keseluruhan.

Salah satu komponen perangkat penting dalam melakukan live streaming adalah OBS. OBS adalah solusi tepat untuk mempermudah proses live di suatu platform atau media sosial. Di samping itu, sudahkah kamu tahu apa pengertian dari OBS, kegunaan, kelebihan, kekurangan, fitur-fiturnya, hingga cara menggunakannya? Pada pembahasan kali ini, mari simak mengenai serba-serbi dari OBS.

Apa itu OBS Studio?


OBS adalah sebuah software gratis dengan kegunaan sebagai perekam dan live streaming. (sumber: pexels)

Open Broadcaster Software Studio atau OBS adalah sebuah perangkat lunak atau software bersifat open source (gratis) yang kegunaannya sebagai perekam video offline dan live streaming kompatibel dengan Mac, Windows, maupun Linux. Melalui bantuan dari OBS, video dan kualitas streaming menjadi semakin maksimal berkat bantuan dari fitur-fitur di dalamnya.

OBS adalah perangkat lunak yang dapat digunakan pada media sosial, seperti Instagram, YouTube, Facebook Live, Twitch, dan Mixer. Software ini termasuk dalam perangkat favorit bagi broadcaster, karena dinilai memudahkan pekerjaan mereka dalam menyimpan video hasil live.

Meski begitu, masih ada beberapa orang mengaku kesulitan memahami fitur-fitur OBS. Bagi pemula, OBS adalah aplikasi dengan tampilan rumit dan dipenuhi oleh beragam macam fitur. Namun, bukan berarti hal ini tidak bisa kamu pelajari. Jika semakin sering memakainya, maka user interface OBS pun mudah dipahami. Adapun pembahasan fitur-fitur OBS Studio di bawah ini.

Baca juga: 10+ Aplikasi perekam layar PC & laptop gratis dan berbayar

5 Fitur OBS Studio


Fitur-fitur OBS terdiri dari lima, scenes, sources, audio mixer, scene transitions, dan controls. (sumber: unsplash)

OBS adalah perangkat lunak yang mempunyai tampilan atau user interface cukup unik, sehingga terkadang beberapa orang masih bingung ketika hendak memakai aplikasinya. Fitur-fitur OBS sendiri pun terbilang cukup banyak. Di tambah ada kegunaan dari masing-masing fitur yang ada. Walaupun begitu, kamu masih bisa mengetahui dan belajar apa saja fitur yang ada di OBS Studio. Berikut pembahasan lebih lengkapnya.

1. Scenes

Fitur scenes pada aplikasi OBS membantu pengguna menambahkan beberapa live yang ingin dipakai. Misalnya, seperti acara TV yang terkadang menyiarkan lebih dari satu kamera. Melalui TV, kita bisa melihat aksi talent dari berbagai macam sisi, entah dari sisi kanan, kiri, atau depan.

Nah, fitur scenes sama kegunaannya seperti itu. Fitur ini sangat bermanfaat bagi tampilan siaran langsung. Karena dengan fitur scenes, rasa bosan penonton berkurang. Kamu pun dapat meningkatkan engagement akun melalui live streaming.

2. Sources

Salah satu kelebihan dari OBS adalah kemampuan untuk menambahkan teks berjalan, menambahkan foto atau webcam laptop, sampai menetapkan tampilan pada satu aplikasi saja. Semua kelebihan tersebut dapat kamu coba di fitur OBS sources. Biasanya saat gamer melakukan live streaming bermain game, akan muncul wajah dari sang pemain di bagian bawah, ‘kan?

Tampilan seperti itu nyatanya bisa dilakukan melalui fitur sources di OBS Studio dengan memilih “Video Capture Device”. Untuk tulisan berjalan, silakan pilih “Text” > beri nama > ketik teks apa yang diinginkan > klik oke. Supaya teks bisa bergerak, klik kanan di bagian sources yang sudah diberi nama untuk teks tadi. Pilih “Filters” > tekan tanda “+” > dan klik scroll. Tentukan sendiri mau seberapa lama durasi dari teks berjalan dan terakhir klik OK.

3. Audio mixer

Fitur kali ini memudahkan pengguna untuk melakukan live tanpa memerlukan mikrofon tambahan. Sebab, pada audio mixer kamu bisa mengatur kebisingan suara sekitar agar berubah menjadi kedap suara. Selain itu, fitur ini juga akan tetap berjalan meskipun tampilan layar berubah-ubah. Namun, bukan berarti karena adanya audio mixer, OBS tak mendukung adanya perangkat eksternal. OBS adalah aplikasi yang mengizinkan perangkat eksternal, seperti kamera dan mikrofon tetap terhubung dengan live streaming.

4. Scene transitions

Sama seperti artinya, scene transitions membantu pengguna memilih transisi dari satu scene (layar) ke scene lainnya. Lama waktu dari transisi juga dapat diubah melalui fitur satu ini.

5. Controls

Fitur terakhir OBS adalah controls. Bisa dikatakan bahwa ini menjadi langkah penting yang harus dimengerti broadcaster atau gamer. Dalam fitur controls, ada berbagai macam pengaturan yang cukup kompleks. Pertama, ada start recording untuk merekam aktivitas yang kamu lakukan.

Lalu, start streaming untuk memulai siaran langsung di suatu platform atau media sosial. Selanjutnya, studio mode membuat layar terbagi menjadi dua dengan tujuan mengatur transisi supaya tampil lebih baik. Terakhir, ada settings dan exit untuk mengatur aplikasi dan keluar dari aplikasi OBS.

Baca juga: Mau Tahu Cara Live di TikTok? Ini Dia Langkah dan Syaratnya Tanpa Ribet!

Kegunaan OBS Studio


Salah satu kegunaan OBS adalah membuat video terlihat profesional. (sumber: pexels)

Sebenarnya, di luar sana masih banyak aplikasi atau software lain yang memiliki fungsi sama seperti OBS, yakni sebagai teknologi bantuan untuk melakukan live streaming. Akan tetapi, di sini masih ada kegunaan OBS Studio lainnya yang berbeda dari aplikasi lain. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

1. Secara real-time memantau live streaming

Salah satu alasan mengapa OBS sangat terkenal di kalangan gamer adalah karena Twitch (layanan streaming game) menjadi satu dari sekian banyak sponsor yang mendukung OBS. Twitch adalah layanan video game yang peminatnya lumayan banyak. Oleh karena itu, dengan bantuan aplikasi OBS channel mereka lebih bervariasi dan menarik, berkat dukungan fitur add image ataupun penambahan komentar secara real-time.

Singkatnya, sebagai streamers kamu bisa bermain sekaligus berinteraksi langsung dengan penonton melalui aplikasi OBS. Tak perlu ada penambahan aplikasi lain, kamu dapat merasakan fitur ini hanya dengan mengubah beberapa pengaturan saja.

2. Menjadikan video terlihat profesional

Umumnya, ketika merekam sebuah video kita akan menggunakan kamera dari laptop seadanya. Namun, kali ini kamu bisa mencari cara lain agar video tampil lebih profesional. Cara tersebut salah satunya  memakai OBS Studio. OBS memungkinkan penggunanya untuk menggunakan lebih dari satu kamera, menambahkan judul, dan menambahkan transisi, sehingga tampilan video terlihat lebih profesional dan keren.

3. Cocok untuk vlog

Pada dasarnya, vlogging adalah blogging menggunakan video. Ketika vlogging, sering kali video terbagi menjadi episode yang lumayan banyak. Nah, dengan memakai OBS kegiatan vlogging tak perlu dibagi menjadi episode panjang, sebab ada fitur software ini punya kelebihan merekam dengan durasi lama.

Baca juga: 5 Rekomendasi Kamera Vlog yang Bisa Menjadi Pilihan untuk Vlogger Pemula

Kelebihan dan kekurangan OBS


Kelebihan dan kekurangan OBS berkaitan dengan fitur dan performanya. (sumber: pixabay)

Sebagai aplikasi yang banyak digunakan oleh broadcaster dan gamer, tentu OBS mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Di bawah ini, terdapat rangkuman mengenai kelebihan dan kekurangan tersebut.

1. Kelebihan OBS

Secara keseluruhan, kelebihan OBS adalah karena fitur-fitur canggihnya. Ditambah lagi, tak ada persyaratan khusus untuk mengakses aplikasi satu ini. Kelebihan lain dari OBS antara lain:

  • Punya layout sederhana, sehingga memudahkan pengguna baru untuk mengakses
  • Mengizinkan adanya multi input dan output
  • Dapat diunduh secara gratis
  • Merubah siaran jadul menjadi lebih modern
  • Kualitas video tinggi
  • Mampu mengedit informasi langsung saat melakukan siaran

2. Kekurangan OBS

Di samping adanya kelebihan, OBS pun tak luput dari kekurangannya. Meski dinilai sebagai aplikasi termudah dan dapat diakses bebas, OBS mempunyai beberapa celah pada performa yang pengguna nilai sebagai kekurangannya. Adapun itu diantaranya:

  • Menghabiskan penyimpanan yang banyak pada memori laptop
  • Terlalu sering terjadinya pembaruan
  • User interface (UI) agak monoton
  • Terkadang sumber tidak berfungsi dengan baik

Cara menggunakan OBS Studio


Cara menggunakan OBS untuk live streaming dan merekam. (sumber: unsplash)

Perlu diingat, bahwa OBS adalah aplikasi dengan fungsi sebagai live streaming dan recording. Alhasil, cara menggunakan OBS Studio pun terbagi menjadi dua. Pembahasan di bawah ini dimulai dari cara live streaming menggunakan OBS, kemudian baru cara merekam aktivitas di laptop.

1. Cara live streaming menggunakan OBS Studio

  • Unduh terlebih dahulu aplikasi OBS Studio di internet. Pastikan resmi tak mengandung virus, lalu buka aplikasi
  • Beri nama profil sesuai keinginan. Setelah itu pilih Optimize for streaming > tentukan resolusi kanvas dan FPS (frame per second) > pilih layanan platform atau media sosial. Nantinya kamu akan dimintai memasukkan stream key. Kali ini kita memakai media sosial Facebook Live sebagai contoh
  • Buka Facebook Live Producer di profil maupun halaman bisnis milikmu. Bagian siaran langsung atau live stream setup, ada kode khusus dan langsung salin kode tersebut
  • Jika sudah tersalin, tempel kode ke stream key OBS. Bila berhasil menyalin, maka muncul tampilan siaran di Facebook sebelah kanan bawah
  • Klik apply setting dan silakan lakukan penambahan atau perubahan yang kamu inginkan
  • Setelah semua selesai, kamu bisa klik start streaming. Jangan lupa memberikan deskripsi, judul, dan keterangan lain terkait video
  • Apabila sudah siap keseluruhannya, silakan pilih Go Live di media sosial Facebook

2. Cara merekam menggunakan OBS Studio

Hampir sama dengan live, merekam menggunakan OBS adalah langkah sulit yang memerlukan ketelitian tinggi agar hasilnya maksimal. Ini beberapa cara yang bisa dilakukan:

  • Unduh terlebih dahulu OBS Studio di internet. Setelahnya, pilih Auto-Configuration dan klik optimize just for recording
  • Silakan ubah FPS atau resolusi (bila dibutuhkan) dan klik next
  • Pilih apply settings dan klik ikon + di bagian sources
  • Pilih display capture > beri nama > tekan OK
  • Disable video supaya layar laptop tidak bergerak. Sekarang, lakukan live atau aktivitas lain yang ingin kamu rekam
  • Jika sudah, klik stop recording di bagian controls. Video akan tersimpan otomatis pada menu videos di laptop kesayanganmu

Baca juga: 14 Rekomendasi Webcam Laptop Terbaik yang Dapat Digunakan untuk Online Meeting

Demikian pembahasan mengenai apa itu OBS Studio hingga cara menggunakannya. Kesimpulannya, OBS adalah aplikasi dengan tujuan mempermudah broadcaster dan gamer dalam melakukan live streaming. Aplikasi OBS adalah aplikasi bersifat open source, artinya dapat diunduh oleh siapa saja secara gratis.

Selain melalui artikel dari EKRUT Media, kamu juga bisa memperoleh berbagai informasi dan tips menarik seputar karier melalui YouTube EKRUT Official. Tak hanya itu, jika kamu tertarik mendapatkan berbagai kesempatan untuk mengembangkan karier, sign up EKRUT sekarang juga. Hanya di EKRUT, kamu dapat memperoleh berbagai peluang kerja yang dapat disesuaikan dengan minatmu.

Sumber:

  • bradley.edu
  • eshop.macsales.com

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    0-rdp-adalah.jpg

    Technology

    Mengenal RDP: Pengertian, Cara Kerja, Fungsi, dan Panduan Menghubungkannya

    Arin Khurota

    01 July 2022
    6 min read
    H1_Stack.jpg

    Technology

    Stack: Definisi, Kelebihan, Kekurangan, Jenis Operasi, dan Implementasi

    Algonz D.B. Raharja

    01 July 2022
    6 min read
    H1_1._Impression_Definisi__Jenis_dan_8_Tips_Untuk_Meningkatkan_Impression.jpg

    Technology

    Impression: Definisi, Jenis, dan 8 Tips untuk Meningkatkan Impression

    Anisa Sekarningrum

    30 June 2022
    5 min read

    Video