Published on

Technology

Mau Tahu Cara Live di TikTok? Ini Dia Langkah dan Syaratnya Tanpa Ribet!

Sylvia Rheny

Mau_Tahu_Cara_Live_di_TikTok__Ini_Dia_Langkah_dan_Syaratnya_Tanpa_Ribet!.jpeg

TikTok adalah media sosial yang menampilkan video pendek dalam berbagai tema yang dibuat oleh penggunanya. TikTok menjadi salah satu media sosial yang banyak digunakan untuk menyalurkan kreativitas yang dimiliki hingga dimanfaatkan sebagai sarana marketing untuk bisnis.

Selain menampilkan video pendek, TikTok juga memiliki fitur untuk live. Namun, fitur live yang dimiliki oleh TikTok ternyata sedikit berbeda dengan Instagram. Ada syarat-syarat yang harus kamu penuhi agar bisa live di TikTok. Itulah alasan mengapa tidak setiap orang bisa menemukan fitur live ini dalam aplikasi TikTok-nya.

Yuk, cari tahu lebih detail apa itu live TikTok, bagaimana tips agar bisa live di TikTok, apa saja syarat dan aturan yang harus dilakukan, hingga bagaimana cara live di TikTok!

Baca juga: Jadwal FYP TikTok 2022: Pelajari dan Terapkan Tren Terbaru Agar Kontenmu Ramai

Apa itu TikTok Live?


Cara live di TikTok untuk mengenalkan produk baru. (Sumber: iStockphoto)

Bersumber dari laman TikTok, TikTok Live adalah fitur yang dimiliki oleh TikTok yang memungkinkan pengguna dan Content Creator untuk berinteraksi secara real-timeTikTok Live juga merupakan cara yang bagus untuk meningkatkan engagement dan menjangkau audience baru.

Selain bisa dimanfaatkan oleh Content Creator untuk berinteraksi dengan pengikutnya secara real-time, TikTok Live juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan penghasilan yang diperoleh dari gift yang diberikan oleh pengikut atau berasal dari brand yang masuk dan melakukan endorsement.

Berikut ini beberapa alasan untuk live di TikTok:

  1. Membagikan passion yang dimiliki
  2. Menunjukkan bakat
  3. Membuka sarana untuk Q&A
  4. Melakukan perform tertentu atas permintaan
  5. Meluncurkan sebuah produk
  6. Mengumpulkan uang untuk amal melalui stiker donasi

Baca juga: 6 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok Sebagai Penghasilan Tambahan 2022

Syarat dan cara live di TikTok


Syarat dan cara live di TikTok salah satunya berumur minimal 16 tahun. (Sumber: iStockphoto)

Syarat utama agar kamu bisa live di TikTok adalah kamu harus berusia 16 tahun ke atas dan memiliki 1000+ pengikut. Sedangkan syarat agar bisa mengirim atau menerima hadiah selama live adalah harus berusia minimal 18 tahun.

Jika kamu telah berusia di atas 16 tahun dan memiliki 1000+ pengikut, berikut ini adalah beberapa langkah atau cara live di TikTok:

  1. Buka aplikasi dan ketuk ikon buat (+) di bagian bawah layar.
  2. Pilih LIVE dari menu.
  3. Setelah kamu memilih LIVE, kamu dapat melihat pratinjau bagaimana video kamu akan ditampilkan. Di pratinjau ini, kamu dapat menambahkan judul live stream, mengaktifkan atau menonaktifkan komentar, menambahkan efek atau filter, memilih charity untuk didukung, dan membagikan live stream melalui platform media sosial yang terhubung.
  4. Saat kamu sudah siap, ketuk Go LIVE untuk memulai live di TikTok.
  5. Setelah mengikuti cara live di TikTok di atas dan selesai melakukan live, ketuk tombol daya di bagian bawah layar menu untuk mengakhiri live di TikTok.

Baca juga: Cara Memasukkan Kode Undangan TikTok untuk Dapatkan Penghasilan Tambahan

Tips agar bisa live di TikTok


Salah satu cara live di TikTok adalah memiliki 1000+ pengikut. (Sumber: Pexels)

Kamu dapat live di TikTok setelah memperoleh 1000+ pengikut pada akun TikTok-mu. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar segera mencapai persyaratan live di TikTok tersebut.

1. Buatlah konten secara konsisten

Tips pertama untuk memperoleh 1000+ followers di TikTok adalah mengunggah konten secara konsisten. Kamu dapat menggaris bawahi konsisten di sini sebagai konsisten dalam waktu dan topik atau tema tertentu. Dengan membuat video secara konsisten dan menarik akan memperbesar peluang kontenmu untuk masuk FYP dan dilihat banyak pengguna lain.

Masuk ke FYP adalah salah satu tips ampuh untuk mulai membangun followers. Jika konten yang kamu buat menarik untuk mereka, maka mereka tidak akan ragu untuk menjadi follower-mu atau bahkan membagikan konten tersebut di luar platform TikTok.

2. Gunakan hashtag secara strategis

Tips selanjutnya adalah menggunakan hashtag atau tagar. TikTok memudahkan penggunanya untuk menemukan hashtag yang relevan dengan menyarankan tagar saat kamu mulai mengetiknya. Kamu bahkan dapat melihat berapa banyak tampilan yang dikaitkan dengan setiap hashtag.

Untuk itu, kamu bisa menyertakan hashtag pada setiap video yang kamu miliki dengan tujuan agar video kamu mudah ditemukan oleh pengguna lainnya.

3. Promosikan konten lintas platform

Kamu mungkin sering melihat konten video TikTok muncul di berbagai platform media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, hingga WhatsApp. Mempromosikan konten video TikTok yang kamu miliki merupakan salah satu cara ampuh untuk menarik audience.

Untuk benar-benar membuat mereka mengikuti kamu di TikTok, kamu harus sering membagikan kontenmu lintas platform. Selain bisa membuat para pengguna internet yang belum menggunakan TikTok agar tertarik dengan konten-konten TikTok, cara ini juga dapat meningkatkan followers dari berbagai platform untuk mengenal sisi personal kamu selaku pembuat konten.

4. Balas semua komentar di video TikTok

Saat kamu mulai memposting di TikTok, kamu akan mulai menarik orang ke profil TikTok-mu karena TikTok mencoba mencari tahu seperti apa niche akun TikTok milikmu dan siapa yang akan tertarik dengan videomu. Hal itu akan mulai mendorong konten videomu ke pengguna lainnya.

Saat orang-orang menemukan konten videomu dan mulai berkomentar, maka sebaiknya kamu membalas komentar-komentar tersebut. Hal ini akan meningkatkan engagement videomu dan menarik lebih banyak lagi orang untuk menontonnya atau bahkan mengikutimu di TikTok.

Baca juga: 3 Cara menggunakan kalkulator uang TikTok untuk Menghitung Penghasilannya

Cara live bareng di TikTok


Cara live di TikTok bareng dengan pengguna lain. (Sumber: Pexels)

Selain melakukan live sendiri, TikTok juga menyediakan fitur untuk penggunanya melakukan live bareng dengan pengguna lainnya. Berikut ini cara live di TikTok bersama pengguna lainnya:

  1. Buka aplikasi TikTok dan masuk ke akun TikTok milikmu.
  2. Tekan ikon plus atau "+" kemudian pilih opsi LIVE di bagian bawah layar kamera. 
  3. Setelah melakukan beberapa pengaturan singkat seperti judul dan thumbnail, tekan tombol Go Live
  4. Selanjutnya, untuk melakukan live bareng, tekan ikon di sudut kiri bawah layar, kemudian akan muncul jendela dengan daftar host
  5. Tekan pilihan undang untuk mengajak orang dalam TikTok Live
  6. Tunggu pengguna lain yang kamu ajak live bareng di TikTok untuk menerima undangan live bareng darimu.

Baca juga: Mau FYP di TikTok? Simak 10 Cara Berikut Ini agar Konten Kamu Cepat Viral!

Aturan live di TikTok


Aturan cara live di TikTok yang perlu dipatuhi agar akun tidak diblokir. (Sumber: iStockphoto)

Salah satu cara live di TikTok yang aman adalah dengan mematuhi aturan live yang telah ditentukan. Berikut ini adalah beberapa aturan live di TikTok yang harus kamu ketahui dan patuhi agar akun TikTok milikmu tidak diblokir.

  1. Dilarang menyiarkan konten kebencian yang menargetkan komunitas tertentu.
  2. Dilarang menyiarkan konten penuh teror.
  3. Dilarang menampilkan konten dengan unsur pornografi atau konten seksual eksplisit.
  4. Dilarang melakukan kekerasan pada manusia atau hewan selama live di TikTok.
  5. Dilarang melakukan tindakan pembunuhan saat live.
  6. Dilarang melakukan tindakan asusila dibawah umur. 
  7. Dilarang melakukan penipuan, kejahatan dunia maya, atau pencucian uang.
  8. Dilarang melakukan penculikan atau pemerasan.
  9. Dilarang melakukan perdagangan atau konsumsi narkoba.
  10. Dilarang melakukan perdagangan manusia atau organ.
  11. Dilarang menampilkan tindakan melukai diri sendiri atau bunuh diri.

Sekian penjelasan cara live di TikTok lengkap dengan syarat, tips, dan aturan live di TikTok yang wajib kamu ketahui. Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, diharapkan kamu dapat memanfaatkan platform media sosial TikTok sesuai dengan tujuan dan tetap bijak dalam penggunaannya.

Selain dari artikel EKRUT Media ini, kamu masih bisa memperoleh informasi dan berbagai tips bermanfaat lainnya melalui YouTube EKRUT Official. Nah, jika ingin mengembangkan karier dan mencari pekerjaan baru, kamu cukup sekali sign up di EKRUT untuk mendapatkan lebih dari satu kali undangan interview oleh berbagai perusahaan terkemuka!

Sumber:

  • TikTok
  • Later
  • Adobe
  • Social Pilot

Tags

Share

Apakah Kamu Sedang Mencari Pekerjaan?

    Already have an account? Login

    Artikel Terkait

    video-marketing---EKRUT.jpg

    jobs

    5 Tips membuat video marketing yang efektif

    Maria Tri Handayani

    16 August 2022
    3 min read
    H1_Firebase.jpg

    Technology

    Firebase: Definisi, Fungsi, Fitur, Serta Kelebihan dan Kekurangannya

    Algonz D.B. Raharja

    15 August 2022
    5 min read
    Sql_HL.jpeg

    Technology

    SQL: Pengertian, Manfaat, hingga 5 Daftar Pekerjaan yang Memerlukan Skill SQL

    Chey Yuanita

    15 August 2022
    5 min read

    Video